Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Mayat Berjalan di Toraja + Foto Penampakan Asli

faktasantuy.com - ritual membangkitkan mayat toraja - Dari judulnya saja sudah membuat bulu kuduk kita merinding, benarkah mayat bisa dibangunkan atau dibangkitkan kembali?  

Ternyata ritual mayat berjalan tana toraja ini berasal dari Indonesia yaitu pulau Toraja, nama upacara mayat toraja tersebut dinamakan Ritual Manene. 

Mengingatkan kita pada sebuah cerita zombie yang sangat terkenal. Zombie adalah manusia yang dapat hidup kembali setelah mati dengan bentuk wajah yang sangat menyeramkan. 

Benarkah suku Toraja dapat membangkitkan mayat berjalan di toraja indonesia? Yuk disimak misteri mayat hidup berjalan di tana toraja, bagaimana fenomena mayat berjalan di tana toraja? dan ritual mayat berjalan tana toraja seperti apa?


foto-mayat-berjalan-toraja
foto adat toraja mayat berjalan

Tradisi mayat berjalan di tana toraja

Fakta di balik mayat berjalan toraja, sejarah mayat berjalan di toraja bermula pada 2 cerita terpisah mengenai zombie Toraja yang mengisahkan bagaimana cara menghidupkan mayat di toraja dan dapat berjalan sendiri. 

Baca: Mengungkap Misteri Lukisan Mona Lisa

Dikutip dari sebuah sumber menyebutkan cerita pertama, syah & di masa lalu, dipercayai bahwa orang yang telah mati harus dimakamkan di tempat kelahirannya. 

Mereka yang mati tidak boleh dikubur di tempat kematiannya. Oleh karena desa mereka yang sangat jauh dan terpelosok, mereka tetap menguburkan mayat ditempat kematiannya, namun ada cara menguburkan mayat di toraja yang sangat unik


Ilmu tentang manusia yang menjalankan mayat toraja


foto-mayat-berjalan-toraja
foto adat toraja mayat berjalan

Lalu setelah mayat tadi dikuburkan, mereka akan meminta tolong kepada dukun pengendali mayat toraja yang mempunyai ilmu tingkat tinggi untuk membuat orang mati berjalan sehingga mayat tersebut dapat berjalan ke tempat si mayat dilahirkan. 

Jadi dalam hikayat ini seperti terdapat layanan antar jemput jenazah. Orang-orang disekitar tersebut tidak pernah merasa heran jika ada mayat jalan sendiri di toraja di sekitar pedesaan mereka, dan jika terlalu lama menatap mayat hidup suku toraja tersebut akan membuat kelumpuhan orang yang menatapnya.

Ciri khas pemakaman mayat daerah tana toraja

foto-mayat-berjalan-toraja
foto adat toraja mayat berjalan

Pada cerita mayat berjalan di toraja versi kedua, penduduk desa mempercayai bahwa mati merupakan sebuah proses yang sangat panjang dan butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk almarhum lewat cara mereka sendiri menghadapi dan melaluinya untuk mencapai akhirat sana. 

Menurut hikayat ini dibutuhkan sebuah aturan yang rumit dan mahal untuk pemakaman almarhum. Hal ini dilakukan untuk membuat almarhum dapat melakukan transisi dengan lancar. Sebuah contoh keluarga yang tidak mampu melaksanakan aturan ini, keluarga tersebut bisa memanfaatkan peti mati sementara. 

Jika uangnya telah terkumpul, maka pihak keluarga dapat membuat peti mati permanen, sehingga mayat tadi dapat memulai upacara membangkitkan mayat toraja atau ritual mayat berjalan tana toraja dengan cara diberdirikan dalam keadaan berjalan untuk dipindahkan dari peti sementara ke peti mati permanen.

Dari gambar diatas tadi adanya zombie yang berdiri dan berjalan dari peti sementara ke peti permanen, sungguh menyeramkan bukan asal usul mayat berjalan di toraja ini? sehingga mayat tersebut layak disebut sebagai real zombie.

Wajib baca: 3 Misteri laut mati arabian

Ada juga kisah nyata mayat berjalan di tana toraja yang menyebutkan bahwa proses membangkitkan mayat ala toraja yang sukunya lebih memilih mengangkut mayat bersama-sama karena kondisi jalan yang kurang bagus. Dari sumber lain menyebutkan, bahwa salah satu suku di Toraja dapat juga membangkitkan mayat hewan yang sudah mati. 

Mereka melakukan ritual mayat berjalan tana toraja ini dengan mengorbankan seekor sapi. Sapi dibawa ke pemakaman untuk selanjutnya dikorbankan, kemudian mereka dapat membangkitkan dan membuat sapi tersebut berdiri setelah kepalanya terpisah dari tubuh. Sapi itu lalu bisa berjalan selama sepuluh menit tanpa kepala. Wah menyeramkan sekali ya mayat berjalan adat toraja ini?

Demikianlah artikel mengenai Ritual Membangkitkan Mayat ala Toraja, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Sobat semua. Buat Sobat yang penasaran, silahkan langsung datang ke pulau toraja dan lihat sendiri kebenaran misteri mayat hidup di tanah toraja.

Terima kasih telah membaca artikel upacara pembangkitan mayat toraja dan legenda mayat berjalan di toraja yang sangat menyeramkan ini benar-benar nyata.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Fenomena Mayat Berjalan di Toraja + Foto Penampakan Asli"