Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Bukti Kuatnya Militer Indonesia (Darat, Laut, Udara)

faktasantuy.com - Kuatnya militer indonesia. Indonesia merupakan negara yang lumayan diperhitungkan sebab mempunyai kekuatan militer indonesia yang sungguh tangguh, tetapi kuatnya kekuatan militer Indonesia ini dulu jauh melebihi kekuatan militer saat ini. 


Bukti-Kuatnya-Militer-Indonesia

Kekuatan perang Indonesia ini bisa dilihat dari keberhasilan kekuatan militer dalam memerdekakan Indonesia pada saat itu. Meskipun dulu kekuatan TNI dengan perlengkapan tempur yang kurang memadai, tetapi mereka telah berhasil mengusir para penjajah di negeri ini.

Nah bagaimana kekuatan mliter indonesia di dunia?


Bukti Kuatnya Kekuatan Militer Indonesia Dulu
Sejarah telah mencatat bahwa pada masa Soekarno memimpin negara Indonesia yaitu pada tahun 1960-an, negara ini disegani oleh beberapa negara tetangga sebab mempunyai kekuatan militer yang sangat kuat. 

Kuatnya kekuatan militer Indonesia karena mendapat dukungan dari Uni Soviet. Dukungan tersebut berupa pasokan senjata & perlengkapan tempur tank, kapal, & pesawat tempur. 

Dimasa kekuatan militer bangsa ini berbeda dengan kekuatan militer Belanda yang mempunyai kekuatan militer jauh di bawah Indonesia. Negara Amerika pun juga merasa khawatir & bahkan merasa terancam dengan adanya kekuatan besar militer Indonesia.

Berikut bukti kuatnya kekuatan militer Indonesia dulu masa Presiden Sukarno tetap memimpin negara ini:


Militer Indonesia mendapat armada terkuat dari Soviet saat Tipsora

Tipsora ialah maklumat yang dikeluarkan oleh Presiden Sukarno untuk merebut kembali wilayah Papua dari tangan Belanda. Maklumat yang dikeluarkan di Jogjakarta ini berisi 3 hal yaitu menggagalkan terbentuknya negara boneka oleh Belanda, mengibarkan bendera merah putih di wilayah Irian barat, & mempersiapkan untuk mobilisasi umum yaitu mempertahankan kemerdekaan & persatuan Indonesia.

Dalam momen ini, Indonesia mendapatkan bantuan kekuatan militer dari Soviet berupa kapal perang tercepat didunia kelas Sverdlov yang dibekali dengan meriam berkaliber 6 inchi yang berjumlah sebanyak 12 meriam. Soviet memberikan bantuan tersebut sebab keduanya mempunyai hubungan yang sangat dekat. Kalau Indonesia diserang saat ini, siapkah TNI?


Indonesia mempunyai armada militer udara sangat canggih pada saat itu

Militer udara Indonesia dibekali dengan 100 lebih armada yang sangat canggih pada saat itu, beberapa armada udara tersebut ialah:

- MiG-21 Fishbed
MiG-21 Fishbed ialah pesawat pemburu tercanggih di dunia & merupakan pesawat supersonic. Negara Amerika pun belum mempunyai pesawat MiG-21 Fishbed ini saat itu. Pesawat MiG-21 Fishbed sanggup terbang dengan kecepatan sampai Mach 2. Jumlah pesawat ini pada saat tersebut ialah sebanyak 20.

- MiG-15
MiG-15 merupakan tipe pesawat tempur tercanggih pada era tersebut & Indonesia telah mempunyai sebanyak 30.

- MiG-17
MiG-17 merupakan pesawat tempur tercanggih yang mempunyai kekuatan high-subsonic & Indonesia telah mempunyai pesawat tipe ini sebanyak 49 unit.

- MiG-19
MiG-19 merupakan tipe pesawat supersonic & Indonesia saat tersebut telah mempunyai sebanyak 10 unit. 

Pesawat-pesawat tempur tersebut telah dipakai dalam pertempuran Vietnam & kedahsyatan pesawat tersebut telah mendorong Amerika untuk melatih tentara militer udaranya. Itulah alasan kuatnya kekuatan militer Negara Indonesia.


Indonesia mempunyai kekuatan armada laut yang sangat tangguh

Armada laut Indonesia saat tersebut dibekali dengan kapal-kapal yang sangat canggih, diantaranya ialah:

  • Kapal selam sekelas Whiskey sebanyak 12 kapal
  • Kapal tempur sekelas Corvette yang berjumlah puluhan
  • Kapal tempur yang berjumlah mencapai 104 unit


Indonesia saat tersebut juga mempunyai ribuan sen4pan tercanggih & sampai kini tetap melegenda, Indonesia juga mempunyai helikopter paling besar di dunia yaitu MI-6 sebanyak 9 unit, MI-4 sebanyak 41 unit, & beberapa pesawat pengantar salah satunya ialah Antonov An-12B. 

Dengan adanya kekuatan militer tersebut bisa menjadikan Indonesia menjadi negara yang mempunyai kekuatan militer laut, udara, & darat terkuat didunia. Itulah beberapa info mengenai alasan kuatnya kekuatan militer Indonesia dulu pada masa pemerintahan Presiden Sukarno.

Nah apalagi kekuatan TNI sekarang yang sudah dibekali teknologi canggih.


Baca selanjutnya:

Itulah artikel dunia militer di indonesia.

Posting Komentar untuk "3 Bukti Kuatnya Militer Indonesia (Darat, Laut, Udara)"