Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah 4 Bangsa Barat yang Menjajah Indonesia (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)

faktasantuy.com - Sejarah Bangsa Penjajah. Halo, pada peluang ini admin bakal memberikan materi sejarah yaitu mengenai Bangsa Barat yang Datang Ke Indonesia. Bangsa-bangsa tersebut diantaranya ialah bangsa Spanyol, Portugis, Belanda, & Inggris.


Sejarah-Bangsa-Barat-yang-Menjajah-Indonesia

Dibawah ini juga bakal admin jelaskan apa saja yang diperbuat & apa saja alasan kenapa bangsa barat tersebut datang ke ke Indonesia. Lalu juga dijelaskan gimana bangsa-bangsa tersebut bisa hingga ke Indonesia.

BANGSA PORTUGIS DATANG KE INDONESIA

Portugis ialah bangsa Barat yang pertama datang mencari rempah-rempah di Nusantara. Pelaut-pelaut Portugis di bawah pemimpinnya yaitu Bartholomeus Diaz yang mengadakan perjalanan ke dunia Timur untuk mencari pusat rempah-rempah. Tetapi, pelayaran tersebut hanya hingga di ujung Afrika Selatan (tahun 1496) dikarenakan besarnya gelombang Samudra Hindia (Samudra Indonesia), jadi kapal-kapal yang dibawa oleh Bartholomeus Diaz diberi nama Tanjung Pengharapan (Cape of Good Hope ataupun Tanjung Andalan sekarang).

Di bawah pimpinan Vasco da Gama, Portugis sukses mendarat di Kalkuta (India). Pada tahun 1498, mereka mengincar Malaka yang merupakan bandar Internasional & pusat perdagangan rempah-rempah. Armada Portugis di bawah pimpinan Alfonso D'Albuquerque sukses merebut Malaka pada tahun 1511. Pada waktu itu, Karajaan Malaka diperintah oleh Sultan Mahmud Syah (1488-1511). 

Dengan dikuasainya Malaka, maka portugis memperoleh dua keuntungan yaitu sebagai berikut.
  1. Portugis bakal menguasai jalur perdagangan penting di Asia, tergolong perdagangan rempah-rempah.Malaka bisa dijadikan batu loncatan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku. Oleh sebab itu, lalu Portugis membangun basis militer yang kuat di Malaka.
  2. Alfonso D'Albuquerque ingin memperoleh sendiri pusat rempah-rempah yang ada di Kepulauan Maluku, & pada tahun 1512 bangsa Portugis tiba di Ternate (Maluku). Saat bangsa Portugis tiba di Ternate, Kerajaan Ternate sedang bertikai dengan Kerajaan Tidore. Kedatangan Portugis di Ternate disambut bagus oleh raja Ternate dengan tujuan supaya bangsa Portugis bisa dijadikan sekutu dalam menghadapi Kerajaan Tidore yang dibantu Spanyol. Oleh sebab itu, di samping perang antara Kerajaan Ternate & Kerajaan Tidore juga merupakan perang antara bangsa kulit putih yaitu antara Spanyol & Portugis.
Untuk menyelesaikan pertikaian bangsa kulit putih tersebut, Paus turun tangan dengan membuat Perjanjian Saragosa (zaragoza) pada tahun 1529. Adapun isi Perjanjian Saragosa sebagai berikut.
  1. Spanyol haruslah meninggalkan Maluku & melanjutkan perdagangan di Filipina.
  2. Portugis bolehmelakukan perdagangan di kepulauan Maluku.

Pada awal Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia, rakyat Indonesia terbukti tidak menentangnya. Namun, sesudah melihat sepak terjangnya di Indonesia yang sangat menyengsarakan rakyat Indonesia, maka bangsa Indonesia berusaha menentangnya.

Portugis berada di Indonesia dari tahun 1511 hingga 1641. Pengaruh Portugis yang ditinggalkan di Indonesia tampak dalam bidang kebudayaan. Pengaruh tersebut ialah sebagai berikut.
  1. Berdirinya benteng-benteng Portugis.
  2. Berkembangnya agama Kristen & Katolik di Maluku yang disebarkan oleh Fransiscus Xaverius.
  3. Berkembangnya musik keroncong yang berasal dari Portugis.
  4. Adanya nama-nama orang Indonesia yang memakai nama Portugis.

BANGSA SPANYOL DATANG KE INDONESIA

Berdasarkan pengetahuan bahwa dunia tersebut bulat, maka Christophorus Columbus mengajukan permohonan bantuan terhadap raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah ke dunia Timur. Permintaan tersebut dipenuhi dengan memberikan tiga kapal yang bernama Pinta, Nina, & Maria beserta 88 orang pelaut. Saat Columbus tiba di Kepulauan Bahama, Columbus merasa dia telah sampai di Kepulauan Hindia yang merupakan sumber rempah-rempah.

Penjelajahan bangsa Spanyol lalu dilanjutkan oleh Ferdinand Magelhaens. Dari pelayaran Columbus itulah, Magelhaens menganggap bahwa Hindia Timur bisa dicapai dari arah barat melewati ujung selatan Benua Amerika. Magelhaens berlayar ke arah barat lalu menyusuri pantai selatan Benua Amerika & Samudra Pasifik. Pada tahun 1520, rombongan Magelhaens tiba di Kepulauan Filipina, lalu mendirikan tugu peringatan & menyebutkan bahwa daerah tersebut sebagai daerah milik raja Spanyol.

Saat Magelhaens berada di Filipina, di Filipina sedang terjadi perang antarkerajaan. Dalam peperangan tersebut Magelhaens menolong salah satu kerajaan & meninggal. Rombongan Magelhaens selanjutnya dipimpin oleh kapten kapalnya yang bernama Sebastian de Elcano. Kemudian, Sebastian de Elcano memimpin rombongan & melanjutkan pelayarannya ke arah selatan. Pada tahun 1521 rombongan hingga di Kepulauan Maluku. Nyatanya di Maluku telah berkuasa bangsa Portugis yang telah tiba sejak tahun 1521.

BANGSA BELANDA DATANG KE INDONESIA

Tahukah Kita apa yang melatarbelakangi kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia? Kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia dilatarbelakangi oleh hal-hal berikut.
  1. Meletusnya Perang Delapan Puluh Tahun antara Belanda & Spanyol (tahun 1568-1648). Perang antara Belanda & Spanyol ini pada awalnya bersifat agama. Lalu perang berkembang menjadi perang ekonomi & politik. Raja Philip II dari Spanyol memerintahkan kota Lisabon tertutup bagi kapal Belanda pada tahun 1585. Portugis menaati perintah tersebut sebab Portugis telah diduduki Spanyol.
  2.  Adanya petunjuk jalan ke Indonesia dari Jan Huygen van Linscoten, mantan pelaut Belanda yang bekerja pada Portugis & pernah singgah di Indonesia.

Pada tahun 1596, Belanda datang ke Indonesia & mendarat di Pelabuhan Banten dipimpin oleh Cornelis de Houtman & Pieter Keyzer dengan empat buah kapal. Lalu pada tanggal 28 November 1598, bangsa Belanda tiba di Banten dengan mengangkat delapan buah kapal dipimpin oleh Jacob van Neck & Warwijk.

BANGSA INGGRIS DATANG KE INDONESIA

Sejak abad ke-17 M pada pedagang Inggris sudah berdagang hingga ke daerah India. Para pedagang Inggris di India Timur mendirikan kongsi dagang yaitu East India Company (EIC) pada tahun 1600. Daerah operasi EIC di India pusatnya di Kalkuta (India). Dari kota inilah lalu Inggris meluaskan wilayahnya ke Asia Tenggara. 

Para pedagang Inggris ini pada abad ke-18 M sudah banyak berdagang di Indonesia & menjadi saingan VOC (Belanda). Bahkan sejak Belanda menjadi sekutu Prancis, Inggris selalu saja mengancam kedudukan Belanda di Indonesia. Di bawah pemerintahan Gubernur Jenderal Lord Minto (berkedudukan di Kalkuta) dibentuk ekspedisi Inggris untuk merebut daerah-daerah kekuasaan Belanda di indonesia.

Alasan Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Faktor-faktor yang mendorong bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra menuju belahan dunia Timur ialah sebagai berikut.

PENEMUAN COPERNICUS YANG DIDUKUNG OLEH TEORI GALILEO (Bukti bahwa bumi itu bulat)

Teori copernicus menyebutkan dalam penemuannya bahwa bumi ini bulat. Bukti bumi bulat ini memperkuat keberanian para pelaut sebab orang yang berlayar ke dunia Timur tidak bakal tersesat. Pelayaran ke timur nantinya akan sampai ke tempat semula.

Fakta bumi bulat adalah bangsa Spanyol pergi berlayar ke arah barat sedangkan bangsa Portugis berlayar ke arah timur, yang terjadi adalah mereka bertemu pada 1 titik yaitu pada pulau Maluku.

JATUHNYA KOTA KONSTANTINOPEL TAHUN 1453

Kota Konstatinopel merupakan ibu kota Romawi Timur. Jatuhnya kota Kontantinopel tersebut ke tangan Kesultanan Turki pada tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Dampaknya, bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah.

KISAH PERJALANAN MARCOPOLO (1254-1324)

Marcopolo ialah seorang dari Venesia Italia yang melakukan perjalanan ke China. Kisah perjalanan Marcopolo dituanglan dalam buku berjudul Book of Various Experiences yang mengisahkan mengenai keajaiban dunia ataupun imago mundi.

ADANYA SEMANGAT PENAKLUKAN (RECONQUESTA)

Semangat reconquesta dilakukan kepada orang-orang yang beragama Islam. Serta membuat daerah-daerah kekuasaan Islam dijajah. Semangat penaklukan ini di antaranya dilakukan oleh Spanyol (Ratu Isabella) yang membiayai penjelajahan samudera yang dilakukan oleh Columbus pada tahun 1492 untuk mencari jalan ke Barat.

BERKEMBANGNYA TEKNIK PELAYARAN

Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah & lebih cepat digerakkan dengan memperbagus konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segitiga dengan tali-temali persegi.

PENEMUAN KOMPAS

Kompas bertujuan untuk menentukan arah & posisi, sebelum adanya kompas biasanya memkai rasi bintang.

3G (GOLD, GLORY, GOSPEL)

Tujuan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa barat ialah Gold (uang/kekayaan),Glory (daerah jajahan) dan Gospel (penyebaran Kristen).

Baca Juga:
Nah itulah artikel negara-negara penjajah Indonesia waktu zaman dahulu, ternyata yang menjajah Indonesia adalah Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah 4 Bangsa Barat yang Menjajah Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sejarah 4 Bangsa Barat yang Menjajah Indonesia (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)"