Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambar dan Penjelasannya

faktasantuy.com - Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambar dan Penjelasannya. Mesir merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaaan kuno dengan waktu yang sangat lama & mempunyai peninggalan – peninggalan yang bermacam.

Berkata tentang peradaban, Mesir merupakan negara dengan kebudayaaan yang paling maju sepanjang sejarah peradaban. Sejarah mesir kuno sendiri terbukti begitu menakjubkan & menghasilkan berbagai kebudayaan.

Baca selanjutnya:

Simak selengkapnya untuk mengenal mengapa kebudayaaan Mesir menjadi yang paling maju sepanjang sejarah & apa hasil-hasil kebudayaan pada adat mesir kuno.

Peninggalan yang telah dihasilkan sejak zaman Mesir Kuno tetap tertinggal sampai sekarang. Benda – benda maupun bentuk peninggalan lainnya telah ditemukan oleh para arkeolog & peneliti – peneliti Mesir maupun peneliti dari mancanegara. Ingin tahu lebih jelas peninggalan kebudayaaan mesir kuno ? Info berikutnya mengulas tentang hasil-hasil kebudayaan pada adat mesir kuno.

Kebudayaan Mesir Kuno

Mesir mempunyai hasil kebudayaan yang beraneka macam, mulai dari tulisan, seni bangunan atau arsitekur, serta dari ilmu pengetahuan & teknologi. Berikut ini bakal kita bahas dari sisi bangunan atau arsitektur mesir kuno.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA PIRAMIDA

foto-Peninggalan-Mesir


Piramida merupakan sebuah bangunan yang berbentuk kerucut & mempunyai tingkatan yang terbuat dari batu yang besar. Piramida ini dipakai sebagai makan para raja mesir kuno atau biasa disebut dengan firaun. Salah satu piramida yang paling populer ialah Piramida Agung Giza yang menjadi makan bagi firaun khufu. Bangunan peninggalan sejarah mesir kuno ini tetap ada sampai sekarang.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA SPHINX

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Sphinx merupakan bangunan dengan bentuk patung yang menyerupai tubuh singa & kepala manusia. Sphinx merupakan lambang kekuasaan & pemerintahan dari penguasa mesir yaitu raja yang dimakamkan pada piramida tersebut. Kepala sphinx menunjukkan lambang dari kebijaksanaan & badannya sebagai lambang kekuatan.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA HIEROGLYPH

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Hieroglif ini merupakan sebutan dari tulisan yang ada pada zaman mesir kuno. Dengan peradabannya yang telah mengenal tulisan ini dikarenakan sebab hubungannya dengan bangsa Sumeria yang lebih maju. Tulisan dari hieroglif ini berupa aksara.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA MASTABA

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Mastaba merupakan bangunan yang menyerupai piramida, yang membedakan hanya saja bagian – bagian dari mastaba ini belum sempurna. Dengan bentuk awal yang berasal dari piramida. Fungsi dari mastaba ini juga dipakai sebagai makam oleh para raja.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA OBELISK


11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya
Obeliks merupakan susunan dari berbagai tugu yang saling berjajar di bagian depan bangunan kuil. Fungsi dari obeliks ini dipakai sebagai lambang pemujaan terhadap para dewa, & juga dipakai sebagai media untuk mencatat kejadian atau momen yang dianggap penting.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA KUIL

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Kuil pada zaman mesir kuno dibagi menjadi dua, yaitu kuil dewa & kuil makam. Kuil dewa ini berguna sebagai pemujaan dewa, sedangkan untuk kuil makam dipakai sebagai tempat pemujaan & tempat pemakaman.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA MAKAM

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Makam pada zaman mesir kuno dipakai sebagai tempat pemakamam raja mesir yang telah meninggal & makam ini diletakkan di dalam piramida. Makam ini terdiri dari serambi & tiang – tiang yang isinya berupa patung. Makam ini sebagai peninggalan mesir kuno terakhir ditemukan.

PENINGGALAN MESIR KUNO BERUPA ARCA

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya

Arca ini dipakai sebagai benda simbolis yang hakekatnya dipakai untuk disembah & diagungkan. Segala sesuatu yang berbentuk kepercayaan mesir kuno bakal kehidupan rakyat mesir kuno dikaitkan dengan arca ini.

PENINGGALAN MESIR KUNO SAQQARA

11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambarnya


BENTENG BUHEN

foto-Peninggalan-Mesir

Ulasan pendek di atas mengulas tentang hasil-hasil kebudayaan pada adat mesir kuno. Butuh diketahui bahwa mesir mempunyai banyak peninggalan kebudayaan kuno yang tetap ada sampai sekarang, dengan ciri khas & filosofinya yang kuat membuat mesir menjadi sebuah kerajaan yang dipandang bakal peninggalan kebudayaan kunonya. Semoga postingan diatas berguna !

Nah itulah postingan materi peradaban mesir kuno. Semoga PR materi peninggalan mesir kuno dan bangunan peninggalan sejarah mesir kuno bisa terlesaikan dengan melihat sejaah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi arsitektur mesir kuno atau makalah peradaban mesir kuno, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan peninggalan mesir. Baca Juga:
Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan peninggalan mesir dan peradaban mesir, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "11 Peninggalan Mesir Kuno Beserta Gambar dan Penjelasannya"