Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keajaiban Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia


Keajaiban-Otak-Kanan-dan-Otak-Kiri-Manusia
7 Keajaiban otak manusia ©2016 bbc.com

faktasantuy.com - 7 keajaiban otak manusiaOtak sebagai sumber pikiran manusia, memang lah mempunyai kinerja yang luar biasa untuk memproses segala informasi diseputar kita. Lantas macam mana organ yang besar nya cuma sekepalan tangan ini dapat mengendalikan hidup manusia dengan cara fantastis? Nah bagaimanakah keajaiban dan fungsi sel otak?


Otak selagi berabad - abad memang lah ialah organ badan yang amat misterius. Baru sekian banyak puluh tahun belakangan ini, para ilmuwan sejak mulai sukses menguak misteri fakta keajaiban otak manusia. 

Pasti saja pertolongan kecanggihan teknologi jadi salah satu kunci keberhasilan penelitian ini. Otak manusia mempunyai fungsi yang nyaris sama dengan processor di PC komputer. Perbedaannya, kinerja procesor sanggup diuraikan dengan logika sementara otak tak sanggup diuraikan.

Baca juga : Transplasi kepala manusia ternyata sukses besar!

Setidaknya ada sekian banyak misteri yang tetap menyelimuti keajaiban otak kanan dan keajaiban otak kiri. Bahkan para ilmuwan pula masihlah konsisten mengupayakan mencari penjelasan ilmiah atas keajaiban otak dan akal manusia tersebut. 

Tetapi terus saja, misteri yakni keajaiban penciptaan otak manusia oleh  Tuhan Maha Kuasa yang teramat mengagumkan, serta ada juga ayat yang tersirat tentang keajaiban gelombang otak dalam al-qur'an. Pembaca faktasantuy.com, berikut ini ialah 7 keajaiban otak manusia yang mesti Anda tahu.

Kesadaran

Keajaiban otak manusia dalam membentuk kesadaran. Dikala bangun dari tidur waktu pagi hari, kita akan sadar dari tidur. Kita bisa menikmati sinar mentari pagi dari celah jendela, menghirup hawa pagi, dan melakukan berbagai macam gerakan. Seluruhnya ini dinamakan bersama kesadaran. Kita sadar bahwa kita ialah“aku” untuk diri kita sendiri. Gimana otak dari proses sadar jadi tak sadar diwaktu tidur namun kita dengan cara otomatis pula bangun lagi. Pasti ini jadi salah satu misteri keajaiban sel otak yang harus dipecahkan.


Hidup Abadi

Hidup abadi cuma memang lah sebatas khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic yakni temuan yang mampu menciptakan manusia memiliki dua kehidupan. 

Arlcor Life Extension Foundation, salah satu pusat cryonic yang berada di Arizona sudah menaruh badan makhluk hidup di dalam tabung yang berisi nitrogen cair dengan suhu minus 320 fahrenheit.

Baca: 10 Penyihir Terkenal dan Terkuat di Dunia

Gagasan dari penelitian ini yaitu manusia yang sudah wafat lantaran penyakit dapat dicairkan dan selanjutnya dihidupkan lagi dihari depan jika penyakit tersebut telah mampu disembuhkan. Jasad satu orang pemain baseball terkenal, Ted Williams disimpan di sini. 

Tetapi dikarenakan tehnologi ini belum ditemukan, penghidupan kembali serta belum bisa dilakukan, tapi tubuhnya sudah membeku disuhu yang dingin maka sel tubuhnya memecah dan ikut pula membeku.


Tingkah Laku

Fakta keajaiban otak manusia yang ketiga adalah untuk berprilaku semestinya. Seluruhnya tingkah laku yang dilakukan oleh manusia dilakukan di bawah kendali otak. Hingga sekarang ini ada banyak perdebatan mengenai kepribadian dan pikiran manusia dipengaruhi oleh alam atau bawaan sejak lahir dari lingkungan. Hingga kini, masihlah belum berjalan kesepakatan di kalangan ilmuwan apakah perilaku manusia merupakan bawaan dari gen atau pengaruh lingkungan.


Tertawa

Fakta keajaiban otak manusia yang keempat adalah untuk tertawa. Tertawa adalah hal yang paling susah dipahami dari tingkah laku manusia. Ilmuwan sudah menemukan bahwa disaat manusia tertawa, ada 3 sektor otak yang aktif. 

Yang mula-mula yaitu bidang yang berpikir sebelum mendalami satu buah gurauan selanjutnya lokasi yang bergerak memberitahukan terhadap otot buat melaksanakan sesuatu, dan yang terakhir yakni sebuah lokasi emosional yang memunculkan perasaan geli. 

Menurut John Morreall, satu orang peneliti humor menemukan bahwa tertawa adalah respon utama dari kisah yang tidak tepat bersama angan-angan. Anehnya tertawa bisa pula ditularkan kepada orang lain.


Daya Ingat

Keajaiban otak manusia dan pengaruhnya dalam pembelajaran. Dalam kehidupan manusia, ada sekian banyak pengalaman yang susah untuk dilupakan. Tetapi lebih sering otak pun melupakan hal-hal yang mutlak diwaktu dibutuhkan seperti mengingat perhitungan matematika atau alamat. Kenapa aspek ini dapat berlangsung? 

Baca: Ramalan 12 Zodiak Lengkap Asli Tanpa Rekayasa

Dengan memanfaatkan teknik pencitraan otak, para ilmuwan sukses menemukan ada prosedur yang bertanggung jawab pada penciptaan dan proses daya simpan memori.

Peneliti tersebut menemukan keajaiban sel otak abu-abu otak dan hippocampus yang berperan yang merupakan kotak menaruh memori. Tetapi anehnya mengapa ada memori yang mudah sekali diingat dan ada juga yang sangat mudah dilupakan. Pasti ini tetap jadi misteri.

Disaat bergerak, berpikir, bermimpi, atau bahkan mencintai, materi abu-abu atau yang dikenal juga sebagai korteks besar yang bekerja. Namun materi putih yang dikenal juga sebagai ganglia nyatanya turut berperan. Misalnya disaat muculnya gejala kepikunan, banyaknya studi memperlihatkan ada plak di materi abu-abu.


Jam Biologis

Fakta keajaiban otak manusia ialah sebagai jam biologis. Otak memiliki nukleus suprachiasmatic nucleus atau jam biologi. Bagian tersebut memprogram badan supaya mengikuti irama disaat selagi 24 jam. Jam biologis menyesuaikan suhu badan, memproduksi hormon melatonin, dan mengatur siklus bangun tidur.


Tidur

Rahasia keajaiban otak manusia saat sedang tidur. Para ilmuwan percaya bahwa seluruh mamalia memerlukan tidur yang cukup termasuk juga manusia. 

Tidur yang terlalu lama bisa memunculkan halusinasi atau bahkan kematian. Tidur dibagi jadi dua tingkatan yakni tidur NREM yang berlangsung disaat otak memperlihatkan gerakan metabolik yang rendah dan tidur tingkat REM yakni ketika otak tetap aktif.

Baca: Penyebab Ditindih Hantu Saat Tidur

Keajaiban otak anak dalam penentuan waktu tidur juga sungguh luar biasa, yaitu pembagian waktu tidur manusia yang berbeda. Anak balita membutuhkan waktu tidur sekitar 12 jam sehari, anak-anak sekitar 9 jam sehari, dan orang dewasa 7 jam sehari.

Nah itulah mengenai artikel tentang keajaiban otak manusia, semoga dapat menambah wawasanmu tentang 7 fakta keajaiban otak manusia.

Terima kasih telah membaca artikel keajaiban otak manusia.

Posting Komentar untuk "7 Keajaiban Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia"