Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Tata Tertib Sekolah: Pengertian, Tujuan, Fungsi

tata-tertib-sekolah

faktasantuy.com - Pendidikan merupakan hal yang penting, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan sebuah usaha yang bermanfaat untuk mempersiapkan anak didik ataupun para siswa dalam menghadapi lingkungan yang rutin berubah-ubah. Baca selanjutnya:

Ataupun dengan kata lain, pendidikan ditujukan dalam upaya peningkatan nilai hidup, bagus tersebut kehidupan pribadi maupun masyarakat, dimana pendidikan tersebut bisa dilakukan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Pengertian Tata Tertib Sekolah

Di lingkungan sekolah, pasti terdapat banyak anak didik yang masing-masing dari mereka mempunyai sifat & karakter yang tidak sama-beda. Hal tersebut bakal berpengaruh pada tingkat kedisiplinan & ketertiban di sekolah yang haruslah rutin ditegakkan guna menjamin keberjalanan proses belajar mengajar. Untuk itu, benar-benar butuh dibentuk sebuah tatanan guna mengatur disiplin maupun ketertiban siswa yang dikenal dengan Tata Tertib Sekolah.

Terdapat beberapa arti tata tertib sekolah, diantaranya :
  1. Tata tertib Menurut arti umum, tata tertib sekolah merupakan seperangkat peraturan ataupun ketentuan yang dengan cara organisasi hal tersebut mengikat setiap komponen sekolah, bagus tersebut siswa, guru, kepala sekolah, maupun perangkat sekolah yang lain supaya tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah bisa tercapai.
  2. Tata tertib Menurut Departemen Pendidikan & Kebudayaan (1998:37), tata tertib sekolah ialah peraturan yang mengatur segenap tingkah laku para siswa selagi mereka bersekolah untuk menciptakan suasana yang mendukung pendidikan
  3. Tata tertib Menurut Indrakusumah (1973:140) menyebutkan bahwa tata tertib ialah sederetan peraturan yang haruslah ditaati dalam sebuah situasi ataupun dalam tata kehidupan tertentu.

Tujuan Tata tertib Sekolah

Tujuan Tata tertib sekolah dibangun dengan cara resmi oleh pihak yang berwenang dengan melihat beberapa macam pertimbangan yang sesuai dengan situasi & kondisi lingkungan sekolah tersebut.

Tata tertib sekolah memuat hal-hal yang diwajibkan maupun hal-hal yang dilarang untuk siswa selagi mereka berada di lingkungan sekolah, & jika nyatanya terjadi pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa maupun warga sekolah lainnya, maka pihak sekolah mempunyai kewenangan untuk memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. (baca : fungsi tata tertib sekolah)

Tata tertib sekolah dibentuk untuk mengatur kegiatan sekolah jadi tercipta suasana tata kehidupan sekolah yang santun & sehat yang nantinya bakal menjamin kelancaran proses belajar mengajar. Adapaun tujuan tata tertib sekolah ialah :
  1. Untuk menciptakan suasana yang aman & tentram bagi semua warga sekolah
  2. Menciptakan suasan yang bersih & sehat bagi semua warga sekolah
  3. Menciptakan sebuah kondisi yang teratur yang mencerminkan keserasian, keselarasan, serta keseimbangan bagus pada tata ruang, tata kerja, tata pergaulan, & lain sebagainya di lingkungan sekolah.
  4. Menciptakan lingkungan yang bagus jadi tercipta keindahan yang bisa dirasakan oleh semua warga sekolah
  5. Untuk membina tata hubungan yang bagus diantara para siswa, guru, & warga sekolah lainnya yang mencerminkan sikap & rasa gotong-royong, keterbukaan, saling menolong, saling menghormati, & saling tenggang rasa.

Fungsi Tata Tertib Sekolah

Dengan adanya tata tertib sekolah, maka bakal bisa menciptakan ketertiban di sekolah jadi tercipta kondisi yang dinamis yang bisa memunculkan keserasian & keseimbangan tata kehidupan bersama di lingkungan sekolah. Adapun fungsi tata tertib sekolah bagi siswa ialah :

1. Tata tertib Sebagai alat untuk mengatur perilaku & sikap siswa selagi di sekolah

Keberadaan tata tertib sekolah bakal sanggup menjamin kehidupan yang tertib & tenang di sekolah jadi proses belajar membimbing bisa berjalan dengan bagus. Dengan pelaksanaan tata tertib sekolah yang cocok, jelas, konsekuen, & diawasi dengan sungguh-sungguh bakal menciptakan suasana belajar di sekolah yang tertib, damai, & tentram.

Tata tertib sekolah yang ditaati & dilaksakan dengan bagus oleh para siswa bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi mereka untuk bisa menghormati aturan-aturan umum lainnya serta mereka bisa belajar mengembangkan sikap mengekang & mengendalikan diri.

2. Tata tertib Sebagai sarana pendidikan

Dengan kehadiran tata tertib sekolah maka bakal menawarkan siswa pada perilaku yang disetujui oleh sebuah lingkungan. Dengan begitu pada akhirnya siswa bisa mengangkat dia ke dalam kehidupan yang lebih luas yaitu lingkungan masyarakat, dimana sebelum terjun ke dalam lingkungan masyarakat, para siswa telah dilengkapi dengan pengetahuan & ketrampilan untuk bisa mengekang ataupun mengendalikan diri , jadi nantinya mereka diinginkan bisa menciptakan lingkungan yang aman, damai, tenang, & aman.

3. Tata tertib Sebagai pedoman bagi perilaku siswa

Tata tertib sekolah bisa menjadi sebuah pedoman bagi perilaku para siswa & bisa memotivasi siswa untuk bisa berperilaku ataupun bertindak sesuai dengan andalan sosial.

Tata tertib sekolah juga menjadi salah satu unsur kedisiplina perilaku siswa. Dengan begitu para siswa diinginkan sanggup berperilaku sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh lingkungan sekolah.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa tata tertib sekolah merupakan hal yang penting bagi para  siswa, dimana hal tersebut bisa mendidik serta membina perilaku siswa disekolah, sebab tata tertib sekolah berisi aturan-aturan yang haruslah dilaksanakan oleh para siswa.

4. Tata tertib Sebagai pengendali perilaku siswa

Tidak hanya itu, tata tertib sekolah juga bertindak sebagai pengendali perilaku siswa, sebab tata tertib sekolah berisi larangan-larangan bagi siswa mengenai sebuah lakukanan. Tidak hanya tersebut tata tertib sekolah juga mengandung sanksi bagi siswa yang melanggarnya.

Nah itulah artikel pengertian tata tertib sekolah, tujuan tata tertib sekolah dan fungsi tata tertib sekolah.

2 komentar untuk "√ Tata Tertib Sekolah: Pengertian, Tujuan, Fungsi"