Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli: Fungsi, Unsur & Tingkatannya

fungsi-manajemen

Faktasantuy - Pengertian manajamen. Pada hari ini kita akan membahas rangkuman manajemen. Nah apa itu pengertian manajemen, fungsi manajemen, unsur manajemen dan tingkatan manajemen? Silakan teman-teman simak materi manajemen berikut ini ya.

Pengertian Manajamen

Manajemen berawal dari Bahasa Itali (1561)  maneggiare yang berarti mengendalikan, terutama dalam mengendalikan kuda yang berasal dari bahasa latin manus yang berati tangan. Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti kepemilikan kuda (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), yang istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis yang kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti sebagai sebuah seni melaksanakan dan mengatur.

Wajib baca: Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Pengertian Manajamen Menurut Para Ahli

Adapun pengertian manajamen menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

Koontz dan Cyril O’donnel, definisi manajemen adalah suatu usaha untuk mencapai/ menggapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.

R.Terry, manajemen yaitu suatu proses unik dan khas yang terdiri atas suatu tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan arah serta untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya yang melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.

Lawrence A.Apple, manajemen adalah sebuah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain.

Drs. Oey Liang Lee, manajemen ialah suatu ilmu dan seni perencaan, pengorganisasian, pengarahan, penyuuan serta pengawasan terhadap SDM guna untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.

James A.F.Stoner, manajemen merupakan suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta dalam pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta untuk penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Mary Parker Follet, manajemen adalah sebagai suatu seni, karena untuk melakukan /menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain pasti membutuhkan keterampilan tertentu.

Hilman, arti manajemen sebagai sebuah fungsi untuk mencapai suatu tujuan yang melalui perantara kegiatan orang lain serta untuk mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai suatu tujuan yang sama.

Ricky W. Griffin, tugas manajemen suatu proses perencanaan / planning, pengorganisasian, pengkoordinasisasian, serta untuk pengontrolan setiap sumber daya yang ada guna mencapai suatu tujuan ataupun goals yang sudah ditentukan dengan efektif dan efisien.

Henry Fayol, fungsi manajemen menurut henry fayol adalah suatu ilmu yang mengandung suatu gagasan/ide lima fungsi utama yakni merancang, memerintah, mengorganisasi, mengendalikan dan mengoordinasasi.

Chaster I Bernard, Manajemen jika kaitannya dengan seni ialah sebagai suatu seni dan ilmu.

Lyndak F.Urwick, fungsi manajemen yaitu meramalkan, perencaan pengorganisian, memerintahkan, pengkoordinasian serta pengontrolan.

Prof. Eiji Ogawa, pengertian manajemen berupa suatu perencaan, pengimplementasian serta pengendalian dari setiap kegiatan termasuk didalamnya dalam pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha dengan sebelumnya sudah menetapkan setiap sasaran/tujuan untuk kerja yang disempurnakan yang sesuai dengan kondisi (fleksibel).

Renville Siagian, manajemen adalah merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh sebuah tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

William H.Newman, fungsi fungsi manajemen saling berhubungan untuk mencapai hasil tertentu yang melalui orang lain.

Wajib baca: Kumpulan Judul Skripsi Manajemen SDM Lengkap (Bisa Untuk S1 & S2

4 Fungsi Manajemen

Sebutkan fungsi manajemen? Adapun 4 fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Fungsi Perencanaan (Planning): suatu kegiatan dalam membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
  2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing): suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan guna untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
  3. Fungsi Pengarahan (Directing, Leading, Actuating): berfungsi meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
  4. Fungsi Pengendalian (Controling): suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

Fungsi-fungsi manajemen diatas harus ada agar mendapatkan hasil manajemen yang maksimal untuk perusahaan atau organisasi.

Unsur – Unsur Manajemen

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan peralatan sarana (tools) yang merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan.  Yaitu sebagai berikut:

  1. Man (SDM): faktor manusia merupakan yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan serta melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.
  2. Money (uang), salah satu unsur yang cukup penting. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. berapapun hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Itulah sebabnya uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.
  3. Materials (bahan): yang terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
  4. Machines (mesin): Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan suatu mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
  5. Methods (metode): Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Dimana tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya suatu pekerjaan. Suatu metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas apabila memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Meskipun suatu metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak memiliki pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.
  6. Market (pasar): Memasarkan produk barang tentu sangat penting sebab apabila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Itulah sebabnya, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
Nah itulah 6 unsur manajemen. Baca juga: Pengertian keputusan atau pengertian decision making

Tingkatan Manajemen

Berikut ini merupakan tinggkatan dari manajemen.

  1. Manajemen Puncak (Top Management): Manajer memiliki tanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Seperti: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya. 
  2. Manajemen Menengah (Middle Management), manager harus memiliki keahlian interpersonal/manusiawi, dalam artian keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
  3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management): Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Diharuskan memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.
Nah itulah tingkatan manajemen.

Nah itulah artikel rangkuman materi manajemen. Semoga definisi manajemen beserta fungsi fungsi manajemen ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai pengertian manajemen keuangan, sdm, pemsaran dan operasi silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Contoh Judul Skripsi Manajemen Pemasaran S1/S2

Lain kali admin akan membuat materi manajemen dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

pertanyaan tentang manajemen:

1. fungsi manajer adalah?

2. sebutkan dan jelaskan fungsi manajemen?

3. sebutkan tingkatan manajemen?

4. proses mendefinisikan tujuan organisasi dan membuat strategi untuk pencapaian tujuan tersebut merupakan fungsi manajemen?

5. unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan adalah?

Posting Komentar untuk "14 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli: Fungsi, Unsur & Tingkatannya"