Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perkembangan Janin Usia 6 Bulan + Foto Janin

perkembangan-janin

faktasantuy.com - janin usia 6 bulan dan perkembangannyaSelama ini kita tidak tahu mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan? 

Rentang waktu tersebut terlihat sangat biasa & seluruh wanita yang mengandung dengan cara normal pasti menempuh rentang waktu yang sama pada kehamilanya. 

Hanya ada beberapa wanita yang mengalami kelainan pada waktu kehamilannya dan menyebabkan bayi terlahir prematur.  Nah inilah apa yang dilakukan janin 6 bulan.

Tetapi sebetulnya proses kehamilan selama 9 bulan tersebut erat kaitannya dengan proses perkembangan bayi tersebut sendiri. 

Pada setiap bulan kehamilan si Bayi bakal mengalami beberapa perkembangan pada tubuhnya hingga akhirnya pada bulan ke-9 bayi tersebut sudah siap untuk dilahirkan ke dunia. Berikut beberapa tahap perkembangan bayi yang lumayan penting.

Baca Juga: Wow bayi ini melakukan hal aneh dalam kandungan, sungguh mengejutkan!


Mengapa Wanita Mengandung Bayi Selama 9 Bulan?

Perkembangan Bayi Disetiap Bulan Hingga Kelahirannya
Pada bulan pertama terjadi perkembangan yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi kedepannya. Contohnya kantung bayi yang bakal melindungi janin selama dalam kandungan dari air ketuban, serta pertumbuhan plasenta untuk menyalurkan beberapa nutrisi bagi bayi dalam masa pertumbuhannya. Mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan? 
  • Pada bulan pertama ini bayi bakal mengembangkan sirkulasi darahnya yang pastinya akan sangat mempengaruhi perkembangan si Bayi kedepannya. 
  • Pada bulan berikutnya terdapat pertumbuhan penting dari organ-organ luar di wajah serta kaki & tangannya. Beberapa organ dalam untuk pencernaan serta otak & tulang belakangnya juga mulai tumbuh. 
  • Pada bulan ketiga pertumbuhan yang sudah terjadi sejak bulan sebelumnya bakal disempurnakan, sebab kini tangan & kakinya bahkan sudah terdapat jari-jari & kuku. Di bagian dalam sistem reproduksi juga sudah mulai dibentuk.
  • Pada bulan keempat pembentukan organ-organ sudah sempurna sudah jadi. Anda bisa mengenal jenis kelamin si Bayi dengan melakukan USG ke rumah sakit pada bulan ini. Bayi juga bakal mulai aktif bergerak & terdapat perubahan ekspresi diwajahnya.
  • Pada bulan kelima Anda bisa merasakan bahwa pergerakan si Bayi terus sering sebab Ia juga butuh melatih otot tubuhnya. Beberapa rambut halus juga sudah mulai tumbuh dari kulit kepalanya.
  • Bentuk janin 6 bulan dalam kandungan akan memiliki pertumbuhan kulit sudah mulai lebih baik meskipun tetap tipis & organ telinga juga sudah bisa dipakai untuk mendengarkan suara dari luar perut ibunya.

Berikut detail tumbuh kembang janin 6 bulan & ciri janin 6 bulan yang sehat:
  1. Berat janin 6 bulan dalam kandungan 0,6 KG
  2. Panjang janin jika direntangkan, dari kepala hingga ujung kaki adalah 24 cm
  3. Denyut jantung normal janin 6 bulan rata-rata 140 detak per menit
  4. Rambut kepala janin sudah mulai tumbuh
  5. Perkembangan janin 6 bulan sudah bisa mengeluarkan air seni melalui kantung ketuban
  6. Panca indera sudah berkembang, pendengaran dan penglihatan dari luar
  7. Sudah terbentuk paru-paru dan sistem pernapasan
  • Pada bulan ketujuh terjadi pertumbuhan yang paling cepat dimana ukuran badan bayi bakal terus membesar. Posisi dari bayi juga sudah mulai berubah sebagai persiapan kelahiran.
  • Pada bulan berikutnya sebagian besar sistem dalam badan bayi sudah bisa berfungsi baik, namun hanya paru-paru saja yang belum berfungsi baik.
  • Pada bulan kesembilan bayi sudah tumbuh sempurna bahkan paru-parunya juga sudah siap untuk berfungsi, demikianlah mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan.
perkembangan-janin
foto janin 6 bulan dalam rahim

Penelitian Lain Berkaitan Dengan Kehamilan Wanita

Ada beberapa universitas di Amerika dalam penelitian mengenai metabolisme yang dimiliki wanita selama hamil. Dikatakan bahwa metabolisme wanita pada masa kehamilan meningkat dua kali lipat sebab wanita memerlukan energi lebih untuk kehamilannya. 

Hanya saja peningkatan metabolisme tersebut hanya terjadi hingga pada kehamilan berumur 6 bulan. Padahal bayi memerlukan energi lebih lagi pada bulan ke sembilan yang tidak mungkin diberikan oleh wanita. 

Inilah mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan, Sebab wanita tidak bisa meningkatkan energi lain untuk kehamilannya, sebab itulah bayi haruslah dilahirkan pada bulan ke Sembilan ini. 

Sebenarnya masih banyak lagi teori bayi sembilan bulan yang pastinya memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai ini. Sebab itulah di masa yang bakal datang bakal terdapat beberapa hal baru mengenai kehamilan wanita.

Baca Juga: 5 Hal yang dipelajari bayi sejak dalam kandungan

Itulah artikel perkembangan janin 6 bulan didalam kandungan.

Terima kasih telah membaca artikel perkembangan janin 6 bulan dalam rahim ibu.

Posting Komentar untuk "7 Perkembangan Janin Usia 6 Bulan + Foto Janin "