Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dialog Interaktif: Pengertian, Ciri, Unsur, Cara Menyusun

dilaog-interaktif

Faktasantuy - dialog interaktif Pada hari ini kita akan membahas dialog interaktif, pengertian dialog interaktif, ciri dialog interaktif, unsur dialog interaktif, cara menyusun dialog interaktif, syarat dialog interaktif. Nah apa itu dialof interaktif? Silakan teman-teman simak ,,, berikut ini ya. Baca juga:

Pengertian Dialog

Dialog interaktif adalah sebuah percakapan atau pembicaraan yang dilaksanakan di radio maupun tv. Dalam acara tersebut terdapat pembimbing acara atau sering disebut sebagai host dan ada pun penonton maupun pendengar yang tersambung melewati telepon. Jadi dialog interaktif disiarkan melalui radio atau tv.

Dialog interaktif merupakan cara mendapatkan informasi secara langsung, dalam suatu dialog interaktif yang dilakukan tidak sedikit pihak yang ikut berperan, seperti narasumber, penonton, pembawa acara, dan sebagainya. Adapun topik atau tema dialog yang dibicarakan pada umumnya adalah sesuatu yang sedang tren atau sedang booming. Namun terkadang ada pun yang membicarakan mengenai persoalan lain seperti pendidikan, kuliner, fashion, sport, lifestyle, dan beda sebagainya.

Dalam dialog interaktif ini harus dalam keadaan yang santai. Meskipun pembicaraan atau pembahasannya sedikit serius, tetap saja akan dibicarakan secara santai dengan catatan tidak melupakan pokok pembahasan. Dengan begitu, maka dialog yang dilaksanakan akan terhindar dari hal-hal yang dapat mendorong terjadinya masalah atau perselisihan.

Ciri-Ciri Dialog Interaktif

Berikut beberapa karakteristik teks dialog interaktif yang harus diketahui:

1. Selalu Ada Sesi Tanya Jawab

Teks dialog interaktif hampir menyerupai dengan acara diskusi, akan tetapi disajikan lebih menarik. Oleh sebab itu tidak jarang ada sesi tanya jawab antara responden dan MC. Tapi, responden tidak sedikit berbicara untuk menyalurkan wawasan atau pengalaman untuk audiens secara luas.

Sesi tanya jawab ini dilaksanakan sepenuhnya oleh pewawancara yang bertugas menata alur serta waktu guna berdiskusi. Biasanya jika ada sesi guna istirahat maka untuk sedangkan dialog interaktif dijeda. Apabila minat audiens paling tinggi pada sebuah acara dialog interaktif tertentu maka seringkali akan dihadirkan acara yang ekslusif atau spesial, sehingga dapat diberikan tambahan waktu diskusi.

2. Ada Pemantik Diskusi / MC dan Narasumber

MC dan narasumber merupakan pemeran primer dalam pekerjaan dialog interaktif. Narasumber dapat lebih dari satu, tetapi diharuskan memiliki pengalaman atau opini wawasan berhubungan dengan tema yang diangkat dalam acara diskusi. Sedangkan MC di haruskan  menguasai tema dengan pembawaan yang santai ketika sedang menyerahkan pertanyaan untuk narasumber hingga seperti berada dalam sebuah percakapan biasa, tetapi inti pembahasan sangat penting dan berbobot.

3. Kalimat Pertanyaan Harus Mengandung Unsur 5 W + 1 H

Tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pewawancara selanjutnya yakni merangkai naskah pertanyaan dengan struktur yang telah ditentukan secara umum, yaitu sesuai dengan 5W + 1H (singkatan kata tanya dari Bahasa Inggris, 5W yaitu What artinya Apa, Where artinya Di mana, When artinya Kapan, Who artinya Siapa, Why artinya Mengapa dan How yang artinya Bagaimana).

Unsur-Unsur Dialog Interaktif.

1. Kata Tanya “Apa”

Pertanyaan yang unik sesuai dengan tema ulasan utama. Kalimat tanya yang memakai kata dasar apa tidak melulu berkutat pada pertanyaan yang jawabannya berupa “Ya” atau “Tidak” saja, tetapi dapat berupa opini andai Anda dapat mengembangkannya dengan baik. Contoh seperti kalimat pertanyaan, “Kegiatan apa yang Anda kerjakan untuk menanggulangi musim kemarau supaya tidak merasakan gagal panen?”

2. Kata Tanya “Siapa”

Kata “siapa” sangat penting untuk digunakan saat sedang berdiskusi, karena menyangkut keterlibatan sekian banyak pihak dalam suatu kejadian tertentu. Contoh, “lalu siapa yang bertanggungjawab atas seluruh masalah pada system black campaign partai.. (ini – itu), pak/bu?”

3. Kata Tanya “Di mana”

Kata tanya ini selalu dipakai untuk menanyakan tempat. Jawaban dari rangkaian kalimat tanya yang didasari dengan kata “di mana” tentu paling singkat. Karena sifatnya lebih focus, to the point pada sebuah tempat yang dimaksud atau dituju.

4. Kata Tanya “Kapan”

Kata ini hanya dipakai untuk menjelaskan waktu yang sehubungan dengan topik utama yang dibicarakan atau ditanyakan oleh moderator atau MC. Contoh pada kalimat, “Kapankah masa-masa yang baik guna memasukkan telur ayam ini ke kotak pengeraman?”

5. Kata Tanya “Mengapa”

Kata tanya ini merupakan kata tanya yang unik karena dapat memberikan suatu jawaban panjang lebar, yang bahkan dapat dijadikan tidak sedikit sesi tanya jawab. Sisi yang lebih unik lainnya merupakan, kata ini dapat memberikan sebuah dalil yang sehubungan dengan tema atau topik ulasan yang seringkali sangat dibutuhkan dalam suatu diskusi. Contohn pada kalimat, “Berdasarkan keterangan dari bapak/ibu, kenapa pihak A ini tidak dapat menyetujui kepandaian baru pemerintah yang akan dilaksanakan?

6. Kata Tanya “Bagaimana”

Kata tanya ini paling dapat menjelaskan segala urusan dengan menyeluruh dan rinci, serta sejelas-jelasnya. dengan kata “bagaimana”,  dapat mengungkapkan masing-masing masalah atau ulasan penting pada topik diskusi supaya jawaban responden tidak monoton, dapat mendapatkan jawaban yang sangat tidak sedikit dan lengkap, tergantung isi kalimat yang sedang digunakan. Contoh dapat dilihat di sekian banyak pertanyaan dalam riset atau sekian banyak hal yang mempunyai sifat ilmiah, kritis, namun pun praktis, lumayan buat kalimat tanya singkat dan jelas.

Cara Menyusun Dialog Interaktif

Adapun cara atau langkah-langkah dalam menyusun dialog yang sederhana, yaitu sebagai berikut:

  1. Tentukan tema tentang apa yang akan dibicarakan.
  2. Tentukan tokoh yang ikut terlibat di dalam dialog tersebut.
  3. Tentukan posisi ataupun peran masing-masing tokoh tersebut.
  4. Buatlah inti atau garis besar materi tentang pembicaraan.
  5. Susunlah dialog berdasarkan garis besar dari pembicaraan.
  6. Perlihatkan kaidah dari penulisan dialog dengan benar.

Syarat-Syarat Dialog Interaktif

Adapun syarat-syarat dialog interaktif, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengerti dengan baik dan benar makna, maksud dan tujuan dari dialog dan juga harus memiliki kecakapan untuk melaksanakan dialog.
  2. Memiliki pendidikan maupun pengetahuan tentang topik yang akan dijadikan bahan dialog.
  3. Memiliki keinginan yang baik untuk mencari kebenaran dalam dialog.
  4. Menciptakan suasana yang damai dan tenang, jauh dari emosi dan rasa paling hebat. Harus dapat menyampaikan gagasan dengan baik, jelas dan boleh juga dengan semangat akan tetapi dengan nada yang enak dan bijak tidak dengan nada yang sedang emosi.
  5. Dalam keseluruhan dialog harus bersikap jujur, tidak manipulatif, tulus serta tidak mencari kelemahan dan kekurang rekan dialog, dan juga harus percaya bahwa berbagai hal yang dibahas didalam dialog tidak dimanfaatkan diluar dialog untuk tujuan lain demi keuntungan diri sendiri ataupun kelompok tertentu.
  6. Dialog digunakan sebagai cara untuk langsung membahas suatu hal ataupun sebagai pendahuluan untuk pembahasa materi yang memang berat dan sulit. 
  7. dialog interaktif akan disiarkan pada radio atau tv

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Dialog Interaktif

Berikut  struktur dan rangkaian yang baik dari teks dialog interaktif yang dibutuhkan:

1. Topik atau Tema Utama

Biasanya pada suatu teks dalam diskusi pasti memiliki tema supaya pembahasan mempunyai batasan yang jelas dan lebih terstruktur. Carilah topik yang sedang hangat dibicarakan massa supaya diskusi lebih menarik.

2. Judul

Setiap teks harus memiliki judul, hal ini termasuk di antara unsur yang paling penting sebagai pondasi teks yang baik. Tema dan judul menjadi unsur utama yang saling berhubungan dalam penyusunan suatu teks, tergolong pada dialog interaktif.

3. Pertanyaan 

Unsur terpenting merangkai teks dialog interaktif adalah pertanyaan, karena pada sebuah acara dialog pasti akan ada pihak penanya dan penjawab maka diharuskan adanya teks yang mengandung pertanyaan yang mesti dibalas oleh narasumber. Poin pertanyaan harus sesuai dengan unsur 5W + 1H, dibuat dengan sesederhana mungkin dan narasumber dapat dengan baik mengetahui dan menjawabnya. Pertanyaan yang dikemukakan harus menurut dengan tema dan judul yang sudah ditentukan. 

4. Opini

Jawaban dari pertanyaan biasanya berhubungan dengan opini narasumber, bila butuh Anda mesti menemukan opini yang sesuai fakta, bukan sebatas cerita. Hal tersebut karena destinasi utama dialog interaktif ialah untuk menyerahkan wawasan untuk audiens.

5. Kesimpulan

Merupakan bagian paling akhir yang harus dilengkapi dari teks dialog interaktif ialah kesimpulan. Biasanya diambil dari inti atau poin utama hasil ulasan selama diskusi berlangsung, dan diucapkan oleh moderator pada bagian paling akhir sesuai sesi tanya jawab dengan audiens berlangsung.

Contoh Dialog Interaktif

Penyiar : Pak Dito, sebagai pakar psikologi, bagaimana cara bapak menyikapi permasalahan kenakalan remaja yang tergabung dalam geng motor yang meresahkan itu?

Narasumber : Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri, setiap remaja merasa ingin diakui dalam lingkungan pergaulannya. Jika lingkungan itu baik maka remaja akan ikut menjadi baik. Dan begitu pula sebaliknya. Geng motor merupakan salah satu lingkungan buruk yang telah menjadikan remaja berada di kalangan mereka.

Penyiar : Mengapa remaja bisa masuk ke lingkungan buruk tadi ?

Narasumber : Faktor pendidikan dari keluarga yang tidak mendukung, orang tua tidak memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anak, orang tua hanya memberi tetapi tidak mendidik anak dengan baik.

Penyiar : Selain dari itu ?

Narasumber : Faktor sekolah yang tidak partisipatif terhadap perkembangan kualitas diri siswa. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seharusnya menjadi wadah apresiasi dan kreativitas siswa sehingga siswa tidak sempat bermain di geng yang tidak benar.

Penyiar : Adakah yang lebih penting dibandingkan peran orang tua dan sekolah dalam menyikapi hal ini ?

Narasumber : Kedua sisi ini, baik orang tua dan sekolah sama pentingnya, orang tua seharusnya menanamkan akhlak dan keimanan yang kokoh, serta budi pekerti yang luhur di rumah. Kemudian semua itu diimbuhi dengan kreativitas pihak sekolah dengan beragam kegiatan untuk siswa yang bermanfaat.

Pertanyaan: dialog interaktif tersebut membahas masalah?

Nah itulah artikel dialog interaktif merupakan cara mendapatkan informasi secara langsung. Semoga contoh dialog interaktif disiarkan pada tv ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai dialog interaktif silakan ketik di kolom komentar dibawah.

Lain kali admin akan membuat dialog interaktif kkp dan dialog interaktif remaja, ditunggu saja ya. Baca juga:

Posting Komentar untuk "Dialog Interaktif: Pengertian, Ciri, Unsur, Cara Menyusun"