Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Prinsip Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tugasnya

manajemen-keuangan

Faktasantuy - Pengertian manajemen keuangan. Pada hari ini kita akan membahas manajer keuangan adalah?. Nah apa itu definisi manajemen keuangan, tujuan manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, tugas manajemen keuangan, prinsip manajemen keuangan serta pentingnya manajemen keuangan. Silakan teman-teman simak materi manajemen keuangan berikut ini ya.

Prinsip Manajemen Keuangan

Adapun beberapa prinsip prinsip manajemen keuangan yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

Konsistensi (consistency), Sistem dan kebijakan keuangan dari organisasi harus konsisten dari waktu ke waktu. Bukan berarti  bahwa sistem keuangan tidak boleh disesuaikan apabila terjadi perubahan di organisasi. Pendekatan yang tidak konsisten terhadap manajemen keuangan merupakan suatu tanda bahwa manipulasi di pengelolaan keuangan.

Akuntabilitas(accountability), merupakan kewajiban, moral atau hukum, yang melekat pada individu, kelompok atau organisasi. Organisasi harus dapat menjelaskan bagaimana menggunakan sumber daya dan apa yang telah dicapai sebagai pertanggumg jawaban kepada pemangku kepentingan dan penerima manfaat.

Transparansi (transparancy), Organisasi harus terbuka berkenaan dengan pekerjaannya,  menyediakan informasi berkaitan dengan rencana dan aktivitasnya kepada para pemangku kepentingan. Termasuk menyiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan tepat waktu serta dapat dengan mudah dpat diakses oleh pemangku kepentingan dan penerima manfaat. Apabila organisasi tidak transparan, maka hal ini mengindikasikan ada sesuatu hal yang disembunyikan.

Kelangsungan hidup (integrity),Agar keuangan terjaga pengeluaran organisasi ditingkat strategi maupun operasional harus sejalan /disesuaikan dengan dana yang diterima. Kelangsungan hidup merupakan suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi.

Integritas (integrty), Dalam melaksanankan kegiatan operationalnya ,  individu yang terlibat harus memiliki integritas yang baik. selain itu, laporan dan catatan keuangan harus tetap dijaga integritasnya melalui kelengkapan dan keakuratan pencatatan keuangan.

Pengelolaan (stewardship), Organisasi harus bisa mengelola dengan baik dana yang telah diperoleh  dan menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Standar akutansi (accounting standarts), Sistem akuatansi dan keuangan yang digunakan organisasi harus sesuai dengan prinsip dan standart akutansi yang berlaku umum.

Konsep Manajemen Keuangan

Jelaskan pengertian manajemen keuangan? Manajemen keuangan adalah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan fungsi keuangan merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Aktivitas manajemen keuangan sama halnya dengan menggunakan dana dan menempatkan dana. Dapat disebut juga sebagai segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana serta mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh. Manajemen keuangan berkaitan dengan 3 aktivitas, yaitu sebagai berikut:

  • Aktivitas penggunaan dana, berupa sebuah aktivitas untuk dapat menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Aktivitas perolehan dana, berupa aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik itu dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal suatu perusahaan.
  • Aktivitas pengelolaan aktiva, yang mana  setelah dana diperoleh serta dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola se’efisien mungkin.

Pengertian Manajemen Keuangan

Arti manajemen keuangan terdiri dari dua kata yang memiliki arti masing-masing dan di satukan menjadi satu kesatuan yang komplit. Manajemen adalah Suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen Keuangan merupakan suatu proses dalam kegiatan keuangan perusahaan yang berhubungan dengan upaya untuk mendapatkan dana perusahaan serta meminimalkan biaya perusahaan dan juga upaya pengelolaan keuangan suatu badan usaha atau organisasi untuk dapat mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Wajib baca: Materi manajemen file

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertiam manajemen keuangan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

  1. Bambang Riyanto, diartikan sebagai keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan biaya yang minimal dan syarat syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.
  2. Suad Husnan, suatu manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
  3. James Van Horne, sebagai segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.
  4. Grestenberg, suatu bisnis yang dikerjakan dapat memperoleh dana, cara mendapatkan dana, penggunaan serta bisnis didistribusikan .
  5. Liefman, usaha untuk dapat menyediakan uang serta menggunakan uang untuk mendapat atau juga memperoleh aktiva.

Wajib baca: Contoh judul skripsi Administrasi Perkantoran dan Manajemen Bisnis

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan memiliki tujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Perusahaan bertujuan untuk  maksimalisasi kesejahteraan pemilik perusahaan. Kesejahteraan pemegang saham ditunjukan melalui harga pasar suatu  perusahaan, yang dimaksudkan dengan refleksi dari keputusan investasi, pendanaan serta aktiva manajemen. kesuksesan keputusan suatu bisnis yang dinilai berdasarkan akibat yang ditimbulkan terhadap harga saham. Dalam manajemen pada bisnis perusahaan terdapat beberapa individu yang di kelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu sebagai berikut :

  • Kelompok manajemen ( operational menegement ) atau tingkat pelaksana  yaitu para suvervisor.
  • Kelompok manajemen menengah seperti kepala departemen, manajer devisi, dan manager cabang.
  • Manajemen eksekutif atau disebut juga manajemen puncak eksekutif  selaku penanggung jawab dari fungsi-fungsi : pemasaran, pembelanjaan, produksi, pembiyaan, serta akutansi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Adapun beberapa fungsi manajemen perusahaan, yaitu sebagai sebagai berikut fungsi manajemen keuangan:

1. Keputusan Investasi (Investment Decision)

fungsi manajemen keuangan yaitu sebagai penanaman modal suatu perusahaan pada aktiva riil maupun aktiva finansial. keputusan finansial merupaka suatu keputusan terhadap aktiva yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan Investasi akan berpengaruh langsung terhadap besarnya (return on investment) atau rentabilitas investasi  serta aliran kas perusahaan pada masa yang akan datang.

2. Fungsi Pendanaan (Financing Decision)

dengan mempelajari sumber-sumber dana yang berada di sisi pasiva. Peranan manajemen keuangan diperlukan perhatian sumber dana yang biayanya paling minimal serta syarat- syarat yang menguntungkan. Pemenuhan dana dapat dilakukan dengan melalui sumber intern serta sumber ekstern perusahaan.

3. Keputusan Deviden (Dividend Decision)

fungsi manajemen keuangan yaitu dilakukan untuk menentukan :

  • Besarnya persentase laba yang dapat dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk cash dividen,
  • Stabilitas dividen yang akan dibagikan.
  • (stock dividend)Dividen saham .
  • (stock split) Pemecahan saham .
  • Penarikan kembali saham-saham yang telah beredar.

Analisis Manajemen Keuangan

fungsi manajemen keuangan yaitu dalam penerapannya, analisis manajemen dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Dilihat dari sisi manfaat dan pengorbanannya. Membandingkan besarnya manfaat yang dapat diperoleh dengan pengorbanan yang harus dilakukan. Dengan prinsip apabila manfaat lebih besar dari pengorbanannya, maka keputusan keuangan tersebut layak untuk dilaksanakan.

Dilihat dari sisi manfaatnya saja. Membandingkan tambahan manfaat yang dapat diperoleh. Dengan prinsip apabila diperoleh tambahan manfaat yang cukup signifikan tanpa mengakibatkan perubahan tingkat pengorbanan, maka keputusan keuangan tersebut layak untuk dilaksanakan.

Dilihat dari sisi pengorbanannya saja. Membandingkan pengurangan pengorbanan (penghematan) yang dapat diperoleh. Dengan prinsip apabila diperoleh penghematan biaya yang cukup signifikan tanpa mengakibatkan perubahan tingkat manfaat, maka keputusan keuangan tersebut layak untuk dilaksanakan.

Tugas Manajemen Keuangan

Tugas manajemen keuangan yaitu terkait dengan keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan yaitu merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lain yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek, berikut tugas manajemen keuangan yaitu:

  1. Didalam perencanaan dan peramalan, manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lain yang ikut bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  2. Diharuskan memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala sesuatu yang berkaitan dengannya.
  3. Harus bekerja sama dengan para manajer lain di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
  4. Terkait dengan penggunaan pasar uang dan pasar modal, manajer keuangan menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana dana dapat diperoleh dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

Nah itulah 7 prinsip manajemen keuangan. 

Nah itulah artikel materi manajemen keuangan. Semoga artikel materi manajemen keuangan pdf ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai cara menyusun manajemen keuangan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Judul Skripsi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Koperasi S1

Lain kali admin akan membuat contoh manajemen keuangan dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Pertanyaan:

1. fungsi manajemen keuangan dilakukan dengan maksud untuk?

2. manfaat laporan keuangan bagi manajemen perusahaan adalah?

3. jelaskan mengenai pengelolaan keuangan dalam perusahaan?

4. manfaat laporan keuangan bagi manajer?

5. sebutkan fungsi laporan keuangan bagi pihak manajemen?

Posting Komentar untuk "7 Prinsip Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tugasnya"