Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Macam Energi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Halo sobat pada peluang ini saya bakal share materi pelajaran IPA yaitu macam-macam energi & contoh energi. Dibawah ini bakal saya jelaskan terhadap kalian pelajar SMP tentang energi ini sebab saya yakin bahwa kalian mendalami energi begitu juga dengan macam-macamnya. 

Supaya kalian juga bisa lebih memahami materi energi ini, maka saya sertakan juga lengkap dengan contoh dari macam-macam energi yang ada dalam kehidupan sehari-hari anda ini.

Nah apa saja macam macam sumber energi? apa saja macam macam energi alternatif dan apa saja contoh energi alternatif?

Baca selanjutnya: Latihan 4 Soal Pelayangan Bunyi dan Jawabannya

Macam Macam Energi dan Contoh Energi


Energi Kimia
Kembang api sebagai contoh energi kimia
Energi kimia ialah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Contoh sumber energi kimia ialah bahan makanan yang anda makan. Bahan makanan yang anda makan mengandung unsur kimia. Dalam badan kita, unsur kimia yang terkandung dalam makanan mengalami reaksi kimia. Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Energi kimia yang dilepaskan berfungsi bagi badan anda untuk menolong kerja organ-organ tubuh, menjaga suhu tubuh, & untuk aktivitas sehari-hari.

Contoh energi kimia lainnya ialah pada menyalanya kembang api. Energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar jenis ini sangat besar jadi bisa dipakai untuk menggerakkan mobil, pesawat terbang, & kereta api.

Energi Listrik

Baterai sebagai contoh energi listrik.
Lampu senter yang anda gunakan bisa menyala sebab ada energi listrik yang mengalir pada lampu. Energi listrik terjadi sebab adanya muatan listrik yang bergerak. Muatan listrik yang bergerak bakal memunculkan arus listrik. Energi listrik banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Umpama nya penerangan. Energi listrik juga bisa dipakai untuk menggerakkan mesin-mesin. Energi listrik yang biasa anda gunakan dalam rumah tangga berasal dari pembangkit listrik. Sumber sumber energi listrik berasal dari pembangkit listrik. Pembangkit listrik tersebut memakai beberapa sumber energi, seperti air terjun, reaktor nuklir, angin, ataupun matahari. Energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik sangat besar. Untuk menghasilkan sumber energi listrik yang lebih kecil, anda bisa memakai aki, baterai, & generator.

Energi Bunyi

Lonceng sebagai contoh energi bunyi
Bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Saat anda mendengar bunyi guntur yang sangat keras, terkadang kaca jendela rumah anda bakal ikut bergetar. Hal ini dikarenakan bunyi sebagai salah satu bentuk energi merambatkan energinya melewati udara. Sebetulnya saat terjadi guntur, energi yang dimiliki guntur juga dapat menggetarkan semua bagian rumah. Namun, energi yang dimiliki Guntur tidak besar untuk menggetarkan bagian rumah yang lainnya.

Energi Kalor (Panas)

Api unggun sebagai contoh perubahan energi sumber energi panas.
Masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan kalor? Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang bisa mengdampakkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Energi kalor biasanya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya. Energi kalor bisa diperoleh dari sumber energi alternatif panas bumi, umpama nya pembakaran bahan bakar. Energi kalor juga bisa dihasilkan dari energi kinetik benda-benda yang bergesekan. Sebagai contoh, saat kamu menggosok-gosokkan telapak tanganmu maka kamu bakal merasakan panas pada telapak tanganmu.

Energi Cahaya

Lampu senter sebagai contoh perubahan energi cahaya ke baterai lalu menjadi cahaya lagi.
Energi cahaya meraupakan energi alternatif. Contoh energi alternatif ialah matahari, matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Energi cahaya bisa diperoleh dari benda-benda yang bisa memancarkan cahaya, seperti api & lampu. Energi cahaya biasanya disertai bentuk energi lain seperti energi kalor (panas). Bahkan dengan memakai sel surya, energi yang dipancarkan oleh matahari bisa diubah menjadi energi listrik.

Energi Pegas

Macam-macam Energi : Energi Pegas
Semua benda yang elastis ataupun lentur mempunyai energi pegas. Contoh benda elastic antara lain pegas, per, busur panah, trampolin, & ketapel. Apabila kamu menekan, menggulung, ataupun meregangkan sebuah benda elastis, sesudah kamu melepaskan gaya yang kamu berikan maka benda tersebut bakal kembali ke bentuk semula. Saat benda tersebut kamu beri gaya maka benda mempunyai energi potensial. Saat gaya kamu lepaskan, energi potensial pada benda berubah menjadi energi kinetik.
 

Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan selama reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi pada inti atom yang pecah ataupun bergabung menjadi inti atom yang lain dengan melepaskan energi kalor. Reaksi nuklir dapat terjadi di matahari, reaktor nuklir, & bom nuklir. Energi yang ditimbulkan dalam reaksi nuklir sangat besar, oleh sebab tersebut energi nuklir bisa dipakai sebagai pembangkit listrik.

Energi Mekanik

Mengapa kaki anda terasa sakit saat kejatuhan buah apel dari atas pohon? Hal tersebut dikarenakan buah apel yang berada di atas pohon mempunyai energi. Buah apel yang jatuh dari pohonnya mempunyai energi mekanik. Pada saat buah apel tetap berada di pohon, energi mekaniknya sama dengan energi potensialnya. Saat buah apel tersebut jatuh hingga di tanah, energi mekaniknya sama dengan energi kinetiknya. Besarnya energi mekanik merupakan penjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial. Energi mekanik ialah energi yang dimiliki sebuah benda sebab sifat geraknya. Energi mekanik terdiri dari energi potensial & energi kinetik.

Secara matematis bisa dituliuskan :
    Em = Ep + Ek
dimana Em = Energi Mekanik

Energi Potensial

Energi potensial ialah energi yang dimiliki benda sebab posisinya (kedudukan) terhadap sebuah acuan.
Sebagai contoh sebuah batu yang anda angkat pada ketinggian tertentu mempunyai energi potensial, apabila batu anda lepas maka batu akan akan bergerak ke bawah ataupun jatuh. Apabila massa batu lebih besar maka energi yang dimiliki juga lebih besar, batu yang mempunyai energi potensial ini sebab gaya gravitasi bumi, energi ini disebut energi potensial bumi.

Energi potensial bumi tergantung pada massa benda, gravitasi bumi & ketinggian benda. Jadi bisa dirumuskan:
 Ep = m.g.h
dimana :
Ep = Energi potensial
m = massa benda
g = gaya gravitasi
h = tinggi benda

Energi Kinetik

Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh benda sebab gerakannya. Makin besar kecepatan benda bergerak makin besar energi kinetiknya & terus besar massa benda yang bergerak makin besar pula energi kinetik yang dimilikinya.

Secara matematis bisa dirumuskan:
Ek = 1/2 ( m.v2 )
dimana :
Ek = Energi kinetik
m = massa benda
v = kecepatan benda

Baca Juga:
Nah itulah artikel 10 jenis jenis energi dan contoh sumber energi. Semoga dapat menyelesaikan PR kamu ya tentang macam-macam energi dan contoh-contoh energi.

Terima kasih telah membaca artikel macam macam sumber energi.

Posting Komentar untuk "10 Macam Energi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari"