Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Akibat Makanan Haram Bagi Manusia + 16 Dalil Makanan Haram

akibat-makan-babi-panggang
ilustrasi foto babi makanan haram

faktasantuy.com - 10 dampak akibat dari makanan dan minuman haramTahukah Kita bahwa sebetulnya Allah SWT telah mengharamkan sesuatu tidak lain & tidak bukan sebab sayangnya terhadap hamba-hamba-Nya & hal tersebut ialah demi kebagusan manusia tersebut sendiri. 

Nah apa saja apa dampak negatif makan makanan yang haram serta dalil makanan haram?

Oleh sebab tersebut apabila manusia melanggar aturan Allah maka sudah pasti bakal memperoleh efek negatif dari lakukanannya tersebut. Sama halnya apabila dokter mengatakan pada Anda, “Jangan makan makanan yang mempunyai kolesterol tinggi!” Sudah pasti Kita bakal berusaha tidak memakannya bukan?. 

Apa dampak negatif makan makanan yg haram? Sebab kita tahu pasti akibat kurang baiknya bagi kesehatan. Bayangkan saja apabila yang melarang anfa ialah Allah SWT, Raja dari segala dokter. Masihkah kita tidak mau mengikuti perintahnya?.


Apa saja dampak negatif dari makanan dan minuman yang haram?

Janganlah sekali-kali mencoba makanan yang telah diharamkan Allah, sebab pasti ada mudharat dibaliknya. Bertakwalah terhadap Allah SWT dengan cara mengkonsumsi makanan yang halal lagi bagus. 

Penting untuk mengetahui dampak makanan dan minuman yang haram, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan dan keimanan manusia. Dan bahwasannya jika seorang hamba memakan makanan halal, Kita bakal rutin terjaga & terlindungi dalam kebagusan, bagus dengan cara jasmani maupun rohani. 

Oleh sebab tersebut agama Islam telah memberikan perhatian & peringatan yang keras pada kaum muslim supaya tidak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang haram.

Allah SWT berfirman :
“Hai manusia, makanlah yang halal lagi bagus dari apa yang terdapat di bumi & janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sebab sesungguhnya syaitan ialah musuh yang nyata bagimu" (Al-Baqarah :168)

Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir ra dalam dalil makanan haram:
“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya yang halal tersebut jelas & yang haram tersebut jelas. 

Diantara keduanya terdapat perkara-perkasa yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. 

Maka barang siapa yang takut terhadap syubhat, berarti dirinya telah menyelamatkan agama & kehormatannya.barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat maka bakal terjerumus dalam perkara yang diharamkan. 

Sebagaimana penggembala yang menggembalakan fauna gembalaannya di kurang lebih (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dirinya bakal memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai larangan & larangan Allah ialah apa yang Dirinya haramkan. 

Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, apabila bagus maka baguslah semua badan ini & apabila dirinya kurang baik maka kurang baiklah semua tubuh. Ketahuilah bahwa di ialah hati" (HR. Bukhari & Muslim)

Berbagai akibat kurang baik & pengaruh dari mengkonsumsi makan makanan haram, antara lain :


Tidak terkabulnya doa-doa


Dampak negatif dari memakan makanan dan minuman yang haram dalam dalil makanan haram menurut Rasulullah bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit & mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram & mulutnya disuapkan dengan yang haram maka bagaimanakah bakal diterimanya doa itu?" (HR Muslim)


Tidak diterimanya amal ibadah oleh Allah SWT


Ibnu Abbas mengatakan bahwa Sa’ad bin Abi Waqash mengatakan terhadap Nabi Muhammad SAW, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku supaya menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. 

Apa jawaban Rasulullah, “Wahai Sa’ad perbagusilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau bakal menjadi orang yang rutin dikabulkan doanya.demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh apabila ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak bakal diterima amalnya selama 40 hari & seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu & riba, maka neraka lebih pantas untuknya" (HR. At-Thabrani)

Mencampakkan pelakunya ke neraka


Akibat makanan minuman haram menurut Rasulullah dalam sabdanya, “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram kecuali neraka lebih mutlak untuknya" (HR. At Tirmidzi)

Mengikis keimanan pelakunya


Pengaruh makanan haram dalam islam terhadap keimanannya menurut Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah peminum khamr, saat ia meminum khamr tergolong seorang mukmin" (HR Bukhari & Muslim)

Mengeraskan hati


Bahaya makanan haram bagi tubuh, Apabila seseorang begitu susah menerima kebenaran, sehingga yang bersangakutan ialah suka makanan ataupun minuman haram. Maka Imam Ahmad  ra sempat ditanya, "apa yang haruslah dilakukan supaya hati mudah menerima kesabaran, maka beliau menjawab, “dengan mekakan makanan halal” (Thabaqat Al Hanabilah 1/219).

At Tustari, seorang musafir juga mengatakan, "barangsiapa ingin disingkap tanda-tanda orang yang jujur (shiddiqun), hendaknya tidak makan, kecuali yang halal & mengamalkan sunnah” (Risalah Al-Mustarsyidin : hal 216)

Amalan tidak diterima


Dampak buruk mengkonsumsi makanan haram dalam hal kaitannya dengan amalan, Rasulullah saw bersabda, “Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At-Thabrani).

Haji dan harta haram tertolak


Dampak mengkonsumsi makanan haram bagi seorang muslim yang akan naik haji menurut Rasulullah saw bersabda, “Jika seorang keluar untuk melakukan haji dengan nafaqah haram, kemudian ia mengendarai tunggangan dan mengatakan, “Labbaik, Allahumma labbaik!” Maka yang berada di langit menyeru, “Tidak labbaik dan kau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraanmu haram dan hajimu mendatangkan dosa dan tidak diterima.” (HR At Thabrani)

Sedekahnya ditolak


Bahaya makanan haram menurut islam menurut Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala, dan dosa untuknya.” (HR Ibnu Huzaimah)

Shalatnya sia-sia


Dampak memakan makanan yang haram dalam kitab Sya’bul Imam disebutkan, ” Barangsiapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham di antaranya uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama pakaian itu dikenakan.” (HR Ahmad)

Silahturahminya sia-sia


Bahaya makanan haram bagi manusia terhadap silahturahmi manusia menurut Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mendapatkan harta dari dosa, lalu ia dengannya bersilaturahim (menyambung persaudaraan) atau bersedekah, atau membelanjakan (infaq) di jalan Allah, maka Allah menghimpun seluruhnya itu, kemudian Dia melemparkannya ke dalam neraka. Lalu Rasulullah saw bersabda, ” Sebaik-baiknya agamamu adalah al-wara’ (berhati-hati).” (HR Abu Daud).

Marilah kita membekali diri kita dengan pengetahuan yang memadai sekaligus mewaspadai lingkungan kurang lebih kita & asal usul harta & makanan yang kita makan & nafkahkan pada keluarga, apalagi diakhir zaman contohnya ini manusia sudah hampir tidak menghiraukan lagi antara halal & haram. 

Inilah yang telah diisyaratkan oleh Rasulullah SAW dalam dalil makanan haram :
“Akan ada sebuah zaman, seseorang tidak bakal lagi peduli terhadap apa yang ia ambil apakah tersebut halal ataupun haram" (HR. Bukhari)

Sudah sangat jelas sekali perintah Allah terhadap kita untuk mencari ilmu & berusaha sekuat tenaga menjaga kita & keluarga dari api neraka. 

Sehingga Janganlah dijadikan alasan bahwa kita tidak tahu. Janganlah kesusahan membedakan halal & haram menjadi kendala, sebab justru usaha kita ini bakal membuahkan cinta dari sang pencipta, Allah SWT.

Nah itulah artikel pengaruh makanan haram terhadap kesehatan jasmani dan rohani. Semoga anda pembaca tidak kena efek makanan haram bagi kesehatan ya...

Baca Juga:

Terima kasih telh membaca artikel dampak negatif dari memakan makanan yang haram serta dalil makanan haram.

Posting Komentar untuk "10 Akibat Makanan Haram Bagi Manusia + 16 Dalil Makanan Haram"