Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Sifat Wajib dan Sifat Mustahil Allah Beserta Arti dan Ayatnya

sifat-allah-dan-sifat-mustahil-allah

20 Sifat Wajib & Mustahil Allah

faktasantuy.com - Sifat wajib Allah dan sifat mustahil Allah - Sebagai umat Islam, kita butuh mendalami ilmu ketauhidan. Salah satunya adalah mengenal sifat – sifat Allah SWT yang dimana ada Sifat Wajib & Mustahil Allah yang butuh untuk diketahui.

Wajib Baca: Kiamat Sugra Kubra: Pengertian dan 7 Tanda Kiamat

Nah untuk itu berikut penjelasan tentang Sifat Wajib Allah & Sifat Mustahil Allah.

Arti Sifat-Sifat Allah

Sebelum kita mengulas tentang Sifat Wajib & Mustahil Allah. Kita haruslah mengenal apa makna Sifat – sifat Allah sendiri yang berarti sifat sempurna yang tak terhingga bagi Allah.sebagai muslim kita wajib mempercayai bahwa terdapat sifat keempurnaan yang tak terhinggan bagi Allah.

Mari langsung saja kita pelajari tentang Sifat Wajib & Mustahil Allah yang wajib untuk diketahui.

Rangkuman Materi PAI Kelas 11 Semester 1 SMA (Bab 1-5)

Sifat wajib bagi allah beserta arti dan ayatnya

20 sifat wajib allah & penjelasannya

99 Khasiat dan Keutamaan Membaca Asmaul Husna

1. (Ada)

Sifat wajib Allah yang pertama adalah wujud yang artinya ada. Maksudnya, Allah adalah Dzat yang tentu ada. Dirinya berdiri sendiri, tidak diciptakan oleh siapapun, & tidak Ada tuhan tidak hanya Allah SWT.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :

“Allah-lah yang menciptakan langit & bumi & apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudia ia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi anda tidak hanya daripada-Nya seorang penolongpun & tidak (pula) seorang pemberi Syafa’at 1190. Maka anda tidak memperhatikan?” (QS. As – Sajadah : 4)“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan tidak hanya Aku, maka sembahlah aku & dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”. (QS. Thaha : 14)

2. Qidam (Terdahulu/Awal)

Diadalah sang pencipta yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Maksudnya, Allah telah ada lebih dulu daripada apa yang diciptakannya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Diadalah yang awal & yang akhir. Yang zhahir & yang bathin, & Dirinya maha mengenal segala sesuatu”. (QS. Al – Hadid : 3)

3. Baqa’ (Kekal)

Maksudnya Allah maha kekal. Tidak bakal punah, binasa, atau mati. Dirinya bakal masih ada selamanya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Tiap – tiap sesuatu tentu binasa, kecuali Allah. BagiNya-lah segala penentuan, & hanya kepadaNya-lah anda dikembalikan”. (QS. Al – Qasas : 88)“Semua yang ada di bumi itu bakal binasa.tetap abadi wajah Rabb mu yang memiliki keagungan & kemuliaan”. (QS. Ar – Rahman : 26-27)

4. Mukholafatul Lilhawaditsi (Tidak sama dengan makhluk ciptaanya)

Allah sudah tentu tidak sama dengan ciptaanya. Dadalah dzat yang Maha Sempurna & Maha Besar. Tidak ada sesuatupun yang sanggup menandingi & menyerupai keagunganNya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (QS. Al – Ikhlas : 4)“Tidak ada satupun yang serupa dengan Dirinya & Dadalah yang Maha Mendengan & Melihat”. (QS. Asy – Syura : 11)

5. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri sendiri)

Maksudnya Allah itu berdiri sendiri, tidak bergantung pada apapun & tidak membutuhkan bantuan siapapun.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Sesungguhnya Allah benar – benar Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta”. (QS. Al – Ankabut : 6)

6. Wahdaniyah (Tunggal/Esa)

Allah maha esa atau tunggal. Maksudnya, tidak ada sekutu bagiNya. Dadalah satu – satunya Tuhan pencipta alam semesta.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Seandainya di langit & di bumi ada tuhan – tuhan tidak hanya Allah, tentulah keduanya itu bakal binasa”. (QS Al – Anbiya : 22)

7. Qudrat (Berkuasa)

Maksudnya, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada yang dapat menandingi kekuasaan Allah SWT.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al – Baqarah : 20)

8. Iradat (Berkehendak)

Maksudnya, apabila ALlah berkehendak maka jadilah hal itu & tidak ada seorangpun yang sanggup mencegahNya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Mereka abadi di dalamnya selagi ada langit & bumi, kecuali apabila Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu maha Pelaksana terhadap apa yang Dirinya kehendaki”. (QS. Hud : 107)

9. ‘ilmun (Mengenal)

Maksudnya, Allah SWT Maha Mengenal atas segala sesuatu. Bagus yang terlihat maupun yang tidak terlihat.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia & mengenal apa yang dibisikan oleh hatinya, & Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya”. (QS. Qaf : 16)

10. Hayat (Hidup)

Allah SWt adalah Maha Hidup, tidak bakal sempat mati, binasa, atau musnah. Dirinya abadi selamanya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan bertakwalah terhadap Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, & bertasbihlah dengan memujiNya”. (QS. Al – Furqon : 58)

11. Sama’ (Mendengar)

Maksudnya, Allah Maha Mendengar bagus yang diucapkan maupun yang disembunyikan dalam hati.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan Allah-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengenal”. (QS. Al – Maidah : 76)

12. Basar (Melihat)

Maksudnya, Allah melihat segala sesuatu. Pengelihatan Allah tidak terbatas. Dirinya mengenal apapun yang terjadi di dunia ini.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan Allah melihat atas apa yang anda kerjakan”. (QS. Al – Hujurat : 18)“Dan permisalnyaan orang – orang yang membelanjakan hartanya sebab mencari keridhaan Allah & untuk keteguhan jiwa mereka, contohnya sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah dua kali lipat. Apabila hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai).Allah Maha Melihat apa yang anda lakukan”. (QS Al – Baqarah : 265)

13. Qalam (Berfirman)

Allah itu berfirman. Dirinya dapat berkata atau mengatakan dengan cara sempurna tanpa bantuan dari apapun. Memang dari adanya firmanNya dari kitab – kitab yang diturunkan lewat para Nabi.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan kami) pada waktu yang telah kami tentukan & Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya”. (QS. Al – A’raf : 143)

14. Qadiran (Berkuasa)

Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu yang ada di alam semesta.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Hampir kilat itu menyambar pengelihatan mereka. Setiap kali sinar itu menyinari mereka, mereka berlangsung di bawah sinar itu, & bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. apabila Allah menghendaki, niscaya dirinya membasmi pendengaran & pengelihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al – Baqarah : 20)

15. Muridan (Berkehendak)

Maksudnya, bila Allah sudah menakdirkan sebuah perkara maka tidak ada yang dapat menolak kehendakNya.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Mereka abadi di dalamnya selagi ada langit & bumi, kecuali apabila Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksanya terhadap apa yang Dirinya kehendaki”. (QS. Hud : 107)

16. ‘Aliman (Mengenal)

Allah Maha Mengenal segala sesuatu. Bagus yang diterlihatan maupun disembunyikan. Tidak ada yang dapat menandingi pengetahuan Allah Yang Maha Esa.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan Allah Maha Mengenal sesuatu” … (QS. An – Nisa : 176)

17. Hayyan (hidup)

Allah adalah dzat yang hidup. Allah tidak bakal mati, tidak bakal tidur atau lengah.Ayat yang membahas dalam Al Qur’an :
“Dan bertakwalah terhadap Allah yang hidup, yang tidak mati, & bertasbihlah denga memuji-Nya.cukuplah dirinya Maha Mengenal dosa – dosa hambaNya”. (QS. Al – Furqon : 58)

18. Sami’an (Mendengar)

Maksudnya, Allah rutin mendengar pembicaraan manusia, permintaan, atau doa hambaNya.

19. Bashiran (Melihat)

Kondisi Allah yang melihat tiap – tiap yang maujudat (benda yang ada). Allah rutin melihat gerak gerik kita. Oleh arena itu, hendaknya kita rutin berbuat bagus.

20. Mutakalliman (Berfirman atau mengatakan – kata)

Sama dengan Qalam, Mutakalliman juga berarti berfirman. Firman Allah terwujud lewat kitab – kitab suci yang diturunkan lewat para nabi.

Sifat Mustahil Allah

sifat mustahil allah beserta artinya:
  1. ‘Adam  = Tiada (bisa mati)
  2. Huduth  = Baharu (bisa di perbaharui)
  3. Fana’ = Binasa (tidak kekal/mati)
  4. Mumatsalatu lil hawaditsi = Menyerupai makhluknya
  5. Qiyamuhu Bighayrihi = Berdiri dengan yang lain
  6. Ta’addud = Berbilang – bilang (lebih dari satu)
  7. Ajzun = Lemah
  8. Karahah = Terpaksa
  9. Jahlun = Bodoh
  10. Mautun = Mati
  11. Shamamun = Tuli
  12. ‘Umyun = Buta
  13. Bukmun = Bisu
  14. Kaunuhu ‘Ajizan = Zat yang lemah
  15. Kaunuhu Karihan = Zat yang terpaksa
  16. Kaunuhu Jahilan = Zat yang bodoh
  17. Kaunuhu Mayyitan = Zat yang mati
  18. Kaunuhu Asshama = Zat yang tuli
  19. Kaunuhu ‘Ama = Zat yang buta
  20. Kaunuhu Abkama = Zat yang bisu

Itulah Sifat Sifat Wajib Allah & Sifat Sifat Mustahil Allah beserta artinya yang wajib untuk diketahui bagi semua muslim. Semoga postingan sifat 20 bagi allah ini bermaanfaat bagi kita untuk meningkatkan ilmu tentang Sifat Wajib & Mustahil Allah yang butuh kita ketahui.

Wajib baca: 7 Alasan Kenapa Allah Menyukai Bersin dan Membenci Menguap

Posting Komentar untuk "20 Sifat Wajib dan Sifat Mustahil Allah Beserta Arti dan Ayatnya"