Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Tari Jaipong, Sejarah, Fungsi, Perkembangan, Video

Tari Jaipong

faktasantuy.com - Tari jaipong berasal dari mana?
Halo, hari ini admin bakal memberikan materi mengenai seni tari jaipong. tari jaipong dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Biasanya, sejak jenjang SD bahkan hingga SMA sederajat anda pasti sempat memperoleh materi mengenai tari-tarian pada mata pelajaran seni budaya.

Tari jaipong jawa barat ialah salah satu contoh tari tradisional yang sangat terkenal yang berasal dari Jawa Barat. Nah oleh sebab itu, berikut ialah beberapa materi yang bakal saya jelaskan mengenai tari jaipong, diantaranya yaitu seputar arti tari jaipong, sejarah singkat, perkembangan, & juga manfaat dari jaipong.

Baca Juga: 12 Unsur-Unsur Kebudayaan Universal

Dan berikut beberapa subjudul ataupun poin-poin penting yang bakal kami bahas mengenai tari jaipong :

tari-jaipong

Pengertian Tari Jaipong

Pengertian tari jaipong. Dilansir dari situs wikipedia, berikut arti tari tradisional jaipong ataupun yang biasa disebut juga jaipongan.

“Jaipongan ialah suatu tipe tari pergaulan tradisional masyrakat Sunda, Karawang, Jawa Barat, yang sangat terkenal di Indonesia.”

Jadi, tari jaipong tergolong ke dalam salah satu tradisional, & menjadi tari tradisional khas masyrakat Sunda Jawa Barat.

Sejarah Tari Jaipong

Berikut sejarah tari jaipong

Jaipongan didirikan oleh seorang seniman bernama H. Suanda kurang lebih tahun 1976 di Karawang, Jawa Barat. Dalam gerakannya, jaipongan menggabungkan beberapa elemen seni tradisi Karawang contohnya wayang golek, topeng banjet, pencak silat, ketuk tilu & lain-lain.

Masih pada tahun yang sama yaitu tahun 1976, jaipongan mempunyai perkembangan yang pesat kala itu. Hal ini ditandai dengan munculnya rekaman jaipongan suatu grup seni yang bernama SUANDA GROUP. Grup buatan seniman sejati H. Suanda tersebut juga tetap memakai instrument-instrument ataupun alat musik sederhana tradisional, contohnya gendang, ketuk, kecrek, goong, & rebab. Tidak hanya itu, biasanya ada seorang perempuan yang mengisi bagian vokalnya, perempuan tersebut biasa dipanggil dengan nama “sinden” ataupun “juru kawih”.

Dengan media kaset rekaman tanpa label tersebut, H. Suanda beserta grupnya mulai mendistribusikannya terhadap masyarakat Karawang & kurang lebihnya secara swadaya. Tak disangka, jaipongan memperoleh respon yang sangat positif, bukan hanya dari masyarakat Karawang & kurang lebihnya saja, melainkan mendapat penghargaantinggi dari para seniman lain. Seiring perkembangannya, jaipongan menjadi fenomena baru dalam dunia seni & tradisi Karawang jadi menimbulkan banyak seniman lain yang ingin mendalami tarian-tarian yang diperagakan dalam Jaipong.

Gugum Gumbira ialah salah satu seniman yang sangat getol mendalami gerakan tari Jaipong kreasi H. Suanda tersebut. Sesudah menguasainya, Gugum Gumbira mengemas ulang gerakan tari yang ada dalam jaipong dengan kesenian rakyat yang sudah berkembang sebelumnya.

Selanjutnya, beliau juga yang mengangkat nama jaipong ke kota Bandung. Sebagai seorang seniman ternama, Gugum Gumbira juga yang menawarkan tari jaipongan sebagai suatu tarian & kesenian baru ditengah melunturnya keberminatan masyrakat pada ketika tersebut terhadap tarian tradisional yang monoton.

Dan pada perkembangan selanjutnya, pada akhir tahun 1979 tari jaipongan mengalami peningkatan yang lumayan signifikan. Bagus dari sisi pementasan, musik, hingga properti yang dipakainya terus membagus.

Hal tersebut membuat tari jaipong terus dikenal di luar kota Karawang & Bandung, contohnya di kota Cianjur, Bogor, & kurang lebihnya. Hingga ketika ini tari jaipong terkenal menjadi tari khas Jawa Barat.

Fungsi Tari Jaipong

Berikut fungsi tari jaipong:

1. Menjadi hiburan

Sekarang pasti sudah bukan hal yang aneh apabila melihat gerakan tari jaipong dipersembahkan pada beberapa agenda mulai dari upacara budaya hingga pentas seni sebab terbukti tari jaipong terbukti bisa menghibur masyarakat.

2. Menjadi salah satu kesenian harapan dari Jawa Barat

Makna tari jaipong dijadikan sebagai ikon dari provinsi Jawa Barat. Kesenian ini pasti saja mengangkat akibat positif untuk mempromosikan kekayaan daerah terhadap dunia luar bagus dalam negeri maupun mancanegara.

Perkembangan Tari Jaipong Ketika Ini


Untuk ketika ini sendiri tari jaipong bisa dikatakan terus berkembang ditengah era nya teknologi & modernisasi. Hal ini pasti sangat bagus sebab bisa menjaga budaya Jawa Barat. Tidak hanya itu, kadang tari jaipong juga sering dijadikan sebagai salah satu persembahan pada acara-acara megah. Dengan adanya tari jaipong juga bisa menimbulkan penari-penari berbakat lainnya. Diinginkan masyarakat Jawa Barat bisa terus melestarikan budaya yang sangat berharga ini.

Video Tari Jaipong

Yang ingin melihat tari jaipong, silakan buka youtube ya.

Nah itulah artikel materi seni budaya tarian dari jawa barat. Semoga PR materi tarian dari sunda kamu tentang tari jaipong dapat terlesaikan dengan melihat materi sejarah tari jaipong diatas.

Terima kasih telah membaca artikel materi tari yang berasal dari jawa barat. Jika ingin meniru tari jaipong silakan lihat video tari jaipong di Youtube ya.

Bagi blogger yang ingin copas isi artikel saya, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog anda akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Tari Jaipong, Sejarah, Fungsi, Perkembangan, Video"