Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Teori Masuknya Islam Ke Nusantara, NO.1 Kok Dari Barat?

faktasantuy.com - Teori masuknya islam di nusantara.
Halo sahabat seluruh hari ini saya bakal memberikan pelajaran sejarah kedatangan islam ke Indonesia. Tahukah kamu kapankedatangan islam di nusantara & siapa yang mengajarkan aliran islam ke Nusantara? Sejak abad ke-7, proses masuknya islam ke indonesia ialah dengan cara damai.

teori-Masuknya-Islam-Ke-Nusantara

Masuknya agama islam ke indonesia baru berkembang pada abad ke-13 sejalan dengan mundurnya kerajaan-kerajaan bercorak hindu-budha di Indonesia & ramainya pedagang-pedangang Arab, Persia, & Gujarat ke Indonesia. Agama islam diyakini sebagai agama yang diwahyukan oleh Allah swt. terhadap umat manusia melewati utusan-Nya yaitu Nabi Muhammad saw. Agama islam lahir di Mekkah, Saudi Arabia.

Nah jadi bagaimana sejarah islam di indonesia? dan bagaimana proses perkembangan islam di nusantara? mari kita simak...

Teori masuknya islam di nusantara
Pada umumnya proses masuk & berkembangnya agama & kebudayaan Islam ke Indonesia berjalan dengan damai. Sebab itu, mendapat sambutan yang bagus dari masyarakat bagus di kalangan raja, bangsawan, maupun rakyat biasa. Ada berbagai pendapat mengenai proses perkembangan islam di nusantara...Berikut 6 teori proses masuknya agama islam ke indonesia:

Teori masuknya islam ke nusantara: PIJNAPEL, C. SNOUCK HURGYONNYE, DAN J.P. MOQUETTA

Sejarah masuknya islam di nusantara menurut sarjana-sarjana dari Barat (kebayakan dari Belanda) berbicara bahwa islam masuk ke Kepulauan Indonesia kurang lebih abad ke-13 Masehi atau abad ke-17 Hijriyah berasal dari Gujarat. Pendapat tersebut menganggapan bahwa Gujarat terletak di India bagian barat, berdekatan dengan laur arab & letaknya sangat strategis berada di jalur perdagangan antara timur & barat. Sejak awal tahun hijriyah, pedagan arab yang bermahzab Syafii telah bermukim di Gujarat & Malabar.

Menurut Pijnapel, orang yang menyebarkan islam ke indonesia bukanlah dari orang Arab langsung., melainkan para pedagan gujarat yang telah memeluk islam & berdagang ke dunia timur. Pendapat Pijnapel ini didukung oleh C. Snouck Hurgronye & J.P Moquetta (1912), dengan argumentasi yang didasarkan pada batu nissan Sultan Malik as-Saleh yang meninggal pada 17 Zulhijah 831 H atau 1927 M di Pasai, Aceh.

Menurutnya batu nissan di Pasar & makam Maulana Mlaik Ibarahim yang wafat tahun 1419 di Gresik, Jawa Timur mempunyai bentuk yang sama dengan batu nissan yang terdapat di Kambay, Gujarat. Lalu Moquetta menyimpulkan bahwa batu nissan tersebut diimpor dari Gujarat atau setidaknya dibangun oleh orang gujarat atau orang Indoneisa yang telah belajar kaligrafi khas gujarat.

Teori masuknya islam di nusantara: HUSEIN JAYADININGRAT

Sejarah masuknya islam ke indonesia menurut Husein, islam yang masuk ke Indonesia berasala dari Persia (Iran sekarang), Pendapat Husein ini didasarkan pada kesamaan adat & tradisi yang berkembang antara masyarakat Persia & Indonesia. Tradisi tersebut contohnya tradisi memperingati 10 Muharram atau Asyura sebagai hari suci kaum syiah atas kematian Husen bil Ali, contohnya yang berkembang dalam tradisi tabot di Pariaman, Sumatra Barat, & di Bengkulu.

Teori masuknya islam di indonesia: BUYA HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah)

Sejarah perkembangan islam di nusantara menurut Hamka, Islam berasal dari tanah kelahirannya, yaitu Arab atau Mesir. Proses tersebut berjalan pada abad-abad pertama hijriyah.

Teori masuknya islam ke nusantara: ANTHONY H. JOHNS

Sejarah islam di indonesia menurut Anthony, proses islamisasi diperbuat oleh para musfir (kaum pengembara) yang datang ke Kepulauan Indonesia. Kaum tersebut biasanya mengembara dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan motivasi hanya pengembangan agama Islam.

Teori masuknya islam di indonesia: SORTJIPTO WIRJOSOEPARTO

Masuknya agama islam ke indonesia menurut Soetjipto Wirjosoeparto menganggap Islam masuk ke indonesia melewati Gujarat, India. Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu makam raja ISlam di Samudera Pasai yang nisannya memakai batu yang berasal dari Gujarat.

Teori masuknya islam di nusantara: ALWI SIHAB

Masuknya islam ke indonesia menurut Alwi Sihab menganggap bahwa Islma pertama kali masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau kurang lebih abad ketujuh amsehi dibawa oleh pedagan arab yang masuk ke Cina memalui jalur barat. Teori tersebut didasarkan pada kabar cina pada masa dinasti Tang yang menyebutkan adanya perkampungan Arab di Cina.

Dalam perkampungan tersebut penduduknya diberikan keleluasaan untuk menjalankan ibadah berdasarkan keyakinannya. Cina yang dimaksudkan dalam kabar Cina ialah gugusan pulau di Timur Jauh, tergolong Kepulauan Indonesia. Jadi, jalur awal penyebaran Islam di Indonesia, menurut Alwi sihab bukan berasal dari jalur Arab, India, & Persia, melainkan dari Arab langsung.

Nah itulah postingan teori masuknya agama islam ke nusantara. Semoga PR sejarah perkembangan islam di nusantara mengenai proses masuknya islam ke indonesia bisa terlesaikan dengan melihat sejarah kedatangan islam di nusantara diatas. Apabila ingin bertanya mengenai kerajaan islam di indonesia atau kerajaan islam pertama di indonesia, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi teori masuknya islam di indonesia. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi 6 teori masuknya islam ke nusantara ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "6+ Teori Masuknya Islam Ke Nusantara, NO.1 Kok Dari Barat?"