Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Seni Rupa Modern: Pengertian, Aliran, Unsur, Sejarah, Ciri dan Contoh

Faktasantuy.com – Seni rupa modern: pengertian seni rupa modern, aliran seni rupa modern, ciri seni rupa modern, sejarah seni rupa modern, fungsi seni rupa modern, keunikan seni rupa modern.

Seni rupa modern muncul karena dorongan masyarakat yang terus menjaga estetik tak terbatas suatu karya agar tidak kena masalah. Seni rupa modern ini menciptakan conceptual Art yang artinya membuat sebuah idea tau gagasan sebagai masalah utama dalam menciptakan sebuah karya seni. Seni rupa modern yang melukiskan sebuah bentuk yang estektik yang berinovasi.


Pengertian Seni Rupa Modern

Definisi seni rupa modern adalah karya seni yang diciptakan dengan idea tau wujud tak terbatas yang tercipta dari kreativitas dan inovasi. Seni rupa modern lebih mengutamakan kreatif dan inovasi.

Baca:


Aliran Seni Rupa Modern

Aliran seni rupa modern tarbagi atas 15 aliran yaitu:

  1. Abstraksionisme
  2. Neo klasik
  3. Konstruktivisme
  4. Kontemporer
  5. Pop art
  6. Surealisme
  7. Futurisme
  8. Dadaime
  9. Fauvisme
  10. Kubisme
  11. Ekspresionisme
  12. Impresionisme
  13. Romantisme
  14. Realisme
  15. Dan Naturalisme

Unsur Seni Rupa Modern

Unsur-unsur yang ada dalam seni rupa modern adanya unsur:

  1. Unsur eksperimen
  2. Unsur Pembaruan
  3. Unsur kebaruan
  4. Original


Sejarah Seni Rupa Modern

Abad ke 19 adalah periode pertama dalam sejarah munculnya seni rupa modern di dunia. Abad 19 muncul berbagai macam gaya seni lukis baru yang tidak ada sebelumnya. Pusat seni rupa modern awalnya di kota paris, newyork, inggris dan Negara eropa lainnya

Kemudian muncul jugalah ragam gaya lukisan pada abad 20 seperti Neo dadaismen, optical art, objektivitas, suprematisme, kubisme, Der balu reiter, die bruke, fauvism dll.

Amerika dan inggris memperkenalkan popart, ialah sebuah ide para pelukisa untuk menggunakan benda-benda realistic seperti boneka, mesin, barang rongsokan, rumah dll.

Sesudah boomingnya popart, muncullah aliran baru yang bernama environment art, happening art, sebagai inovasi baru dalam sebuah karya seni rupa.

Jadi dapat dipastikan karya seni rupa tidak aka nada batasannya (ide tidak terbatas)


Ciri-Ciri Seni Rupa Modern

Berikut beberapa ciri seni rupa modern, diantaranya:

  1. Inovasi
  2. Kreativitas
  3. Konsep yang kuat
  4. Original
  5. Fungsi
  6. Universal
  7. Rasionalitas
  8. Minimalis


Unsur-unsur Seni Rupa Modernisme

  1. Inovasi
  2. Original
  3. Kebaruan (novelty)
  4. Eksperiman


Fungsi Dan Tujuan Seni Modern

Kemunculan seni rupa modern memberikan berbagai manfaat seni rupa modern berikut ini:

  1. Meningkatkan kepopuleran seniman
  2. Penemuan maha karya baru
  3. Membuat masyarakat tertarik menjadi seniman
  4. Dengan munculnya seni rupa modern maka menunjang aktivitas manusia dalam membentuk kebutuhan psikis yang terus ada. Contohnya kebutuhan desain suatu prototype baru, desain alat baru, desain struktur bangunan dll


Contoh Seni Rupa Modern

Beberapa tokoh berikut merupakan artis pelukis seni rupa modern, diantaranya adalah: Raden saleh, Abdullah Sr, Abdul salam, Emira sunarsa, Wakidi dll.

Berikut contoh seni rupa modern pada suatu karya seni:

Seni patung

Seni patung adalah seni terapan 3 dimensi yang diterapkan pada benda fisik dan mengubahnya menjadi karya seni. Contohnya seperti monas, patung buaya hiu di Surabaya dll

Seni Lukis

Seni lukis adalah seni terapan 2 dimensi yang penerapannya dengan menggambar sebuah objek 2 dimensi. Pada masa kini seni lukis masa modern condong ke gaya abstrak, namun lukisan masa modern tidak harus abstrak. Perkembangan seni lukis Indonesia ditandai dengan munculnya lukisan-lukisan abstrak.

Pada masa kini seni lukis modern Indonesia bercorak abstrak. Namun perlu dijelaskan bahwa untuk disebut modern sebuah lukisan tidak harus abstrak. Berbagai gejala yang timbul di Indonesia sebetulnya bagaikan refleksi yang telah terjadi di barat, walaupun dari segi isi atau temanya berbeda.

Baca:


Seniman Seni Rupa Modern Indonesia

Sosok seniman seni rupa modern Indonesia adalah bapak Affandi yang membuat lukisan pengemis dengan gaya pribadi yang kuat, dengan ekspresi ia luluh dengan objek-objek yang berempati lewat proses pendalaman dan pengamatan, setelah empati maka terjadilah proses penuangan lukisan dalam berbentuk lava. Setiap ekspresi lukisan tersebut mencerminkan penghayatan keharuan batinnya.

Seni rupa modern merupakan wujud dari pembaruan seni rupa tradisional yang telah dikembangkan sedemikian rupa.

Nah itulah artikel seni rupa modern terkenal dengan unsur pembaruannya dan mengutamakan aspek inovasi. Semoga rangkuman ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai materi seni rupa modern indonesia atau seni rupa modern seni pop silakan ketik di kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Seni Rupa Modern: Pengertian, Aliran, Unsur, Sejarah, Ciri dan Contoh"