Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21+ Peraturan Sepak Bola Terlengkap Agar Paham

peraturan-sepak-bola-lengkap

faktasantuy.com - Peraturan sepak bola - Dalam permainan sepak bola, kita harus menaati peraturan yang ada apabila ikut dalam permainan. Umumnya peraturan permainan sepak bola sudah diketahui oleh semua orang baik pemain yang mengikuti pertandingan maupun penonton yang hanya melihat saja.

Sebelum memainkan pertandingan sepak bola, alangkah bagusnya jika kita mengetahui sejarah sepak bola dan teknik dasar sepak bola sehingga saat bermain sepak bola kita tidak bingung lagi langkah apa yang akan dilakukan. Baca: 25 Manfaat Olahraga Lari Pagi & Sore, No.6 Bikin Tambah Bodoh?

Nah apa saja game sepak bola? sebutkan peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola? Berikan uraian lengkap peraturan sepak bola.

1. Peraturan Lapangan Sepak Bola

  1. Panjang lapangan =100 – 110 m
  2. Lebar lapangan = 64 – 75 m
  3. Luas daerah gawang = 18,35 x 5,5 m
  4. Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  5. Daerah hukuman pinalti = 40,39 x 16,5 m
  6. Jarak titik hukuman dengan garis gawang = 11 m

2. Peraturan Gawang Sepak Bola

  1. Tinggi gawang = 2,44 m
  2. Lebar gawang = 7,32 m

3. Peraturan Bola

  1. Bahan bola = kulit
  2. Bentuk bola = bulat
  3. Berat bola = 396 – 453 gram
  4. Keliling lingkaran bola = 68 – 71 cm

4. Peraturan Memulai Pertandingan Sepak Bola

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabat tangan antar sesama pemain atau lawan dan berbaris ke arah penonton.Wasit membawa uang logam dan kapten setiap tim akan memilih sisi uang logam, kemudian wasit melempar uang logam, dan pilihan sisi uang logam yang sesuai oleh kapten bisa memilih bola awal atau gawang.5.

5. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Terdapat 2 tim dan masing-masing tim terdiri 11 orang (salah satunya penjaga gawang). Jika pemain tim kurang dari 7 atau 4 pemain terkena kartu merah dan keluar maka tim tersebut dianggap kalah.6. Pemimpin Tim (Captain)

Diharuskan setiap tim mempunyai captain,  dengan tujuan apabila ada masalah dengan tim maka captain yang akan berdiskusi dengan wasit.

6. Peraturan Dalam Memakai Aksesoris Sepak Bola

Jersey, dalam satu pertandingan kedua tim tidak diperbolehkan memakai jersey satu warna. Setiap tim harus mempunyai identitas berbeda, setiap tim harus mempunyai 2 warna jersey. 1 untuk pertandingan rumah (Home) dan satu lagi untuk laga tandang (Away).

Kaos kaki, dalam pertandingan resmi sepak bola warna kaos kaki harus sama. Kaos kaki juga bertujuan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cidera.

Sarung tangan, hanya boleh dipakai kiper (penjaga gawang) untuk mempermudah dalam menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola yang keras. Pemain lain juga diperbolehkan memakainya tetapi ketika berada di tempat dingin atau bersalju.

Penutup kepala, hanya bisa digunakan pemain yang cidera.
Aksesoris yang dilarang, meliputi anting, kalung, gelang, dan lainnya.

8. Peraturan Wasit Sepak Bola

Wasit memegang penuh jalannya pertandingan dan memberi keputusan apabila pemain bola melanggar peraturan yang dilakukan. Wasit utama dibantu dengan 2 asisten wasit.

9. Asisten Wasit Sepak Bola

Asisten wasit disebut linesman. Memberitahukan kepada wasit utama apabila terjadi offside dengan tanda bendera dan mengawasi apabila terjadi throw in dan tendangan sudut.

10. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Permainan dilakukan selamat 90 menit dan dibagi menjadi 2 babak, setiap babak mempunyai waktu 45. Dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit.

Apabila 90 menit itu habis dan pertandingan membutuhkan pemenang maka dilakukan tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2 x 15 menit. Jika kedudukan masih sama maka akan diadakan adu finalty.

11. Peraturan Kick Off Sepak Bola

Kick off dilakukan ketika akan memulai suatu permainan, dalam sepak bola dilakukan ketika:
  1. Memulai pertandingan
  2. Terjadinya sebuah gol
  3. Memulai babak yang kedua
  4. Memulai babak extra time

12. Peraturan Gol Sepak Bola

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk ke dalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain dalam posisi offside, pelanggaran, maupun hands ball. Semua keputusan ada ditangan wasit yang menentukan gol tersebut sah atau tidak.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Gambarnya

13. Peraturan Offside dan Onside Sepak Bola

Offside terjadi ketika teman satu tim mengoper ke pemain lain tetapi berada sedikit didepan bek pertahanan lawan. Asisten wasit yang menentukan terjadinya offside atau onside dengan mengangkat bendera. Peraturan onside sebaliknya.

14. Peraturan Bola Keluar (Out) Sepak Bola

Ketika bola keluar dari lapangan samping maka akan terjadi lemparan kedalam. Dan jika keluar di samping gawang maka akan terjadi tendangan sudut. Wasit berhak memerintahkan pemain untuk mengeluarkan bola jika ada pemain yang mengalami cidera.

15. Lemparan kedalam (Throw in) Sepak Bola

Dilakukan ketika bola keluar dari lapangan, tim yang mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola. Ketika melakukan lemparan, pemain tidak boleh membuang waktu lama dan satu kaki tidak boleh terangkat.

16. Peraturan Tendangan Gawang Sepak Bola

Dilakukan ketika bola melewati garis gawang karena pemain lawan. Penjaga atau teman satu tim boleh melakukan tendangan gawang dengan syarat bola tidak melebihi area garis kiper.

17. Peraturan Tendangan Sudut (Corner kick) Sepak Bola

Dilakukan ketika bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain bek, tendangan dilakukan oleh pemain lawan. Letak tendangan gawang sesuai dengan tempat (kanan atau kiri) bola keluar.

18. Peraturan Pergantian Pemain Sepak Bola

Pergantian pemain hanya bisa dilakukan maksimal 3 orang. Tetapi jika dalam keadaan pertandingan persahabatan maka pergantian pemain boleh dilakukan 7 kali.

19. Peraturan Terjadinya Pelanggaran Sepa Bola

Pelanggaran bisa terjadi karena tackle yang terlalu keras, hands ball, mendorong lawan, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan masih banyak lagi. Wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning.

Jika mendapat kartu merah, maka pemain keluar dari lapangan pertandingan. Jika mendapat kartu kuning maka mendapat peringatan keras, dan jika dapat 2 kali kartu kuning maka otomatis mendapat kartu merah.

20. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick) Sepak Bola

Tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran, terdapat 2 pilihan yang biasa pemain lakukan yaitu menendang langsung ke gawang atau mengoper ke teman satu tim.

21. Peraturan Terjadinya Penalty Sepak Bola

Terjadi karena pemain melakukan pelanggaran di area penjaga gawang. Seperti hands ball, tackle, dan pelanggaran lainnya. Salah satu pemain akan ditunjuk sebagai orang yang menendang bola.

Baca juga: 66 Peraturan Game Softball Lengkap Dengan Penjelasannya

Nah itulah artikel sepak bola. Dengan mengetahui peraturan permainan sepak bola maka kita bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang dilarang ketika bermain sepak bola. Jika ada yang kurang dari faktakasantuy.com tentang pokok peraturan permainan sepak bola atau peraturan sepak bola pdf diatas, silahkan menambahkan melalui komentar dibawah

Posting Komentar untuk "21+ Peraturan Sepak Bola Terlengkap Agar Paham"