Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh

faktasantuy.comTEKS IKLAN merupakan materi bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini. Adapun yang bakal dipelajari pada materi hari ini yaitu materi yang berhubungan dengan teks iklan. Adapun materi tersebut antara lain pengertian teks iklan, struktur teks iklan, kaidah kebahasaan teks iklan, & juga contoh teks iklan produk.

Teks Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti tidak asing dengan hal yang bernama iklan, hampir setiap hari berjumpa dengan iklan. Iklan bisa ditemukan dalam beberapa media, bisa dalam media cetak contohnya majalah atau koran, media elektronik contohnya televisi, radio, & lain-lain, atapun media luar ruang contohnya baliho atau banner.

Nah, pengertian teks iklan? apa saja fungsi teks iklan? apa saja struktur teks iklan? apa saja ciri ciri teks iklan? dan bagaimana mengevaluasi teks iklan?

Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks iklan adalah salah satu media promosi yang manjur dalam memasarkan beberapa produk terhadap konsumen sebab daya jangkauannya yang luas & masif. Tujuannya iklan adalah untuk memperkenalkan sebuah produk, baik itu barang maupun jasa, guna untuk mendapat perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau memakai produk yang diiklankan.

Persaingan di bidang iklan terbukti terus tajam sejak adanya televisi. Tetapi, media cetak masih mempunyai pangsa pasar tersendiri & masih menjadi sasaran produsen dalam mengiklankan produknya.

Fungsi Teks Iklan

Secara sederhana, arti teks iklan ialah sebagai pesan yang memperkenalkan sebuah produk yang ditujukan oleh sebuah masyarakat lewat sebuah media. Tetapi, untuk membedakannya dengan pemkabarhuan biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli. Iklan mempunyai beberapa manfaat yaitu sebagai berikut fungsi teks iklan:
  1. Fungsi iklan sebagai informasi (memberi tau informasi produk baru, ciri-ciri, & lain-lain).
  2. Fungsi iklan sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
  3. Fungsi iklan sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen mengenai produk tertentu supaya rutin memakai produk tersebut).

Struktur Teks Iklan

Struktur teks iklan yang bakal kamu pelajari pada postingan ini berisi mengenai promosi produk barang & jasa. Kamu diinginkan supaya bisa memahami contoh teks iklan produk dibawah ini. Sebuah teks iklan mempunyai struktur yang terdiri dari judul, nama produk, & penjelasan mengenai produk.
  1. Judul, terletak di bagian tertinggi dari teks iklan, tetapi tidak seluruh iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian tertinggi.
  2. Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan.
  3. Penjelasan mengenai produk, berisi deskripsi produk yang diiklankan, contohnya spesifikasi, cara memperoleh produk yang diiklankan, alamat, & nomor telepon yang bisa dihubungi.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Selain struktur yang telah diuraikan diatas, teks iklan juga mempunyai ciri-ciri kebahasaan teks iklan. Ciri-ciri kebahasaan teks iklan tersebut ialah sebagai berikut.

1. Memakai Slogan

Slogan ialah perkataan atau kalimat yang luar biasa, mencolok, & mudah diingat untuk memberi tau sesuatu. Slogan biasanya terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat & pastinya mempunyai daya tarik yang kuat supaya pesan yang dimaksud bisa hingga ke orang yang diajak.
Dalam iklan, slogan ialah pernyataan atau susunan kata tertentu yang membahas pendek sebuah produk atau jasa layanan jadi mudah diingat publik. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut bakal mudah diingat publik & bakal lebih populer. Tidak hanya iklan, slogan juga dipakai pada ketika kampanye, misal kampanye anti narkoba, anti korupsi, da kampanye pemilihan daerah.

Kalimat-kalimat slogan harus kreatif & juga tidak ketinggalan zaman supaya masyarakat terus mudah mengingatnya. Pemakaian slogan yang sukses tampak dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan sukses, hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang bakal mengenal tipe produk yang memakai slogan tersebut.

2. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif ialah kalimat yang bermanfaat meyakinkan & membujuk pembaca supaya melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap sebuah hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya ialah : "terjangkau, cepat & handal".

3. Memakai Subjek Orang Pertama

Teks iklan biasanya memakai subjek orang pertama tunggal atau jamak, contohnya aku, saya, & kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai pada teks iklan tersebut ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh teks iklan produk

Berikut bakal saya berikan beberapa contoh teks iklan produk yang ciri teks iklannya pasti berbeda-beda antar bentuk visual iklannya, baik berupa contoh iklan penjualan, contoh lowongan kerja, contoh iklan jasa, contoh iklan promosi, contoh iklan niaga, contoh iklan rumah, contoh iklan obat, contoh iklan makanan, contoh iklan minuman, contoh iklan elektronik dan lain-lain.
gambar-iklan
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
gambar-iklan
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
gambar-iklan
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)

gambar-iklan
Contoh teks iklan produk (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
Nah itulah postingan materi mengevaluasi teks iklan. Semoga PR materi contoh teks iklan produk bisa terlesaikan dengan melihat contoh teks iklan beserta strukturnya diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh teks iklan produk atau contoh teks iklan beserta strukturnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi kaidah teks iklan. Baca Juga:
Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan menganalisis teks iklan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh"