Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 10 Contoh Lukisan Abstrak Ini Sangat Mahal! 1 Aja $186 Juta

seni-abstrak
ilustrasi contoh lukis abstrak

Faktasantuy - seni abstrak/abstrakisme. Pada hari ini kita akan membahas seni lukis abstrak. Nah apa pengertian seni abstrak? ciri lukisan abstrak? sejarah seni abstrak? cara membuat seni abstrak? dan contoh lukisan abstrak? Silakan teman-teman simak dulu ya pengertian seni abstrak berikut ini ya.

Baca juga: 8 Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna Dengan Bantuan Photoshop

Pengertian Seni Abstrak

Abstrak adalah aliran lukisan yang juga menggambarkan ekspresi batin lukisan representasi objek yang tidak ada di dunia nyata, namun muncul sendiri di pikiran pelukis.

Arti lukisan abstrak? Aliran abstraksionisme atau lukisan abstrak adalah sebagai bentuk imajinasi seni yang di olah oleh seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik, dimana bentuk dari lukisan abstrak itu sendiri tidak kita kenal sekalipun kita temui dalam alam nyata. Lukisan terlihat abstrak yaitu diserap dengan mengandalkan ketidaktahuan bentuk di dunia nyata.

Baca juga: Pengertian seni rupa modern

Ciri-ciri Seni Abstrak

Adapun beberapa ciri dari seni abstrak, yaitu sebagai berikut:

  1. Bentuknya tidak pernah dikenali
  2. Bentuk abstrak tidak berkaitan dengan bentuk apa pun yang pernah dilihat
  3. Apabila diamati akan terlihat seperti sesuatu. 
  4. Warna dan bentuk serta bahan tambahan lain dalam melukis abstrak berupa subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih unik. 
  5. Dalam proses  pembuatannya, lukisan abstrak cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.

Sejarah Abstrak

Seni lukisan abstrak sangat berkaitan dengan gambar. Peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding goa untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka. Semua kebudayaan di dunia kenal akan seni lukis. Ini dikarenakan lukisan abstrak atau gambar sangat mudah dibuat. Sebab bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan daun-daunan atau batu mineral berwarna. Awalnya, perkembangan seni lukis sangat berkaitan dengan perkembangan peradaban manusia. Sistem bahasa, cara bertahan hidup (memulung, berburu dan memasang perangkap, bercocok-tanam), serta kepercayaan (sebagai cikal bakal agama) adalah merupakan hal-hal yang mempengaruhi perkembangan seni lukisan. Pengaruh ini terlihat dalam jenis objek, pencitraan dan narasi di dalamnya. Di masa ini, seni lukis memiliki kegunaan khusus, misalnya sebagai media pencatat (lukisan dalam bentuk rupa) untuk langkisahkan. Disaat senggang pada masa prasejarah salah satunya diisi dengan menggambar dan melukis serta cara berkomunikasi dengan menggunakan gambar pada akhirnya merangsang pembentukan sistem tulisan karena huruf sebenarnya berasal dari simbol-simbol gambar yang kemudian disederhanakan dan dibakukan. Disatu titik, ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambar daripada mencari makanan seperti yang di galeri lukisan atau galeri lukisan abstrak. Mereka mulai mahir membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu, bila diatur sedemikian rupa, akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripada biasanya. Serta menemukan semacam cita-rasa keindahan dalam kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli. Mereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada saat itulah kegiatan menggambar (di galeri lukisan ataugaleri lukisan abstrak) dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni.

Aliran Abstraksionisme

Aliran abstraksionisme berupa sebuah aliran yg berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasis figuratif suatu obyek. Aliran Abstraksionis di bedakan menjadi dua yaitu : Abstrak kubistis berupa abstrak dalam bentuk geometrik murni seperti lingkaran kubus dan segi tiga. Lalu bstrak Nonfiguratif yang dalam arti seni lukis harus murni sebagai ugkapan perasaan, di mana garis mewakili garis ,warna mewakili warna dan sebagainya. Bentuk alami ditinggalkan sama sekali.

Tips Melukis lukisan Abstrak

  1. Memulai dengan apa yang sedang dibayangkan, keluarkan segala imajinasi yang sedang terpikirkan.
  2. Setelah membayangkan apa yang sedang terpikirkan, selanjutnya  persiapkan media-media serta bahan untuk melukis. Dari canvas atau keras, cat lukis serta pensil warna. Akan tetapi umumnya seorang pelukis biasanya akan menggunakan dua cat, yaitu cat acrylic dan cat minyak.
  3. Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, maka mulailah melukis sesuai imajinasi yang dimiliki.

Cara Membuat Lukisan Abstrak Simple

Yang dilakukan pertama kali adalah mempersiapkan segala sesuatu jangan sampai ada yang terlewatkan atau jangan sampai ada yang kurang. Dengan alat-alat seperti: pensil, kanvas, cat apa saja tapi yang bagus itu akrilik, kuas, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkap cara membuat seni abstrak.

Langkah langkah pembuatan

Pilih kanvas

  1. Dapat membeli kanvas yang siap pakai dengan ukuran apa saja di toko prakarya. 
  2. Biasanya dapat langsung dipakai namun, tidak ada aturan yang mengatakan  harus menggunakan kanvas yang telah dilapis dan “siap pakai. 
  3. Bahkan, seniman abstrak seringkali menggunakan kanvas yang tidak siap pakai dan belum dilapis.
  4. Apabila menginginkan latar belakang yang berwarna, belilah sebotol Gesso untuk melapisi kanvas dengan sentuhan warna. Lapisan ini akan mengering dengan cepat.

Pilih cat Anda

  1. Tentukan akan menggunakan cat akrilk atau cat minyak. 
  2. Cat akrilik tidak menimbulkan bau dan lebih mudah digunakan karena dapat mengering dengan cepat serta dapat dilapis dengan cat jika melakukan kesalahan. 
  3. Cat minyak biasanya tidak digunakan karena berbau, membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering, dan Anda tidak bisa melapisinya jika melakukan kesalahan.

Kumpulkan kuas dan alat-alat lainnya

  1. Pilih kuas apa pun yang ingin digunakan untuk digunakan dengan cat yang telah dipilih
  2. pisau palet juga dapat digunakan  untuk melukis, untuk menghasilkan tampilan yang bertekstur. Meskipun ada beberapa seniman suka menggunakan kayu penyangga, banyak seniman abstrak memilih untuk meletakkan kanvasnya di lantai saja supaya dapat lebih berdekatan dengan karya lukisannya.
  3. Jika tidak yakin mengetahui warna apa yang dapat cocok satu dengan lainnya, pertimbangkan untuk menggunakan bagan atau roda warna. Ini dapat membantu menunjukkan warna apa yang cocok satu dengan lainnya.
  4. Tergantung dari seberapa berantakan lukisan yang akan dibuat, lebih baik berganti pakaian dengan kaus lama atau baju pelapis untuk melukis. Tanpa mengkhawatirkan cat akan menodai pakaian, serta dapat lebih berfokus pada lukisan atau proses seni abstrak itu.
  5. Perlu meletakkan beberapa lembar koran untuk mencegah tetesan atau tumpahan cat, terutama jika berencana untuk melukis dengan mengibaskan kuas atau meletakkan kanvas di lantai.

Contoh seni abstrak

Berikut ini contoh lukisan abstrak dan pelukisnya yang terkenal:

1. Lukisan Abstrak “False Start” – US$ 84,6 Juta

contoh lukisan abstrak
lukisan karya Jasper Johns tahun 1969

2. Lukisan Abstrak “Orange, Red, Yellow” – US$ 87 Juta

contoh lukisan abstrak
lukisan abstrak Mark Rothko tahun 1961

3. Lukisan Abstrak “Dora Maar au Chat” – US$ 95,2 Juta

contoh lukisan abstrak
Lukisan Pablo Picasso di tahun 1941

4. Lukisan Abstrak “Anna’s Light” – US$ 105,7 Juta

contoh lukisan abstrak
Lukisan Newman tahun 1965

5. Lukisan Abstrak “Nude, Green Leaves and Bust” – US$ 106,5 Juta

contoh lukisan abstrak
Lukisan Pablo Picasso tahun 1932

6. Lukisan Abstrak “Woman III” – US$ 137,5 Juta

contoh lukisan abstrak
Lukisan abstrak yang berhasil terjual senilai 1,79 triliun rupiah adalah “Woman III” karya dari Willem de Kooning

7. Lukisan Abstrak “No. 5” – US$ 140 Juta

contoh lukisan abstrak
lukisan abstrak karya Jackson Pollock tahun 1948

8. Lukisan Abstrak “Le Reve” – US$ 155 Juta

contoh lukisan abstrak
Pablo Picasso yang dibuat tahun 1932

9. Lukisan Abstrak “Les Femmes d’Alger (Version O)” – US$ 179,4 Juta

contoh lukisan abstrak
lukisan abstrak milik Pablo Picasso tahun 1955

10. Lukisan Abstrak “No. 6 (Violet, Green and Red)” – US$ 186 Juta

contoh lukisan abstrak
Mark Rothko
Nah itulah artikel lukis abstrak. Semoga contoh seni abstrak termahal ini dapat kamu pedomani ya. semoga dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh seni lukis abstrak silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Contoh bentuk karya seni rupa murni

Lain kali admin akan membuat contoh lukisan abstrak dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Soal:

  1. jelaskan yang dimaksud lukisan abstrak?
  2. buatlah seni lukisan abstrak?
  3. makna lukisan abstrak?

Posting Komentar untuk "√ 10 Contoh Lukisan Abstrak Ini Sangat Mahal! 1 Aja $186 Juta"