Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Jendral Abdul Haris Nasution (1918-2000)

Biografi-Jendral-Abdul-Haris-Nasution

faktasantuy.com - Hari ini anda bakal mengulas biografi Jendral AbdulHaris Nasution. Abdul Haris Nasution merupakan salah satu tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia.

Tidak hanya Abdul Haris Nasution, banyak juga tokoh pahlawan yang memperjuangkan & mempertahankan keutuhan negara Indonesia.


Biografi Abdul Haris Nasution

Biografi Abdul Haris Nasution, Abdul Haris Nasution lahir pada tanggal 3 Desember 1918 di Huta Pungut, kota Nopan, Tapanuli Selatan. Sesudah tamat dari HIS, Nasution melanjutkan ke Hollands Inlandsche Kweekschool di Bukittinggi & lalu dilanjutkan ke Bandung.Pada tahun 1940 Nasution memasuki pendidikan militer pada Corps Opleiding Reserve Offocieren (CORO).

Sesudah kemerdekaan, Nasution bergabung dengan TKR. Sejak itulah banyak posisi yang diemban Nasution contohnya Kepala Staf Komandemen TKR Jawa Barat, Komando Divisi III, Panglima Divisi Siliwangi, Wakil Panglima Besar Aingkatan Perang, Panglima Tentara & Teritorial Djawa. Nasution merupakan salah satu dari target G-30-S/PKI. Beliau sukses meloloskan diri dalam rencana pembunuhan itu, tetapi anaknya Ade Irma Suryani Nasution meninggal.

Pada masa orde baru Nasution sempat menjabat sebagai ketua MPRS. Pada waktu memasuki usia pensiun tahun 1972, pangkat beliau naik menjadi Jenderal Besar TNI. Nasution meninggal pada tanggal 5 September 2000 & dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Oleh pemerintah, Nasution dianugerahi gelar Pahlawan Nasional  SK Presiden No. 073/TK/2002.

Baca selanjutnya:


Itulah biografi Abdul Haris Nasution. Sobat juga dapat membaca tokoh pahlawan yang memperjuangkan & mempertahankan keutuhan negara. Tidak hanya Abdul Haris Nasution, tetapi pahlawan yang lain juga ya. Selamat belajar.

Nah itulah artikel Biografi Jendral Abdul Haris Nasution yang berhasil kabur dari PKI dan menumpas aksi PKI

Terima kasih telah membaca artikel Biografi Jendral Abdul Haris Nasution, semoga PR sejarah kamu dapat selesai setelah membaca Biografi Jendral Abdul Haris Nasution ini.

Posting Komentar untuk "Biografi Jendral Abdul Haris Nasution (1918-2000)"