Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Fakta Unik Tentang Nyamuk Yang Mencengangkan

fakta-nyamuk

faktasantuy.com - 15 Fakta Unik Tentang Nyamuk Yang Mencengangkan. Penggemar Faktasantuy.com tentu mengetahui binatang kecil yang mengganggu dan sering membuat bentol di sekujur badan ini, ya binatang ini yakni nyamuk, makhluk kecil yang misterius.

Kenapa nyamuk dinamakan yang merupakan binatang yang misterius? Fakta-fakta yang telah dikumpulkan oleh Faktasantuy.com ini dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Baca: Alasan Burung Terbang Dengan Formasi V + Foto Formasi V Burung

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa nyatanya di atas tubuh nyamuk terdapat suatu serangga mikroskopis yang berukuran amat sangat kecil. Serangga ini rupanya mampu untuk “menumpang” hidup di atas nyamuk!

Dulu terkecuali ada nyawa lain yang terdapat terhadap nyamuk, terlebih kenyataan misterius yang belum tidak sedikit ketahuan orang? Bagaimanakah fakta unik dan menarik tentang nyamuk lainnya?


Fakta Unik Tentang Nyamuk 

Jenis Kelamin Nyamuk 

Fakta unik dari nyamuk yang pertama benar-benar agak lucu disaat membicarakan jenis kelamin nyamuk, dikarenakan seandainya sedang diganggu nyamuk, kita memikirkan apakah nyamuk yang sedang menggigit itu nyamuk betina atau jantan.

Sangat Sering, stereotipe yang berkembang yaitu jantan ialah “pemangsa” atau “pemburu” sedangkan betina senantiasa diposisikan yang merupakan orang yang “menunggu untuk dimangsa”. Tetapi siapa sangka kalau kategori kelamin nyamuk yaitu betina dan jantan?

Jumlah Organ Badan yang Luar Biasa 

Fakta unik mengenai nyamuk yang senang menggigit itu ialah betina, nyatanya nyamuk yakni binatang yang mempunyai jumlah mata yang pass tidak sedikit ialah seratus mata.

Jumlah ini benar benar tidak sedikit untuk seekor binatang, belum lagi tidak tidak sedikit orang yang memperhatikan berapa banyak mata nyamuk yang akan dipukulnya.

Sesudah jumlah mata yang mencanangkan, faktanya nyamuk, makhluk kecil yang misterius ini pun memiliki 48 gigi didalam mulutnya! Coba dibayangkan gimana ukuran gigi dari nyamuk-nyamuk tersebut. 

Nyamuk Banyak Mempunyai Tiga Buah Jantung

Tidak Cuma jumlah mata dan gigi yang gemilang itu. Wah, manusia saja cuma memiliki suatu jantung. Bila pisau umumnya dipakai yang merupakan perabotan untuk memotong-motong bahan makanan (lantaran manusia tidak punyai pisau sendiri, gigi manusia tidak dapat dibongkar pasang seperti pisau), sehingga kenyataan sebaliknya diperlihatkan oleh nyamuk yang justru mempunyai enam pisau di bidang hidung.

Baca: Mitos Mendengar Suara Burung Gagak Pertanda Kematian

Kebayang nggak? Nyamuk sekecil itu punyai pisau sendiri namun manusia tidak merasakan sakit sesudah menepuk tubuh nyamuk yang menggigit tersebut. Tiap-tiap pisau mempunyai kegunaan tertentu. diluar itu nyamuk banyak mempunyai sayap yang berjumlah tiga. Sayap-sayap ini ditempatkan disetiap segi dari tubuh nyamuk. 

Nyamuk Yakni Binatang yang Mutidakhir 

Nyamuk ialah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang demikian mutidakhir dikarenakan didalam badan nyamuk terdapat mesin X-Ray digital. Mesin ini berfungsi untuk membedakan antara kulit manusia dengan kulit yang lain waktu nyamuk sedang berada didalam lingkungan yang gelap.

Mesin ini berwarna ungu. Belum pass hingga disitu, badan nyamuk pun berisi vaksin yang berfungsi untuk anestesi lokal untuk mempermudah memasukkan 'duri' yang dipunyai nyamuk pada kulit manusia. Inilah yang jadi argumen kenapa manusia tidak merasakan sakit kala digigit nyamuk. Hal ini berjalan dalam rangka penghisapan darah.

Didalam badan nyamuk pula terdapat fasilitas untuk mengetes type darah yang di harapkan. Tuh kan, nyamuk saja selektif dalam pilih manusia yang akan digigitnya, terlebih manusia? 

Aroma-Aroma Yang Bisa Bikin Nyamuk Kebingungan

Salah-satu hal yang membuat nyamuk tertarik pada kita adalah karbondioksida yang kerap kita hembuskan. Namun kalau kita tidak ingin digigit nyamuk, bukan berarti kita mesti berhenti mengeluarkan karbondioksida itu.

Beberapa peneliti menemukan fakta yang bisa membantu masalah ini. Ternyata nyamuk begitu ‘teranggu’ oleh aroma buah-buahan, aroma ‘mint’ sama cokelat atau karamel.

Alasan Nyamuk Selalu Terngiang di Sekitar Kepala Kita

Sudah dibahas sebelumnya, kalau nyamuk amat tertarik dengan karbondioksida yang kita keluarkan. Mereka bahkan bisa mendeteksinya dari jarak 100 kaki atau sekitar 30 meter. Karena CO2 itu keluar dari mulut dan hidung, makanya nyamuk tertarik mendekat ke area kepala kita. Sayap nyamuk lah yang membuat suara berisik itu setiap kali mereka terbang. Ketika mereka berada di area kepala Anda, mencari tempat untuk mendarat dan menggigit, dengungan mereka akan terdengar lebih keras setiap kali mereka dekat dengan telinga Anda.

Nyamuk Betina dan Jantan, Aktif yang Mana?

Nah ternyata nyamuk betinalah yang suka menggigit dan doyan menghisap darah. Mereka yang cukup aktif menimbulkan kesengsaraan. Sementara yang jantannya memilih mendekati bunga dan memakan nectar atau madunya.

Virus Bisa Meningkatkan ‘Nafsu Darah’ Mereka

Penelitian menemukan fakta bahwa virus bisa mengubah nyamuk jadi ‘monster’. Karena pengaruh virus demam berdarah, nyamuk jadi lebih haus akan darah. Instingnya untuk mencium bau kita pun jadi begitu kuat. Kecil-kecil tapi mengerikan!

Parasit Membuat Nyamuk ‘Tergila-gila’ Pada Bau Keringat Manusia

Nyamuk bisa terinfeksi oleh parasit malaria. Jika sudah begitu, maka ia akan berubah jadi nyamuk yang ingin lebih sering meminum darah, sekaligus menghisapnya dengan jumlah banyak.

Dan untuk memenuhi semua keinginan itu, tentu saja ia bisa ‘memanfaatkan’ manusia. Penelitian menyebutkan kalau nyamuk malaria sangat tertarik pada keringat manusia. Para peneliti melakukan percobaannya dengan menggunakan kaus-kaki yang sering dipakai.

Air Liur Nyamuk yang Membuatnya Gatal

pengusir nyamuk, nyamuk demam berdarah, nyamuk aedes nyamuk malaria, jenis nyamuk, nyamuk chikungunya, nyamuk tomcat, nyamuk culex

Sebagaimana biasanya, ketika nyamuk menemukan target korban… ia akan menusukkan jarum kecil andalannya. Ketika menyedot, ia meninggalkan air liur. Itulah yang membuat kulit kita akan merespons dengan rasa gatal yang cukup mengganggu.

Tidak Semua Jenis Nyamuk Membawa Virus West Nile

Virus West Nile adalah virus yang biasanya diakibatkan oleh nyamuk dan bisa menyebabkan radang otak serta akibat yang fatal bagi penderitanya. 80 % orang yang terinfeksi virus ini tidak menunjukkan gejala, namun bisa langsung merasakan nyeri, pingsan, lalu koma atau sampai meninggal. Ternyata selain nyamuk, hewan lain yang bisa menjadi penyebab virus ini yaitu burung robin, burung ‘northern cardinals’ dan burung pipit.

Gigitan Nyamuk Jadi Penyebab Meninggalnya Alexander yang Agung

Sang Raja Macedonia dan Penakluk Kerajaan Persia, dialah Alexander ‘the Great’. Nama ‘Alexander yang Agung’ tentu tidak tersemat tanpa alasan. Dia tidak pernah kalah dalam peperangan. Ia juga disebut-sebut sebagai salah-satu komandan paling sukses dalam sejarah. Ironis, sebab ternyata ia ‘kalah’ di mulut nyamuk yang terinfeksi virus West Nile. Nah itu merupakan fakta unik gigitan nyamuk gigitan nyamuk yang sungguh mematikan.

Nyamuk itu Kecil dan Terbangnya Lambat, Namun Cukup Mengganggu

Bobot tubuh seekor nyamuk rata-rata 2 hingga 2,5 miligram. Dengan berat tubuh sekecil itu, mestinya mereka bisa lebih cepat. Kontras, mereka justeru hanya terbang dengan kecepatan antara 1 sampai 1,5 mil tiap jamnya. Karena itu, mereka disebut-sebut sebagai salah-satu serangga yang terbang dengan lambat.

Nyamuk adalah Hewan ‘Maut’ Paling Kecil di Dunia

Hewan apa yang paling menakutkan bagi sebagian orang? Harimau? ular? ikan ganas? Semua itu wajar adanya. Namun siapa sangka, hewan paling mematikan dan mestinya paling kita takuti adalah nyamuk – hewan kecil yang bahkan tanpa taring.

Baca: 10 Spesies Katak Paling Beracun Di Dunia + Foto Katak Beracun

Meski kecil, namun dialah yang bertanggung-jawab akan penyebaran malaria, demam kuning, demam berdarah, encephalitis atau radang jaringan otak, dsb. Seekor nyamuk saja bisa menjangkiti lebih dari 100 manusia. Bahkan WHO, badan kesehatan PBB, memberi pernyataan bahwa setiap 45 detik, nyamuk malaria sudah menewaskan seorang anak di Afrika.

Nyamuk Sekali Bertelur, Bisa Ratusan Telurnya

Sangat aneh, nyamuk yang hanya berukuran 0.5 Cm saja bisa bertelur hingga ratusan butir telur, itu dikarenakan nyamuk betina berdiam diri seharian diatas air untuk memproduksi telur di dalam perutnya. Jadi wajarlah telurnya bisa ratusan dalam satu kali bertelur.

Banyak orang tidak suka nyamuk sebab kebiasaannya yang menyebalkan ialah senang menggigit manusia untuk dihisap darahnya.

Belum lagi kebiasaannya yang menyebalkan itu, nyamuk pun sering mengeluarkan nada yang kurang menyenangkan seperti “ngiiing ngiiing”, nada yang membuat manusia lebih menyukai untuk membunuhnya daripada membiarkannya konsisten hidup.

Oh iya, sebenarnya nyamuk mempunyai fisik yang menyeramkan lho! Terlebih apabila matanya telah dizoom, jumlah matanya yang mencapai 100 buah itu amat menyeramkan. Bayangkan saja bila nyatanya nyamuk berukuran gede, masihlah mampukah manusia untuk membunuhnya? 

Dikarenakan penampilannya yang sekilas menyeramkan, nyamuk sering dianggap sebagai makhluk biasa yang kehadirannya tidak demikian mutlak.

Tapi janganlah salah, dari seluruh bukti yang telah dibeberkan di atas, nyatanya ada banyak hal yang harus diteliti dari keberadaan nyamuk lantaran kehebatannya tersebut. ada banyak orang yang belum mengetahui perjalanan dan kiat hidup nyamuk yang pastinya menarik untuk diselidiki. 

Sama seperti binatang-binatang yang lain, pada biasanya nyamuk terbagi atas dua kategori kelamin yaitu nyamuk jantan dan betina. Waktu nyamuk jantan telah beranjak dewasa, sehingga nyamuk tersebut akan kawin dengan nyamuk betina.

Mereka menemukan nyamuk tersebut dengan memanfaatkan antenanya. Fungsi antena bagi tiap-tiap nyamuk berbeda-beda antara nyamuk jantan dengan nyamuk betina. 

Pada nyamuk betina, adanya bulu tidak tebal yang terletak di ujung antena ialah bulu yang teramat peka pada nada. Perkawinan antara nyamuk jantan dan betina terjadi di udara disaat ada bidang pada nyamuk jantan yang letaknya di sebelah organ sek*ual yang mampu untuk mencengkeram nyamuk betina. Unik sekali bukan?

Belum lagi dengan kawanan nyamuk jantan yang terbang dengan cara berkelompok seperti kerumunan awan.

Perkawinan yang terjadi tidak lama dan salah satu argumen kenapa nyamuk betina ialah nyamuk yang menggigit manusia yakni dikarenakan mereka membutuhkan darah supaya telurnya berkembang biak dengan baik, lebih kurang begitulah kehidupan nyamuk, makhluk kecil yang misterius.

Posting Komentar untuk "15 Fakta Unik Tentang Nyamuk Yang Mencengangkan"