Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Tumbuhan: Faktor Eksternal + Faktor Internal

Faktor Eksternal dan Internal Pertumbuhan pada Tumbuhan – Sekarang ini saya bakal menulis suatu materi apa saja faktor internal & eksternal yang bisa mempengaruhi pertumbuhan pada suatu tumbuhan.


Pertumbuhan-Tumbuhan

Pengertian pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses tumbuh kembangnya fisik suatu makhluk hidup dimulai dari kecil sampai tua, baik itu manusia, hewan dan binatang akan mengalami pertumbuhan.

Nah apa aja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan? dan bagaimana proses pertumbuhan tanaman yang disebabkan oleh faktor-faktor tersebut?

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan (Eksternal)

Faktor eksternal merupakan sesuatu yang mempengaruhi atau faktor pertumbuhan pada tumbuhan yang berasal dari luar badan tumbuhan tersebut. Yaitu contohnya dari lingkungan & ekosistem dari luar tumbuhan.

Cahaya

Cahaya merupakan sumber energi untuk melaksanakan fotosintesis. Tetapi, cahaya juga bisa menghambat pertumbuhan pada tumbuhan, sebab apabila terkena cahaya maka akan menjadi zat yang menghambat pertumbuhan.

Suhu

Suhu optimum (10-38?C) ialah suhu yang bagus atau ideal yang sangat diperlukan oleh tumbuhan jadi pertumbuhan & perkembangan pada tumbuhan bisa berjalan dengan bagus.

Kelembapan

Kelembapan udara memengaruhi penguapan air yang berhubungan dengan penyerapan nutrien. Penguapan air akan meningkat apabila kelembapan rendah, dampaknya tumbuhan bisa menyerap banyak nutrisi. Keadaan ini bisa memacu pertumbuhan tanaman.

4. Nutrien

Nutrisi (nutrien) diperlukan tumbuhan untuk pertumbuhan & perkembangan pada tumbuhan. Biasanya tumbuhan mengambil nutrisi dalam bentuk ion & diambil dari udara. Unsur makronutrien & mikronutrien merupakan unsur yang diperlukan tumbuhan.

Air

Fungsi air yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan sebagai berikut:
  • Sebagai pelarut dalam proses pertumbuhan & perkembangan pada tumbuhan
  • Menentukan proses transportasi unsur hara yang ada didalam tanah.
  • Menentukan laju fotosistesis.
  • Memengaruhi laju reaksi metabolisme.

Oksigen

Oksigen bertujuan untuk respirasi aerob dalam batang tumbuhan supaya mendapatkan energi untuk pertumbuhannya.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan (Internal)

Faktor internal merupakan sesuatu yang mempengaruhi atau faktor yang berasal dari dalam badan tumbuhan tersebut. Yaitu contohnya hormon & gen pada masing masing tumbuhan.

Gen

Gen merupakan substansi hereditas & penentu sifat individu yang terdapat didalam kromosom. Sifat genetik ini mempengaruhi ukuran & bentuk badan tumbuhan.

Hormon Tumbuhan (fitohormon)

Fitohormon ialah senyawa organik yang dihasilkan oleh tumbuhan yang dalam konsentrasi rendah atau kecil yang bisa mengatur proses fisiologis.
  • Auksin

IAA atau asam indol asetat merupakan hormon pada tumbuhan yang pertama kali diisolasi. IAA berasal dari asam amino triptofan yang sebagian besar disintesis diujung batang, ujung tunas, daun muda, ujung akar, bunga, buah, & sel-sel kambium.

Pengaruh auksin pada fisiologi tumbuhan antara lain menolong dalam proses mempercepat pertumbuhan akar maupun batang, menolong dalam proses pembelahan sel, mengurangi jumlah biji dalam buah, & menolong proses partenokarpi pada buah.
  • Gilberelin

Gilberelin memiliki peranan antara lain memacu pertumbuhan & perkembangan embrio, merangsang pembentukan biji, buah & bunga.
  • Sitokinin

Sitokinin merupakan hormon pada tumbuhan yang bersama auksin mendorong pembelahan sel (sitokinesis). Pengaruh sitokinin kepada pertumbuhan tumbuhan antara lain mengatur pertumbuhan daun, bunga, & buah, serta merangsang pembentukan akar & batang.
  • Asam Absitat

Asam absitat ialah hormon tumbuhan yang menghambat pertumbuhan tanaman, yaitu dengan mengurangi pembelahan sel maupun perbesaran sel atau kedua-duanya.
Secara umum asam absitat berperan dalam proses penuaan & gugurnya daun, serta mempertahankan pertumbuhan dari tekanan lingkungan yang kurang baik.
  • Etilen

Etilen ialah hormon pada tumbuhan yag dihasilkan oleh buah yang sudah tua. Tidak hanya berperan dalam pematangan buah, etilen juga bisa menyebabkan pertumbuhan batang menjadi tebal & kukuh untuk menahan pengaruh angin.
  • Asam Traumalin

Asam traumalin merupakan hormon pada tumbuhan yang merangsang pembelahan sel-sel pada bagian badan tumbuhan yang mengalami kerusakan atau luka akan menjadi bagian yang tertutup.
  • Kalin

Kalin merupakan hormon tumbuhan yang merangsang pertumbuhan organ tumbuhan (organogenesis).

Baca Juga:
Nah itulah artikel faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jadi sudah jelaskan bahwa faktor internal dan eksternal ternyata berpengaruh terjadap tumbuh kembangnya tumbuhan.

Terima kasih telah membaca artikel faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan Tumbuhan: Faktor Eksternal + Faktor Internal "