Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23+ Peranan Komunikasi Dalam Organisasi dan 3 Hambatannya

organisasi

Faktasantuy - Komunikasi organisasi adalah?. Pada hari ini kita akan membahas definisi komunikasi dalam organisasi. Nah apa arti komunikasi organisasi? seberapa pentingnya komunikasi dalam organisasi? Silakan teman-teman simak artikel definisi komunikasi dalam organisasi berikut ini ya.

Pengertian Proses Komunikasi Organisasi

Komunikasi dalam organisasi umumnya membahas mengenai fungsi dan struktur organisasi, hubungan antara manusia, komunikasi dan proses dalam organisasi, serta budaya organisasi tersebut.  Komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Wajib baca: manajemen sumber daya manusia

Komunikasi Internal

Komunikasi dalam internal suatu organisasi sangat kuat, pertukaran gagasan diantara para karyawan dan administrator dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap dan disertai pertukaran gagasan secara horizontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan dapat berjalan. terdapat empat dimensi komunikasi organisasi yaitu, Wajib baca: Ide inovatif (ide kreatif)

Downward Communication, suatu komunikasi yang berlangsung saat orang-orang yang berada di susunan manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya. Fungsi arah komunikasi dari atas kebawah ini seperti:

  1. memberi atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)
  2. Pimpinan menjelaskan tentang alasan suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job retionnale)
  3. Penyampaian informasi yang berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)
  4. Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.
  5. Terdapat empat metode dalam penyampaian informasi kepada para pegawai menurut Level yaitu: Metode tulisan, Metode lisan, Metode tulisan diikuti lisan serta Metode lisan diikuti tulisan.
  6. Upward Communication, berupa sebuah komunikasi yang terjadi pada saat bawahan mengirim pesan kepada atasannya. Fungsi arah komunikasi  ini dari bawah ke  atas berkaitan dengan penyampaian:
  7. Informai tentang pekerjaan pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakan
  8. Iformasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan
  9. Saran-saran perbaikan dari bawahan
  10. Keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.
  11. Terdapat beberapa alasan mengapa komunikasi ke atas terlihat agak rumit, yaitu sebagai berikut:
  12. Kecenderungan bagi pegawai untuk menyembunyikan pikiran mereka
  13. Perasaan bahwa atasan mereka tidak tertarik kepada masalah yang dialami pegawai
  14. Kurangnya penghargaan bagi komunikasi ke atas yang dilakukan pegawai
  15. Perasaan bahwa atasan tidak dapat dihubungi dan tidak tanggap pada apa yang disampaikan pegawai

Horizontal Communication, komunikasi horizontal adalah komunikasi yang berlangsung diantara para karyawan ataupun bagian yang memiliki kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horizontal atau contoh komunikasi horizontal ini yaitu:, Memperbaiki koordinasi tugas, berupaya pemecahan masalah, Saling berbagi informasi, berupaya memecahkan konflik serta Membina hubungan melalui kegiatan bersama

Interline Communication, berupa suatu tindakan komunikasi untuk berbagai sebuah informasi melewati batas-batas fugnsional.  Terdapat dua kondisi yang harus dipenuhi dalam menggunakan komunikasi lintas-saluran yaitu: Setiap pegawai yang ingin berkomunikasi melintas saluran harus meminta izin terlebih dahulu dari atasannya langsung kemudian setiap pegawai yang terlibat dalam komunikasi lintas-saluran harus memberitahukan hasil komunikasinya kepada atasannya

Peranan Komunikasi Dalam Organisasi

Adapun beberapa peranan komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Proses, suatu organisasi akan menciptakan dan saling menukar informasi diantara anggotanya. sebab menciptakan  dan menukar informasi ini berjalan terus menerus dan tidak ada hentinya, maka dikatakan sebagai suatu proses.
  2. Pesan, berupa susunan simbol yang penuh arti tentang orang, obyek, peristiwa yang dihasilkan oleh interaksi dengan orang lain. Dalam komunikasi organisasi kita mempelajari ciptaan dan pertukaran pesan dalam seluruh organisasi. 
  3. Jaringan, organisasi terdiri dari satu kumpulan orang yang tiap-tiapnya menduduki posisi atau peranan tertentu dalam organisasi. Pertukaran pesan dari orang-orang ini sesamanya terjadi melewati suatu set jalan kecil yang dinamakan jaringan komunikasi. Suatu jaringan komunikasi ini mungkin mencakup hanya dua orang, beberapa orang atau keseluruhan organisasi.
  4. Keadaan Saling Tergantung, keadaan ini telah menjadi sifat dari suatu organisai  yang merupakan suatu sistem terbuka. Bila suatu bagian dari organisasi mengalami gangguan maka akan berpengaruh kepada bagian lainnya dan mungkin juga kepada seluruh sistem organisasi. 
  5. Hubungan, sebab organisasi merupakan suatu sistem terbuka, sistem kehidupan sosial maka untuk berfungsinya bagian-bagian itu terletak pada manusia yang ada dalam organisasi. 
  6. Lingkungan, berupa semua totalitas secara fisik dan faktor sosial yang diperhitungkan dalam pembuatan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem. 
  7. Ketidakpastian, berupa perbedaan informasi yang tersedia dengan informasi yang diharapkan. Agar mengurangi faktor ketidakpastian ini organisasi menciptakan dan menukar pesan diantara anggota, melakukan suatu penelitian pengembangan organisasi, dan mengahapi tugas-tugas yang kompleks dengan integrasi yang tinggi. 
  8. Mempelajari Dunia Sekitar
  9. Mempermudah
  10. Menyajikan citra
  11. Memecahkan Persoalan
  12. Menemukan
  13. Menghubungkan
  14. Meyakinkan
  15. Menyelesaikan Tugas
  16. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
  17. Memperlihatkan kendali
  18. Mengekspresikan perasaan atau emosi
  19. Melengkapi Informasi
  20. Mengomentari
  21. Mengatur Interaksi
  22. Menyetujui
  23. Menyampaikan Pendapat

Hambatan Komunikasi Organisasi

Adapun beberapa faktor hambatan dalam komunikasi organisasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Hambatan Teknis, terbatasnya fasilitas dan peralatan komunikasi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, sehingga saluran komunikasi dapat diandalkan dan efesien sebagai media komunikasi.
  2. Hambatan Semantik, menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara efektif. 
  3. Hambtan Manusiawi, terjadi sebab faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dan lain sebagainya.
Nah itulah faktor penghambat komunikasi dalam organisasi.

Nah itulah artikel peranan komunikasi dalam organisasi. Semoga pengertian komunikasi organisasi ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh komunikasi organisasi silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: SIM atau Sistem Informasi Manajemen adalah

Lain kali admin akan membuat tujuan komunikasi organisasi dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Baca juga: permintaan dan penawaran

Soal pertanyaan komunikasi dalam organisasi:

1. seorang pimpinan yang memberikan instruksi kepada bawahannya termasuk dalam jenis komunikasi menurut aliran informasi yaitu?

2. jelaskan tujuan komunikasi bisnis?

3. jelaskan pentingnya komunikasi lintas budaya dalam bisnis?

Posting Komentar untuk "23+ Peranan Komunikasi Dalam Organisasi dan 3 Hambatannya"