Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Indeks Buku: Bagian Dan 10 Contohnya

pengertian-indeks-buku-bagian-dan-contohnya

INDEKS BUKU

faktasantuy.com - Apa itu indeks buku?

ARTI KATA INDEKS

Arti indeks adalah suatu halaman yang memuat seluruh istilah-istilah pada buku tertentu dari abjad A sampai Z. Indeks buku merupakan salah satu bagian penting yang haruslah ada dalam suatu buku. Nah, indeks buku juga ialah materi bahasa indonesia yang bakal saya berikan hari ini. Pada postingan hari ini, saya bakal mengulas arti & contoh indeks buku beserta bagian-bagian dari indeks buku tersebut.

Baca: Contoh resensi buku

PENGERTIAN INDEKS BUKU

Pengertian Arti indeks buku adalah kata ataupun istilah penting yang tersusun berdasarkan abjad yang memberikan info tentang halaman tempat kata ataupun istilah ditemukan. Indeks sangat berfungsi untuk memudahkan mencari keterangan di dalam buku sebab dengan sangat cepat ditemukan info yang anda cari. Pada umumnya, indeks buku diletakkan pada halaman akhir buku.

BAGIAN-BAGIAN INDEK BUKU

Sebuah indeks buku dibuat oleh berbagai bagian, diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, & juga nomor halaman dimana nama ataupun rincian topik tersebut berada. Tersebut seluruh merupakan bagian-bagian yang membangun indeks buku. Untuk lebih jelasnya, bagian bagian indeks buku ialah:
  1. Indeks nama (pengarang), merupakan susunan ataupun kumpulan nama-nama orang dalam suatu indeks. Baca juga postingan aturan penulisan indeks pengarang.
  2. Indeks topik (subjek/istilah), merupakan kumpulan subjek ataupun istilah yang disusun berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku ataupun bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam suatu buku geografi, indeks topik yang ada biasanya ialah istilah-istilah yang ada kaitannya dengan ilmu geografi.
  3. Perincian indeks topik, merupakan istilah-istilah ataupun subjek yang ada kaitannya dengan subjek yang ada dalam suatu indeks topik.
  4. Nomor halaman, merupakan bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana suatu sebuah istilah tersebut berada.

CONTOH INDEKS BUKU

Berikut contoh indeks buku dari abjad A sampai abjad B, cara membuat indeks buku cukup kamu tiru saja pada contoh dibawah ini:

A
Akustia, Klara, 214
Aku sertaan, 78
Aku tak sertaan, 78
Ali, Muhammad, 43, 44
Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B
Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87
Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99
Badudu, J.S., 40
Balada, 45-46, 48, 62-64

CARA MEMBACA INDEKS BUKU

Berikut cara membaca indeks buku, cara membaca indeks buku bisa juga mencontoh pada bagian bawah ini:

  • Balada, 45-46, 48, 62-64 artinya istilah Balada ada pada halaman 45-46, 48, 62-64
  • Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87 artinya adalah Sutarji Colzoum ada pada halaman 31, 41, 54, 77, 87
Dan begitu seterusnya sampai huruf Z. Sobat juga bisa melihat foto contoh indeks buku dibawah ini supaya kalian bisa lebih memahami tentang materi bahasa indonesia ini.

Nah itulah artikel pengertian indeks buku, bagian-bagian indeks buku, dan contoh indeks buku.

Baca:


Terima kasih telah membaca artikel indeks buku pada mata pelajaran bahasa Indonesia, semoga PR sekolah kamu dapat terselesaikan ya. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Indeks Buku: Bagian Dan 10 Contohnya"