Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi Verbal dan Nonverbal: Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh, Perbedaan

Faktasantuy - Komunikasi verbal dan nonverbal. Pada hari ini kita akan membahas komunikasi verbal dan nonverbal. Nah komunikasi verbal adalah? komunikasi nonverbal adalah? Silakan teman-teman simak juga contoh komunikasi verbal dan nonverbal berikut ini ya.

komunikasi-verbal-nonverbal

Baca juga: informasi lisan

Pengertian Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah sebuah komunikasi yang menggunakan simbol-simbol verbal, baik secara tertulis maupun lisan. Serta segala jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Hampir seluruh rangsangan bicara yang ada termasuk kedalam kategori pesan verbal yang disengaja, yakni usaha-usaha yang dilakukan dengan sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara verbal. Baca juga: Kata seru artinya

Ciri Komunikasi verbal

  1. Disampaikan secara lisan maupun tulisan
  2. Komunikasi eksplisit dan cenderung dua arah
  3. Kualitas komunikasi sering ditentukan oleh komunikasi non verbal.

Jenis Komunikasi Verbal

Adapun jenis-jenis komunikasi verbal, yaitu sebagai berikut:

1. Berbicara Dan Menulis

Berbicara merupakan komunikasi verbal-vokal, sedangkan menulis merupakan komunikasi verbal-non vokal. Contoh komunikasi verbal-vokal seperti presentasi dalam rapat dan contoh komunikasi verbal-non vokal ialah surat menyurat bisnis.

2. Mendengarkan Dan Membaca

Mendengar dan mendengarkan merupakan dua hal yang berbeda, mendengar berarti semata-mata memungut getaran bunyi sedangkan mendengarkan ialah mengambil makna dari apa yang didengar. Mendengarkan melibatkan 4 unsur yakni mendengar, memperhatikan, memahami dan mengingat, sedangkan membaca ialah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.

Faktor Komunikasi Verbal

  1. Faktor Intellegensi, Orang yang memiliki intellegensi yang tinggi biasanya memiliki banyak pembendaharaan kata dibandingkan orang yang memiliki intellegensi rendah
  2. Faktor budaya, Setiap budaya memiliki bahasa yang berbeda-beda. Contoh di Indonesia yang memiliki keragaman suku. Suku Sunda, Jawa, Batak memiliki bahasanya masing-masing.
  3. Faktor Pengetahuan, orang yang memiliki pengetahuan luas maka akan mendorong yang bersangkutan untuk berbicara lancar dengan pembendaharaan kata ia miliki.
  4. Faktor Kepribadian, orang yang memiliki sifat pemalu atau pendiam  maka biasanya sedikit berbicara pada orang lain disebabkan tidak terbiasa berkomunikasi.
  5. Faktor Biologis, Adanya kelainan sehingga mengganggu saat berbicara.
  6. Faktor Pengalaman, Orang yang banyak berkomunikasi secara baik dengan orang lain, individu atau massa bisa berbicara secara lancar.

Contoh Komunikasi Verbal

Adapun beberapa contoh komunikasi verbal seperti surat-menyurat, bercakap-cakap di telepon, presentasi tugas di depan kelas kepada teman, membaca koran, majalah, menonton TV, mendengarkan siaran radio dan lain sebagainya.

Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah menurut Edward Sapir menyatakan bahwa komunikasi nonverbal merupakan sebuah kode yang luas yang ditulis tidak di mana pun juga, diketahui oleh tidak seorang pun dan dimengerti oleh semua.

Molandro & Barker dikutip oleh Ilya Sunarwinadi: komunikasi antar budaya memberikan beberapa batasan, yaitu sebagai berikut:

  1. Komunikasi nonverbal adalah merupakan komunikasi tanpa kata-kata.
  2. Komunikasi nonverbal disebut terjadi apabila individu berkomunikasi tidak memakai suara
  3. Komunikasi nonverbal adalah hal yang dilakukan seseorang yang diberi makna orang lain
  4. Komunikasi nonverbal artinya pembelajaran tentang ekspresi wajah, waktu, sentuhan, gerak, bau, perilaku mata, dll.

Ciri komunikasi nonverbal

Adapun ciri-ciri komunikasi nonverbal, yaitu sebagai berikut:

  1. Disampaikan dengan memakai isyarat (gesture), gerak-gerik (movement), postur/lipologi, pembahasa, kinesic/sentuhan, penampilan fisik, ruang, jarak, waktu, consumer product dan artefak.
  2. Proses komunikasi implisit serta dapat terjadi dua arah maupun satu arah
  3. Kualitas proses komunikasi bergantung pada pemahaman terhadap persepsi orang lain

Jenis jenis Komunikasi Non Verbal

Adapun jenis jenis komunikasi nonverbal yang diantaranya yaitu:

1. Komunikasi Objek

Hal paling umum ialah penggunaan pakaian, dimana orang sering dinilai dari jenis pakaian yang digunakannya, walaupun ini dianggap termasuk salah untuk bentuk stereotipe. seperti orang seringkali menyukai orang lain yang cara berpakaiannya menarik. Selain itu dalam wawancara pekerjaan seseorang yang menggunakan pakaian yang menarik cenderung lebih mudah mendapat pekerjaan dari pada yang tidak.

2. Sentuhan

Sentuhan seperti bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan dan lain-lain. Bentuk-bentuk komunikasi ini menyampaikan pesan tentang tujuan atau perasaan dari si penyentuh. Sentuhan juga dapat menyebabkan suatu perasaan pada sang penerima sentuhan, baik positif maupun negatif. 

3. Kronemik 

Merupakan bidang yang mempelajari penggunaan waktu pada komunikasi non verbal. Penggunaan waktu pada komunikasi non verbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, mencakup banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu “punctuality”.

4. Gerakan Tubuh “Kinesik”

Meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frasa, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya: untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan, misalnya memukul meja untuk menunjukkan kemarahan; untuk mengatur atau mengendalikan jalannya percakapan atau untuk melepaskan ketegangan.

5. Proxemik “Bahasa Ruang”

Merupakan jarak yang digunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk juga lokasi posisi kita berada. Pengaturan jarak menentukan seberapa jauh atau seberapa dekat tingkat keakraban kita dengan orang lain, menunjukkan seberapa besar pengahargaan, suka atau tidak suka dan perhatian kita terhadap orang lain,  selain itu juga menunjukkan simbol sosial.

6. Jarak Intim

Jarak dari mulai bersentuhan sampai jarak satu setengah kaki.

7. Jarak Personal

Jarak yang menunjukkan perasaan masing-masing individu yang berkomunikasi dan juga menunjukkan keakraban dalam suatu hubungan, jarak ini berkisar antara satu setengah kaki sampai empat kaki.

8. Jarak Sosial

Jarak yang menunjukkan pembicara yang menyadari betul kehadiran orang lain. sebab dalam jarak ini pembicara berusaha tidak mengganggu dan menekan orang lain, keberadaannya terlihat dari pengaturan jarak antara 4 kaki hingga 12 kaki.

9. Jarak Publik 

Jarak yang berkisar antara 12 kaki hinga tidak terhingga.

Fungsi Komunikasi Nonverbal

Pesan komunikasi nonverbal dalam kaitannya dengan pesan verbal menurut Mark L. Knapp dalam (Herlina Tanpa tahun) memiliki lima tujuan komunikasi non verbal yaitu:

  1. Repitisi, pengulangan kembali pesan yang disampaikan secara verbal
  2. Subtitusi, menggantikan lambang-lambang verbal
  3. Kontradiksi, memberikan makna lain terhadap pesan verbal
  4. Komplemen, yakni memperkaya makna nonverbal.
  5. Aksentuasi, yakni menegaskan pesan verbal dengan menggaris bawahi.

Contoh Komunikasi NonVerbal

Adapun contoh komunikasi nonverbal adalah sebagai berikut:

1. Kinesicsa, Emblems (Sebuah isyarat yang di buat oleh suatu budaya). Contoh seorang yang bekewarganegaraan Amerika, membentuk huruf V dengan jari tangannya, bagi orang amerika ini memiliki arti Victory atau kemenangan.

2. Gerakan Mata (Eye Gaze), Contoh seorang pria yang pandangannya tertuju padawanita cantik yang lewat di depannya. Karena tertarik akan kecantikan wanita tersebut, pandangan si pria tertuju pada wanita tersebut tanpa terputus selama beberapa saat.

3. Sentuhan (Touching), Kinesthetic (isyarat yang menunjukkan kemesraan/keakraban). Contoh seorang suami yang menggandeng tangan istrinya pada saat mereka sedang jalan berdua-an.

Itulah 3 contoh komunikasi non verbal.  Baca juga: Pengertian teks diskusi

Nah itulah artikel perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal. Semoga artikel komunikasi verbal dan nonverbal ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai ,,, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Kalimat simpleks dan kalimat komplek

Lain kali admin akan membuat komunikasi verbal menurut para ahli dan penjelasannya, ditunggu saja ya. Baca juga: Pengertian komunikasi daring

Soal: komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tertulis disebut?

Posting Komentar untuk "Komunikasi Verbal dan Nonverbal: Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh, Perbedaan"