Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Diskusi (Pengertian, 5 Contohnya, Struktur, Tujuan, Jenis Diskusi)

TEKS-DISKUSi
Ilustrasi contoh diskusi bahasa indonesia


faktasantuy.com - Contoh teks diskusi. Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan kalian materi diskusi tentang contoh teks diskusi bahasa Indonesia yang baik dan bernar (duscussion text).

Adapun disini admin bakal memberikan contoh teks diskusi dengan beberapa tema, mulai dari kenakalan remaja, teknologi, perkembangan teknologi, & juga masyarakat. Langsung saja mari anda lihat contoh discussion text singkat

Diskusi biasanya diperbuat saat beberapa orang atau kelompok sedang berkumpul & menuturkan sebuah hal. Pada saat berdiskusi, biasanya bakal ada isu, argumen, & juga kesimpulan. Argumen pun bakal terbagi menjadi dua, yaitu argumen yang mendukung , sependapat & juga argumen yang menolak atau menentang.

Nah apa itu pengertian diskusi? apa saja macam macam diskusi? apa saja struktur teks diskusi? dan apa contoh teks diskusi beserta strukturnya yang bagus?

Baca selanjutnya: TEKS REKAMAN PERCOBAAN

PENGERTIAN TEKS DISKUSI

Pengertian teks diskusi adalah sebuah teks yang menyatakan pendapat baik itu pendapat pro maupun pendapat kontra yang menyebabkan kedua belah pihak berpastisipasi dalam diskusi. Diskusi bermanfaat untuk memecahkan suatu masalah agar pendapat berbeda dari kedua belah pihak sama.

Sedangkan diskusi adalah pertukaran pendapat, gagasan, ide, pikiran antara dua orang atau lebih secara lisan.

STRUKTUR TEKS DISKUSI

Struktur teks diskusi memiliki 4 struktur, diantaranya yaitu isu, argumen pendukung (pro), argumen menolak (kontra), dan kesimpulannya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini.
  1. Isu, ialah hal yang menjadi masalah dalam diskusi
  2. Argumen mendukung, berisi alasan akan adanya pernyataan mendukung (pro)
  3. Argumen menentang, berisi alasan akan adanya pernyataan yang menolak (kontra)
  4. Kesimpulan, berisi inti dari diskusi.

TUJUAN TEKS DISKUSI

Tujuan diskusi adalah mecari kesepakatan yang sama diantara kedua belah pihak agar tercapai tujuan-tujuannya. Diskusi melibatkan berbagai pihak, baik individu walaupun kelompok . Dalam diskusi kelompok dibutuhkan seorang pemimpin yang berani tanggung jawab dalam pemecahan masalah, sedangkan anggota sebagai partisipan dalam berargumen.

JENIS TEKS DISKUSI

Jenis jenis diskusi, teks diskusi ada beberapa jenisnya yaitu::
  1. Simposium.
  2. Diskusi panel.
  3. Kongres.
  4. Muktamar.
  5. Lokakarya.
  6. Seminar.
  7. Sarasehan.

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT TENTANG KENAKALAN REMAJA

Contoh teks diskusi beserta strukturnya dibawah ini lengkap dengan struktur 5W+1H, jadi sobat tidak perlu bingung dengan teks diskusi singkat.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan:
Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi se*sual pada media yang ada di sekeliling kita.

Eksploitasi se*sual dalam video klip, majalah, televisi, & film-film nyatanya mendorong para remaja untuk meperbuat aktivitas se*s dengan cara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih desain atau tayangan se*s di media, para remaja tersebut berasumsi bahwa se*s ialah sesuatu yang bebas diperbuat oleh siapa, & dimana saja.

Bahkan tidak tidak banyak para remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain umpama nark0ba, rok0k, & minum minuman keras. Bisa diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara anda telah mempergunakan rok0k maupun nark0ba.

Oleh sebab itu, kami, memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai info bagi kaum remaja.

Persoalan ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas & seksama dengan andalan supaya remaja bisa menanggulangi libidonya jadi para remaja bisa terhindar dari akibat-akibat negatif dari pergaulan seperti pergaulan bebas. Pemerintah menghimbau terhadap para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh sebab perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya.

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT TENTANG PONSEL DAN ANAK-ANAK

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi:
Ponsel & Anak-Anak

Hand phone ialah salah satu alat tekhnologi yang bisa mempermudah manusia dalam hal komunikasi. Hampir seluruh manusia di dunia ini memakai Hand phone tergolong anak - anak.
Tetapi pemberian hand phone terhadap anak - anak memperoleh pro & kontra di kalangan masyarakat.

Pihak yang kontra sangat menyayangkan pemberian hand phone terhadap anak - anak, terutama anak yang dibawah umur. Mereka berpendapat bahwa hand phone tersebut bakal merusak masa kanak - kanak mereka yang seharuslahnya diisi dengan permaianan & interaksi dengan sesama.
Dengan hadirnya hand phone, mereka bakal terus menjauh dari dunia mereka. Anak - anak bakal menjadi pasif & gampang terkena penyakit.

Tetapi, bagi yang pro dengan pemberian hand phone terhadap anak  - anak berpendapat hal tersebut bakal menolong mereka, terutama orang tua untuk memberikan penglihatan terhadap anak - anaknya. Dengan begitu mereka bisa menghubungi anak - anaknya kapanpun & dimanapun.
Terlebih lagi, mereka juga berpendapat bahwa hand phone bisa membuat anak mereka menjadi pintar sebab software - software pembelajaran yang ada di dalamnya.

Berdasarkan dua pendapat yang telah dijabarkan di atas, bisa disimpulkan bahwa pemberian hand phone terhadap anak - anak tetap memunculkan pro & kontra di kalangan orang tua. Oleh  sebab itu, sebagai orang tua anda haruslah memilih yang terbagus bagi anak - anak kita. 

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT TENTANG AKIBAT PERKEMBANGAN MOBILE PHONE

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi:
Akibat Perkembangan Mobile Phone

Pada zaman yang modern ini, Tekhnologi berkembang dengan pesat dalam share bidang seperti komunikasi, medis, transportasi & lain-lain. Tetapi, Perkembangan pada teknologi komunikasi ialah yang paling pesat. Seperti ialah Ponsel. Saat ini tekhnologi Ponsel telah menjadi sangat modern. 

Ponsel menjadi lebih praktis & mempunyai beberapa macam fitur yang sangat banyak & luar biasa. Berkembangnya teknologi Ponsel ini membuat para remaja menggandrunginya. Mereka mulai memakai ponsel dengan beberapa macam kebutuhan seperti hiburan & komunikasi. Tetapi, Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi ini memberi pengaruh atau akibat terhadap pemakainya, terutama para remaja.

Perkembangan tekhnologi ponsel mempunyai akibat positif bagi para remaja. Mereka bisa mengetahui & lebih luas mengenai teknologi komunikasi ini & juga mereka bisa memanfaatkan Ponsel untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Selain mempunyai fungsi yang positif, perkembangan ponsel juga berakibat kurang baik bagi para remaja. Contoh akibat negatifnya ialah Remaja bisa menjadi kecanduan memakai teknologi-teknologi tersebut jadi mereka lupa bakal kewajiban mereka untuk belajar.

Oleh sebab itu, Anda sebagai Remaja atau pelajar haruslah bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebagus-bagusnya. Anda haruslah memakai Ponsel ini untuk hal-hal yang berguna buat diri sendiri maupun orang lain bukan malah memenyesalkan.

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MATA MASYARAKAT

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi:
Perkembangan Teknologi di Mata Masyarakat

Dewasa ini, tekhnologi telah berkembang dengan sangat pesat & cepat. Tekhnologi - tekhnologi tersebut mengisi seluruh sendi - sendi kehidupan manusia, seperti transportasi, pengobatan, komunikasi, & lain-lain. Perkembangan ini tidak bisa dibendung, jadi memunculkan beberapa pandangan - pandangan di masyarakat mengenai pekembangan teknologi ini. Beberapa pihak ada yang pro terhadap perkembangan teknologi, tetapi ada juga pihak yang kontra terhadap tekhnologi.

Mayarakat yang pro terhadap perkembangan tekhnologi berasumsi bahwa hal ini ialah sebuah hal yang positif sebab dengan begitu pekerjaan mereka bakal menjadi lebih mudah. Bagi mereka, tekhnologi ibarat dewa penyelamat yang bisa mempermudah bahkan memenuhi kebutuhan mereka. Seperti, pada tekhnologi transportasi, saat ini manusia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju sebuah tempat yang jauh. 

Mereka hanya membutuhkan hitungan jam untuk menyebarangi sebuah Negara. Bahkan saat ini mereka juga bisa menuju bulan, tempat yang tidak bisa mereka bayangkan sebelumnya untuk disinggahi.

Disamping mempercepat & mempermudah dalam hal berpergian, Teknologi juga bisa menghubungkan manusia walupun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Teknologi ini hadir dalam bentuk jaringan komunikasi atau sering disebut juga denagan Hand phone. Saat ini manusia bisa saling menghubungi kapanpun, dimanapun, & dalam kondisi apapun berkah bantuan satelit yang mengorbit bumi.

Tidak hanya dalam bidang transportasi, & komunikasi, teknologi juga turut berkembang dalam bidang pengobatan. Saat ini telah diciptakan beberapa macam pengobatan & alat medis yang canggih, seperti donor organ, cuci darah, kemoterapi, & lain - lain yang bisa menolong penderita penyakit - penyakit parah tersebut supaya bisa sembuh. Bahkan saat ini teknologi juga bisa menolong pasangan yang tidak subur untuk bisa mempunyai anak dengan tekhnologi bayi tabung.

Tetapi, di lain pihak ada juga masyarakat yang tidak setuju dengan perkembangan teknologi ini. Mereka berpendapat bahwa perkembangan tekhnologi yang tidak terbatas ini bisa menyebabkan kehancuran bagi manusia. Tekhnologi - tekhnologi tersebut ibarat sebuah bom waktu yang siap meledak & mengakibatkan kurang baik bagi kehidupan manusia. Pihak yang kontra terhadap perkembangan tekhnologi ini beralasan bahwa sudah banyak akibat kurang baik yang diciptakan oleh tekhnologi saat ini.

Diantaranya ialah teknologi menyebabkan manusia menjadi malas bagus dalam kehidupannya maupun terhadap lingkungannya. Manusia yang telah dimanjakan dengan tekhnologi bakal menyerahkan seluruh kebutuhannya untuk dikerjakan oleh teknologi. Mereka menjadi jarang bergerak & menjadi pasif bakal lingkungannya. Akibatnya, mereka menjadi gampang sakit & kehilangan rasa kemanusian mereka.

Terlebih lagi, perkembangan tekhnologi yang tidak terbatas ini juga turut menciptakan senjata - senjata yang mematikan. Senjata ini dipakai oleh pihak militer untuk saling membunuh dengan dalih melindungi atau menolong, tetapi tetap saja yang menjadi korban ialah rakyat sipil yang tidak tahu apa - apa.  

Bahkan kini, telah diciptkan senjata pemusnah massal yang bisa membunuh banyak manusia dalam sekejap. Seperti bom atom yang menghancurkan Hiroshima & Nagasaki di Jepang. Ribuan nyawa korban melayang akibat dari perkembangan teknologi ini.

Yang lebih mengkhawatirkan ialah teknologi cloning yang sedang dikembangkan saat ini. Mereka mulai mencari cara untuk melebihi kekuatan sang pencipta yaitu dengan menciptakan manusia lainnya. Hal ini sangat dikhawatirkan membuat manusia terus terjerumus ke dalam tekhnologi & melupakan Sang Penciptanya.

Berdasarkan hal - hal di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak hanya memberikan fungsi bagi kemaslahatan manusia, tekhnologi juga bisa menjerumuskan manusia. Oleh sebab itu, sebagusnya anda bisa mengontrol & menyaring perkembangan tekhnologi ini dengan mencari mana yang bagus & berguna bagi kita.

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT TENTANG AKIBAT TEKNOLOGI ELEKTRONIK BAGI REMAJA MASA KINI

Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi:
Akibat Teknologi Elektronik Bagi Remaja Masa Kini

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya ialah teknologi elektronik. Perkembangan pada teknologi elektronik saat ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Tetapi, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau akibat juga terhadap konsumennya, terutama para remaja masa kini.

Contoh teknologi elektronik yang tentu disukai para remaja masa saat ini ialah ponsel. Mereka menyukai ponsel sebab teknologi elektronik yang satu ini tidak sama dari yang lain. Mungkin sebab bentuknya yang tidak terlalu besar jadi mudah dibawa kemana-mana membuat daya tarik tersendiri bagi para remaja kini yang tidak ingin repot.

Tetapi, teknologi elektronik mempunyai akibat negatif & akibat positif. Contoh akibat negatifnya ialah Remaja kecanduan memakai teknologi-teknologi tersebut jadi mereka lupa bakal kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya. 

Ada pula akibat positifnya , yaitu para remaja bisa mengetahui lebih luas teknologi-teknologi yang ada & memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi-tekologi tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh sebab itu, Anda sebagai Remaja atau pelajar haruslah bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebagus-bagusnya, jangan dipakai untuk hal-hal yang bisa memenyesalkan diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga:
Nah itulah artikel contoh teks diskusi bahasa indonesia, semoga PR bahasa kamu dapat selesai dengan mencontoh teks diskusi singkat diatas.

Terima kasih telah membaca artikel pengertian diskusi, struktur diskusi, tujuan diskusi, jenis-jenis diskusi, dan contoh teks diskusi.

Posting Komentar untuk "Teks Diskusi (Pengertian, 5 Contohnya, Struktur, Tujuan, Jenis Diskusi)"