Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indeks Buku Adalah: Pengertian, Cara Membuat, Contoh, Macam & Tujuan

Faktasantuy - Indeks buku. Pada hari ini kita akan membahas pengertian indeks buku. Nah apa itu indeks buku adalah? indeks buku berisi tentang? apa saja informasi buku melalui indeks? Silakan teman-teman simak cara membaca indeks buku berikut ini ya. Baca juga: contoh indeks pengarang

Pengertian Indeks Buku

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indeks buku adalah daftar kata atau istilah penting yang berada didalam sebuah buku cetakan (biasanya terletak pada bagian akhir buku) yang tersusun sesuai abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman dimana kata atau istilah itu ditemukan. Indeks sangat berguna untuk mempermudah pembaca mencari keterangan di dalam buku karena dengan mudah menemukan informasi yang dicari. Pada umumnya, indeks buku diletakkan pada halaman akhir buku. Baca juga: Teks deskripsi adalah?

Dalam membuat sebuah buku harus tersusun dengan rapi dan berurutan. salah satu bagian terpenting dari buku ialah indeks buku, Karena terkadang di dalam sebuah buku terdapat istilah-istilah yang sudah tersusun yang berdasarkan abjad, ketika akan mencari suatu istilah maka akan bisa dengan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku. Informasi atau penjelasan kata tertentu pada buku yang relatif tebal pun bisa ditemukan dengan cepat dengan teknik membaca memindai melalui indeks. 

Bagian indeks buku terletak di halaman terakhir buku, cara membaca indeks buku sangat mudah, tiggal lait di halaman terakhir ada halama khusus indeks berabjad A-Z, dari huruf A-Z itu adalah indeks buku, maka kita dapat mencari definisi kata dengan bantuan indeks buku. Baca juga: Perbedaan singkatan akronim

Indeks buku terdapat di buku non fiksi maupun buku fiksi.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Sebuah indeks buku dibangun oleh beberapa bagian, antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Indeks nama (pengarang)

Suatu susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.

2. Indeks topik (subjek/istilah)

Suatu kumpulan subjek atau sebuah istilah yang disusun berdasarkan abjad yang istilahnya berada dalam buku atau yang bersangkutan dengan isi buku tersebut. indeks topik yang ada biasanya istilah-istilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.

3. Perincian indeks topic

Suatu istilah atau subjek yang memiliki kaitan dengan sebuah subjek yang ada di dalam sebuah indeks topik.

4. Nomor halaman

Suatu bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana kata-kata istilah itu berada.

Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu adalah: 

1. Indeks Subjek

yaitu indeks yang berisi daftar istilah-istilah dalam sebuah buku.

2. Indeks Pengarang

Yaitu indeks yang berisikan daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau yang teorinya dikutip dalam sebuah buku yang bersangkutan.

Jadi kesimpulannya, Indeks subjek merupakan indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat dalam sebuah buku, sedangkan indeks pengarang adalah indeks yang berisi daftar nama pengarang (tokoh) yang teori maupun pendapatnya terdapat dalam buku tersebut.

Tujuan Indek Buku

Indek Buku dibuat agar para pembaca bisa menandai bacaan sebelumnya dan dapat melanjutkan membaca kembali bacaan yang sebelumnya.

Contoh Indeks Buku

buku berindeks akan ada dari abjad A-Z pada halaman terakhir buku, berikut contoh soal indeks buku beserta jawabannya:

A

Akustia, Klara, 214

Aku sertaan, 78

Aku tak sertaan, 78

Ali, Muhammad, 43, 44

Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B

Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87

Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99

Badudu, J.S., 40

Balada, 45-46, 48, 62-64

Didalam sebuah istilah atau nama pengarang dan nomor halaman harus disisi dengan tanda koma (,) seperti pada contoh indeks pengarang diatas.dan begitu pula seterusnya.

Nah itulah artikel buku indeks. Semoga informasi buku melalui indeks ini dapat menyelesaikan membantu kamu mendefinisikan kata ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh indeks buku silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 

Lain kali admin akan membuat contoh indeks pengarang dan cara membaca indeks buku, ditunggu saja ya.

Soal:

  1. indeks dalam buku nonfiksi disusun menurut?
  2. indeks pada buku nonfiksi berisi tentang?
  3. indeks pada buku fiksi berisi tentang?
  4. indeks dalam buku nonfiksi disusun menurut?

Posting Komentar untuk "Indeks Buku Adalah: Pengertian, Cara Membuat, Contoh, Macam & Tujuan"