Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Narasi : Pengertian, Langkah, Tujuan, Jenis, Ciri

Pengertian Narasi

narasi

Faktasantuy.com – Pengertian Narasi, langkah menulis narasi, tujuan narasi, jenis narasi, dan ciri narasi. Narasi adalah jenis pengembangan paragraf pada sebuah tulisan yang rangkaian peristiwanya dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir. Secara pendek narasi artinya alur cerita (maju, mundur, maju mundur). Baca juga:


Langkah Menulis Karangan Narasi

Adapun langkah-langkah dalam menulis karangan narasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Menentukan tema dan amanat yang akan disampaikan
  2. Menetapkan sasaran pembaca
  3. Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
  4. Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita
  5. Membuat rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita
  6. Menyusun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan
  7. Mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut


Tujuan Penulisan Narasi

Adapun tujuan menulis karangan narasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Hendak memberikan informasi/wawasan serta memperluas pengetahuan
  2. Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca


Jenis-Jenis Narasi

Adapun jernis-jenis dari karangan narasi, yaitu sebagai berikut jenis narasi:

  1. Narasi informative adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi dengan tepat terhadap suatu peristiwa dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.
  2. Narasi ekspositorik adalah karangan yang menuliskan peristiwa berdasarkan merupakan penyimpanan informasi dengan tepat terhadap suatu peristiwa dengan adanya tujuan memperluas pengetahuan orang terhadap kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik, penulis menceritakan sebuah peristiwa dengan berdasarkan data yang sebenarnya. Pelaku yang ditonjolkan umumnya, satu orang. Pelaku yang diceritakan dari saat kecil sampai saat ini atau sampai terakhir dala kehidupannya. Karangan narasi tersebut diwarnai oleh eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku terhadap penulisan narasi ekspositorik. Ketentuan tersebut berhubungan dengan bahasa yang logis, dengan bersarkan fakta yang ada, tidak menambahkan suatu unsursugestif atau bersifat objektif.
  3. Narasi artistik adalah narasi yang berusaha untuk memberikan maksud tertentu, menyampaikan amanat terselubung terhadap para pembaca atau pendengar sehingga terlihat seakan-akan melihat. Ketentuan tersebut berkaitan dengan pemakaian bahasa yang logis, dengan berdasarkan fakta, tidak menambahkan sesuatu yang bersifat objektif atau unsursugestif.
  4. Narasi sugestif adalah suatu narasi yang berusaha untuk memberikan maksud tertentu, menyampaikan amanat terselubung kepada para pembaca/pendengar sehingga terlihat seakan-akan melihat.

Ciri-Ciri Narasi

Adapun beberapa ciri-ciri dari narasi, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Gorys Keraf

  • Menonjolkan unsur perbuatan/tindakan.
  • Dirangkai dalam urutan waktu.
  • Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  • ada konfliks.

2. Atar Semi (2003: 31) 

Narasi dibangun dalam suatu alur serita. Alur tersebut tidak akan menarik bila tidak ada konflik. Selain alur cerita, susunan kronologi serta konflik, ciri-ciri narasi lebih lengkap lagi diungkapkan oleh Atar Semi, yaitu:

  • Cerita mengenai suatu peristiwa/pengalaman penulis.
  • Kejadian/peristiwa yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.
  • Memiliki nilai estetika.
  • Menekankan susunan secara kronologis.

Ciri-ciri yang dikemukakan Keraf memiliki persamaan dengan Atar Semi, bahwa narasi memiliki ciri berisi suatu cerita, menekankan susunan kronologis atau dari waktu ke waktu dan memiliki konfliks. Perbedaannya, Keraf lebih memilih ciri yang menonjolkan pelaku.


Nah itulah artikel materinarasi adalah dan contohnya. Semoga rangkuman narasi cerita dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai narasi adalah brainly, contoh contoh narasisetara dan macam-macam narasi silakan ketik di kolom komentar dibawah.

    Posting Komentar untuk "√ Narasi : Pengertian, Langkah, Tujuan, Jenis, Ciri"