Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Pierre Andreas Tendean (1948-1965)

faktasantuy.com - Pada peluang ini saya bakal memberikan biografi pendek dari tokoh pahlawan Indonesia yaitu Pierre Andreas Tendean. Pierre Andreas Tendean merupakan salah satu tokoh pahlawan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada masa 1948-1965. Mari langsung saja anda simak sekilas biografi Pierre Andreas Tendean pada artikel ini.
Biografi-Pierre-Andreas-Tendean
FotoPierre Andreas Tendean

BIOGRAFI PIERRE ANDREAS TENDEAN

Biografi Pierre Andreas Tendean, Pierre Tendean lahir pada tanggal 21 Februari 1939 di Jakarta. Ayahnya (Dr. A.L. Tendean) ialah ceo Rumah Sakit Jiwa Tawang, Semarang. Pendidikan SD Tendean di Semarang. Ayahnya A.L. Tendean menginginkan Pierre Tendean mengikuti jejaknya masuk kedokteran, tetapi Pierre Tendean lebih berminat dengan militer.

Pierre Tendean masuk Akademi Teknik Angkatan Darat di Bandung, yang lalu berganti nama menjadi Akademi Militer Jurusan Teknik (Akmil Jurtek). Pierre Tendean merupakan siswa yang berbakat, beliau diangkat sebagai Komandan Batalion Taruna di samping sebagai Ketua Senat Korps Taruna. Pada waktu tetap taruna, Pierre Tendean sempat mendapat tugas lapangan & dikirim memadamkan pemberontakan PRRI/Permesta di Sumatra Barat dalam kesatuan Zeni Tempur.

Pada tahun 1962 Pierre Tendean menyelesaikan pendidikan militernya & ditugaskan di Batalion Zeni Tempur 2 Kodam II Bukit Barisan. Satu tahun lalu Pierre Tendean disekolahkan di sekolah intelijen Bogor. Pada tahun 1965 Pierre Tendean diangkat menjadi ajudan Menteri koordinator Pertahanan Keamanan/Kepala Staf Angkatan Bersenjata (Menko Hankam/Kasab) Jenderal Nasution.

Menjelang tanggal 1 Oktober 1965, Pierre Tendean sedang tidak menjalani tugas tetapi waktu itu beliau berada di belakang rumah dinas A.H. Nasution. Mendengar suara rentetan senjata, Pierre Tendean mengambil senjatanya, tetapi beliau ditangkap oleh suatu gerakan yang menamakan G30S/PKI. Berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965 tanggal 5 Oktober 1965, pemerintah menganugerahinya gelar Pahlawan Revolusi.

Nah itulah artikel Biografi Pierre Andreas Tendean yang dalam materi sejarah sekolah.

Posting Komentar untuk "Biografi Pierre Andreas Tendean (1948-1965)"