Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli: Tujuan, Ciri, Sifat

kwu

Faktasantuy - Jelaskan pengertian dari wirausaha. Pada hari ini kita akan membahas konsep dasar kewirausahaan. Nah jelaskan pengertian kewirausahaan? tujuan kewirausahaan? ciri kewirausahaan? Sifat kewirausahaan? karakteristik wirusausaha dll. Silakan teman-teman simak rangkuman materi kewirausahaan berikut ini ya.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian kewirausahaan secara umum diartikan sebagai suatu proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Hasil akhir dari proses ini yaitu berupa penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian. Wajib baca: Pengertian Pelaku Ekonomi - Macam, Peran Dan Contohnya

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Jelaskan pengertian wirausaha? adapun beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli, yaitu sebagi berikut:

1. Richard Cantillon (1775), definisi wirausaha adalah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. 

2. Penrose (1963), definisi kewirausahaan adalah kegiatan kewirausahaan indentifikasi termasuk peluang dalam sistem ekonomi.

3. Harvey Leibenstein (1968, 1979), arti wirausaha ialah kegiatan kewirausahaan meliputi diperlukan untuk membuat atau melaksanakan perusahaan ketika semua pasar belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksi tidak sepenuhnya diketahui.

4. Thomas W Zimmerer, Kewirausahaan adalah keinovasian aplikasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang lain hadapi setiap hari.

5. Andrew J Dubrin, arti kewirausahaan adalah seseorang yang menjalankan dan membangun bisnis yang inovatif.

6. Robbin & Coulter Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan peluang yang menciptakan nilai untuk tumbuh untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

7. Jean Baptista Say, Seorang pengusaha adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai produk.

8. Raymond, Kewirausahaan adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu kreativitas mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dalam lingkungan dan masyarakat.

9. Kasmir, Kewirausahaan adalah jiwa pemberani yang berani mengambil risiko untuk memulai bisnis di berbagai kesempatan.

10. Peter F Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

11. Frank Knight, pengertian kewirausahaan yaitu seorang pengusaha mencoba untuk memecahkan dan memprediksi perubahan di pasar. 

12. J.B Say, Kewirausahaan adalah bahwa pengusaha dapat mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki oleh ekonomi dan meningkatkan produktivitas rendah adalah tinggi.

13. Stephen Robins, kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

14. Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Nah itulah pengertian wirausaha menurut para ahli. 

Wajib baca: Manajemen Agribisnis Adalah

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan kewirausahaan adalah yaitu terbagi 4 macam:

  1. Untuk Meningkatkan jumlah pengusaha yang memenuhi syarat.
  2. Mewujudkan kemampuan kewirausahaan dan kemantapan untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di masyarakat mampu, handal, dan unggul.
  4. Orientasi kesadaran yang kuat untuk umum.

Ciri Kewirausahaan

Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang membutuhkan ciri kewirausahaan. Karakteristik seorang pengusaha adalah:

  • Percaya diri
  • Berorientasikan tugas dan hasil
  • Berani mengambil risiko
  • Kepemimpinan
  • Keorisinilan
  • Berorientasi ke masa depan
  • Jujur dan tekun

Sifat-sifat seorang wirausaha

Wajib baca: Pengertian Wiraswasta: Cirinya, Unsurnya Beserta Contohnya

  1. Memiliki kepercayaan diri, kemandirian, individualitas, optimisme.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengambil risiko dan menyukai tantangan.
  3. Selalu berusaha untuk mencapai, berorientasi pada keuntungan, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, pekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
  4. Bertindak sebagai pemimpin, mampu bergaul dengan orang lain dan saran cinta dan kritik yang membangun.
  5. Memiliki tingkat inovasi yang tinggi dan kreativitas, fleksibel, serbaguna dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
  6. Persepsi dan perspektif tentang masa depan berorientasi.
  7. Memiliki keyakinan bahwa hidup merupakan sama halnya dengan kerja keras.

Karakteristik Kewirausahawan

Unsur, sikap dan karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan yaitu : Motif Berprestasi Tinggi, Selalu Perspektif, Memiliki Kreatifitas Tinggi, Perilaku Inovatif Tinggi, Selalu Komitmen dalam Pekerjaan, Memiliki Etos Kerja dan Tanggung Jawab, Mandiri atau Tidak Ketergantuangan, Berani Menghadapi Risiko, Selalu Mencari Peluang, Memiliki Jiwa Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Keterampilan Personal serta Wirausahawan Andal.

Karakteristik Wirausaha

Bygrave dalam Buchari Alma (2009 : 57) memberi gambaran tentang beberapa karakteristik wirausaha yang dikenal dengan istilah 10 D, yaitu sebagai berikut:

  1. Dream, memiliki keinginan terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya.
  2. Decisiveness, orang yang tidak bekerja lambat, membuat keputusan secara tepat, tetapi penuh perhitungan.
  3. Doers, akan langusng menindaklanjuti keputusan yang diambilnya. Mereka melaksanakan kegiatan secepat mungkin dan tidak meu menunda-nunda kesempatan yang baik di dalam bisnisnya.
  4. Determination, melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian serta tanggung jawab yang tinggi dan tidak menyerah
  5. Dedication, berdedikasi terhadap bisnisnya, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarganya untuk sementara waktu.
  6. Devotion, mencintai bisnis dan produkyang dihasilkan. Hal inilah yang mendorong keberhasilannya dalam menjual produk yang dihasilkannya.
  7. Details, sangat memperhatikan faktor-faktor penting secara rinci. tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.
  8. Destiny, bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau bergantung kepada orang lain.
  9. Dollars, tidak mengutamakan kekayaan. Motivasinya bukan hanya masalah uang. Uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Ia beranggapan jika berhasil dalam bisnis, isa pantas mendapatkan laba, bonus ataupun hadiah.
  10. Distribute, bersedia mendistribusikan kepemilikan dalam bisnisnya kepada orang –orang kepecayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dibidang bisnis.

Tahap – Tahap Kewirausahaan

Adapun tahap – tahap yang dilakukan dari seorang kewirausahaan, yaitu sebagi berikut 

  1. Tahap memulai, tahap seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, mulai dengan melihat peluang bisnis baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ” franchising ”. Juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan jika dalam pertanian, industri atau jasa. Seorang pengusaha akan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, termasuk aspek: keuangan, sumber daya manusia, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan meliputi bagaimana mengambil risiko dan membuat keputusan, pemasaran, dan evaluasi.
  2. Tahap mempertahankan usaha, berdasarkan hasil yang telah dicapai untuk menganalisis kemajuan dibuat untuk tindak lanjut sesuai dengan kondisi yang dihadapi
  3. Sikap wirausahadapat mengidentifikasi sikap pengusaha yang dapat diambil dari kegiatan sehari-hari, sebagai berikut: Disiplin, Komitmen Tinggi, Jujur, Kreatif dan Inovatif, Mandiri dan Realistis.

Ciri dan Kemampuan Wirausaha Tangguh

  1. Berpikir dan bertindak secara strategik, adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan termasuk yang mengandung resiko agak besar dan dalam mengatasi masalah.
  2. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendalian intern.
  3. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan langganan.
  4. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

Ciri dan Kemampuan Wirausaha Unggul

  1. Berani mengambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha menghindarinya.
  2. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi di berbagai bidang 
  3. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Antisipasif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan.
  5. Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan kewirausahaan dalam menjalankan usaha barunya, yaitu sebagai berikut:

1. Tidak kompeten dalam manajerial

Kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk mengelola bisnis adalah faktor utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.

  • Kurangnya pengalaman dalam mengkoordinasikan kemampuan, keterampilan untuk mengelola sumber daya manusia, serta kemampuan untuk mengintegrasikan operasi perusahaan.
  • Kurangnya kontrol keuangan.
  • Gagal dalam perencanaan.

2. Lokasi yang kurang memadai

lokasi usaha yang strategis merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi strategis dapat mengakibatkan perusahaan tidak sulit untuk beroperasi karena kurang efisien.

3. Kurangnya pengawasan peralatan

Pengawasan sangat erat kaitannya dengan efisiensi dan efektivitas. Kurangnya pengawasan menyebabkan penggunaan yang tidak efisien dan tidak efektif.

4. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha

Sikap yang setengah dari bisnis akan menghasilkan upaya untuk menjadi tidak stabil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal menjadi besar.

5. Ketidakmampuan untuk melakukan transisi kewirausahaan / transisi

Pengusaha kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, akan ada pengusaha sukses. Sukses dalam bisnis hanya dapat dicapai jika perubahan berani dan mampu membuat transisi setiap kali.

Nah itulah artikel definisi wirausaha,. Semoga ringkasan materi wirausaha ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai manfaat kewirausahaan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut 5 Ahli

Lain kali admin akan membuat contoh wirausaha dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Pertanyaan tentang kewirausahaan:

1. jelaskan pentingnya kewirausahaan?

2. kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan?

3. manfaat yang dapat diperoleh jika seseorang memiliki jiwa wirausaha yaitu dapat?

Posting Komentar untuk "14 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli: Tujuan, Ciri, Sifat"