Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Komunikasi Adalah? Pengertian, Macam, Jenis, Komponen dan Contohnya

dasar-ilmu-komunikasi
Contoh Komunikasi

Faktasantuy - Pengertian ilmu komunikasi. Pada hari ini kita akan membahas rangkuman materi ilmu komunikasi. Nah ilmu komunikasi adalah? macam komunikasi? jenis komunikasi? komponen komunikasi? contoh komunikasi? Silakan teman-teman simak dasar dasar ilmu komunikasi berikut ini ya.

Teori Komunikasi

Teori komunikasi merupakan sebuah pandangan juga strategi yang membentuk alat dan rangka kerja pada suatu perkara yang hendak dilaksanakan dalam proses komunikasi teori akan mengarahkan bentuk dan kaidah dalam komunikasi yang akan dibuat. 

Wajib baca: Kalimat Tanya 

Pengertian Ilmu Komunikasi

Pada dasarnya ilmu komunikasi memiliki ciri-ciri yang sama dengan ilmu secara umum, yang membedakannya adalah objek kajian dimana perhatian yang telah fokuskan pada kejadian-kejadian komunikasi antar manusia. Berger & Chafee (1987) menyatakan ilmu komunikasi mempelajari tentang sebuah pengamatan terhadap produksi, proses dan juga pengaruh terhadap sistem tanda dan lambang lewat pengembangan teori-teori yang bisa diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelasakan fenomena yang berkaitan terhadap produksi, pengaruh dan proses dari sistem tanda dan lambang.

Wajib baca: Definisi referensi

Macam-Macam Komunikasi

Adapun beberapa elemen dasar komunikasi yang menjadi dasar objek studi tentang teori komunikasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Sumber, sebagai sumber informasi yang menghasilkan urutan pesan yang akan dikomunikasikan ke terminal penerima.
  2. Pengirim, sebagai pemancar/penyebar yang beroperasi pada pesan dalam beberapa cara untuk menghasilkan sinyal yang cocok untuk meneruskannya melalui saluran tersebut
  3. Saluran, hanya sebuah media yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dari pemancar ke penerima.
  4. Penerima berupa suatu kegiatan melakukan operasi kebalikan dari yang dilakukan oleh pemancar, dengan merekonstruksi pesan dari sinyal.
  5. Tujuan, merupakan orang atau suatu hal kepada siapa pesan ini ditujukan.
  6. Pesan, dari bahasa Latin mitter yang berarti untuk mengirim. Pesannya berupa sebuah konsep, informasi, komunikasi, atau pernyataan yang dikirim dalam bentuk, ditulis, direkam, atau bentuk visual verbal kepada penerima.
  7. Tanggapan, Elemen entropik, positif dan negative
Nah itulah 7 elemen macam macam komunikasi

Jenis-jenis komunikasi

Adapun beberapa jenis komunikasi menurut cara penyampaiannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Komunikasi lisan, atau komunikasi secara langsung yang berupa sebuah komunikasi yang dilakukan dengan dua orang atau lebih yang saling bertatap muka dengan langsung serta tidak ada jarak ataupu alat yang membatasi. 
  2. Komunikasi tulisan, berupa sebuah komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa ada pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas dimengerti oleh penerima. 

Komponen Komunikasi

Adapun beberapa komponen komunikasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengirim pesan, berupa individu atau orang yang mengirim pesan. 
  2. Pesan, berupa informasi yang akan dikirimkan kepada si penerima, dapat berupa pesan secara verbal yaitu secara tertulis seperti surat, buku, majalah, memo, pesan secara lisan berupa percakapan tatap muka, percakapan melalui telepon, radio, dan sebagainya. Serta pesan yang non verbal berupa isyarat, gerakan badan, ekspresi muka, dan nada suara.
  3. Saluran berupa sebuah jalan yang dilalui dari si pengirim dengan penerima, biasanya dalam komunikasi berupa gelombang cahaya dan suara yang dapat dilihat dan didengar. Akan tetapi alat dengan cahaya atau suara itu berpindah akan berbeda-beda. Seperti: apabila terdapat dua orang berbicara tatap muka gelombang suara dan cahaya di udara berfungsi sebagai saluran, apabila pembicaraan melalui surat yang dikirimkan, maka gelombang cahaya sebagai saluran yang memungkinkan kita dapat melihat huruf pada surat tersebut. 
  4. Penerima Pesan subjek yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya.
  5. Balikan/ Umpan Balik, berupa sebuah respons terhadap pesan yang diterima yang dikirimkan kepada si pengirim pesan. 
Nah itulah 5 komponen dalam komunikasi.

Contoh Komunikasi

Sebagai contoh komunikasi, berikut merupakan cuplikan dialog antara si A dan si B ketika berjumpa di kampus Kedokteran.

A: Halo, apa kabar?

B: Ya, kabar baik. Tapi saya sekarang ini sedang bingung nih.

A: Loh, bingung kenapa?

B: Itu, mengenai mata kuliah Ilmu Gizi Dasar. Saya belum mengerti bagaimana cara menghitung energi protein, karbohidrat, dan juga lemak!

A: Coba saya lihat soalnya.

B: (sambil membuka buku catatannya) nih lihat saja hitungan-hitungan masih belum selesai.

A: … (mempelajari soal dan berpikir sejenak) Oh … caranya begini, ini dikalikan dengan ini.

Kemudian ini (dan seterusnya ia menjelaskan cara menghitung)

B: (ketika si A menjelaskan, si B bergumam dan mengucapkan kata-kata yang sama berulang-ulang sambil mengangguk-anggukkan kepalanya) Oh….Begitu…. Hhmmm sudah mengerti!

A: Nah, sekarang kamu mengerti?

B: Siip deh, saya mengerti sekarang. Terima kasih ya

Contoh di atas memberikan ilustrasi bahwa si A dan si B, keduanya terlibat secara aktif dalam proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, dan pengolahan pesan. Pada ilustrasi tersebut, si A menjadi pengirim pesan dan si B menjadi penerima pesan. Cara penyampaian pesan dilakukan secara lisan dan juga tulisan yang berupa kata-kata dan angka-angka. Topik utama pesan yang dibahas antara kedua orang tersebut berupa mengenai penghitungan pada mata kuliah Ilmu gizi Dasar, khususnya tentang cara perhitungan kandungan energi protein, karbohidrat, dan lemak. Saluran dalam  interaksi tatap muka ini seperti berbicara dan mendengarkan (saluran suara) atau melalui panca indera. Sedangkan umpan balik pada ilustrasi komunikasi ini adalah respons ketika si B sebagai penerima pesan mengerti apa yang telah dijelaskan oleh si A yang merupakan pengirim pesan, sehingga si B memberikan respons berupa anggukan kepala. Hal ini merupakan bentuk dari umpan balik.

Pekerjaan Ilmu Komunikasi

Berikut pekerjaan lulusan ilmu komunikasi:

1. Reporter

2. Wartawan

3. Pengamat

4. Pembawa acara

5. Host

6. Dubbing

Nah itulah artikel teori ilmu komunikasi. Semoga ,,, ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh komunikasi verbal dan contoh komunikasi non verbal silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Definisi frasa adalah

Lain kali admin akan membuat jurusan ilmu komunikasi dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Pertanyaan soal:

1. komunikasi bisnis termasuk dalam kategori ilmu?

2. contoh komunikasi intrapersonal?

3. komponen komunikasi yang berupa tindakan dari pihak komunikan disebut?

4. berdasarkan cara penyampaian informasi komunikasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu?

Posting Komentar untuk "Ilmu Komunikasi Adalah? Pengertian, Macam, Jenis, Komponen dan Contohnya"