Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Peran Manajerial Dan 7 Kemampuan Manajerial (Ringkasan Lengkap)

manajerial

Faktasantuy - Peran manajerial dan keahlian manajerial. Pada hari ini kita akan membahas pengertian manajerial dan kemampuan manajerial. Nah manajerial artinya? apa saja peran manajerial? dan apa saja kemampuan manajerial yang baik?

Silakan teman-teman simak pengertian manajerial berikut ini ya. Manajerial artinya kemampuan untuk menjadi pemimpin (penggerak).

Pengertian Peran Manajerial

Kepemimpinan adalah suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin organisasi. Efektivitas seorang pemimpin ditentukan oleh kepiawaiannya mempengaruhi dan mengarahkan para anggotanya. Henry Mintzberg seorang peneliti manajemen, yang menyimpulkan bahwa para manajer memenuhi peran utama ketika mengerjakan tugas-tugas manajerial. Wajib baca: 23+ Peranan Komunikasi Dalam Organisasi dan 3 Hambatannya

  1. Peran Antar Pribadi manajer melakukan tiga sub-peran antar-pribadi,yaitu :
  2. Tokoh Perusahaan para manajer melakukan tugas seremonial, seperti misalnya menyambut tamu-tamu perusahaan,memberikan kata sambutan saat suatu fasilitas baru diresmikan,atau mewakili perusahaan pada acara makan siang bersama pemuka masyarakat untuk mendukung kegiatan social setempat. 
  3. Peran Pemimpin manajer memberikan motivasi dan semangat kepada karyawan untuk mencapai sasaran organisasi.  
  4. Peran Penghubung, para manajer berhubungan dengan orang-orang di luar unit mereka. 
  5. Peran Sumber Informasi, Pada saat manajer menggunakan sebagian besar waktunya untuk bertatap muka dengan orang lain, mereka memanfaatkannya untuk mengumpulkan dan berbagi informasi. Adapun  beberapa sub-peran sumber informasi, yaitu :
  6. Peran Pengamat, manajer mengamati lingkungan untuk informasi, dengan aktif menghubungi orang lain, sehingga dengan sendirinya mereka mendapatkan informasi yang sangat banyak. 
  7. Peran Penyalur, manajer memberikan ilmu manajerial yang diperolehnya dengan bawahan mereka dan orang lain di perusahaan. 
  8. Peran Juru Bicara, manajer berbagi segala informasi dengan orang di luar departemen dan perusahaan mereka. Salah satu cara yang paling umum dimana CEO bertindak sebagai juru bicara untuk perusahaan mereka adalah pada saat pertemuan tahunan dengan para pemegang saham atau dengan dewan direksi.
  9. Peran Pengambil Keputusan, para manajer terlibat dalam beberapa sub-bab peran pengambil keputusan, yaitu :
  10. Peran Wirausahawan, manajer menyesuaikan dirinya sendiri, bawahannya, dan unitnya kepada perubahan yang meningkat. 
  11. Peran Pemecah Masalah para manajer menghadapi tekanan dan persoalan yang begitu berat sehingga mereka memerlukan perhatian dan tindakan cepat. Manajer sering memainkan peran sebagai pemecah masalah ketika dewan perusahaan mengangkat seorang CEO baru dengan tugas memperbaiki perusahaan yang sedang jatuh.
  12. Peran Pengalokasi Sumber Daya, manajer membuat keputusan siapa yang akan menerima sumber daya dan berapa banyak yang akan diperolehnya. 
  13. Peran Ahli Negosiasi, manajer mendiskusikan jadwal, proyek, sasaran, hasil akhir, sumber daya, dan kenaikan gaji karyawan. 

Wajib baca: SIM atau Sistem Informasi Manajemen adalah

Keahlian Manajerial

dalam sebuah organisasi manajer membutuhkan keahlian khusus  jika ingin berhasil, keahlian/kemampuan manajerial tersebut yaitu:

  1. Keahlian Teknis(tecnical skills), Keahlian yang dibutuhkan untuk menyelesaikan atau memahami suatu jenis pekerjaan tertentu yang dilakukan dalam sebuah organisasi. Hal ini sangat penting dikarenakan manajer ini akan menghabiskan waktu dengan melatih bawahan dan menjawab pertanyaan yang menjadi masalah dalam kaitan pekerjaan.
  2. Keahlian Interpesonal (interpersonals skills), berupa kemampuan untuk memahami , memotivasi , dan berkomunikasi dengan individu dan kelompok.
  3. Keahlian Konseptual (conceptual skills), berupa kemampuan untuk berpikir secara abstrak. Berupa hal yang mampu berpikir secar strategis (gambaran besar) dan untuk membuat keputusan dengan sangat dasar yang luas serta dpat melayani keseluruhan sebuah organisasi.
  4. Keahlian Diagnostik (diagnostic skills), kemampuan manajer untuk menggambarkN jawaban yang paling sesuai untuk situasi tertentu.
  5. Keahlian Berkomunikasi (communication skills), KemampuaA manajer dalam mentrasfer ide serta imformasi secara efektif kepada orang lain maupun sebaliknya.
  6. Keahlian Pengambilan Keputusan (decision making skills), kemampuan manajer untuk mengenali serta mendefiniskan masalah serta kesempatan untuk memperbaikinya lalu kemudian memilih suatu tindakan utnuk memecahkan masalah.,
  7. Keahlian Manajemen waktu ( time management skills), Kemampuan manajer dalam memproritaskan pekerjaan , untuk dapat bekerja secar efisien, serta mendelegasikan secara tepat.

Nah itulah artikel peran peran manajerial dan keahlian seorang manajer. Semoga kamu memiliki memiliki kemampuan manajerial ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai kegiatan manajerial silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: analisis data kuantitaif dan analisis data kuantitatif

Lain kali admin akan membuat tingkatan manajerial dan manajemen manajerial, ditunggu saja ya.

Soal: 

1. jelaskan tentang kemampuan manajerial yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha?

2. pengertian keterampilan manajerial?

3. peranan ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan?

4. perbedaan manajerial dan manajemen?

Posting Komentar untuk "13 Peran Manajerial Dan 7 Kemampuan Manajerial (Ringkasan Lengkap)"