Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25+ Contoh Surat Edaran dan Pengumuman: Pengertian & Perbedaannya

surat-edaran
surat edaran vs surat pengumuman

Faktasantuy - surat edaran dan pengumuman. Pada hari ini kita akan membahas pengertian surat edaran dan pengertian pengumuman. Nah apa itu surat edaran? apa pengertian pengumuman? dan apa contoh surat edaran? Silakan teman-teman simak definisi surat edaran dan pengumuman ini ya berikut ini ya.

Baca juga: : Contoh surat pengunduran diri kerja

Pengertian Surat Edaran

Surat edaran adalah sebuah surat yang isinya berkaitan dengan pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga atau organisasi. Disebut juga sebagai suatu surat pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan untuk berbagai pihak. 

Surat ini berisi penjelasan mengenai suatu hal, seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan dan lain-lain. Serta ditujukan untuk kalangan umum, yang hanya untuk ruang lingkup tertentu. 

Contoh surat edaran yang sering dijumpai seperti surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk para pegawai dan lain-lain. Surat ini termasuk kedalam surat resmi karena menggunakan bahasa resmi, singkat, jelas, padat dan mencerminkan ciri dari organisasi yang membuatnya.

Baca juga: Surat validasi instrumen

Fungsi Surat Edaran

Salah satu fungsi surat edaran untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia.

Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis surat edaran, yaitu sebagai berikut:

  1. Surat edaran terbatas, merupakan surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotanya saja, misalnya seperti surat edaran dari koperasi kepada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis, dan lain-lain.
  2. Surat edaran tidak terbatas, surat yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun beberapa bagian surat edaran , yaitu sebagai berikut:

  1. Kepala Surat, terdiri dari kop surat disertai logo, nama dan alamat organisasi, instansi atau lembaga. Kop surat berfungsi untuk menunjukan surat formal dan non-formal.  Di bagian ini pula biasanya kata surat edaran ditulis dengan huruf kapital dan ditulis menggunakan garis bawah,  di bagian kiri bawah ditulis nomer surat, bersifat penting, perihal dan alamat yang dituju, tetapi ada pula yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah dengan kata surat edaran. Dibagian kanan ditulis tanggal, bulan dan tahun kapan surat tersebut dibuat. Terkadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.
  2. Isi Surat, berupa pengumuman atau informasi ingin disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.
  3. Kaki Surat, berupa bagian akhir yang berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel “organisasi, instansi ataupun lembaga” dan tembusan “jika memang ada”.

Definisi Pengumuman

Pengertian Pengumuman

Pengertian pengumuman adalah suatu pesan yang disampaikan kepada masyarakat luas atau umum. bertujuan untuk menyampaikan sesuatu yang berupa pesan supaya dapat diketahui oleh masyarakat luas. bersifat umum, yang artinya pesan atau isi dari pengumuman untuk diketahui oleh orang banyak. Disampaikan dengan cara lisan maupun dengan tulisan,  dalam penyampaiannya harus jelas sehingga dapat dengan mudah dimengerti. Apabila isi dari pengumuman tersampaikan dengan baik maka orang yang mendengar atau membaca pengumuman itu akan kembali memberitahukan kepada orang lain yang tidak mengetahui pengumuman tersebut, sehingga akan terjadi pemberitaan yang berulang atau disampaikan dari mulut ke mulut. 

Contoh Surat Edaran 

Berikut admin berikan contoh membuat surat edaran resmi yang baik dan benar:
contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

contoh-surat-edaran

Hal yang perlu diperhatikan saat akan membaca pengumuman

Pengumuman bersifat memberi informasi secara langsung di tempat tertentu. Isi pesan pengumuman harus jelas, agar mudah dimengerti oleh orang banyak. Sebab isi dari pengumuman itu untuk diketahui oleh banyak orang adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendengar atau membacanya, yaitu sebagai berikut:

  1. Ditujukan kepada siapa atau golongan apa pengumuman tersebut.
  2. Perhatikan keterangan waktu pembuatan atau berlakunya pengumuman tersebut
  3. Baca dengan baik berita atau pesan apa yang disampaikan dalam pengumuman tersebut.
  4. Perhatikan siapa yang membuat pengumuman (lembaga atau perorangan).

Jenis – jenis Pengumuman

Adapun beberapa jenis pengumuman, yaitu sebagai berikut:

1. Berdasarkan sifatnya:

  • Pengumuman formal (resmi) adalah cirinya menggunkaan bahasa yang baku, kalimatnya bermakna lugas dan juga susunan dari kalimatnya jelas dan mudah dimengerti.
  • Pengumuman nonformal (tidak resmi) adalah jenis pengumuman yang isinya tidak terikat dengan aturan-aturan seperti pada pengumuman resmi, akan tetapi pesan yang disampaikannya tetap jelas dan mudah dimengerti.

2. Berdasarkan pihak yang mengeluarkannya:

  • Pengumuman dari perseorangan, adalah pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh perseorangan yang ditujukan kepada umum.
  • Pengumuman dari lembaga, adalah pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh lembaga tertentu yang ditujukan kepada umum.

Contoh Pengumuman

contoh-surat-pengumuman

contoh-surat-pengumuman

contoh-surat-pengumuman

contoh-surat-pengumuman

contoh-surat-pengumuman
Nah itulah artikel arti surat edaran dan arti pengumuman. Semoga contoh surat edaran yang benar ini dan contoh pengumuman dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh surat edaran dinas dan contoh surat pengumuman silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 20+ Cara Meresensi Buku Fiksi & Non Fiksi

Lain kali admin akan membuat contoh surat edaran doc dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Baca juga: format surat cuti resmi untuk pns

Soal:
1. buatlah contoh surat edaran

2. buatlah contoh surat pengumuman

Posting Komentar untuk "25+ Contoh Surat Edaran dan Pengumuman: Pengertian & Perbedaannya"