Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa

faktasantuy.com - negara yang menggunakan bahasa jawaBahasa Jawa merupakan bahasa khas daerah yang sangat familiar di Indonesia. Ternyata bahasa Jawa ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja melainkan juga beberapa negara telah menggunakannya dalam keseharian mereka, sehingga terbukti bahwa bahasa Jawa sudah mendunia. Benarkah itu? Negara-negara mana saja yang telah menggunakan bahasa Jawa? negara mana yang menggunakan bahasa jawa?  Berikut beberapa negara yang menggunakan bahasa jawa:


Negara-Yang-Menggunakan-Bahasa-Jawa


Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang sangat populer di Indonesia dan bahasa ini merupakan bahasa yang berasal dari suku Jawa. Meskipun begitu ternyata bahasa Jawa memiliki banyak dialek yang berbeda-beda seperti Yogyakarta yang memiliki dialek lebih halus dan lembut, sedangkan Surabaya memiliki dialek bahasa Jawa lebih kasar.

Bahasa Jawa bukan hanya populer dan terbanyak pemakainya hingga saat ini. Ternyata juga populer di negara lainnya dan bahkan diam-diam negara itu telah mengklaim bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka. Negara manakah itu? Inilah dia: 5 nama negara yang menggunakan bahasa jawa:

Suriname

Negara didunia yang menggunakan bahasa jawa yang pertama ialah Suriname, merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Selatan, nah kok jauh kali ya? Tunggu dulu, baca deh lengkapnya.

Negara di amerika yang menggunakan bahasa jawa ini bernama Guyana Belanda dan merupakan negara bekas jajahan Belanda. Pada tahun 1890-1939 banyak orang Jawa yang dibawa ke negara ini dari Hindia-Belanda untuk dijadikan budak, sehingga tak heran jika sekarang ini ada sekitar 75.000 orang Jawa yang telah tinggal di Suriname dan negara suriname menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa keseharian mereka.


Singapura

Negara yg menggunakan bahasa jawa selanjutnya ialah Singapura, merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk orang Jawa yang terbilang cukup besar, bahkan di negara ini terdapat beberapa kampung Jawa yang dihuni oleh orang Jawa asli. Pada tahun 1825 banyak orang Jawa dari Jawa Tengah yang dibawa ke Singapura, mereka dipekerjakan di negara ini sebagai buruh perkebunan karet, pekerja kereta api, dan juga sebagai pekerja di konstruksi jalan raya.

Beberapa kampung Jawa yang ada di Singapura, yaitu berada di Rochor dan Kallang. Semua orang Jawa yang menetap di negara ini hidup rukun dengan orang China, India dan Melayu. Inilah salah satu bukti bahwa bahasa Jawa telah mendunia.


Malaysia

Malaysia merupakan Negara tetangga kita yang paling dekat dan serumpum dengan Indonesia. Masyarakat Jawa di negara ini saat ini merupakan generasi ketiga dan keempat. Meskipun mereka masih menggunakan dan melestarikan adat Jawa tetapi mereka sudah dianggap sebagai orang pribumi Malaysia yang sah.


Belanda

Negara eropa yang menggunakan bahasa jawa yaitu Belanda, merupakan Negara yang menjajah Indonesia dalam kurun waktu yang sangat lama. Yang lebih unik lagi adalah minat orang Belanda terhadap bahasa Jawa dan juga sastra Jawa, bahkan di negara ini bahasa Jawa juga masuk dalam daftar bahasa yang dipelajari di salah satu Universitas tertua di Belanda yaitu Universiteit Leiden yang telah di didirikan pada tahun 1575. Inilah salah satu bukti ternyata bahasa Jawa benar-benar mendunia.


Kaledonia Baru

Negara asing yang menggunakan bahasa jawa ialah Kaledonia Baru, merupakan negara yang terletak di Samudra Pasifik dan merupakan negara milik Perancis. Sebagian besar dari penduduk negara ini adalah orang Jawa dan mereka dikirim ke negara ini dipekerjakan sebagai kuli kontrak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Orang Jawa yang berada di negara ini tetap menggunakan dan melestarikan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka, tetapi karena peraturan Negara Perancis yang mewajibkan bahasa perancis, maka bahasa Jawa perlahan ditinggalkan.

Itulah beberapa informasi seputar negara lain yang menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa negara mereka dan inilah salah satu bukti bahwa bahasa Jawa sudah mendunia. Jadi lestarikan bahasa jawa kita agar tidak diklaim bangsa lain.

Terima kasih telah membaca artikel negara yang menggunakan bahasa jawa selain indonesia. Semoga menambah wawasan kamu tentang negara luar yang menggunakan bahasa jawa.

Baca juga:

    Posting Komentar untuk "5 Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa"