Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intensitas dan Gelombang Bunyi + 9 Soal Jawaban

faktasantuy.com - Intensitas dan gelombang bunyi + soal gelombang bunyi.
Gelombang-Bunyi

Hari ini saya bakal mengulas materi Intensitas. Adapun yang akan anda bahas tentang artikel intensitas yaitu arti intensitas, rumus intensitas bunyi, taraf intensitas bunyi, & juga penerapan gelombang bunyi. Mari anda simak materi tentang intensitas gelombang bunyi beserta soal intensitas bunyi.


DEFINISI INTENSITAS

Intensitas didefinisikan sebagai energi yang dipindahkan tiap satuan waktu tiap satuan luas. Sebab energi tiap satuan waktu anda ketahui sebagai arti daya, maka intensitas bisa dikatakan juga daya tiap satuan luas. Dengan cara matematis, rumus intensitas sebagai berikut.

I = P/A
Keterangan:
I = intensitas bunyi (W/m2)
P = energi tiap waktu atau daya (W)
A = luas (m2)

Apabila sumber bunyi memancarkan bunyi ke segala arah sama besar (isotropik), luas yang dimaksud sama dengan luas permukaan bola, persamaan intensitas bisa dinyatakan : 
I = P/4πR2.


Taraf intensitas bunyi ialah logaritma perbandingan intensitas bunyi kepada intensitas ambang. Dengan cara matematis taraf intensitas bunyi dituliskan sebagai berikut.
TI = 10 log I/Io 
Keterangan:
TI = taraf intensitas bunyi (dB)
I = intensitas bunyi (W/m2)
Io= intensitas ambang pendengaran manusia (10^-12 W/m2)
Untuk n buah sumber bunyi identik, misalnya ada n sirene yang dinyalakan bersama bersama, maka besarnya taraf intensitas bunyi dinyatakan:
TIn = TI1 + 10 log n
Jika didengar di dua titik yang jaraknya berbeda, besar intensitas bunyi bunyi di titik kedua bisa dinyatakan sebagai berikut.
TI = TI1 + 20 log (RA/RB)


PENERAPAN GELOMBANG BUNYI

Gelombang ultrasonik bisa dimanfaatkan untuk beberapa macam kebutuhan, antara lain pada kacamata tunanetra yang dibekali dengan alat pengirim dengan alat pengirim & penerima ultrasonik, mengukur kedalaman laut, alat kedokteran, contoh lain sumber bunyi pada pemeriksaan USG (ultrasonografi).

Manfaat cepat rambat bunyi dalam kehidupan sehari-hari yaitu cepat rambat gelombang bunyi dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengenal siang & malam, pada malam hari anda mendengar suara lebih jelas daripada siang hari sebab kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari (sifat sifat gelombang).

Resonansi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan resonansi pada alat musik contohnya seruling, gendang, beduk, & lain-lain.

Manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain menentukan kedalaman laut yaitu pada dinding kapal bagian bawah dipasang suatu sumber getaran (osilator), didekat osilator dipasang alat penerima getaran (hidrofon); melakukan survey geofisika, mendeteksi, menentukan lokasi, & mengklasifikasi gangguan di bumi ataupun untuk menginformasikan struktur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang mengandung endapan minyak; prinsip pemantulan ultrasonik bisa dipakai untuk mengatur ketebalan pelat besi & mendeteksi retak-retak pada struktur logam.

Baca Juga:
  •  
Nah itulah artikel intensistas dan gelombang bunyi untuk fisika SMA.

Terima kasih telah membaca artikel intensitas dan gelombang bunyi. Update selanjutnya admin akan membuat soal intensitas bunyi + soal gelombang bunyi


Contoh soal gelombang bunyi

Inilah soal fisika kelas 12 tentang gelombang bunyi, soal dan jawaban gelombang ini admin dapat dari blog orang lain, silahkan simak contoh soal gelombang bunyi: contoh soal gelombang bunyi

Baca selanjutnya:

Posting Komentar untuk "Intensitas dan Gelombang Bunyi + 9 Soal Jawaban"