Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, Masyarakat dan Tempat Kerja

Contoh-Sikap-Tanggung-Jawab

faktasantuy.com - Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, Masyarakat dan Tempat Kerja - Di dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kami sering menemui apa yang disebut dengan perilaku terpuji & perilaku tidak terpuji ataupun tercela. Nah, kodrat manusia sendiri pasti mengharapkan dia untuk senantiasa berperilaku terpuji di dalam setiap kondisi yang ia temui.

Tetapi, terkadang kondisi ataupun pendidikan yang kami terima bagus dari lingkungan formal maupun lingkungan sehari-hari membuat kami seringkali tidak menyadari bahwa mungkin apa yang telah, sedang, ataupun pun bakal kami lakukan merupakan lakukanan tercela.

Maka dari itu, pentingnya pendidikan karakter terus terasa di tengah kondisi zaman yang terus menggerus kualitas moral ini.

Wajib baca: [Lengkap] Program Kerja 7 Kabinet Demokrasi Liberal Indonesia

Pendidikan karakter sendiri yaitu sebuah proses pengubahan sikap & tata laku seseorang ataupun sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melewati upaya pengajaran & pelatihan untuk membangun sebuah karakter dari diri orang tersebut supaya menjadi lebih bagus di dalam moral & tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan karakter utama dilakukan supaya setiap orang senantiasa melakukan perilaku terpuji & menjauhkan diri dari perilaku yang tidak terpuji. Pendidikan karakter di sekolah juga gencar dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan moral kewarganegaraan dalam bentuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Terdapat banyak sikap terpuji yang biasa ataupun bisa kami lakukan dalam keseharian kita, umpama yaitu jujur, disiplin, berani, tenggang rasa, toleransi, & lain sebagainya. Nah, dalam peluang ini kami bakal lebih berfokus terhadap salah satu dari perilaku terpuji tersebut, yaitu sikap bertanggung jawab. Apa tersebut tanggung jawab? Masih simak pembahasan berikutnya ya.

Pengertian Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sikap sendiri merupakan kata lain dari aksi, gerak-gerik, kelakuan, lakukanan, perilaku, tabiat, perbuatan ataupun tingkah laku. Ia bisa juga diartikan sebagai pandangan, pendapat, pendirian, & juga prinsip dalam mengambil langkah.

Menurut KBBI pula, frasa tanggung jawab mempunyai arti yaitu sebuah kondisi dimana seseorang ataupun sekelompok orang wajib menanggung segala sesuatu yang berarti apabila terjadi sebuah persoalan tertentu, maka seseorang ataupun sekelompok orang tersebut boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, & lain sebagainya.

Dari arti yang telah dipaparkan di atas, kami bisa menyimpulkan bahwa sikap bertanggung jawab mempunyai arti yaitu sebuah lakukanan seseorang ataupun sekelompok orang yang menanggung segala sesuatu yang apabila terjadi sesuatu, maka ia ataupun mereka bisa dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, & lain sebagainya.

Mengenal arti dari sikap ini pastinya kami merasa lumayan berat untuk melakukannya. Tetapi, sejatinya sikap bertanggung jawab bisa kami ibaratkan sebagai jinak jinak merpati, alias mudah mudah susah dalam pelaksanaannya.

Baca selanjutnya: √ 6 Macam HAM dan Contohnya Lengkap

Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari penjelasan makna sikap bertanggung jawab yang telah disebutkan di atas, contohnyanya susah untuk melaksanakan sikap tersebut. Tetapi, sebetulnya tanpa kami sadari, sesungguhnya kami telah, sedang, ataupun bakal melakukan sikap tersebut.

Supaya pembaca lebih memahami apa tersebut sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, di bawah ini penulis bakal memaparkan beberapa contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kami amalkan supaya kami terus menambah moral kita:

Contoh tanggung jawab di rumah

Rumah merupakan tempat kami berpulang dari segala kesusahan hidup di luar rumah. Rumah menjadi tempat peristiharatan kami dari segala kelelahan kami menghadapi perpersoalanan di luar rumah.

Rumah yang dimaksud ialah rumah yang di dalamnya terdapat keluarga contohnya ayah, ibu, anak, kakek, nenek, & lain sebagainya. Setiap anak buah keluarga tersebut mempunyai tanggung jawabnya masing-masing sebagai struktur dari keluarga tersebut.

Baca selanjutnya: 8 Macam - Macam Huku: Wujud, Isi, Bentuk, Waktu dll

Apabila salah satu dari anak buah keluarga tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tanggung jawabnya, maka bakal terjadi ketidakseimbangan fungsional di dalam keluarga tersebut yang kemungkinan besar bakal memunculkan konflik di tengah keluarga.

Konflik keluarga bisa menjadi salah satu penyebab konflik sosial di tengah masyarakat yang pastinya tidak kami inginkan adanya.

Untuk lebih memahami lakukanan apa saja yang merupakan bagian dari sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah yang bisa kami lakukan ataupun sedang kami lakukan, di bawah ini penulis hinggakan terhadap pembaca contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah:
  1. Seorang ayah yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menafkahi keluarga supaya keluarganya senantiasa berkecukupan dalam memenuhi keperluan hidup setiap anak buah keluarga.
  2. Seorang bunda yang melakukan usaha terbagusnya untuk mengelola tata rumah tangga yang bagus & benar supaya rumah berikut anak buah keluarganya bisa berkegiatan dengan bagus.
  3. Anak dalam keluarga yang senantiasa berusaha melakukan tanggung jawabnya untuk belajar dengan bersungguh-sungguh supaya bisa mengabdi pada orang tuanya.
  4. Seorang kakak yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga adiknya & menjadi teladan yang bagus supaya si adik bisa mempunyai adab yang bagus.


Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat yang menjadi tempat kami paling banyak menghabiskan waktu di dalamnya, terlebih dengan adanya sistem full day school, setidaknya kami menghabiskan waktu kurang lebih delapan hingga sembilan jam di sekolah.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa sekolah merupakan rumah kedua bagi kita, & guru ialah orang tua kedua bagi kita.

Kita ada di sekolah dengan tujuan untuk mendalami banyak hal jadi kami mempunyai performa untuk menyelesaikan beberapa perpersoalanan yang sedang ataupun kami temui dalam hidup. Oleh sebab itu, penting bagi kami untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam setiap kegiatan di sekolah selagi kegiatan tersebut bagus bagi kita.

Serius di dalam kegiatan persekolahan merupakan salah satu sarana supaya tujuan pembangunan nasional Indonesia bisa tercapai.

Apabila kami tidak bersungguh-sungguh dalam menerima pelajaran ataupun pun melaksanakan segala kegiatan di sekolah, maka kitalah pihak yang memenyesal. Bisa dikatakan bahwa kami menjadikan sekolah sebagai neraka apabila kami tidak serius di sekolah.

Pengembangan diri kami pun terus terhambat. Oleh sebab itu, kami haruslah bersungguh-sungguh dalam bertanggung jawab atas kewajiban kami di sekolah. Di bawah ini penulis sampikan terhadap pembaca apa saja contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan sekolah:
  1. Siswa siswi yang dengan cara sadar melaksanakan tanggung jawabnya untuk menaati segala tata tertib sekolah yang berlaku
  2. Para guru yang dengan sepenuh hati mengajarkan materi supaya anak didiknya mengerti apa yang mereka ajarkan
  3. Para siswa yang melaksanakan kewajiban piket kebersihan kelas ataupun gotong royong membersihkan sekolah
  4. Para guru yang mengajar siswa siswinya dalam hal pengembangan diri (kegiatan ekstrakurikuler) di sekolah
  5. Para siswa yang dengan sungguh-sungguh mengerjakan ulangan ataupun pun latihan soal dengan jujur & tanpa mencontek.
  6. Para guru yang dengan penuh tanggung jawab memberikan laporan hasil belajar anak didiknya terhadap para wali murid.


Contoh tanggung jawab sebagai warga masyarakat

Keluarga merupakan unit ataupun organisasi terkecil di dalam masyarakat. Peran keluarga dalam pembentukan kepribadian merupakan salah satu unsur paling penting dalam menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tenteram, & tertib.

Kondisi ini merupakan kondisi ideal yang bakal tercipta saat moral masyarakat bagus & kesejahteraan sosial masyarakat tercapai dengan merata.

Nah, salah satu ciri moral masyarakat yang bagus yaitu tingginya sikap bertanggung jawab setiap anak buah masyarakat dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat tersebut sendiri. Di dalam masyarakat, pastinya ada kewajiban-kewajiban yang haruslah kami lakukan sebagai anak buah masyarakat.

Menjalankan kewajiban tersebut dengan penuh tanggung jawab merupakan sebuah hal yang haruslah kami lakukan sebagai anak buah masyarakat yang bagus. Apabila kami mengelakkan tanggung jawab itu, maka kami bakal mengacaukan kondisi masyarakat. Berikut ini merupakan contoh tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
  1. Bapak-bapak Siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang melaksanakan ronda tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan
  2. Anak buah masyarakat yang dengan sepenuh hati melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan kurang lebih
  3. Kepala keluarga yang bersedia untuk bayar iuran di tingkat RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), ataupun di tingkat desa
  4. Keluarga yang bayar pajak dengan taat
  5. Setiap anak buah masyarakat yang berusaha menjaga kebersihan & keenjoyan di lingkungan kurang lebih
  6. Ketua RT, RW, ataupun kepala desa yang berusaha sekuat tenaga untuk mengayomi & melayani warga yang dipimpinnya.
  7. Ibu-Ibu PKK yang bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk mengadakan posyandu (pos pelayanan terpadu) di lingkungannya supaya kesehatan masyarakat terjaga.

Contoh Sikap Tanggung Jawab di Tempat Kerja

Berikut ini contoh sikap tanggung jawab di lingkungan tempat bekerja:
  1. Hadir sebelum absen
  2. Selalu datang kerja tak pernah absen
  3. Semangat bekerja
  4. Tidak resign
  5. Bekerja dengan standar optimal
  6. Bekerja dengan sepenuh hati
  7. Adil dalam bekerja
  8. memberi upah yang layak jika jadi bos

Penjelasan yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan tentang contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berharap, dengan pembaca membaca postingan ini, pembaca bisa lebih memahami tentang apa tersebut tanggung jawab dengan cara lebih cocok & juga sikap contohnya apa yang mencerminkan sikap bertanggung jawab kami dalam kehidupan sehari-hari.

Sesudah membaca postingan ini, semoga pembaca bisa mengamalkan setiap contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari & juga mengundang orang-orang di kurang lebih kami supaya senantiasa melaksanakan tanggung jawab yang dimilikinya. Jangan hingga kami lalai dari tanggung jawab kita.

Baca juga: 10+ Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Nah itulah 25 Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, Masyarakat dan Tempat Kerja, hingga jumpa pada peluang yang lain, semoga berhasil rutin mengiringi langkah para pembaca!

Latihan:
  1. tuliskan 2 contoh sikap tanggung jawab sebagai warga masyarakat
  2. contoh tanggung jawab terhadap tuhan
  3. contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
  4. contoh sikap tidak bertanggung jawab dan akibat yang ditimbulkan

Posting Komentar untuk "25 Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, Masyarakat dan Tempat Kerja"