Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Pancasila, Nilai, Fungsi, Makna Dan Dimensiya

pengertian-nilai-makna-ideologi-pancasila

faktasantuy.com - Artikel ideologi pancasila - Selain bunyi kelima sila pancasila yang haruslah kita hafal, tak kalah pentingnya kita juga haruslah mengenal tentang ideologi pancasila. Sehingga kecintaan terhadap negara ini bakal terus bertambah.

Apakah pentingnya ideologi untuk sebuah negara? Ideologi adalah sebagai seluruh pandangan, nilai, impian, dan keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kehidupan nyata. Ideologi dalam hal ini amat diperlukan, sebab dianggap bisa membangkitkan kesadaran terhadap kemerdekaan.

Baca selanjutnya: 3 Sifat Hukum, Manfaat Hukum, Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Fungsi ideologi sendiri yaitu membentuk bukti diri/ciri kelompok ataupun bangsa. Ideologi mempunyai kecenderungan untuk “memisahkan” kita dari mereka. Ideologi bertujuan mempersatukan “sesama” kita.

Pengertian ideologi pancasila secara umum

Ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai luhur adat & religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara & ideologi negara. Jadi, Ideologi pancasila ialah kumpulan nilai-nilai ataupun norma yang berdasarkan sila-sila pancasila.

Pengertian dasar negara?

Dasar negara merupakan landasan kehidupan bernegara. Dasar negara merupakan sebuah dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak mempunyai pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, jadi tidak mempunyai arah & tujuan yang jelas, & mempermudah timbulnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup impian negara, tujuan negara, norma bernegara.


Nilai nilai Pancasila

Nilai Pancasila merupakan nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan & Keadilan. Inilah nilai dasar untuk kehidupan kenegaraan, kebangsaan & kemasyarakatan. Pengertian Nasionalisme, Bentuk, Tujuan, Ciri, Contoh

Nilai Pancasila termasuk nilai kerohanian yang didalamnya terselip nilai lainnya dengan cara lengkap & harmonis, bagus nilai nilai vital, material, nilai kebenaran(kenyataan) , nilai etis, nilai estetis, maupun nilai religius.

Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi sendiri bersifat objektif & subjektif

Nilai-nilai Pancasila yang bersifat objektif maksudnya:
  1. Rumusan dari sila-sila Pancasila tersebut sendiri mempunyai makna yang ter-dalam.
  2. Pancasila yang tersimpan dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang mendasar.
  3. Inti dari nilai Pancasila bakal terus ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Sedangkan nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif membahas bahwa kehadiran nilai-nilai Pancasila bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. Bisa dijelaskan sebab:
  1. Nilai-nilai Pancasila tersebut timbul dari bangsa Indonesia.
  2. Nilai-nilai Pancasila di dalamnya memuat nilai- nilai kerohanian.
  3. Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia.
  4. Nilai-nilai Pancasila di dalamnya merupakan nilai yang digali , tumbuh & berkembang dari adat bangsa Indonesia

Fungsi ideologi pancasila

  1. Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh & merawat kesatuan & persatuan.
  2. Membimbing & mengarahkan bangsa Indonesia unutk mencapai tujuannya.
  3. Memberikan kemauan untuk merawat & mengembangkan bukti diri bangsa Indonesia
  4. Menerangi & mengawasi kondisi, serta kritis terhadap adanya upaya untuk mewujudkan impian yang terkandung di dalam pancasila.
  5. Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara & memperbagusi kehidupan dari bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila tidak hanya berkedudukan sebagai dasar negara, juga berkedudukan sebagai Ideologi Nasional bangsa Indonesia.

Sehingga makna pancasila dari ketetapan tersebut bahwa nilai-nilai yang tercamtum dalam ideologi pancasila menjadi impian normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila sebagai ideologi mempunyai makna sebagai berikut:
  1. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.
  2. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama & oleh sebab tersebut menjadi salah satu sarana pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia.

3 Dimensi Ideologi Pancasila

  1. Dimensi Realita, artinya nilai-nilai dasar yang tercamtum di ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat dimana ideologi tersebut ada untuk pertama kalinya.
  2. Dimensi Idealisme, artinya nilai ideologi yang tercamtum dalam nilai dasar tersebut bisa memberikan harapan terhadap beberapa kelompok & masyarakat tentang masa depan yang lebih bagus.
  3. Dimensi Fleksibilitas, artinya performa ideologi dalam mempengaruhi & menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.


Tujuan ideologi pancasila sebagai sumber nilai mengharuskan UUD memuat isi yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara Negara termasuk juga pengurus partai & golongan fungsional untuk menjaga budi pekerti kemanusiaan yang luhur & memegang impian moral rakyat yang luhur. Baca selanjutnya: Pengertian Ideologi: Menurut Para Ahli, Manfaat Ideologi, 7 Jenis Ideologi


Nah jika alian ingin makalah ideologi pancasila (ideologi pancasila pdf), silahkan berkomentar ya.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Pancasila, Nilai, Fungsi, Makna Dan Dimensiya"