Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Teks Cerita Fabel Beserta Gambarnya Terbaru 2020

faktasantuy.comCerita fabel beserta strukturnya. Hai, pengertian Cerita fabel adalah suatu kisah yang menceritakan cerita hewan dengan hewan lainnya, fabel sering disebut dongeng binatang ataupun cerpen fabel.

Baiklah hari ini admin bakal memberikan cerita dongeng anak yaitu 10 Contoh teks cerita fabel beserta strukturnya. Struktur teks cerita fabel tersebut terdiri dari; Orientasi, Komplikasi, Resolusi, & Koda. Contoh teks cerita fabel bahasa Indonesia hari ini yaitu dongeng ataupun cerita mengenai binatang, hewan, & juga persahabatan yang dari setiap contoh teks tersebut juga bakal dijelaskan pesan ataupun moral yang ada dalam teks cerita fabel binatang dibawah ini.



Kumpulan cerita fabel cerita binatang

Dibawah ini ada berbagai contoh teks cerita fabel singkat mengenai hewan yang lengkap dengan strukturnya, yang diantaranya berjudul "Tiga Ikan", "Seekor Rubah & Seekor Kucing", lalu contoh yang terbaru yaitu "Beruang & Lebah"

Baca selanjutnya: Ilmuwan Tercengang Rahasia Kekuatan Jaring Laba-Laba

Nah apa contoh cerita fabel beserta strukturnya? dan apa contoh teks fabel yang baik dan benar? mari kita simak kumpulan cerita fabel singkat dibawah ini:

CONTOH TEKS CERITA FABEL PENDEK TENTANG TIGA IKAN

Contoh cerita fabel pendek ini bakal menceritakan mengenai kisah tiga ikan yang hidup dalam sebuah kolam. Silahkan dibaca untuk lebih lanjut cerita fabel singkat berikut:

Tiga Ikan
Contoh-Teks-Cerita-Fabel-Beserta-Gambarnya
cerita fabel beserta gambarnya

Orientasi

Suatu hari, terdapatlah tiga ikan yang hidup di sebuah kolam. Di sebuah sore, berbagai nelayan lewat di kolam tersebut & melihat ikan-ikan itu. "Kolam ini penuh dengan ikan", merka berkata satu sama lain dengan bergairah. "Kita belum sempat memancing di sini sebelumnya. Anda haruslah datang lagi besok pagi dengan jaring anda & manangkap ikan-ikan ini!" Lalu nelayan-nelayan tersebut pergi.

Komplikasi

Saat ikan yang paling tua mendengar ini, dirinya gelisah. Dirinya mengatakan, 'Apakah kamu dengar apa yang dikatakan nelayan itu? Anda haruslah meninggalkan kolam ini. Nelayan tersebut kembali besok & membunuh anda semua!' Ikan kedua setuju. 'Kamu benar', dirinya mengatakan. 'Kita haruslah meninggalkan kolam ini.'

Namun ikan yang paling muda tertawa. 'Kamu cemas tanpa ada alasan', dirinya mengatakan. 'Kita telah tinggal di kolam ini semur hidup kita, & tidak ada nelayan yang datang kesini. Kenapa haruslah orang-orang tersebut kembali? Saya tidak bakal berangkat kemana-mana - keberuntunganku bakal menyelamatkan ku.'

Resolusi

Ikan tertua meninggalkan kolam tersebut pada sore hari dengan semua keluarganya. Ikan kedua melihat nelayan datang di kejauhan pada pagi hari & meninggalkan kolam tersebut dengan semua keluarganya. Ikan ketiga tetap menolak untuk pergi.
Nelayan tersebut pun datang & menangkap semua ikan yang tertinggal di kolam. Keberuntungan ikan ketiga tidak menyelamatkannya - dirinya juga tertangkap & dibunuh.

Koda

Ikan yang cemas dahulu & bertindak sebelum nelayan datang & ikan yang tertindak saat nelayan datang berhasil selamat. Tapi ikan yang mengandalkan hanya pada keberuntungan & tidak berbuat apa-apa dan pada akhirnya semuanya mati. Begitu juga pada kehidupan.

CONTOH TEKS CERITA FABEL PENDEK TENTANG SEEKOR RUBAH DAN SEEKOR KUCING

Contoh cerita fabel pendek yang kedua ini menceritakan dua binatang yaitu rubah & kucing yang sedang bercakap-cakap dengan sifat & watak yang tidak sama. Silahkan dibaca cerita fabel singkat berikut:

Seekor Rubah & Seekor Kucing
Contoh-Teks-Cerita-Fabel-Beserta-Gambarnya
cerita fabel beserta gambarnya

Orientasi

Suatu hari ada seekor kucing & seekor rubah sedang bercakap-cakap. Si rubah, ialah makhluk arogan, yang membual alangkah pintarnya dia. "Kenapa, saya tahu setidaknya seratus cara untuk menjauh dari musuh anda bersama, anjing-anjing," katanya.

Komplikasi

"Saya hanya tahu satu tips untuk menjauh dari anjing," kata si kucing. "Kamu haruslah membimbing saya berbagai tips dari kamu!"
"Yah, mungkin suatu hari nanti, saat saya punya waktu, saya bisa mengajarkan berbagai tips yang lebih sederhana," jawab rubah enteng.
Saat tersebut mereka mendengar gonggongan dari anjing-anjing di kejauhan. Gonggong tersebut terus keras & keras - anjing-anjing tersebut datang ke arah mereka!

Resolusi

Sesaat tersebut pun kucing berlari ke pohon terdekat & naik ke cabang di luar jangkauan anjing apapun. "Ini ialah tips yang kuceritakan, satu-satunya yang saya tahu," kata si kucing. 'Mana dari seratus tips kamu yang bakal kamu gunakan?'

Coda

Rubah tersebut pun duduk diam di bawah pohon, bertanya-tanya tips mana yang ia haruslah gunakan. Sebelum dirinya bisa mengambil keputusan, anjing-anjing tersebut pun tiba. Mereka menghajar rubah tersebut & mencabik-cabiknya.

Moral

Satu rencana yang bekerja lebih bagus dari seratus rencana yang diragukan.

CONTOH TEKS CERITA FABEL TENTANG BERUANG DAN LEBAH

Dan contoh teks cerita fabel pendek yang terbaru ini menceritakan binatang beruang & lebah yang ada di dalam hutan. Untuk lebih jelasnya simak saja seperti.

Beruang & Lebah
Contoh-Teks-Cerita-Fabel-Beserta-Gambarnya
cerita fabel beserta gambarnya
Suatu hari seekor beruang di sepanjang hutan sedang mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama kemarin hari. Tanpa sengaja beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut nyatanya dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut.

Beruang mulai mengendus-endus sarang dengan hidungnya. Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang jadi ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya.

Malang bagi beruang nyatanya pada saat ia menengok ke dalam sarang, temanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Tidak bisa dihindari kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang beruang.

Dengan keras beruang mencoba melawannya & berlari untuk menuju rumahnya. Tapi kawanan lebah terus ganas & justru dari berbagai sarang yang ada di hutan menolong mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar & merelakan tubuhnya digigit habis oleh temanan lebah.

Amanat: tidak boleh tergesa-gesa dalam mengerjakan sesuatu & memikirkan perasaan orang lain yang mungkin terganggu dengan apa yang bakal anda perbuat.

Baca Juga:
Nah itulah artikel kumpulan cerita fabel singkat yang diangkat dari berbagai cerita tentang dongeng hewan. Dengan adanya kumpulan fabel ini, maka dapat segera menyelesaikan PR Bahasa Indonesia di sekolah kamu ya. Nah jika ingin mengangkat kumpulan cerita fabel singkat diatas menjadi story telling fabel atau teks fabelnya menjadi drama fabel, ya boleh-boleh aja ^.^

Terima kasih telah membaca artikel kumpulan cerita fabel cerita binatang singkat terbaru tahun 2018. Semoga admin dapat mengupdate cerita teks fabel bahasa Indonesia selanjutnya (no.4 sampai 10), salam dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Contoh Teks Cerita Fabel Beserta Gambarnya Terbaru 2020"