Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Teks Deskripsi, 20 Contoh dan Strukturnya

faktasantuy.com - Teks deskripsi.
TEKS DESKRIPSI adalah materi bahasa Indonesia untuk kelas 7 SMP & X SMA yang bakal kami pelajari hari ini. Nah adapun yang bakal kamu bahas pada materi teks deskripsi hari ini yaitu pengertian teks deskripsi, struktur teks deskripsi, & juga contoh teks deskripsi.

Namun mungkin dibagian contoh kali tidak bakal memberikan teks yang terlalu panjang melainkan bakal saya berikan contoh teks deskripsi singkat saja, yang penting kalian bisa memahami apa itu teks deskripsi.

Contoh-Teks-Deskripsi

Untuk memudahkan kalian memahami materi teks deskripsi, teks deskripsi ini biasa kalian temui saat kalian menemukan teks yang membahas sesuatu dengan sangat jelas mengenai gimana kondisi dari hal yang dijelaskan dalam teks tersebut. Misalkan ada sebuah teks yang membahas dengan jelas gimana dengan kondisi sekolah, maka bisa jadi itu ialah teks deskripsi mengenai sekolah.

PENGERTIAN TEKS DESKRIPSI

Pengertian Teks deskripsi adalah sebuah teks yang gagasan utamanya disampaikan terhadap pada pembaca dengan cara mendeskripsikan & menggambarkan sebuah objek, momen tertentu atau tempat dengan cara jelas & terperinci yang bisa membuat para pembaca seakan-akan bisa melihat & merasakan apa yang oleh penulis berusaha ungkapkan.

STRUKTUR TEKS DESKRIPSI

Struktur teks deskripsi ialah bagian-bagian terpisah yang membangun sebuah teks sampai menjadi sebuah teks yang utuh. Adapun struktur teks pada teks deskripsi diantaranya yaitu identifikasi, klasifikasi, & deskripsi bagian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat struktur teks deskripsi dibawah ini.
  1. Identifikasi, merupakan penentu (penetap) bukti diri seseorang, benda, & sebagainya.
  2. Klasifikasi, merupakan penyusunan bersistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan.
  3. Deskripsi bagian, merupakan bagian teks yang berisi mengenai gambaran bagian di dalam teks tersebut.

CONTOH TEKS DESKRIPSI

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Batu Akik Milik Ayah
Ayah mempunyai batu akik yang sangat-sangat ia sukai. Warna batunya merah menyala contohnya api, bila terkena sinar matahari bakal menyilaukan mata. Batu akik ini sungguh ajaib sebab seakan menyala saat lampu mati. Bentuknya bulat & sangat mewah tidak salah apabila Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.

Nah itulah postingan materi biologi kelas xii semester 1 kurikulum 2013. Semoga PR materi biologi mengenai materi biologi kelas 12 kurikulum 2013 bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi biologi kelas xii semester 1 atau LKS/buku biologi kelas 12 kurikulum 2013, silakan ketik di komentar dibawah.

Nah itulah contoh paragraf deskripsi singkat dengan tema batu akik.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Rumah Andi
Sehabatku bernama Andi. Ia tinggal di kampung sebelah dekat dengan kampungku. Walau tidak tinggal satu kampung, namun aku sering bermain ke rumah Anda. Rumah Andi sangat enjoy & luas. Halaman rumah Andi juga sangat luas, yakni kurang lebih 700 meter. Ada lapangan basket mini di halaman depan rumah Anda.

Selain itu, ada juga taman -taman mini di sana. Ada kursi taman & gasebo yang bisa dipakai untuk bersantai. Ada juga beberapa patung kecil, contohnya patung kuda, rusa, harimau & singa. Suasana rumah Kamu juga sangat enjoy. Karena, ada banyak pepohonan rindang di sana. Apalagi, ada aneka tanaman bunga yang membuat rumah Andi terlihat cantik.

Kami terkadang juga main di dalam rumah & di teras rumah Andi. Teras rumahnya sangat bersih & rapi. Barang -barang ditata berjejer & terlihat terawat. Ornamen kayu yang menghiasi rumah Andi juga terlihat luar biasa.

contoh karangan deskripsi singkat tentang tema rumah.

Contoh Deskriptif Teks

Lemari Belajar
Aku mempunyai suatu lemari belajar baru. Lemari belajar ini baru saja dibelikan oleh Ayah sebagai kado ulang tahunku. Lemari belajarku mempunyai warna hijau muda. Ada juga garis-garis berwarna kuning yang menghiasi lemari belajarku. Di bagian depan, ada gambar fauna -hewan yang lucu. Aku terbukti bahagia dengan aneka hewan.

Lemariku mempunyai satu pintu besar di bagian Kanan. Kemudian di samping kiri, ada meja yang bisa ditarik & dilipat dengan mudah. Di bagian bawah meja, ada rak lagi yang bisa diisi dengan buku -buku. Di bagian atas meja juga terdapat celah -celah kecil yang bisa dipakai sebagai tempat alat tulis.

Lemari belajar baruku terbukti sangat cantik. Apalagi, ada bonus dua buah kursi. Kursi ini juga mempunyai tema yang sama dengan lemari belajar. Kursinya berbentuk bulat dengan warna hijau & ornamen warna kuning. Ada juga gambar fauna -hewan di bagian bawahnya.

Itulah contoh karangan deskripsi singkat tentang tema benda lemari.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolahku
Aku ialah siswa di SMP Negeri 111 Madiun. Sekolahku merupakan sekolah unggulan di Madiun & mempunyai gedung sekolah yang enjoy. Gedung sekolahku berdiri di atas tanah seluas 5000 meter persegi. Bangunan sekolah mempunyai luas 2000 meter persegi & sisa tanahnya merupakan lapangan dengan banyak manfaat.

Ada lapangan untuk upacara, ada lapangan untuk olahraga sepakbola, lapangan basket, & voli. Bagian lain dipakai sebagai taman. Ada banyak taman di sekolahku. Taman -taman ini ditanami dengan aneka macam tanaman bunga & pepohonan rindang. Di kurang lebihnya, dipasang kursi -kursi taman yang bisa dipakai untuk bersantai.

Kami belajar dengan enjoy di dalam ruang kelas yang berpendingin udara. Masing -masing kelas juga dibekali dengan satu kamar mandi & wastafel. Ada juga layar LCD untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk mendukung pembelajaran, juga terdapat 12 ruang laboratorium. Laboratorium itu terdiri dari ruang laboratorium untuk biologi, fisika, kimia, matematika, mulitmedia, & bahasa.

Sekolahku juga mempunyai aula yang sangat luas. Ada juga gelanggang olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa acara. Di dalam gelanggang olahraga terdapat kolam renang dengan luas 10 x 15 meter. Yang paling hebat menurutku ialah bioskop mini yang bisa menampung 100 orang.

Itulah contoh descriptive text tentang sekolah.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam


Pantai Ngobaran
Kemarin, Aku berangkat berlibur ke Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran terletak di daerah Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Pantai ini ialah pantai yang sangat cantik. Pantai Ngobaran terbukti tidak begitu luas. Tapi, pantai ini mempunyai suasana yang sangat khas.

Pantai Ngobaran mempunyai bibir pantai yang pendek. Untuk mencapai ke bibir pantai Ngobaran, kami butuh menuruni bebatuan yang tidak terlalu tinggi. Biasanya, orang -orang lebih bahagia bersantai di bagian atas di wilayah pantai itu.

Bagian atas pantai itulah yang terlihat khas & cantik. Karena, ada bangunan contohnya pura yang cantik. Di pura itu, terdapat patung -patung dari batu berwarna hitam. Tidak hanya pura, di sana juga terdapat mushola. Mushola ataupun masjid itu mempunyai ukuran yang kecil. Uniknya, mushola itu lantainya berupa tanah pasir pantai.

Pantai Ngobaran terbukti sangat khas & cantik. Hawa di sana sangat sejuk. Tidak hanya itu, lingkungannya juga tetap sangat bersih. Bagian air pantainya juga terlihat bersih & bening. Banyak orang yang bahagia bergambar di sana.

Itulah karangan deskripsi tentang alam.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan


Bobo Si Kucing Belang
Aku mempunyai satu ekor kucing yang bernama Bobo. Bobo ialah kucing jantan yang sangat lucu. Ia mempunyai bulu yang panjang berwarna belang. Bulu Bobo ada tiga warna, yakni putih, hitam, & jingga. Biasanya, kucing tiga warna ini disebut kucing telon. Beritanya, kucing jantan telon sangat langka.

Aku sangat bahagia mempunyai Bobo. Ia ialah kucing yang lincah. Ia mempunyai ekor yang sangat panjang. Ia seringkali memainkan ekornya sendiri. Ekor Bobo terlihat sangat cantik dengan bulunya yang panjang. Apalagi, bulu Bobo rutin terlihat bersih.

Itulah paragraf deskripsi singkat tentang hewan.
UPDATE TEKS DESKRIPSI SELANJUTNYA KLIK DISINI

Nah itulah artikel arti deskripsi, pengertian teks deskripsi dan struktur teks deskripsi. Semoga PR contoh deskriptif teks dapat terlesaikan dengan melihat contoh paragraf deskripsi singkat diatas. Jika ingin bertanya tentang karangan deskripsi/contoh teks deskripsi beserta strukturnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks deskripsi. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan kalimat deskripsi ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Teks Deskripsi, 20 Contoh dan Strukturnya"