Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyeramkan! Mitos Mendengar Suara Burung Gagak Pertanda Kematian



gagak-burung-pembawa-kematian

faktasantuy.com - Cerita mitos burung gagak dan kematian - Gagak merupakan spesies burung yang paling jelek dari spesies burung manapun juga, oleh karena itulah orang beranggapan bahwa burung gagak ini si pembawa sial. 

Kemunculan burung gagak hitam acap kali dihubung-hubungkan dengan adanya kematian ataupun pertanda sebuah pesan akan datangnya berita kematian. Ada sebuah mitos adanya burung gagak yang berputar-putar diatas rumah, maka salah seorang di dalam rumah tersebut akan meninggal dunia, itulah mitos burung burung gagak tanda kematian.

Burung gagak lambang kematian, kenapa burung gagak identik dengan kematian? itu dikarenakan adanya hubungan burung gagak dengan kematian yang selalu terjadi di masyarakat. Oleh karena itu kalau ada orang meninggal maka orang-orang sekitar akan memakai baju hitam dalam proses pemakaman.

Nah bagaimanakah mitos mengenai burung gagak? mitos melihat burung gagak? dan bagaimana mitos mendengar suara burung gagak?


Burung gagak burung kematian

gagak-burung-pembawa-kematian
gambar burung gagak kematian
Kenapa burung gagak identik dengan kematian? Sekilas tentang mitos adanya burung gagak, gagak hitam merupakan jenis burung yang sangat suka dengan daging bangkai. 

Bila ada sebuah bangkai hewan, maka sekumpulan gagak akan beramai-ramai akan datang memakan daging tersebut. Kemunculan segerombolan gagak dalam sebuah kampung sering kali dicap bahwa akan terjadi hal-hal buruk di kampung tersebut.

Selain itu masih dalam kepercayaan masyarakat Jawa tentang mitos mendengar suara burung gagak, bila ada orang yang sedang sakit kemudian terdengar suara burung gagak, maka akan menjadi pertanda bahwa orang sakit tersebut akan segera menemui ajalnya. 

Menurut mereka orang yang akan menemui ajalnya akan mengeluarkan bau khas menyerupai bau mayat. Menurut ceritanya, gagak mempunyai insting serta penciuman yang sangat peka, bahkan mencapai radius ribuan km, serta Burung Gagak adalah jenis burung pemakan bangkai. Oleh karena itu sebutan burung gagak pertanda kematian sangat dekat kematian.

Namun burung gagak kematian semua tidaklah benar. Mengapa ? Dari beberapa literatur yang saya baca, ternyata Mitos burung gagak penanda kematian adalah tidak benar. 

Burung gagak bukanlah burung pembawa sial apalagi pembawa kematian, namun burung gagak memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, seperti menguburkan rekannya yang telah mati,sekaligus yang memberi petunjuk kepada Qabil bagaimana cara menguburkan mayat saudaranya) dan merupakan burung yang disebutkan di dalam Al qur'an.


Mitos burung gagak dalam islam

gagak-burung-pembawa-kematian

Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: “Aduh celakalah aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.” QS Al-Ma’idah [5] : 31

Begitulah Mitos burung gagak pembawa pesan kematian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dunia binatang. Mitos boleh anda percayai dan boleh tidak, tergantung dari mana anda menilai dan bukti yang mendukung tentang mitos burung gagak pembawa kematian.

Terima kasih telah membaca artikel cerita mitos burung gagak, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang mitos burung gagak pertanda kematian.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Menyeramkan! Mitos Mendengar Suara Burung Gagak Pertanda Kematian"