Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Zam Zam: Jumlah, Kedalaman Sumur dan Kandungan

Air-Zam-Zam

faktasantuy.com - Misteri air zam zam tak akan habis menjadi topik yang dibahas untuk penggemar faktasantuy.com. Air zam zam merupakan sumber mata air yang paling aneh dan unik didunia. Pasalnya sejak dulu air tersebut tak pernah habis dari sumbernya.

Meski memasuki periode haji dimana jutaan orang membawa air tersebut, sumber air tersebut tak pernah kering sekalipun. diluar itu, air zam zam pun mempunyai banyak keajaiban. Pasti kita merasa penasaran bersama dengan hal tersebut. Dimanakah letak air zam zam tersebut?, air zam zam ini terletak di kota Mekkah.

Baca juga : Bahaya minum air putih secara berlebihan

Berapa banyak air zam-zam yang dikuras tiap kali musim haji? Jamaah haji yang datang dari seluruh belahan dunia tiap-tiap dating musim haji biasanya berjumlah kira kira 2 juta jamaah. Seluruh jamaah mendapati 5 liter air zam zam ketika pulang ke Negara asalnya.

Jikalau 2 juta orang pulang dengan masing-masing 5 liter air zam zam ke negaranya, setidaknya telah 10 juta liter air yang diambil. Ini belum termasuk juga keperluan mengonsumsi para jamaah haji yang berada di sana sewaktu 25 hari di mana tiap orang menghabiskan setidaknya 1 liter air sehari. Jadi totalnya telah mencapai 50 juta liter.

Kenapa Air Zam Zam Selalu Melimpah?

Satu Orang doktor asal Mesir pada tahun 1971 mengemukakan di Pers Eropa bahwa air zam zam tak sehat bila dikonsumsi. Alasannya ialah sebab kota Mekah berada di bawah garis laut.

Menurut dokter Mesir tersebut, air zam zam berasal dari air sisa atau limbah penduduk kota Mekah yang meresap dan mengendap yang setelah itu terbawa dengan bersama air hujan selanjut berada di sumur zam zam.

Hasilnya, kabar itu terdengar hingga ke Raja Faisal Arab Saudi. Raja juga mengutus Menteri Pertanian dan Sumber Air supaya menyelidiki masalah tersebut. Raja juga setelah itu mengirim sample air zam zam ke bermacam macam laboratorium di Eropa untuk diuji.

Baca: Penemuan Yang Menjijikkan, Keringat Yang Bisa Diminum

Insinyur kimia bernama Tariq Hussain yang bertugas di Jedah meraih mandat untuk menyelidikinya. Diwaktu mengawali pekerjaan, Tariq belum mempunyai gambaran dengan cara apa sumber air zam zam akan menaruh air yang amat sangat banyak seolah tiada batasnya. Beliau mau memecahkan misteri air zam zam yang tak sempat habis.

Tariq teramat terkejut diwaktu menyaksikan bahwa ukuran sumur tersebut cuma kira kira 5 x 4 meter. Pasti susah dibayangkan sumur yang mungil ini bakal mengeluarkan jutaan liter air tiap-tiap periode haji. Semur tersebut telah terbentuk selama ribuan tahun silam sejak era Nabi Ibrahim AS.

Berdasarkan hasil penelitian, mata air zam zam akan memancarkan air 11 - 18 liter per detik. Menjadi tiap-tiap menit mampu dihasilkan 660 liter air. Kebenaran ini pasti amat sangat mencengangkan. Bahkan di berbagai belahan duniapun, sekarang air zam-zam sudah dijual dalam kemasan kecil atau botol kecil, tentunya harga air zam-zam relatif murah.

Berapa Kedalaman Sumur Zam Zam?

Tariq sejak mulai mengukur berapa kedalaman air sumur zam.zam. Ia meminta asistennya buat masuk ke dalam. Air sumur itu ternuata cuma mecapai bahu asistennya yang tingginya 5 ft 8 inch.

Seterusnya dia meminta asistennya untuk periksa kalau kemungkinan ada saluran pipa atau cerukan di bawahnya. Tetapi sesudah periksa seluruhnya area nyata-nyatanya tidak ada apapun.

Beliaupun berpikir apakah barangkali air sumur ini disuplai dari luar melalui saluran pompa yang berkekuatan besar. Bila kejadiannya seperti itu, dirinya mampu menyaksikan naik turunnya permukaan air dengan cara signifikan.

Tetapi dugaan Tariq ini tak terbukti sebab tak ditemukan adanya aliran air mencurigakan dan tidak ada media yang akan menyuplai air dalam jumlah yang besar.

Baca: ILMU BUNIAN: Asal Usul, Kekuatan dan Fungsi

Setelah Itu, Tariq meminta asistennya masuk kembali ke dalam sumur setelah itu memintanya berdiri dan diam sambil mengamati sekitarnya. Tak lama setelah itu, asistennya mengemukakan bahwa dibawah telapak kakinya pasir halus seolah menari-nari dan air tersebut ke luar dari sumber sumur.

Selanjutnya asistennya diminta untuk mengelilingi sumur diwaktu pemompaan air yang dapat dialirkan ke ruang distribusi air. Asisten tersebut merasakan bahwa jumlah air yang ke luar dari basic sumur itu sama besarnya seperti sebelum dipompa.

Aliran air yang muncul sejumlah sama di tiap titik maka permukaan sumur tersebut relatif stabil dan tak memunculkan guncangan besar.

Kandungan Air Zam Zam

Sesudah air zam zam diteliti di Saudi Arabia dan Eropa, menunjukkan bahwa air zam zam mengandung fluorida yang efektif untuk membunuh kuman seperti telah mengandung obat.

Perbedaan antara air zam zam daripada air sumur biasa di kota Arab dan Mekah merupakan dalam faktor ini jumlah garam magnesium dan kalsium. Air zam zam mengandung ke-2 mineral tersebut lebih banyak. Ini mungkin saja sebabnya zam zam memberikan dampak yang menyegarkan untuk diminum jamaah yang letih.

Baca: Misteri Piramida Mesir

Tidak Cuma itu, komposisi kandungan garam dan rasanya senantiasa sama sejak sumur ini terbentuk. Rasa tersebut senantiasa terjaga dan dipercaya oleh semua jamaah haji dan umroh yang senantiasa ke sana tiap-tiap tahun.

Berdasarkan penelitian ilmiah di laboratorium Eropa, air zam zam benar-benar lain. Zat yang terkandung di air berbeda dengan sumur yang lain di kurang lebih Mekah.

Faktor mencengangkan yang lain ialah tak ada lumut sedikitpun di sumur ini maka air zam zam senantiasa bebas dari kuman.

Disaat sumur-sumur di Mekah kering, sumber air zam zam konsisten berair. Manfaat dari air zam zam menyembuhkan penyakit keras sekalipun. Begitu masih sedikit pencerahaan untuk menguak misteri air zam zam yang tak pernah habis ini, kelanjutan misteri tetap diteliti oleh ilmuwan eropa.

Posting Komentar untuk "Air Zam Zam: Jumlah, Kedalaman Sumur dan Kandungan"