Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Lengkap] Materi Pengantar Manajemen : Pengertian, Prinsip, Fungsi, Bidang dan Struktur

pengantar manajemen

Faktasantuy - Materi pengantar manajemen S1. Pada hari ini kita akan membahas rangkuman pengantar manajemen. Nah apa pengertian pengantar manajemen menurut para ahli, prinsip pengantar manajemen, fungsi pengantar manajemen, bidang pengantar manajemen, struktur pengantar manajemen? Silakan teman-teman simak dasar dasar manajemen S1 berikut ini ya.

Pengertian Pengantar Manajemen

Pengertian manajemen berasal dari kata dalam bahasa Inggris management yang bermula dari kata to manage yang artinya Mengurus atau tata laksana. Sehingga Manajemen didefinisikan sebagai bagaimana cara mengatur, membimbing serta memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang dikerjakan dapat mencapai suatu tujuan. Wajib baca: Kumpulan Judul Skripsi Manajemen SDM Lengkap (Bisa Untuk S1 & S2

Pengertian Pengantar Manajemen Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian manajemen menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

Oxford, arti manajemen adalah suatu proses berkaitan dengan atau mengendalikan orang atau benda.

William H Newman, manajemen yaitu sebuah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu.

Drs. Oey, manajemen diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengatahan, pengkoordinasan serta pengontrolan.

Harold Koontz & O’ Donnel, manajemen ialah hubungan dengan pencapaian tujuan yang dilakukan melalui orang lain.

George R. Terry (1994), manajemen adalah sebagai suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan serta pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang ditetapkan sebelumnya

Ensiclopedia of The Social Sciences, sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan serta diarvasi.

Mary Parker Follet, manajemen yaitu sebagai suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Davis, manajemen adalah berupa suatu fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimana pun.

Chaster I Bernard, manajemen disebut sebagai Ilmu dan Seni.

Thomas H. Nelson, manajemen adalah sebagai suatu ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan serta orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang dapat bermanfaat dan menjualnya untuk mendapat menguntungkan.

G.R. Terri, yang dimaksud manajemen adalah sebagai suatu proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai untuk sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

James A. F. Stoner, manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi serta menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Oei Liang Lie, manajemen diartikan sebagai ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya(Resource) manusia dan alam, terutama pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Wajib baca: Pengertian manajemen keuangan

Konsep Pengantar Manajemen Masa Depan

  1. Memiliki tujuan meningkatkan produktivitas, ROI serta kualitas hidup manusia.
  2. Mendasari tindakannya pada aspek kuantitatif serta perilaku manusia.
  3. Manajemen di masa depan akan menghadapi isu inflasi, sumber daya yang semakin langka, nilai sosial budaya masyarakat, teknologi, hubungan karyawan dan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, konflik-konflik serta globalisasi.
  4. Manajemen masa depan akan menghadapi masalah yang datang dari sektor industri dan jasa dan untuk itu perlu informasi yang dicari dengan sistem informasi manajemen yang baik.

Prinsip – Prinsip Pengantar Manajemen

Adapun beberapa prinsip manajemen, yaitu sebagai berikut:

  1. Pembagian kerja yang seimbang, dalam pembagian tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja, seorang manajer hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang berimbang.
  2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas, Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaklah diberi wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung.
  3. Kesatuan perintah setiap karyawan atau kerabat kerja hendaklah hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung bukan dari beberapa orang yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.
  4. Disiplin berupa kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, peraturan dan waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan.
  5. Kesatuan arah Kegiatan hendaknya memiliki tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang sama, apabila prinsip ini tidak dilaksanakan maka akan timbul perpecahan diantara para kerabat kerja/karyawan. Sebab ada yang diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit, padahal mereka memiliki kemampuan yang sama

Fungsi Fungsi Pengantar Manajemen

Berikut ini fungsi – fungsi dari menejemen.

  1. Fungsi perencanaan, merupakan proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan ekonomis serta efektif pada waktu yang akan datang.
  2. Fungsi pengorganisasian, sebagai suatu proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi, personalisasi serta faktor fisik agar kegiatan harus dilaksanakan,disatukan serta diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.
  3. Fungsi pengarahan, menstimulasikan tindakan-tindakan agar benar-benar dilaksanakan.
  4. Fungsi pengkoordinasi, Suatu usaha yang terkoordinasi apabila kegiatan karyawan itu harmonis, terarah serta diintergrasikan untuk mencapai tujuan bersama.
  5. Fungsi pengawasan, mengatur kegiatan agar sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana untuk mencapai tujuan.

Bidang Pengantar Manajemen

Adapun beberapa Bidang dalam Manajemen, yaitu sebagai beriku:

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia.
  2. Manajemen Operasi atau Produksi
  3. Manajemen Strategi.
  4. Manajemen Pemasaran.
  5. Manajemen Keuangan.
  6. Manajemen Informasi Teknologi

Struktur Pengantar Manajemen

  1. Pembagian kerja yang berimbang, Dalam pembagian tugas serta jenisnya kepada semua karyawan, seorang manajer hendak bersifat dengan adil.
  2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab, dalam pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas serta jelas pada Setiap karyawan harus diberikan wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik serta dapat mempertanggung jawabkan kepada atasan secara langsung.
  3. Disiplin, berupa kesedian untuk melakukan usaha(kegiatan nyata)
  4. Kesatuan perintah, Setiap karyawan harusnya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung.
  5. Kesatuan arah, proses yang dilakukan harus memiliki tujuan yang sama serta dipimpin oleh seorang atasan langsung yang didasarkan pada rencana kerja yang sama

Nah itulah artikel materi pengantar manajemen. Semoga dasar dasar pengantar manajemen ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai makalah pengantar manajemen silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: manajemen keuangan menurut para ahli

Lain kali admin akan membuat rps pengantar manajemen dan silabus pengantar manajemen, ditunggu saja ya.

pertanyaan tentang pengantar manajemen:

1. Sebutkan manfaat adanya mata kuliah pengantar manajemen?

2. carilah judul buku pengantar manajemen yang ada dikampusmu?

Posting Komentar untuk "[Lengkap] Materi Pengantar Manajemen : Pengertian, Prinsip, Fungsi, Bidang dan Struktur"