Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Golongan Yang Melintasi Jembatan Shiratal Mustaqim

faktasantuy.com - Mungkin bisa langsung terbayang kengerian saat melintasi jembatan shiratal mustaqim yang merupakan suatu jembatan yang menghubungkan antara surga & neraka, tempat yang nantinya sesudah kita meninggal dunia. 



Gimana tidak ngeri kalau menyeberangi jembatan dengan ukuran yang sama dengan sehelai rambut dibelah tujuh yang sangat tipis & kecil, bahkan jembatan kayu yang lebih besarpun masih begitu mengerikan. Lebih baik kita mengenal lebih dekat tentang jembatan shirathal mustaqim & “kengeriannya” untuk menjawab rasa ingin tahu kita.

golongan-yang-melintasi-jemabtan-shiratalmustaqim
Gambaran jembatan shiratal mustaqim

Kengerian Saat Melintasi Shiratal Mustaqim

Jembatan Shiratal Mustaqim lebih tipis apabila dibandingkan dengan rambut manusia, namun apabila dibandingan dengan pedang jelas lebih tajamlah Shiratal Mustaqim. 

Bisa dibayangkan bahwa kengeriannya pun berkali-kali lipat sebab ada bermacam-macam keadaan yang bakal mengiringi umat manusia untuk menyeberangi sirathal mustaqim tersebut. Sebelum mengenal lebih lanjut golongan manusia yang bakal melintasi jembatan tipis nan tajam ini, ketahui apa itu shirathal mustaqim dengan cara jelas terlebih dahulu...

- Shirathal mustaqim merupakan suatu kata yang terdapat pada surat Al-Fatihah & dengan cara harfiahnya, pengertian dari kalimat ini ialah jalan yang lurus. Sudah banyak penjelasan soal pengertian dari shirathal mustaqim ini oleh para ulama pakar tafsir.

- Ash-shiraath sendiri ialah kata yang berasal dari kata saratha & kesatuan huruf ra & huruf sin, maka pengucapan huruf sin menjadi shad. Pengertian dari ash-shiraath sendiri ialah “menelan” & shiraath merupakan nama jalan yang lebar saking lebarnya tersebut jalan.

- Mustaqim ialah kata yang berasal dari kata qaama-yaquumu yang artinya pengandalan bakal betis & pemegangan teguh hingga yang bersangkutan bisa berdiri kembali. Sedangkan dalam Al Fatihah, lurus ialah pengertian dari mustaqiim ini.

- Jadi, kalau digabungkan pengertian shiraathal mustaqim bisa menjadi jalan lebar nan luas & terdekat menuju tujuan, & jalan lurus nan luas tersebut merupakan jalan yang diketahui sebagai jalan pengangkut kita terhadap ke surga/neraka.

Golongan-golongan manusia yang melintasi jembatan shiratal mustaqim:

  1. Golongan manusia yang sekali menyeberang langsung jatuh ke jurang api neraka.
  2. Golongan manusia yang bisa menyeberanginya tetapi untuk melintasinya saja membutuhkan waktu dua puluh lima ribu tahun lamanya.
  3. Golongan manusia yang bisa menyeberang namun melintasinya butuh waktu bertahun-tahun.
  4. Golongan manusia yang bisa menyeberang namun melintasinya membutuhkan waktu satu bulan.
  5. Golongan manusia yang bisa menyeberang & melintasinya hanya membutuhkan satu hari satu malam saja.
  6. Golongan manusia yang bisa menyeberang & melintasinya dengan kecepatan contohnya laki-laki pelari atlet.
  7. Golongan manusia yang menyeberangi shiratal mustaqim dengan tertatih-tatih.
  8. Golongan manusia yang menyeberangi dengan kecepatan contohnya fauna peliharaan.
  9. Golongan manusia yang menyeberangi dengan kecepatan contohnya kuda lomba.
  10. Golongan manusia yang bisa menyeberangi contohnya burung terbang.
  11. Golongan manusia yang menyeberangi hanya contohnya tiupan angin.
  12. Golongan manusia yang menyeberangi secepat kilat.

Disebutkan juga bahwa jembatan shirath ini merupakan suatu jalan yang sangat licin hingga pejalannya bakal merasakan kesusahan bahkan untuk berdiri saja. Sehingga pasti bisa dibayangkan gimana kengerian saat melintasi shiratal mustaqim nanti, sebab berdiri saja bakal susah, apalagi untuk menyeberangi & melintasinya dengan cepat tanpa adanya bantuan apapun.

Baca selanjutnya: 


Nah itulah artikel tentang jembatan shiratal mustaqim. Semoga dengan mimikirkan kengerian tersebut, maka kamu dapat segera bertaubat.

Posting Komentar untuk "12 Golongan Yang Melintasi Jembatan Shiratal Mustaqim"