Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Metabolisme, Cara Meningkatkan, Proses, Fungsi Dan Macamnya

metabolisme tubuh
metabolisme tubuh

faktasantuy.com - Pengertian Metabolisme – Berikut ini penjelasan lengkap seputar metabolisme. Mulai dari Arti metabolisme, proses metabolisme, fungsi metabolisme, macam macam metabolisme, & cara menambah metabolisme.

Baca: Pertumbuhan Tumbuhan: Faktor Eksternal + Faktor Internal

Metabolisme adalah kata dari Yunani & familiar di telinga sebagian besar kalangan terutama mereka yg bergelut di dunia medis. Orang awam mungkin kerap berkata kata tersebut utk mengisyaratkan kegemukan yg ia derita dgn kedok metabolisme tubuhnya. Kata ini juga pastinya sudah tak asing lagi bagi mereka yg menempuh pendidikan di dunia sains ataupun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Meskipun kata ini sering dipakai dlm pembentukan kalimat ataupun dlm ucapan, banyak yg belum mengerti makna dari kata metabolisme. Bahkan, sebagian orang memahami bahwa kata metabolisme bermakna sama dgn sistem imun badan & hal tersebut sesungguhnya tidak benar. Hal ini mungkin dikarenakan oleh beberapa hal salah satunya yakni minimnya pengetahuan dunia sains.

Metabolisme ataupun metabolisme mempunyai makna perubahan yg berasal dari Yunani & diartikan oleh para pakar menjadi beberapa makna. Metabolisme merupakan semua reaksi kimia yg ada ataupun terjadi pada sebuah organisme hingga tingkat yg paling kecil ataupun seluler. Metabolisme juga merupakan sebuah proses pembuatan ataupun pembentukan energi yg diperlukan oleh badan pada makhluk hidup.

Dgn kata lain, metabolisme adalah sebuah proses dlm badan yg mana pada proses ini zat gizi diubah menjadi energi. Energi yg dihasilkan dari proses metabolisme selanjutnya bakal dipakai utk segala macam kegiatan seperti berpikir & bernapas serta berbicara.

Metabolisme juga kerap disamakan dgn makna proses mencerna padahal keduanya mempunyai beda yg mencolok yg belum banyak diketahui. Proses mencerna adalah proses yg ada di dlm badan dgn ciri mengolah & memecah makanan yg masuk menjadi zat gizi. Dgn demikian bisa disimpulkan bahwa terjadi proses mencerna dahulu sebelum metabolisme tersebut sendiri terjadi.

Proses mencerna dimulai saat makanan masuk ke dlm mulut lalu bakal dipecah dgn bantuan enzim yg ada di dlm mulut. Lalu makanan yg sudah berubah bentuk ataupun sudah dilumatkan bakal diambil zat gizinya lalu bakal diubah menjadi energi yg diperlukan. Sedangkan pada metabolisme, zat gizi seperti karbohidrat bakal menjadi energi utk kegiatan sehari-hari.

Tak hanya diartikan sebagai perubahan saja, pengertian metabolisme ialah sebuah proses kimiawi oleh tubuh. Proses kimiawi yg terjadi diantaranya merubah senyawa yg rumit menjadi senyawa yg lebih sederhana begitu juga sebaliknya. Metabolisme mempunyai fungsi ataupun guna utk mempertahankan kehidupan seorang makhluk hidup menurut buku yg ditulis oleh Briggs 1973.

Contoh: 7 Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesehatan

CARA MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH

BEROLAHRAGA

Olahraga adalah salah satu jenis kegiatan utk membakar kalori di dlm badan & cara paling manjur. Kegiatan ini juga bisa menambah masa otot & pembakaran terjadi lebih maksimal meski bakal cepat mendatangkan lapar. Olahraga dgn waktu beberapa menit hingga berkeringat bisa utk menambah metabolisme tubuh.

MINUM CUKUP

Seperti yg sudah diketahui bahwa badan manusia 80% terdiri dari air jadi bila kurang air ataupun cairan bakal memicu persoalan. Salah satu persoalannya yakni dehidrasi & hal ini bisa memunculkan penyakit serta efek kurang baik nantinya. Dgn selalu meminum air terutama air putih, cairan badan bakal terpenuhi & metabolisme bakal meningkat sebanyak 40%.

KURANGI MINUMAN SODA

Minuman yg di dlmnya mengandung soda bakal menambah nafsu utk mengkonsumsi makanan yg manis jadi berat badan naik. Minuman bersoda juga bisa memberi efek kembung terhadap orang tertentu & apabila meminumnya terlalu banyak. Tidak hanya itu, minuman bersoda bakal memperlambat proses metabolisme dlm tubuh.

MAKAN

Makan yg dimaksud yakni makan dgn intensitas yg sering, tetapi dgn porsi yg kecil ataupun sedikit. Cara ini dianggap manjur dlm menambah metabolisme & juga bisa sekaligus menolong proses die. Hal ini sebab makan dgn jumlah besar bakal menimbun banyak kalori jadi program penurunan berat badan bakal terhambat.

KONSUMSI TEH HIJAU

Teh hijau mempunyai kandungan bagus utk badan maka tak heran bila teh ini kerap masuk ke dlm menu hidup sehat. Teh ini bisa menolong program penurunan berat badan & juga utk menambah metabolisme badan orang yg meminumnya. Kamu bisa mengkonsumsi teh hijau sebanyak dua gelas per hari utk kesehatan tubuh.

Pengertian metabolisme, proses metabolisme, fungsi metabolisme, macam macam metabolisme, & cara menambah metabolisme

PROSES METABOLISME

Proses metabolisme terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

METABOLISME KARBOHIDRAT

Sebelumnya, karbohidrat adalah sebuah sumber energi bagi badan yg tersusun atas tiga unsur yakni karbon & hidrogen serta oksigen. Karbohidrat juga merupakan sebuah zat gizi yg sangat diperlukan oleh badan & terdapat di dlm beberapa bahan pangan. Karbohidrat bakal ada dlm beras, gandum, jagung & bahan pangan lain yg sejenis.

Diketahui pula fungsi dari karbohidrat adalah sebagai berikut:

1. Sumber energi

Karbohidrat tersusun atas penyusun mutlak glukosa & adalah sumber energi mutlak bagi badan terutama bagi otak & mata. Pada 1 gram glukosa bakal mendapat kalori dgn jumlah 4,1 jadi pengaruhnya terhadap kekuatan badan sangat besar. Maka dari itu, tak heran bila banyak dikatakan seseorang yg kurang karbohidrat bakal kekurangan tenaga.

2. Pembentuk senyawa yg lain

Karbohidrat adalah penyusun senyawa yg lain seperti asam lemak.

3. Penyusun gen

Tak banyak diketahui bahwa karbohidrat adalah salah satu penyusun gen yg berada di dlm inti sel. Gen adalah sebuah sel yg berfungsi sebagai pewaris sifat dari induk terhadap anak mereka jadi perannya sangat penting. Gen adalah sebuah sel yg tersusun atas dua karbohidrat dgn jumlah C sebanyak 5 yakni RNA & DNA.

Proses metabolisme karbohidrat yakni sebuah proses kimiawi yg terjadi di dlm badan dgn maksud utk mengolah karbohidrat yg sudah masuk. Pada karbohidrat, bentuk yg terpenting ataupun paling mutlak yakni glukosa, gula sederhana ataupun disebut monosakarida. Lalu utk susunan gula yg tidak sederhana ataupun disebut lebih rumit disebut dgn polisakarida.

Zat ini lalu bakal mengalami sebuah proses hidrolisis saat terjadi proses mencerna ataupun proses pencernaan makanan di dlm badan makhluk hidup. Hidrolisis yakni sebuah proses penguraian polisakarida menjadi monosakarida dgn bantuan ataupun memakai molekul air ataupun H2O. Penguraian karbohidrat di mulut bakal dibantu juga oleh enzim ptialin yg menghidrolisis pati.

METABOLISME PROTEIN

Protein adalah protos yg berasal dari bahasa Yunani yg bila diartikan yakni polimer ataupun senyawa rumit dari monomer asam amino. Metabolisme protein adalah sebuah proses fisik serta proses kimia yg menyebabkan pembuatan sebuah sintesis pembentukan asam amino menjadi protein. Asam amino yg menyusun protein mengandung unsur Nitrogen ataupun N.

Sintesis asam amino sangat diperlukan badan sebab senyawa ini berperan sebagai pembentuk senyawa penting yg lain seperti histamin. Senyawa penting lain yg dibentuk adalah neurotranmitter & nukleotida serta asam amino bisa berkonversi menjadi lemak. Lemak ini lalu bakal dikonversi menjadi sumber energi yg diperlukan oleh tubuh.

Organ hati adalah pusat yg berfungsi utk memecah protein & mendistribusikan asam amino ke semua badan saat metabolisme protein berjalan. Organ hati juga bertugas sebagai pembuang kotoran ataupun limbah dari sisa metabolisme yg terjadi. Protein adalah pembentuk struktur sel & pengendali reaksi biokimia.

METABOLISME LEMAK

Lemak adalah sebuah nutrien yg diperlukan badan dlm jumlah yg banyak, dgn kata lain disebut dgn makronutrien. Lemak tersusun atas gliserol & asam lemak, gliserol tergolong ke dlm tipe hidroksil dgn molekul organik di dlmnya. Sedangkan asam lemak juga tergolong tipe hidroksil &  mempunyai rantai karbon yg menempel panjang.

Lemak mempunyai ciri yakni tidak bisa larut dlm air, tetapi ia bisa larut apabila pelarutnya adalah pelarut organik seperti benzena. Lemak biasanya dipakai ataupun dimanfaatkan keberadaannya oleh organisme seluler & mempunyai hubungan dgn asam lemak yg lain. Lemak merupakan salah satu sumber energi yg lain tidak hanya karbohidrat & sering disebut trigiserida.

Metabolisme lemak adalah sebuah proses kimiawi yg di dlmnya terdapat proses katabolik & proses anabolik dgn hasil energi. Pada proses anabolik bakal menghasilkan zat yakni trigliserida, badan keton & hormon. Metabolisme lemak juga disebut dgn sebuah proses yg rumit & terjadi dgn beberapa reaksi serta jalur tersendiri.

FUNGSI METABOLISME

Seperti yg dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa metabolisme harus jalan supaya hidup makhluk hidup dapat bertahan hidup. Oleh sebab perannya yg sangat penting, fungsi dari metabolisme diantaranya, yakni:
Penghasil energi

Metabolisme adalah proses yg menghasilkan energi bagi badan sebab pada akhir dari tiga prosesnya adalah energi. Energi ini diperoleh dari perubahan sebuah zat yg ada pada makanan lalu diolah dgn bantuan air & enzim. Energi yg dihasilkan lalu bakal dipakai oleh otot utk menjalankan beragam aktivitas diantaranya berpikir, berkata & berlari.

1. Pengganti sel ataupun jaringan yg rusak

Pada proses metabolisme salah satunya yakni metabolisme protein yg mana protein adalah sebuah polimer dari monomer asam amino. Polimer ini yakni protein mempunyai berbagai macam fungsi salah satunya sebagai pembentuk struktur sel ataupun pengganti sel yg rusak. Bisa diartikan bahwa dgn metabolisme yg baik pastinya mempunyai sel yg bagus tanpa kerusakan.

2. Respirasi jaringan pada tubuh


3. Pertumbuhan jaringan tubuh


4. Penyusun unit pembangun sel


MACAM-MACAM METABOLISME

Energi yg dihasilkan pastinya melewati beberapa proses yg panjang & proses metabolisme terbagi menjadi dua bagian yakni katabolisme & anabolisme. Arti dari katabolisme yakni sebuah proses pembagian ataupun penguraian senyawa dari rumit menjadi senyawa yg lebih sederhana. Proses penguraian katabolisme dibantu oleh enzim yg ada pada tubuh.

Lalu makna dari anabolisme adalah sebuah proses pembentukan ataupun penyusunan senyawa yg sederhana menjadi senyawa rumit ataupun makromolekul. Dgn kata lain, dua proses metabolisme yakni anabolisme & katabolisme mempunyai makna yg satu sama lain. Perbedaan yg mutlak yakni dari kedua proses tersebut, yakni anabolisme membutuhkan energi leluasa utk berproses.

KATABOLISME

Katabolisme mempunyai dua manfaat, yg pertama sebagai penyedia bahan sebuah proses sintesis oleh molekul lain. Fungsi dari katabolisme yg kedua yakni sebagai penyedia energi yg bakal diperlukan saat aktivitas sel berjalan. Reaksi yg terjadi pada saat proses katabolisme yakni reaksi oksidasi yg memakai energi leluasa & pastinya bantuan enzim.

Pada proses katabolisme terjadi empat tahap yakni tahap glikolisis, dekarbosilasi oksidatif, siklus asam sitrat & transpor elektron. Tahap glikolisis berjalan di sitoplasma dgn substrat glukosa & bakal mendapatkan hasil 2 ATP, 2 asam piruvat & 2 NADH. Subsrat adalah sebuah molekul yg lalu bakal menjadi target dari enzim yg bekerja.

Proses glikolisis bisa diartikan sebagai sebuah proses yg merubah glukosa menjadi molekul piruvat yg lalu menghasilkan NADH & ATP. ATP bakal berperan sebagai penyimpan energi sedangkan NADH bagian dari proses transpor elektron & bakal menghasilkan ATP. Diketahui juga bahwa utk proses glikolisis memerlukan ATP sebagai sumber energi sebanyak dua.

Lalu tahap yg kedua yakni dekarboksilasi oksidatif berjalan di mitokondria dgn subsrat asam piruvat & hasil asetil CO-A. Tempat yg lebih cocok saat terjadi proses ini yakni inter membran mitokondria & proses ini kerap disingkat dgn DO. Dekarboksilasi oksidatif merupakan sebuah reaksi pengubahan asam piruvat menjadi sebuah senyawa baru yakni senyawa Asetil CO-A.

Proses yg ketiga yakni siklus asam sitrat yg prosesnya berlokasi di mitokondria dgn subsrat NADH2 ditambah ATP. Pada proses ini dihasilkan ATP sebanyak 2, 6 NADH & 2 FADH2 serta dihasilkan 4 CO2. Tahap ini kerap pula disebut dgn siklus krebs yg mana penemunya bernama Hans Krebs & berfungsi utk menghasilkan elektron berjumlah besar.

Sedangkan proses tahap yg terbaru yakni transpor elektron, tahap ini kerap disebut dgn panen energi hasil dari NADH & FADH2. Pada tahap ini (transpor elektron) menjadi tahap yg menghasilkan ATP paling banyak & disebut dgn tingkat respirasi. Transpor elektron juga dikenal dgn sebutan transfer elektron yg mana pada akhirnya bakal membentuk senyawa air yakni H2O.

ANABOLISME

Seperti yg sudah dijabarkan di atas bahwa anabolisme merupakan sebuah proses pembentukan yg berkebalikan dgn proses katabolisme. Pada proses ini memerlukan sebuah energi yg bisa berupa energi kimia & bisa pula berupa energi cahaya. Energi ini nantinya diperlukan utk mengikat beberapa senyawa yg sederhana supaya bisa membentuk sebuah senyawa yg kompleks.

Anabolisme mempunyai tiga tahap, yakni:

1. Produksi monosakarida, asam amino & nukleotida

Monosakarida adalah kata yg berasal dari Yunani yg mempunyai arti yaitu senyawa karbohidrat yg paling sederhana. Contoh dari monosakarida yakni glukosa yg mempunyai rasa manis, sedangkan asam amino adalah monomer dari protein. Arti dari nukleotida yakni sebuah molekul dari gugus gula & basa penyusunnya purin & pirmidin.

2. ATP dipakai sebagai energi dlm merubah asam amino, monosakarida & nukleotida menjadi bentuk reaktif


3. Asam amino, monosakarida & nukleotida reaktif diubah menjadi molekul kompleks

Molekul rumit dari asam amino adalah protein, monosakarida adalah polisakarida & nukleotida adalah asam nukleat serta lipid.

Nah itulah pengertian metabolisme, fungsi metabolisme, macam macam metabolisme dan metabolisme tubuh.

Contoh: Klasifikasi Makhluk Hidup: Tingkatan dan Penjelasan 6 5 4 3 2 Kingdom

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Metabolisme, Cara Meningkatkan, Proses, Fungsi Dan Macamnya"