Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Latihan Soal Pelayangan Bunyi dan Jawabannya (4 Soal)

Pengertian Pelayangan Bunyi

Layangan bunyi atau pelayangan bunyi adalah peristiwa terjadinya pengerasan bunyi/pelemahan bunyi itu diakibatkan oleh efek dari interferensi gelombang bunyi. 

Bunyi termasuk gelombang yang berinterferensi, demikian juga pada bunyi juga mengalami interferensi. Interferensi terjadi bila ada dua buah gelombang bunyi memiliki frekuensi yang sama atau berbeda sedikit dan berada dalam satu ruang dengan arah yang berlawanan, sehingga terjadilah Interferensi.

Hari ini anda bakal mengulas tuntas Latihan soal Fisika tentang materi Pelayangan Bunyi yang sebelumnya anda menjawab seluruh soal latihan efek doppler. Soal intensitas bunyi ini saya ambil dari LKS soal fisika berdasarkan kurikulum 2013 & ini merupakan soal review & penerapan dari LKS soal fisika tersebut. Oke langsung saja anda simak soal berikut yang bakal langsung saya sertai dengan jawabannya.

Nah apa saja contoh bunyi dalam pelayangan bunyi?


soal-Pelayangan-Bunyi-Fisika-SMA

Latihan Soal Pelayangan Bunyi

Soal pelayangan bunyi:
  1. Mungkinkah pelayangan itu negatif?
  2. Apabila dua sumber bunyi masing-masing dengan frekuensi 1800 Hz & 1600 Hz berbunyi serentak, hitunglah frekuensi pelayangan bunyi!
  3. Dua garpu tala dengan frekuensi masing-masing 440 Hz & 442 Hz dibunyikan bersama-sama. Hitunglah pelayangan yang bisa terjadi setiap detik!
  4. Garpu tala A & garpu tala B memberikan 4 layangan tiap detik, sedangkan garpu tala A & C memberikan 3 layangan tiap detik. Berapa layangan yang terjadi tiap detik apabila garpu tala B & C bergetar bersama?

Jawaban pelayangan bunyi:
  1. Tidak.
  2. Fn = (1800+1600)/2 = 1700 Hz. Jadi frekuensi pelayangan bunyi tersebut adalah 1700 Hz.
  3. 442 Hz – 440 Hz = 2 layangan. Jadi pelayangan yang terjadi setiap detik adalah 2 layangan
  4. Jawab sendiri ya ^.^

Baca Juga:
Nah itulah artikel contoh soal pelayangan bunyi yang ada di LKS soal fisika.

Terima kasih telah membaca artikel soal fisika tentang pelayangan bunyi.

Posting Komentar untuk "√ Latihan Soal Pelayangan Bunyi dan Jawabannya (4 Soal)"