Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mempersiapkan Kematian Khusnul Khotimah Yang Benar

faktasantuy.commenuju kematian khusnul khotimah

Cara-Mempersiapkan-Kematian-Khusnul-Khotimah



faktasantuy.com - Meninggalkan dunia dalam keadaan husnul khatimah pasti adalah yg diharapkan para umat Islam yg beriman, sebab itulah kebaikan & berita gembira bagi mereka. Untuk mengenal tanda tanda kematian husnul khatimah, bakal ada ulasannya contohnya di bawah ini yg telah disebutkan di dalam kitab Ahkamul Jana’iz wa Bidauha oleh Al-Imam Al-Albani rahumahullahu.

Baca Juga : Islam Agama Cinta Damai, Kenapa Ada Perang

8 Tanda-Tanda Kematian Husnul Khatimah
Jika anda ingin meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah, maka anda harus mempersiapkan kematian khusnul khotimah yang layak yaitu :


Syahadat Diucapkan Saat Meninggal


Tanda kematian husnul khatimah yang pertama ialah mengucapkan syahadat. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari dalil hadits Muadz bin Jabal radhiyallahu anhu bahwa kalimat ‘La ilaaha illallah’ diucapkan di jelang kematian orang tersebut, maka ia akan masuk surga.


Waktu Meninggal Dunia Adalah Pada Siang Ataupun Malam Hari Jumat


Kematian yang husnul khatimah yang kedua yaitu mati pada hari Jumat. Ini juga merupakan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari dalil hadits Abdulla bin Amr radhiyallahu anhuma yg menyatakan bahwa tidak seorang umat Islam pun yg meninggal pada malam Jumat ataupun hari Jumat kecuali orang tersebut bakal dijaga Allah dari fitnah kubur.


Ada Keringat di Kening Saat Meninggal

Disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bahwa meninggalnya seorang mukmin yaitu dengan munculnya keringat di bagian kening ataupun dahi. Diceritakan bahwa Buraidah ibnul Husnaib radhiyallahu anhu menengok saudara yg sakit di Khurasan & didapatinya saudaranya tersebut meninggal dengan berkeringat di dahinya, ia lalu teringat tentang sabda Rasulullah tersebut.


Orang yg Meninggal Berada di Jalan Allah

Meski tidak dapat membaca tanda-tanda kematian pada umumnya, tetapi tanda-tanda husnul khatimah ini dapat dilihat, contohnya seseorang dianggap syahid apabila mati ataupun terbunuh di jalan Allah.


Meninggal Dikarenakan Membela Diri & Membela Agama

Disebutkan juga oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dikatakan bahwa seseorang dianggap syahid apabila berani mempertaruhkan nyawa untuk membela keluarga & agamanya, serta mempertahankan darah.



Meninggal Sebab Mempertahankan Harta


Ini salah satu dari tanda-tanda husnul khatimah yg juga dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Seseorang datang bertanya terhadap Rasulullah mengenai apabila ada seseorang yg ingin merampas harta, & dijawablah oleh Rasulullah agar jangan menyerahkan harta tersebut. Ia bertanya lagi mengenai gimana apabila ia diserang oleh si perampok?.

& Rasulullah berbicara untuk melawannya. Lalu ia bertanya lagi mengenai gimana apabila ia sukses membunuhnya & Rasulullah menjawab bahwa orang tersebut syahid, tetapi apabila adalah yg membunuh perampok tersebut, Rasulullah hanya menjawab bahwa perampok tersebut akan ada di neraka.

Baca Juga : Biosentrisme, benarkah ada kehidupan setelah anda mati?


Dalam Keadaan Beramal Shaleh Lalu Meninggal

Hal ini juga merupakan tergolong tanda-tanda kematian dalam husnul khatimah yg disabdakan Rasulullah oleh Hudzaifah radhiyallahu. Seseorang yg meninggal bakal masuk surga apabila mengucapkan La ilaaha illallah sebab tengah menginginkan wajah Allah yg menutup hidup orang tersebut dengan amal. Disebutkan juga bahwa perbanyak sedekah jika ingin melihat wajah Allah, dan bekal untuk masuk surga juga.


Dalam Keadaan Berjaga-Jaga Lalu Meninggal 

Kematian khusnul khotimah disebutkan dalam salah satu hadits dari Salman Al-Farisi radhiyallahu anhu di mana tersebut ada sabda Rasulullah. Yang Menyatakan bahwa berjaga-jaga dengan masih merawat jalan Allah tersebut jauh lebih baik daripada mengerjakan shalat sebulan & juga berpuasa. Apabila meninggal, orang tersebut bakal diberi rizki yaitu aman dari pertanyaan kubur & juga amalnya bakal semakin dianggap. 

Itulah berbagai tanda kematian husnul khatimah yang pasti ingin kamu dapatkan. Nah jika suatu saat anda atau keluarga anda yang akan menuju kematian maka persiapkanlah diri dengan bekal menggapai kematian yang husnul khatimah...

Baca Juga : Alasan ilmiah kenapa manusia melihat sedikit cahaya menjelang ajal kematian

Posting Komentar untuk "8 Cara Mempersiapkan Kematian Khusnul Khotimah Yang Benar"