Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter

faktasantuy.com - Asal usul ikan terbang. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satu kekayaannya yang berada dalam perairan, yakni ikan. Banyak terkandung jutaan spesies ikan yang masih belum teridentifikasi dengan baik. Ikan apa yang bisa terbang dan apa pengertian ikan terbangdialah Flying fish, merupakan ikan terbang yang cukup terkenal yang bisa terbang. Ikan ini juga menjadi logo salah satu channel TV Indonesiayaitu logo indosiar ikan terbang.


Flying-Fish
Foto Ikan Terbang

Uniknya Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter

Kebanyakan ikan, biasanya hidup dengan insang bukan paru-paru. Sehingga aneh rasanya jika kita mendengar ada ikan bersayap terbang ke udara. Apabila itu hanya sebuah loncatan dari dalam air masihlah wajar. Berbeda halnya dengan ikan ini yang bisa keluar dari perairan dan terbang pada jarak 200 meter bahkan ada yang sampai 400 meter.

Ciri ciri ikan terbang ikan terbang (flying fish): hewan ini mempunyai sirip besar, sekitar 30 sampai 45 cm. Ciri khusus ikan terbang ini ialah terbang dengan kecepatan hingga 80 km/jam dan bisa menempuh jarak 30 hingga 50 m. Bahkan ikan ini mampu memecahkan rekor dunia dengan terbang terlama sebanyak 45 detik.

Fakta tentang ikan terbang bukanlah hewan terbang seperti halnya burung, flying fish hanya sekedar melayang di atas permukaan laut dengan jarak tempuh 200 meter dan dengan ketinggian yang cukup. Terkadang hal ini terlihat tdak sengaja, ikan bisa saja melayang dan berada di dek kapal laut. Ikan terbang memiliki berbagai spesies mencapai 40 lebih. Alasan ikan ini terbang keluar dari air adalah untuk menghindari predator yang ingin memangsanya, yaitu seperti ikan hiu, paus, tuna, swordfish. Tapi ikan ini tak hanya langsung terbang saja, ikan flying fish juga berhati-hati jika ada burung laut pemangsa.

Cara ikan untuk dapat terbang ini cukuplah sederhana. Awalnya ikan ini berakselarasi di dalam air terlebih dahulu dengan kecepatan 70 Km/jam, setelah mencapai titik maksimal kecepatan ikan ini langsung melompat dan mengepakkan sirip sayapnya yang dibantu dengan angin laut yang kuat.


Flying-Fish
penampakan ikan terbang
Terdapat salah satu spesies ikan terbang yang cukup unik, yakni memiliki 4 sirip untuk terbang. Sirip di bagian dada akan dibantu oleh sirip di bagian belakang agar mencapai ketinggian saat terbang. Meskipun ikan terbang melayang di udara ini memiliki kemampuan terbang yang sangat jauh dengan burung-burung. Tapi, ikan ini juga tidak mau kalah, mereka terbang dengan jarak mencapai 400 meter dan tak jarang mereka juga bisa membuat formasi terbang seperti halnya burung-burung di udara.

Habitat ikan terbang biasanya hidup secara berkelompok, dalam satu kelompok terdapat ratusan ikan terbang bergerombolan. Bahkan jika satu ikan terbang meloncat ke udara, maka ikan gerombolannya juga akan meloncat.

Fenomena ikan terbang flying fish ini memanglah salah satu jenis ikan yang cukup unik. Ia memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari berbabagi macam ikan lainnya. Fenomena ini akan menarik perhatian kita untuk melihat indahnya formasi yang akan dibentuk oleh mereka.

Demikian artikel fenomena ikan terbang, ikan yang bisa terbang sejauh 400 meter. Nah kita yang sebagai penduduk bumi harus bisa melestarikan ikan unik ini, jika tidak bisa saja ikan di lama-kelamaan akan punah.

Terima Kasih telah membaca pengertian ikan terbang dan ciri ciri ikan terbang, semoga wawasan kamu bertambah mengenai spesies ikan terbang.

Baca juga:

    Posting Komentar untuk "Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter"