Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 17 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, Pengertian, Struktur, Tujuan dan Kaidahnya

faktasantuy.com - Contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya.

Hai sobat faktasantuy.com, hari ini admin bakal memberikan 17 contoh teks laporan hasil observasi dengan beberapa macam tema teks observasi dari berbagai tema. Adapun contoh teks observasi yang bakal saya berikan ini pasti saja sudah sesuai struktur & juga sudah sesuai dengan kaidah 5W+1H.

Contoh teks hasil observasi beserta strukturnya

Contoh-Teks-Laporan-Hasil-Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks observasi ialah sebuah teks yang memperlihatkan hasil pengawasan atas objek yang sedang diamati/diobservasi.

Teks observasi juga dapat disetarakan dengan teks deskripsi, pastinya penulisan teks observasi tersebut juga meliputi deskripsi & klasifikasi atas objek yang sedang diteliti.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil observasi hampir sama dengan struktur laporan perusahaan/instansi, namun setiap instansi/perusahaan mempunyai standar, gaya, bentuk, ataupun sistematika yang tidak sama-beda yang dipengaruhi oleh tipe penelitian yang bakal diperbuat.

Tetapi demikian, pada dasarnya struktur teks laporan hasil observasi ada 3 yaitu:

1. Pembuka
Merupakan bagian awal dari laporan yang berisi gambaran umum objek yang diteliti.

2. Isi
Bagian ini menjadi inti dari laporan observasi, karena pada bagian isi memuat data-data mengenai observasi yang telah dilakukan.

3. Penutup
Bagian ini biasanya menjadi kesimpulan sementara dari narasi yang telah disusun dibagian isi.

Contoh struktur teks laporan hasil observasi dapat kamu liat pada bagian 17 contoh hasil observasi pada bagian bawah artikel.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan teks laporan hasil observasi sebenarnya simpel saja, yaitu tujuannya untuk menganalisis data/fakta yang telah didapatkan dari hasil observasi, setelah mendapatkan data tersebut lalu dilakukanlah pengolah data dan ditariklah kesimpulan, setelah kesimpulan maka akan ada pengambilan keputusan yang tepat dalam pemecahan masalah.

Oleh sebab itu, teks laporan hasil observasi haruslah ditulis dengan bagus & rapi jadi sanggup memberikan pengetahuan umum.

Kiranya inilah tujuan penting dari teks laporan hasil observasi, yakni memberikan info yang lengkap dan data valid dengan aspek pandang tertentu, jadi dapat dijadikan sebuah pengetahuan baru dan pengembangan inovasi.

Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi:

  1. Bahasa teks laporan hasil observasi harus sesuai dengan EYD dan kata baku.
  2. Mengulas objek tunggal (1 objek).
  3. Merupakan hasil dari pengawasan atau penelitian terakhir & terkini.
  4. Bersifat luas.

#1. Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Alam

Sampah

Pembuka

Sampah merupakan material sisa dari  sebuah proses produksi. Sampah bisa berasal dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, & pertambangan. Sampah di bumi bakal semakin bertambah selama tetap ada kegiatan yang dikerjakan oleh alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah bisa dibedakan berdasarkan sifat & bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik & anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang bisa diuraikan atau daur ulang.

Contoh sampah organik ialah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, & sebagainya. Sampah ini bisa diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau didaurulang.

Contoh sampah anorganik ialah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, & sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai kesempatan usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia & radioaktif.

Isi

Sampah padat ialah sampah yang berwujud padat. Sampah padat bisa berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas & lain-lain. Sampah organik & anorganik tergolong sampah padat. Sampah ini bisa dibedakan berdasarkan performa diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang bisa diuraikan oleh proses biologi) & sampah padat non-biodegradable (tidak bisa diuraikan oleh sebuah proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua tipe yaitu recyclable (dapat diolah kembali) & non-recyclable (tidak bisa diolah kembali).

Sampah Cair ialah bahan cairan yang telah dipakai & tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah ialah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah bisa dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam & limbah rumah tangga. Limbah hitam ialah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga ialah sampah cair yang dihasiklan dari dapur, kamar mandi, & tempat cucian.

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam & diuraikan melewati proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam ialah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia ialah istilah yang dipakai kepada hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses & urin. 

Penutup

Sampah manusia bisa memunculkan penyakit akibat negatif bagi kesehatan manusia sebab bisa dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang dikarenakan oleh virus & bakteri.
Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia & dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi hingga kini tidak melebihi jumlah sampah industri. 

Limbah radioaktif ialah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir & fisi nuklir yang menghasilkan uranium & thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan & kehidupan manusia sebab menghasilkan radiasi yang berakibat kurang baik kepada kesehatan manusia. Oleh sebab itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.

#2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Minuman - KopiCethe Di Tulungagung

Contoh teks laporan hasil observasi mengenai minuman hari ini mengulas mengenai hubungan antara kopi & cethe di daerah Tulungagung.

KopiCethe Di Tulungagung

Pendahuluan

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Dari sabang hingga merauke, terdapat puluhan tipe kopi bernilai yang beberapa diantaranya menjadi kopi favorit dunia contohnya kopi luwak & kopi toraja.

Di kota-kota besar, kopi yang dipasarkan dengan konsep cafe telah menjadi salah satu gaya hidup.

Di sana kopi telah diolah & di saapabilan dengan konsep modern sebagaimana juga diperbuat dinegara maju lainnya, umpama dengan memakai teknik penyajian melewati alat atau mesin ekspreso yang diracik oleh para barista handal.

Dengan cara itu, minuman kopi mempunyai nilai jual yang tinggi alias mahal harganya.

Jauh dari standard tinggi penyajian kopi di kota-kota besar, di kota kecil contohnya Tulungagung kopi telah menjadi primadona sejak dahulu walau hanya disaapabilan ala kadarnya denga cara tradisional, yakni disangrai, dijadikan bubuk, & diseduh.

Jumlah warung kopi kecil-kecilan sangat banyak. Bahkan, satu di satu desa saja terdapat lebih dari 15 warung kopi yang dikelola dengan cara sederhana.

Yang penting, bagi masyarakat penggemar kopi di Tulungagung, kopi tak hanya dapat untuk diminum namun juga dapat dipakai untuk nyethe.

Apa tersebut nyethe? Nyethe merupakan aktivitas melukis di rokok dengan memakai endapan kopi yang halus.

Konon, rokok yang diberi cethe alias endapan kopi ini mempunyai rasa lebih.

Minimal, ada kesan-kesan tertentu yang hadir saat merokok dengan olesan cethe yang tak dapat ditemukan dengan cara lain.

Inilah yang membuat kota Tulungagung juga dikenal sebagai kota cethe & mempunyai banyak sekali warung kopi walau nilai kopinya jelas kalah telak apabila dibandingkan dengan cafe-cafe profesional a la kota besar.

Isi

Kopi Masyarakat

Terbukti benar bahwa sebagian besar warung kopi di Tulungagung menjual kopi dengan kriteria terjangkau, kental, & halus sebab terbukti tersebut yang dicari oleh mayoritas masyarakat penggemar kopi.

Segelas atau secangkir kopi hitam rata-rata dipasarkan dengan harga tak lebih dari 2000 rupiah saja.

Hal ini jelas sangat jauh tidak sama dengan kultur kopi di kota besar yang harga secangkir mungilnya dapat mencapai 5 ribu hingga 25 ribu ke atas.

Tentu hal tersebut tak dapat disejajarkan sebab masyarakat penggemar kopi di Tulungagung yang gemar ngopi di warung kopi sebagian besar ialah kelas pekerja, pelajar, & pengangguran.

Jadi, apabila ada warung kopi yang menjual kopi dengan harga lebih mahal dari nasi bungkus ramesan, maka dapat dipastikan warung tersebut tidak bakal berusia panjang.

Hal ini dapat dibuktikan melewati dua warung kopi senior yang tetap bersi kukuh sejak lebih dari 15 tahun yang lalu, yakni warkop Mak Tin & warkop Waris yang rutin ramai sejak pagi hari hingga menjelang warung tutup.

Rahasianya sederhana saja, harga kopinya terjangkau, kental, & halus. Soal nilai kopi jangan ragu, sangat jauh dari standard kopi nasional.

Apabila nilai kopi tetap jauh dari standard, kenapa kok laris?

Inilah yang luar biasa. Belum pasti masyarakat pedesaan atau kota kecil dapat menikmati rasa pahit dari kopi ekspresso kelas dunia & begitu pula sebaliknya sebab soal rasa kopi ini dapat dibilang ialah konstruksi adat alias faktor kebiasaan saja.

Sehingga, bagi sebagian besar penggemar kopi di tulungagung, kopi terjangkau yang mereka nikmari terbukti sangatlah terasa nikmat, terlebih apabila minum kopinya dikawani dengan rokok yang telah diolesi dengan cethe (endapan kopi halus).

Kopi Medium Silaturahmi

Pada masyarakat di Tulungagung, kopi bukanlah sekedar minuman, melainkan cara hangat untuk bertegur sapa.

Orang minum kopi di warung kopi dapat saja membaur satu dengan lainnya walau tak saling kenal & baru pertamakali berjumpa.

Pada peristiwa ini, menikmati kopi di warung kopi menjadi kesempatan untuk tak hanya saling bertukar cerita, tetapi juga menjadi kesempatan bisnis sebab adakalanya bisnis dimulai dari obrolan.

Kopi Ijo Khas Tulugagung

Salah satu tipe kopi yang paling populer di Tulungagung ialah kopi Ijo.

Mula-mula, warung kopi yang menjual kopi ijo ini ialah warung kopi Mak Tin & warung kopi Waris. Kedua warung ini berdekatan & sama-sama laris. Dalam satu hari salah satu dari warung tersebut dapat menjual lebih dari 10 kg kopi ijo.

Pembeli tak hanya membeli kopi cangkir, tetapi juga bubuk kopi untuk dibawa pulang, dijadikan oleh-oleh, & bahkan di warung tersebut merupakan tempat kulakan warung kopi lain yang menjual kopi ijo. Maka tak heran apabila masing-masing warung tersebut memproduksi kopi ijo dalam jumlah besar setiap harinya.

Dinamakan sebagai kopi ijo bukan sebab warna kopinya yang hijau, tetapi sebab endapan cethenya bakal berwarna lain saat mengering di rokok. Jelas warnanya juga bukan hijau, melainkan abu-abu.

Apabila kopi ini diseduh dengan air yang tidak mendidih, maka bakal memunculkan rasa mual bagi yang tidak biasa minum kopi ijo.

Rasa dari kopi ini juga tidak contohnya kopi robusta atau arabika, jadi kopi ini jelas merupakan kopi racikan dengan bahan tertentu & cara olah tertentu. Pastinya, resep dari kopi ini dirahasiakan.

Tetapi demikian, kopi ini tidaklah susah dicari & terjangkau harganya.

Penutup

Lain daerah lain pula kopinya & pasti lain rasanya. Tetapi demikian, orang daerah lokal contohnya Tulungagung lebih bahagia minum kopi sederhana di warung kopi biasa.

Secangkir kopi kental manis dapat dibeli dengan harga terjangkau & melewati kopi inilah para pengunjung warung kopi dapat mengakrabkan diri satu sama lain walau tak saling kenal. Hal ini pasti jauh tidak sama dengan warung kopi di kota-kota besar.

Sehingga demikianlah, nilai kopi dapat dikesampingkan & bahkan tak butuh diketahui untuk sebagian besar warung kopi di Tulungagung, yang penting kopi yang disaapabilan ialah kopi kental, manis, & terjangkau.

#3. Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

SMPN 1 Bandar Lampung


Pembuka

SMPN 1 Bandar Lampung merupakan sekolah menengah yang terletak di jalan Bukit Kemiling Permai kelurahan Kemiling Permai kecamatan Kemiling kelurahan Kemiling Permai Bandar Lampung. Dalam area lingkungan SMPN 1 Bandar lampung terdiri dari 2 tipe lingkungan. 

Diantaranya yakni lingkungan hidup / benda hidup (biotik) & lingkungan tidak hidup / benda mati (abiotik). Lingkungan benda hidup terdiri dari tanaman-tanaman hias & pohon-pohon besar. Sedangkan lingkungan benda mati terdiri atas peralatan belajar, gedung sekolah, & property sekolah.

Isi
Lingkungan benda hidup mulai dari halaman depan sekolah & taman-taman kecil di depan kelas ditumbuhi dengan rumput hijau serta tanaman-tanaman hias. Tanaman hias juga terdapat di ruang guru, ruang kepala sekolah, & ruang-ruang kelas siswa.Tanaman hias di lingkungan SMPN 1 Bandar Lampung beragam jenisnya diantaranya yakni bunga mawar, bunga anggrek, bunga lily, bunga Bougenville, bunga Asoka, bunga Kembang sepatu, bunga kemuning, bunga kenanga, bunga Alamanda, & bunga amarilis.

Dari tipe pepohonan yang ada di lingkungan SMPN 1 Bandar Lampung diantaranya yakni pohon mangga, pohon bambu jepang berkapasitas kecil, bambu kuning, beringin, beringin karet, beringin putih, pohon cemara, pohon asam jawa, & pohon jeruk. Di halaman belakang ruang kelas terdapat sisa pekarangan kecil yang dimanfaatkan untuk menanam beberapa tumbuhan perkebunan seperti pohon singkong & jagung. Tidak hanya dipakai untuk kebutuhan praktikum Biologi, hasilnya juga bisa dikonsumsi bersama-sama pada ketika kegiatan eskul seperti pramuka & lain-lain. Di sebelah kebun terdapat kolam kecil berisikan ikan mas & nila. Ada juga kandang kecil tempat merawat kelinci & marmut.

Berikutnya lingkungan benda mati berupa gedung sekolah yang terdiri dari ruang guru, ruang Tata Usaha, ruang kelas siswa, perpustakaan,mushala, ruang UKS, koperasi, gedung serba guna, gudang, & kamar mardi. Selanjutnya peralatan sekolah seperti meja, kusi, papan tulis, lemari buku, penggaris besar, globe, layar LCD proyektor, & lain-lain. Berikutnya ada juga peralatan olah raga seperti bola basket, bola tenis, bola voli, jaring voli, jaring bulu tangkis, jaring tenis meja, & jaring tenis bola. Lapangan terdiri dari lapangan upacara, lapangan voli, lapangan basket, & lapangan tenis. Ada juga kolam renang untuk praktek berenang.

Penutup
Demikian hasil laporan observasi mengenai lingkungan SMPN 1 Bandar Lampung tentang dengan tipe lingkungan yang ada di sekolah berupa lingkungan benda hidup & lingkungan benda mati. Keduanya merupakan kesatuan yang menjadikan sekolah kami asri & harmoni. Supaya keduanya tetap terjaga & bisa dirasakan kebermanfaatannya tentu butuh adanya keseriusan & kesadaran untuk bersama-sama menjaga & merawatnya.

Tunggu ya update contoh laporan observasi selanjutnya dari admin ^.^

+++UPDATE+++


#4. Contoh Hasil Teks Observasi Fungsi Buah Pisang Ambon

Fungsi buah pisang ambon

Contoh teks laporan hasil observasi berikut ini mengulas mengenai fungsi yang dikandung dari buah pisang ambon.

Pendahuluan

Buah pisang merupakan salah satu tipe buah yang kaya bakal kandungan vitamun & mineral yang mudah didapatkan sekaligus terjangkau harganya jadi buah ini sangat berfungsi untuk dijadikan makanan suplemen pelengkap makanan pokok keluarga.

Oleh sebab kekayaan fungsi yang terkandung dalam buah pisang, tulisan ini bermaksud untuk mengabarkan hasil penelitian yang meneliti kandungan serta fungsi pada tiap 100 gram buah pisang.

Buah yang dijadikan objek dalam penelitian ini ialah buah pisang ambon.

Isi

Di indonesia, pohon pisang bisa dikatakan bisa hidup di daerah manapun baik di dataran rendah atau tinggi.

Di mana-mana, baik di pedesaan atau di pinggir jalan, pasti tanaman ini bakal menjadi salah satu pemandangan yang tak sempat absen.

Hal ini menandakan bahwa buah pisang belum menjadi buah yang langka sebab pohon pisang ini berbuntut tak mengetahui musim; sekiranya pohon pisang telah lumayan umurnya, pohon tersebut bakal berbuah.

Yang paling hebat dari kehadiran pohon & buah pisang ini, tidak sama dengan pohon lainnya, pohon pisang walau ditelantarkan begitu saja bakal tetap hidup & beranak pinak asalkan pohon ini tidak mengalami kekeringan yang parah.

Tentu apabila ditanam dengan cara yang lebih baik, maka nilai hidup pohon pisang serta nilai buahnya juga bakal terus baik.

Saat ini, untuk merespon permintaan pasar atas kebutuhan buah pisang, banyak petani yang mulai membudidayakan pohon pisang dengan cara serius & profesional.

Meski jumlah produksi pisang di Indonesia tidak sebanyak negara lain contohnya Mexico & negara-negara di Amerika Latin, tetapi untuk saat ini produksi pisang lokal sanggup mencukupi kebutuhan buah pisang dalam negri.

Manfaat Buah Pisang Ambon

Dari jumlah kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang, pasti ada banyak sekali fungsi yang bisa diambil jadi buah pisang tak hanya enak & mengenyangkan untuk dikonsumsi tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi pisang untuk kesehatan tubuh;

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kita bisa melihat dari tabel di atas bahwa dalam 100 gram buah pisang terkandung kurang lebih 0, 34 gr vitamin B5 yang apabila dikonsumsi setiap hari sanggup menjaga kesehatan kulit & menanggulangi beberapa persoalan kulit contohnya kulit kering, jerawat, kulit pecah-pecah, ketombe, & kulit sensitif.

Selain dengan cara mengonsumsinya, tetapi daging buah pisang juga bisa dipakai sebagai masker kulit.

Berkenaan dengan kesehatan kulit, sebetulnya kulit pisang justru lebih ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, yakni dengan cara menggosokkan bagian permukaan dalam kulit pisang ke area kulit yang kering & berjerawat setiap hari.

Bahkan, kulit pisang ini merupakan penjaga kulit yang alamiah yang bisa membuat kulit rutin sehat & tapak berseri.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah pisang terkenal sebagai buah yang kaya bakal kandungan kalium & antioksidan yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan badan terutama pada jantung.

Tak hanya itu, kalium juga berperan untuk menjaga tekanan darah supaya tetap stabil jadi jantung tidak bekerja ekstra.

Asupan kalium sebanyak 2 gr per hari sanggup menurunkan 30 % resiko terserang penyakit jantung. Sementara dalam 100 gram buah pisang terdapat kurang lebih 360 gr kalium.

Dari pada mengkonsumsi obat yang bakal membut ginjal bekerja ekstra, sebaiknya mengkonsumsi 2-3 buah pisang setiap hari untuk menjaga supaya jantung tetap sehat.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pisang nyatanya mempunyai kandungan vitamin A yang lumayan tinggi jadi bisa dipergunakan sebagai salah satu sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan mata sejak dini dengan cara mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

4. Menolong Pencernaan

Serat tinggi dalam buah pisang sangat baik untuk menolong sistem pencernaan tubuh.

Dalam hal ini, mengkonsumsi pisang bakal membuat feses tidak terlalu lembek & tidak terlalu keras jadi buah pisang bisa dipergunakan sebagai makanan pendamping bagi penderita diare sekaligus penderita sembelit.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker terbukti menjadi ancaman bagi setiap orang.

Tetapi keganasan penyakit kanker ini sebetulnya sangat mudah untuk ditangkal sejak dini dengan cara banyak memakan sayuran & buah-buahan yang salah satunya ialah buah pisang.

Penyakit kanker bisa dikarenakan sebab adanya tumpukan oksidan atau radikal leluasa dalam tubuh.

Buah pisang yang kaya bakal kandungan vitamin c merupakan penangkal alamiah yang sanggup melawan pembentukan radikal leluasa dalam badan jadi dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari merupakan cara mudah untuk menjaga badan dari penyakit kanker.

6. Menurunkan Resiko Ginjal

Kalium merupakan zat yang penting untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga supaya ginjal anda sehat ialah dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar kalium yang tinggi contohnya umpama buah pisang.

Untuk menjaga supaya ginjal anda leluasa dari persoalan ialah dengan cara mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

Penutup

Pastinya menjaga kesehatan badan bukanlah hal yang susah.

Menjaga kesehatan badan semudah mengkonsumsi sayuran & buah-buahan yang salah satunya ialah pisang. Buah pisang ini bukanlah buah yang mahal & susah di bisa jadi siapapun bisa mengkonsumsinya.

Bila dalam satu hari badan mendapat asupan minimal 1 buah pisang saja, hal tersebut bakal sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan serta metabolisme tubuh.

#5. Contoh Teks Observasi Pendek - Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk aedes aegypti

Berikut ini merupakan contoh teks observasi singkat mengenai nyamuk aedes aegypti yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, chikungunya, demam zika serta demam kuning.

Judul : Mengetahui Nyamuk Aedes Aegypti

Pendahuluan

Nyamuk Aedes Aegypti betina merupakan serangga yang sanggup menularkan beberapa penyakit contohnya dengue (demam berdarah), chikungunya, demam zika, & demam kuning.

Kenapa nyamuk yang betina berbahaya?

Sebab semua tipe nyamuk yang berjenis kelamin betina membutuhkan darah (binatang lain & manusia) untuk bertelur. Oleh sebab itu, kehadiran nyamuk tipe yang satu ini haruslah sangat diwaspadai.

Teks observasi ini bakal mengabarkan beberapa hal mendasar untuk mengetahuii seluk beluk nyamuk aedes aegypti.

Isi

Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti

1. Bentuk Badan Nyamuk Aedes Aegypti

Mengetahuii nyamuk Aedes Aegypti tidaklah susah. Nyamuk ini berkapasitas kecil & ramping, berwarna hitam dengan belang & bercak putih disekujur tubuhnya hingga di jari-jari kakinya.

2. Habitat Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti dengan cara alamiah tinggal di daerah lembab & teduh contohnya kebun & rerumputan. Tetapi nyamuk ini juga bisa bersarang di dalam rumah & bersembunyi di tempat yang lembab & kekurangan memperoleh sinar.

Nyamuk Aedes Aegypti bakal bertelur di air yang jernih contohnya di bak mandi, penampungan air yang tak tertutup, atau di genangan air kurang lebih rumah & kebun.

3. Perilaku Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti jantan hanya menghisap air di dedaunan & sari bunga untuk bersi kukuh hidup. Sementara yang betina membutuhkan darah supaya bisa memproduksi telur.

Jadwal makan nyamuk Aedes Aegypti betina ini ialah pagi hari & sore hari, tetapi ada kalanya nyamuk ini bakal tetap mencari mangsa hingga malam hari apabila di pagi & sore hari belum menghisap darah.

Umumnya, nyamuk Aedes Aegypti bakal berumur 2-3 minggu saja. Tetapi nyamuk ini juga bisa bersi kukuh hidup hingga dua bulan lamanya.

Nyamuk betina yang tak menghisap darah tak bakal menghasilkan telur & mereka tetap tetap bisa bersi kukuh hidup contohnya nyamuk jantan dengan menghisap air & sari bunga.

Bila anda pada pagi atau sore hari beraktifitas di kebun yang lembab & tiba-tiba ada serombongan nyamuk belang putih menyerang, bisa dipastikan nyamuk-nyamuk tersebut merupakan nyamuk Aedes Aegypti betina yang sedang menantikan mangsa.

Kadangkala sangat susah untuk mendeteksi kedatangan nyamuk ini sebab saat nyamuk Aedes Aegypti menggigit kulit manusia, gigitan tersebut tidak bakal terasa & bakal menjadi gatal beberapa menit sesudah gigitan.

Bekas gigitan nyamuk tersebut ialah bentolan kecil yang disusul dengan bintik merah di kulit yang tidak bakal lekas hilang dalam beberapa jam (bahkan hari).

Apabila nyamuk Aedes Aegypti yang menggigit manusia mengangkat virus penyakit, maka bekas gigitan tersebut tidak bakal hilang sebelum badan manusia meperbuat perlawanan terhadap virus tersebut.

Apabila daya tahan badan manusia sedang dalam kondisi kurang baik, maka sangat mungkin badan tersebut bakal mengalami demam contohnya dengue, demam kuning, chikungunya, & demam zika (tergantung tipe virus yang dibawa & ditularkan oleh nyamuk tersebut).

Pemberantasan Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti tidaklah susah untuk diberantas, yakni dengan meperbuat cara-cara berikut ini:

  1. Menutup tempat-tempat penampungan air & tempat-tempat yang tergenang air.
  2. Menguras bak mandi.
  3. Memakai obat nyamuk (bakar, semprot, elektips).
  4. Menjaga kebersihan & kerapian lingkungan dalam & luar rumah.
  5. Fogging; cara ini efisien untuk membunuh nyamuk dengan cara masal, tetapi banyak juga akibat kurang baiknya contohnya bikin binatang lain ikut mati & bikin sesak nafas.
  6. Mengubur barang bekas yang berpotensi menyimpan air.

Penutup

Nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa disepelekan sebab akibat yang mungkin terjadi bisa sangat berbahaya. Oleh sebabnya, nyamuk ini haruslah terus menerus diperangi supaya terputus mata rantainya.

Membasmi nyamuk terbukti mudah, tetapi untuk tetap konsisten & disiplin untuk meperbuatnya itulah yang susah jadi nyamuk ini bakal timbul kembali.

#6. Contoh Observasi Penelitian - Fungsi Madu Lebah Untuk Tubuh

Contoh laporan observasi lapangan hari ini mengulas mengenai beberapa fungsi madu lebah yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Madu Lebah Untuk Tubuh

Pendahuluan

Madu bukanlah hal asing dalam kehidupan sehari-hari & banyak orang berpendapat bahwa madu sangat baik untuk kesehatan walau tak banyak orang yang tahu persisnya fungsi madu bagi tubuh.

Pada label kemasan madu yang dipasarkan di pasaran, disebutkan beberapa tipe fungsi & khasiat madu bagi kesehatan badan & anehnya setiap kemasan bisa memberikan info yang berlainan terkait dengan fungsi madu bagi tubuh.

Observasi ini berisi laporan pendek mengenai arti madu, kandungan madu, serta manfaatnya bagi badan manusia.

Isi

Mengetahui Madu Lebah

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah & serangga lanceng sebagai cadangan makanan yang mereka kumpulkan dengan cara menghisap nektar bunga tanaman atau cairan gula.

Madu paling baik merupakan madu yang diciptakan dari nektar bunga. Madu semacam ini biasanya terdapat di hutan atau di tebing pegunungan tempat habitat para lebah atau serangga pengumpul madu lainnya.

Tetapi di peternakan lebah, pasti lebah-lebah tersebut tak hanya menghasilkan madu dari nektar bunga, melainkan dari gula yang disediakan oleh peternak lebah madu.

Tidak semua tipe lebah menghasilkan madu paling baik.

Di semua penjuru dunia, ada satu tipe lebah saja yang sanggup menghasilkan madu paling baik, yakni lebah Apis Dorsata yang hanya terdapat di kawasan tropis & sub tropis di benua Asia tergolong di Indonesia yang persisnya terdapat di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB & NTT.

Sehingga apabila dikatakan bahwa madu hutan yang berasal dari pulau-pulau tersebut, terutama NTB & NTT, merupakan madu alamiah dengan nilai nomor satu.

Lebah tersebut tidak bisa diternakkan atau dikembangbiakan walau di daerah asalnya. Mereka hanya mau hidup di hutan & kurang lebih tebing gunung & memperoleh makanan serta madu dari beberapa tipe bunga yang ada di wilayah tersebut.

Lebah Apis Dorsata menciptakan sarang yang besar yang sanggup menampung madu hingga seberat 20 Kg.

Sebab lebah tersebut tidak bisa diternakkan, maka apabila perburuan madu ini diperbuat dengan cara berlebihan, dikhawatirkan lebah ini bakal punah.

Harga dari madu hutan tersebut sangat mahal jadi menggoda warga setempat untuk berburu madu sebagai mata pencaharian.

Rasa madu benar-benar manis contohnya gula sebab madu tersebut sendiri tersusun dari glukosa, fraktosa, maltosa, sukrosa, air, gula, & mineral lainnya contohnya chrysin, pinobanksin, vitamin c, pinocembrin & unsur lainnya yang tergantung pada tipe bunga yang dihisap oleh lebah.

Beberapa tipe mineral tersebut diubah menjadi madu oleh lebah sebagai cadangan makanan yang minim kandungan air jadi tidak memungkinkan bagi bakteri lain untuk berkembang biak dalam cairan madu.

Oleh sebab itulah madu tidak bisa membusuk dalam waktu yang lama kecuali madu tersebut telah tercemar dengan cairan atau unsur lain dari luar.

Sementara pada madu dipeternakan, kandungan vitamin & mineral yang terdapat pada madu tidaklah sekompleks madu hutan.

Hal ini pasti sebab faktor sumber makanan lebah. Terus banyak lebah mengumpulkan madu dari beragam tipe bunga yang tidak sama-beda, maka kandungan vitamin & mineralnya terus beragam pula.

Madu lebah peternakan lebih dominan mengandung glukosa, fraktosa, sukrosa, air & gula saja. Dengan demikian, manfaatnya pasti jauh tidak sama apabila dibandingkan dengan madu lebah hutan.

Manfaat Madu Lebah

Diantara sumber makanan produk hewani lainnya contohnya telur, daging & susu, madu jauh lebih kaya bakal kandungan nutrisi.

Apabila dibangun sebuah perbandingan kasar, 1kg madu setara dengan 50 butir telur ayam, 5500 liter susu, & 1,68 kg daging.

Terlebih, madu mempunyai beberapa tipe zat lain yang diolah dari nektar bunga & kiranya inilah yang membuat madu mempunyai fungsi spesial untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Antioksidan

Madu mengandung salah satu zat yang disebut sebagai pinocembrin. Zat ini diperoleh oleh lebah dari nektar bunga & zat ini merupakan antioksidan yang manjur untuk menangkal radikal leluasa yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak sama dengan antioksidan lainnya, pinocembrin dalam madu sangat mudah diserap oleh badan & bekerja dengan cepat jadi manfaatnya lebih cepat terasa. Oleh

sebab itulah mengkonsumsi madu dengan cara rutin bisa mengurangi resiko penyakit kanker, memperkuat imun tubuh, menjaga stamina tubuh, serta membuat badan tahan lama muda.

2. Menyehatkan Kulit

Hampir semua produk kecantikan untuk kulit memakai bahan madu sebab madu terbukti bisa menjaga kelembaban kulit, mengganti sel kulit mati, & menjaga kulit dari penuaan dini.

Bahkan madu juga baik untuk kesuburan rambut & hal ini pasti pertama-tama madu bekerja untuk menyehatkan kulit kepala yang imbasnya ialah pertumbuhan rambut yang baik & baik.

Cara memanfaatkan madu untuk menjaga kesehatan kulit, tidak hanya dikonsumsi dengan cara rutin ialah dengan cara memakai madu sebagai lulur alami.

3. Merangsang Pertumbuhan Sel & Jaringan Baru Dalam Tubuh

Dikatakan di beberapa sumber bahwa madu sanggup menyembuhkan banyak penyakit, hal ini pasti saja tak lepas dari fungsi madu yang bisa merangsang pertumbuhan sel & jaringan baru dalam tubuh.

Dengan kata lain, madu merupakan nutrisi untuk proses pembentukan sel-sel baru dalam badan jadi sel-sel badan yang telah mati, terlalu cepat mati sebab sakit atau sebab lain bakal cepat memperoleh gantinya.

Dengan demikian, orang sakit bakal lebih cepat sembuh apabila dibantu dengan mengkonsumsi madu.

4. Antibiotik & Obat Luka Luar

Madu tak hanya bisa bekerja untuk menjaga kesehatan kulit tetapi bisa juga menyembuhkan kulit & daging dari luka gores & luka bakar.

Madu bisa langsung dioleskan pada kulit yang terluka & tanpa proses pencernaan yang melibatkan lambung & usus, madu bisa langsung diserap oleh darah melalui sel & jaringan badan yang terluka & sesaat madu bakal diproses di titik yang memerlukan nutrisi tambahan tersebut.

Luka luar yang diobati dengan madu biasanya bakal sembuh tanpa bekas yang mencolok, tidak sama dengan obat luka lainnya yang bakal meniggalkan bekas luka pada kulit.

Penutup

Nektar bunga pada tanaman bakal menjadi sumber nutrisi yang lengkap & berfungsi apabila telah diubah oleh lebah untuk menjadi madu.

Beberapa zat unik yang tak terdapat pada sumber mineral lainnya contohnya contohnya chrysin, pinobanksin, & pinocembrin merupakan zat yang sangat ampuh untuk mengobati & menjaga badan dari beberapa tipe penyakit.

Bahkan, madu bisa membuat badan tahan lama muda & berumur panjang.

#7. Contoh Hasil Teks Observasi Hutan Pinus & Danau Ranu Gumbolo di Pagerwojo

Teks laporan hasil observasi alam di bawah ini mengulas mengenai obversasi hutan pinus & danau ranu gumbolo yang berada di kecamtan Pagerwojo, Tulungagung.

Observasi Hutan Pinus & Danau Ranu Gumbolo di Pagerwojo

Pendahuluan

Pagerwojo merupakan salah satu kecamatan di Tulungagung yang daerahnya merupakan perbukitan dengan pemandangan alam yang sejuk & asri.

Pemukiman penduduk di wilayah ini bisa dibilang tetap jarang & sebagian besar wilayahnya merupakan hutan jati, pinus, & area persawahan.

Di pagerwojo terdapat satu tempat wisata yang khas, yakni waduk wonorejo.

Di kurang lebih area tersebut terdapat sebuah danau, yakni Ranu Gumbolo, yang menjadi satu dengan waduk & di kurang lebih danau tersebut merupakan hutan pinus yang tertata rapi.

Oleh sebab itu, pemandangan alam di kurang lebih danau Ranu Gumbolo tidak sepenuhnya alami, melainkan banyak mendapat campur tangan dari warga setempat & pemerintah daerah.

Isi

Awal Mula Kawasan Ranu Gumbolo di Ciptakan

Ranu Gumbolo merupakan obyek wisata buatan yang dirintis sejak tahun 2015. Dulunya danau ini merupakan bagian dari waduk Wonorejo.

Sebelum dibangun beberapa fasilitas sederhana, tempat ini merupakan tempat yang hanya dikunjungi oleh para pemancing. Tidak hanya kawasannya yang rindang & sejuk, ikan di wilayah ini juga sangat banyak.

Di namai sebagai Ranu Gumbolo hanya sebab kawasan ini mirip dengan Danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru.

Dengan ditetapkanya sebagai destinasi wisata baru, ada akibat positif & negatif bagi ekosistem di wilayah tersebut.

Sebelumnya, wilayah ini merupakan hutan pinus yang sepi & belum tertata rapi. Hewan-hewan contohnya burung, mamalia kecil & reptil contohnya ular tetap sering terlihat.

Tetapi sesudah resmi menjadi obyek wisata & mulai ramai didatangi pengunjung, lokasi ini menjadi tertata rapi, mempunyai beberapa fasilitas, rute yang enjoy, & tak lagi terlihat binatang liar berkeliaran kecuali ikan-ikan yang ada di tepi perairan.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Danau Ranu Gumbolo tidaklah susah untuk ditemukan.

Dari kota Tulungagung, para pengunjung bisa menempuh jalur ke barat untuk menuju Pagerwojo.

Sesudah masuk kawasan Pagerwojo, pengunjung bakal dengan mudah menemukan pintu masuk menuju waduk Wonorejo sebab letaknya persis di pinggir jalan utama.

Sesudah memasuki gapura masuk wilayah waduk Wonorejo, pengunjung bisa mengambil jalan lurus hingga kelak bakal berjumpa dengan sebuah pertigaan.

Apabila ke arah kiri maka pengunjung bakal hingga di waduk Wonorejo & sebaliknya apabila diambil arah ke kanan maka pengunjung bakal hingga di danau Ranu Gumbolo.

Tidak ada harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam di area ini, tetapi apabila pengunjung memakai beberapa fasilitas yang tersedia contohnya perahu, parkir, rumah pohon & kursi santai, pengunjung bakal dikenakan anggaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Yang hebat sebetulnya tak hanya spot wisata danau Ranu Gumbolo saja, tetapi sepanjang perjalanan menuju area tersebut pengunjung bisa menikmati pesona hutan pinus.

Sepanjang pinggir jalan bisa dijadikan tempat tongkrongan sebab hampir semuanya merupakan tempat yang rindang & sejuk.

Jenis Satwa & Tanaman

Mayoritas tanaman yang ada di kawasan ini ialah pohon jati, cemara & pinus.

Khusus pohon pinus merupakan pohon yang cara penanamannya sangat rapi sebab tidak hanya ditujukan sebagai pemandangan, pohon tersebut juga disadap getahnya oleh penduduk setempat.

Selain pepohonan tersebut, tipe tanaman selebihnya ialah tanaman liar, semak-semak, & beberapa tanaman khas a la pegunungan wilis.

Beberapa satwa yang terdapat di daerah ini ialah beberapa tipe burung tergolong burung elang, mamalia kecil contohnya musang, kucing hutan, tupai & binatang reptil contohnya ular & biawak.

Konon di daerah tersebut dikatakan bahwa beberapa kali terjadi penampakan seekor ular pyton raksasa yang menyeberangi danau. Pasti hal tersebut merupakan pemandangan langka.

Lambat laun binatang-binatang tersebut mulai berkekurangan & beberapa diantaranya contohnya burung elang sudah enggan menampakkan diri lagi sebab banyaknya pemburu yang berburu binatang di daerah tersebut.

Penutup

Pembangunan kawasan wisata baru danau Ranu Gumbolo mengangkat dua hal postitif & negatif.

Positifnya ialah warga setempat memperoleh sumber pemasukan tambahan. Tidak hanya itu, area Ranu Gumbolo juga menjadi lebih rapi, bersih, indah serta mempunyai beberapa fasilitas walau tetap sederhana.

Sementara tersebut akibat negatifnya, area Ranu Gumbolo yang dulunya merupakan rumah bagi aneka satwa baik udara, air, & darat telah berubah & ramai dikunjungi orang jadi satwa-satwa tersebut haruslah berangkat ke tempat lain.

Dengan kata lain, pembangunan danau Ranu Gumbolo telah menghapus habitat beberapa tipe satwa yang ada di situ.

#8. Contoh Teks Hasil Observasi Mengenai Keindahan Alam - Goa Gong Pacitan

Berikut ini merupakan contoh teks observasi mengenai keindahan alam goa gong yang berada di kota Pacitan, Jawa Timur.

Keindahan Goa Gong Pacitan

Pendahuluan

Goa Gong merupakan salah satu tempat pariwisata unggulan yang terletak di Kota Pacitan, Jawa Timur.

Yang membuat goa ini terlihat istimewa ialah keindahan stalaktit & stalagmit yang terbentuk dengan cara alamiah sejak ratusan juta tahun yang lalu bersamaan dengan terbentuknya goa tersebut sendiri.

Konon, guratan stalaktit & stalagmit di goa gong ini merupakan yang terindah se Asia Tenggara jadi Goa Gong dinobatkan sebagai goa terindah.

Goa ini bernama Goa Gong bukan tanpa alasan sebab dibagian akhir atau ujung dari goa ini terdapat batu besar yang apabila dipukul-pukul dengan memakai tangan bakal menghasilkan bunyi yang menggema layaknya sebuah gong yang dipukul.

Dulunya, sebelum menjadi tempat wisata, Goa Gong merupakan goa yang keramat sebab dipergunakan sebagai tempat semedi.

Tetapi lambat laun cerita bakal keindahan goa tersebut mulai tersebar & membuat banyak orang penasaran untuk menikmati keindahannya hingga lalu goa tersebut dikelola sebagai tempat wisata.

Untuk menuju ke sana bisa memakai 2 jalur alternatif, yakni perjalanan melalui Pracimantoro & perjalanan melalui Kota Pacitan yang berjarak kekurangan lebih kurang lebih 30 km dari goa tersebut.

Goa Gong tersebut sendiri terletak berdekatan dengan Pantai Klanyar jadi umumnya para wisatawan bakal mengunjungi dua tempat tersebut supaya perjalanannya tidak mubadzir.

Isi

Menjelajah Kedalaman Goa Gong

Secara keseluruhan, Goa Gong berbentuk horizontal atau tidak bertingkat & mempunyai panjang kurang lebih 256 meter dari mulut goa hingga pintu terbaru dari goa tersebut.

Berdasarkan penataannya, goa tersebut dibagi menjadi 7 ruangan, yakni yang pertama ialah bilik Sendang Bidadari yang dialiri air jernih & dingin, bilik kedua ialah ruang bidadari.

Bilik ke tiga & keempat ialah ruangan yang dihiasi dengan kristal & marmer yang sangat indah dengan nilai mendekati sempurna, ruang kelima merupakan ruangan yang terluas & di ruangan inilah biasanya diadakan event-event tertentu contohnya umpama pertunjukan musik.

Ruang keenam merupakan ruang suci untuk dijadikan tempat pertapaan & ruang terbaru merupakan ruang tempat bernaungnya bongkahan batu yang bisa berbunyi layaknya sebuah gong apabila dipukul dengan memakai telapak tangan.

Batu tersebut juga bisa berbunyi sendiri pada saat-saat tertentu saat goa dalam kondisi sepi.

Fenomena tersebut pasti juga dibalut dengan cerita-cerita mistis, tetapi fenomena batu yang berbunyi tersebut merupakan fenomena alami.

Gesekan angin & pantulan bunyi tetes air yang jatuh dalam akustik ruangan semacam tersebut terbukti bakal memunculkan bunyi dengan kesan mistis. Ruangan terbaru itulah yang dijadikan nama dari goa tersebut, yakni Goa Gong.

Kini Goa Gong juga dibekali dengan penambahan unsur artisik berupa penataan cahaya lampu led berwarna-warni yang diarahkan pada spot tertentu untuk meningkatkan kecantikan dari goa tersebut.

Seluruh permukaan dinding & atap goa tersebut ialah stalaktit & stalagmit yang halus & licin jadi semua pengunjung tidak disarankan untuk memanjatnya sebab tidak hanya berbahaya pasti juga bisa memunculkan kerusakan pada pahatan alamiah goa tersebut.

Akses & Fasilitas Penunjang

Untuk menuju ke Goa Gong, para pengunjung hanya butuh tidak banyak berlangsung kaki dari tempat parkir yang berjarak kurang lebih 100 meter.

Harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah untuk anak-anak & 10 ribu rupiah untuk dewasa pada hari biasa, tetapi pada hari libur atau weekend, harga tiket dewasa berubah menjadi 12 ribu rupiah saja.

Harga tersebut sangat terjangkau untuk keindahan alam yang mengagumkan. Goa Gong mulai dibuka pada pukul 9 pagi & ditutup pada pukul 5 sore, tetapi bagi pengunjung yang hendak bertapa bakal ada pengecualian.

Di dalam Goa Gong telah disediakan jalur buatan bagi pengunjung supaya bisa menikmati keindahan goa dengan selamat sebab goa tersebut sangat licin & curam.

Meski Goa Gong telah dihias dengan lampu untuk meningkatkan keindahannya, tetapi lampu-lampu tersebut tidak menjamah semua ruangan jadi di kurang lebih mulut goa terdapat persewaan lampu senter.

Dalam perjalanan menuju goa tersebut atau di area luar goa, terdapat banyak penjual makanan, minuman, souvenir & bahkan ada hotel kecil untuk menginap.

Sejarah Penemuan Goa Gong

Dibalik keindahan Goa Gong terdapat kisah-kisah hebat & beraroma mistis.

Konon, menurut cerita warga, 65 tahun sebelum tahun 1995, di dusun Pule (pemukiman kurang lebih Goa Gong) sedang mengalami kemarau panjang.

Pada waktu tersebut di dusun tersebut ada 2 orang yang mencoba untuk mencari sumber air, yaitu Mbah Noyo Semito & Mbah Joyo.

Mereka berdua mencoba mendapati sebuah goa & mencoba untuk masuk ke dalamnya dengan memakai obor yang terbuat dari ikatan daun kelapa kering untuk alat penerangan. Di sanalah kedua orang tersebut menjumpai sendang bidadari dengan air yang melimpah.

Tentu dua orang tersebut bukan orang pertama, tetapi berkah dua orang tersebut setidaknya di dusun Pule mulai beredar mengenai kisah kehadiran Goa tersebut terutama mengenai keindahan goa & fenomena aneh mengenai bunyi-bunyian dari dalam goa.

Pastinya hal tersebut membuat orang berfikir ulang untuk menjelajah goa sebab takut bakal hantu atau siluman penunggu goa yang dianggap membuat bunyi-bunyi tabuhan contohnya suara gamelan & reog jadi goa tersebut tetap dalam kondisi alamiah dalam waktu lama sejak dua orang tersebut mencoba mencari air di dalamnya.

Tentu waktu tersebut di dusun tersebut tetap sepi & pemandangan alam contohnya tersebut tidak dianggap sebagai tempat wisata, melainkan tempat berhantu sebab bagaimanapun juga dulunya area wisata Goa Gong ialah hutan.

Berangkat dari kisah dua orang tersebut itulah akhirnya pada tahun 1995 warga kurang lebih & sejumlah rombongan ekspedisi mulai meperbuat napak tilas untuk menemukan & membuka jalan untuk menuju Goa tersebut.

Warga mulai berfikir untuk mengoptimalkan keindahan alam sebagai tempat wisata & sejak itulah Goa Gong mulai perlahan-lahan dirintis menjadi tempat wisata yang indah contohnya kini ini.

Penutup

Goa Gong merupakan salah satu pesona alam tercantik yang terdapat di kota Pacitan & bahkan menjadi goa tercantik se Asia Tenggara.

Akses untuk menuju ke sanapun juga mudah serta banyak tersedia fasilitas umum contohnya tempat berjualan makanan, souvenir & penginapan jadi pengunjung tidak butuh khawatir apabila kekekuranganan atau lupa mengangkat bekal.

Goa Gong juga telah dibekali fasilitas penunjang contohnya jalur tracking, pencahayaan, & penjaga keamanan untuk memastikan keamanan & keselamatan semua pengunjung.

#9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Hutan Baluran Jawa Timur

Dibawah ini merupakan contoh teks laporan hasil observasi mengenai hutan Baluran yang berada di daerah Jawa Timur.

Observasi Hutan Baluran Jawa Timur

Pendahuluan

Hutan Baluran merupakan salah satu taman nasional milik Indonesia yang telah ditetapkan menjadi hutan lindung atau suaka marga bahkan sejak masa kolonialisasi belanda, yakni pada tahun 1937.

Meski lalu Indonesia lepas dari belenggu penjajah Belanda, pemerintah Indonesia melalui mentri pertanian & agraria menetapkan kembali kawasan tersebut sebagai suaka marga satwa hingga pada tahun 1960 tepatnya pada tanggal 6 maret, suaka marga satwa Baluran ditetapkan sebagai Taman Nasional Baluran.

Hutan ini dimiliki oleh dua kota di Jawa Timur, yakni Situbondo & Banyuwangi. Nama Baluran tersebut sendiri diambil dari nama gunung yang terdapat di kawasan tersebut, yakni gunung Baluran.

Seluruh bagian dari kawasan ini berupa vegetasi sabana & hutan (hutan rawa, hutan mangrove, hutan pantai, & hutan lereng gunung) yang rutin hijau sepanjang tahun.

Isi

Pembagian Area Kawasan

Luas keseluruhan kawasan Taman Nasional Baluran ini ialah 25.000 hektar yang dibagi menjadi lima zona utama, yaitu zona inti (12.000 Ha), Zona Rimba (5.537 Ha dengan pemecahan kawasan daratan 4.574 Ha & perairan 10.63 Ha), zona pemanfaatan intensif (800 Ha), Zona pemanfaatan khusus (5.780 Ha) & Zona rehabilitasi (783 Ha).

Selain terbagi dalam lima zona, area ini juga terbagi menjadi beberapa pos pengamatan, yakni;

1. Batangan

Area ini merupakan area bumi perkemahan & pusat info sekaligus merupakan agenda yang tepat untuk diselenggarakan agenda tertentu sejauh tidak merusak kawasan Taman Nasional.

Selain itu, di Batangan juga terdapat peninggalan bersejarah contohnya makam putra Maulana Malik Ibrahim & goa Jepang.

2. Bekol & Seminang

Area ini merupakan area dengan beberapa fasilitas contohnya wisma peneliti, wisma tamu & wisma pandang.

Area ini di tampilan sedemikian rupa untuk memudahkan para peneliti atau tamu meperbuat pengawasan area & satwa dikurang lebih contohnya ayam hutan, merak, burung-burung hutan, banteng, rusa, kerbau liar & kijang.

3. Bilik, Bama, Balanan

Area ini merupakan area pantai & menjadi salah satu pos wisata bahari dengan suguhan fasilitas memancing, snorkeling serta pemandangan satwa berupa rusa & kera abu-abu.

4. Popongan, Sirontoh, Sejile, Kalitopo

Area ini tetap tergolong dalam area bahari yang menyediakan fasilitas berupa sampan untuk menjelajah perairan laut yang tenang serta melihat beberapa tipe ikan laut yang menawan.

5. Manting, Air Kacip

Di area ini terdapat sumber mata air yang tak sempat kering sepanjang tahun & menjadi rumah bagi satwa macan tutul yang bahagia berburu binatang lainnya yang bergerak mencari sumber air.

6. Curah Tangis

Curah tangis ialah area pegunungan yang menyediakan fasilitas panjat tebing yang mempunyai ketinggian maksimal 30 meter dengan kemiringan hingga 85?.

Jenis Vegetasi

Di Taman Nasional Baluran terdapat banyak sekali tipe flora mulai dari rerumputan, semak, hingga pohon-pohon besar yang tersebar di kawasan hutan, pantai, & rawa.

Jumlah keseluruhan tipe tanaman di kawasan ini ialah 444 jenis.

Beberapa tanaman yang paling banyak ditemukan di area tersebut ialah tanaman widoro bukol, mimba, pilang, asam jawa, gadung, kemiri, gebang, api-api, kendal, salam & kepuh.

Jenis Satwa

Selain kaya bakal beragam tipe tanaman, kawasan Taman Nasional Baluran juga mempunyai beragam tipe satwa contohnya mamalia (26 jenis) & burung (155 jenis).

Selain tersebut pastinya kawasan ini juga mempunyai beragam tipe reptil darat & air, aneka satwa air tawar & air laut.

Berikut ini merupakan beberapa binatang primadona di kawasan Tanam Nasional baluran; banteng, kerbau liar, ajag, kijang, rusa, macan tutul, kancil, kucing hutan, kucing bakau, monyet, merak, ayam hutan merah, tuwuk asia, layang-layang api, kangkareng, rong-rong & bangau tong-tong.

Penutup

Seiring dengan pertumbuhan penduduk, tidak banyak banyak kawasan ini bakal berubah. Pasti saja perubahan ini terjadi sebab adanya campur tangan manusia yang dikhawatirkan bakal merusak kelestarian lingkungan.

Meski telah dilindungi dengan undang-undang, tetapi tetap tetap saja ada pihak-pihak tertentu yang memburu satwa dalam hutan.

Tentu bakal sangat disayangkan apabila keindahan & kelestarian Taman Nasional ini terganggu terutama oleh ulah tangan-tangan jahil manusia.

#10. Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Dusun Serut Tulungagung

Contoh teks laporan hasil observasi hari ini merupakan hasil observasi lingkungan di dusun serut, Tulungagung.

Laporan Observasi Lingkungan Dusun Serut Tulungagung

Pendahuluan

Dusun serut merupakan salah satu dusun yang terletak di desa Tapan, kecamatan Kedungwaru, kota Tulungagung.

Dinamai sebagai dusun serut sebab pada mulanya, wilayah ini merupakan hutan serut (tanaman yang terkenal untuk dijadikan bonsai). Walau demikian, tanaman serut yang tumbuh liar di dusun ini sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Dusun serut ini bisa dibilang lebih maju apabila dibandingkan dengan dusun lainnya di desa Tapan sebab kawasan ini merupakan kawasan industri dimana terdapat 5 buah pabrik yang tetap beroperasi, diantaranya ialah pabrik kertas Setia Teman, Pabrik mie bihun (2 buah), pabrik daur ulang limbah kertas, & pabrik kacang atom.

Pabrik-pabrik tersebut banyak menyerap tenaga kerja yang tak hanya berasal dari warga dusun serut, tetapi juga warga desa lain & bahkan dari kota lain.

Selain terdapat banyak pabrik, dusun serut juga merupakan area perkebunan tebu, bawang merah, & area pembudidayaan bonsai & pohon hias untuk diimport ke luar negri. Sehingga, dusun ini tetap terlihat asri & banyak tanaman walau banyak terdapat pabrik.

Tetapi tak bisa dipungkiri kehadiran pabrik-pabrik tersebut, terutama pabrik kertas, tidak banyak banyak telah mencemari lingkungan.

Isi

Lingkungan Dusun Serut

Dusun serut terbagi menjadi 2 wilayah, yakni dusun Serut Lor (utara) & Serut Kidul (selatan). Wilayah ini sebetulnya hanyalah wilayah semu yang tak mempunyai penanda jelas.

Pembagian ini hanya berdasarkan letak pemukiman yang mula-mula hanya berkisar di area pinggir jalan gang.

Sementara gang masuk di dusun ini hanya 2 saja, yakni gang utara & gang selatan.

Gang ini bukanlah jalan sempit, melainkan jalan besar yang bisa dilalui oleh kendaraan berat contohnya truk gandeng & bahkan dua buah truk besar tetap bisa berpapasan.

Sebagian besar area di dusun serut merupakan area perkebunan tebu & area penanaman bonsai serta pohon hias.

Jumlah KK di dusun ini tidaklah banyak walau areanya bisa dibilang luas. Sebagian besar rumah warga berada di pinggir jalan raya (jalan lintas provinsi) serta jalan gang masuk dusun sebagaimana telah disinggung di atas.

Tetapi akhir-akhir ini baru timbul 3 lokasi perumahan & 2 diantaranya telah berpenghuni sementara 1 titik terbaru tetap dalam tahap pembangunan.

Dengan adannya perumahan ini, rumah warga tidak identik berada di pinggir jalan sebab lahan belakang rumah yang mula-mula merupakan kebun tebu telah disulap menjadi pemukiman baru.

Sebelum perumahan-perumahan tersebut muncul, dusun tapan merupakan dusun yang kaya bakal lahan tebu, tetapi sebab produksi gula di kota tulungagung menurun, dengan cara otomatis perkebunan tebu mulai lesu & lahan-lahan tebu tersebut sebagian telah dipergunakan untuk menanam tanaman lain contohnya bawang merah & disewakan untuk budidaya bonsai & pohon hias.

Area untuk budidaya ini tidaklah sempit, melainkan berhektar-hektar yang kekurangan lebih hampir separuh dari lahan yang dipakai untuk perkebunan & pertanian.

Dua gang mutlak di dusun ini sering kali rusak parah akibat seringnya truk besar bermuatan berat lewat. Truk-truk tersebut mengangkat muatan untuk keluar masuk pabrik.

Meski pihak pabrik ikut andil dalam pengaspalan jalan, tetapi dalam beberapa musim saja jalanan sudah kembali rusak.

Apalagi di dusun ini juga terdapat beberapa garasi truk besar serta garasi bus. Tak jarang truk-truk tersebut di parkir di pinggir jalan walau hal tersebut mengganggu warga yang bakal lewat.

Tetapi sebab para pengusaha tersebut menyumbang lumayan besar untuk pembangunan dusun, maka warga sejauh ini belum ada yang komplain.

Selain rusaknya infrastruktur jalan, kehadiran pabrik kertas yang beroperasi setiap hari telah mencemari beberapa wilayah terutama di sungai Brantas yang melalui dusun ini.

Sungai Brantas tersebut berada di sebelah utara dusun & menjadi pembatas dusun dengan wilayah lain.

Oleh sebab pabrik tersebut di bangun di area dekat sungai, pihak pabrik membuang limbah kertas ke sungai & hal tersebut sudah pasti mengotori sungai.

Limbah tersebut terbukti tidak terlalu berbahaya bagi satwa & tanaman di kurang lebih sungai sebab sejauh ini tidak ada indikasi satwa yang mati sebab limbah tersebut, tetapi banyaknya limbah membuat area di kurang lebih & tepi sungai tersebut penuh dengan lendir kertas.

Sekali lagi tak ada komplain dari warga & pemerintah daerah terkait hal tersebut.

Untungnya di dusun ini terdapat lahan untuk membudidayakan bonsai & pohon hias.

Keberadaan bonsai & pohon hias yang dibesarkan terlebih dahulu sebelum dijadikan produk import telah menyumbangkan keasrian & keindahan di lingkungan ini.

Tak jarang saat sore hari banyak warga yang entah dari mana datangnya mampir & berselfie ria di area ini, terutama di area penanaman pohon asoka yang tak sempat berhenti berbunga.

Wilayah ini menjadi semacam tempat rekreasi gratis untuk menikmati sore hari bersama tanaman-tanaman yang indah.

Kecenderungan Warga Dalam Mengelola Kebersihan Lingkungan

Sebagian besar warga dusun serut tidak memakai jasa tukang sampah.

Masyarakat cenderung mengelola sampah rumah tangga masing-masing dengan cara membakarnya.

Hal ini pasti menyebabkan polusi udara. Padahal, aktivitas bakar sampah ini biasanya diperbuat di pagi hari atau sore hari jadi pada jam-jam tersebut, banyak asap yang mengepul dari pekarangan rumah masing-masing warga & hal tersebut sebetulnya mengganggu pernafasan.

Tetapi hal tersebut contohnyanya tak menjadi persoalan bagi masyarakat dusun ini.

Masyarakat dusun serut tetap mempunyai adat kerja bakti.

Pada hari minggu, dua kali dalam satu bulan, warga bersama-sama untuk membersihkan sampah & rerumputan di area pekarangan masing-masing & di tepi jalan jadi lingkungan dusun ini terlihat bersih.

Yang menjadi fenomena hebat akhir-akhir ini, kemungkinan sebab di sebabkan oleh kehadiran area penanaman bonsai & pohon hias, banyak rumah warga yang mulai memperhatikan tata letak tanaman di pekarangan rumah mereka masing-masing.

Beberapa warga juga ikut untuk menanam bonsai atau pohon hias contohnya cemara, kemuning, asoka, sancang, & beberapa tipe bunga untuk mempercantik lingkungan rumah masing-masing.

Penutup

Secara umum, walau di dusun Serut banyak didirikan pabrik & banyak kendaraan besar yang berlalu lalang, tetapi polusi dari aktivitas pabrik tersebut diimbangi dengan aktivitas warga untuk merawat kebersihan & keindahan lingkungan masing-masing.

Terlebih, sebab dusun ini juga merupakan area perkebunan & area pembudidayaan bonsai & pohon hias, maka polusi dari aktivitas pabrik tidak banyak banyak telah teredam & hal tersebut tak mengurai kesan asri yang dimiliki oleh dusun Serut.

#11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Lingkungan Hidup - Pencemaran Limbah Sawit di Lingkungan Sungai Baliri

Dibawah ini merupakan contoh teks laporan hasil observasi mengenai lingkungan hidup dengan tema pencemaran limbah sawit di lingkungan sungai baliri yang terletak di desa Kolala, Bambalamotu, Mamuju Utara.

Pencemaran Limbah Sawit di Lingkungan Sungai Baliri

Pendahuluan

Sungai Baliri yang mengalir melalui desa Kalola, kecamatan Bambalamotu, Mamuju Utara merupakan sungai yang tetap dipergunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari contohnya mencuci, mandi, & menggenangi area persawahan.

Sungai tersebut menjadi hal yang vital dalam kehidupan warga Kalola.

Tetapi sayangnya, sungai tersebut baru-baru ini mulai tercemar oleh limbah sawit. Limbah tersebut berasal dari saluran pembuangan pabrik pengolahan kelapa sawit PT Toscano Indah Pratama yang langsung mengalir ke sungai Baliri.

Pabrik sawit tersebut belum mempunyai kolam penampungan limbah permanen untuk mengolah limbah jadi sungai Baliri menjadi tempat untuk pembuangan limbah.

Sungai Baliri yang mula-mula berair jernih saat ini menjadi berwarna hitam & beraroma tak sedap. Air sungai tak bisa lagi dipergunakan & aroma tersebut sangat mengganggu warga setempat.

Pemerintah daerah Mamuju Utara telah mengeluarkan banyak peringatan terhadap pihak pabrik, tetapi hingga saat ini kondisi sungai tersebut tetap dalam kondisi tercemar.

Isi

Limbah Sawit

Limbah kelapa sawit bisa digolongkan menjadi 3 jenis, yakni padat, cair & gas.

Limbah padat diperoleh dari tandan kosong, tempurung, & serat (kulit serabut). Limbah cair diperoleh dari residu proses pengolahan kelapa menjadi minyak yang berupa air buangan kondensat & air pengolahan. Limbah cair ini berwarna hitam kecoklatan & tetap mengandung sisa padatan berupa koloid & minyak.

Sementara limbah gas ini merupakan gas metan & CO2 yang dihasilkan dari limbah cair yang tersimpan dalam kolam penampungan. Pastinya limbah gas ini bakal meningkatkan kadar CH4 & CO2 yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca di lingkungan kurang lebih & menyebabkan polusi udara.

Limbah sawit sebetulnya merupakan limbah yang menguntungkan sebab limbah tersebut tetap bisa diolah lagi menjadi produk-produk pertanian, peternakan, & industri.

Tetapi pastinya proses pengolahan limbah kelapa sawit ini membutuhkan peralatan & tenaga pakar sekaligus anggaran produksi yang hanya bisa diperbuat oleh perusahaan-perusahaan besar golongan menengah ke atas.

Pabrik pengolahan kelapa sawit yang belum bisa mengolah limbah sawit merupakan pabrik kelas menengah ke bawah atau tetap dalam tahap perkembangan jadi belum sanggup mengadakan peralatan & sumber daya untuk mengolah limbah sawit.

Akibat Limbah Sawit Bagi Lingkungan

Limbah sawit sebetulnya mempunyai akibat positif & negatif. Akibat positif ini bisa diperoleh hanya apabila limbah tersebut diolah dengan baik sesuai dengan prosedur. Sebaliknya, limbah sawit bisa berakibat negatif apabila tidak diolah dengan tepat.

Mengambil permasalahan pencemaran sungai Baliri di desa Kakola, Mamuju Utara, limbah yang dialirkan ke sungai Baliri merupakan limbah cair.

Limbah cair tersebut merupakan tipe limbah yang paling susah diolah & berbahaya.

Sebab sifatnya yang cair, apabila limbah tersebut di buang di tanah maka limbah tersebut bakal mencemari air tanah di kurang lebih area pembuangan & apabila di alirkan ke sungai maka limbah tersebut bakal menjadi polusi sungai & berbahaya bagi ekosistem sungai sekaligus berbahaya bagi manusia yang memanfaatkan sungai tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Apabila limbah tersebut terbuang ke lingkungan dalam jumlah sedikit, maka limbah tersebut tetap bisa terurai dengan cara alamiah & bisa menjadi pupuk.

Tetapi apabila terbuang terus menerus & dalam jumlah banyak, hal tersebut bakal menjadi hal yang sebaliknya, yakni bersifat racun & beraroma busuk.

Maka tak heran apabila warga desa Kalola mengeluhkan soal limbah sawit yang dibuang di sungai Baliri tersebut.

Pastinya banyak fauna sungai yang mati & sungai tersebut tak pantas lagi dipergunakan untuk mencuci, mandi atau bahkan untuk menggenangi sawah akibat dari pembuangan limbah tersebut.

Selain berpengaruh langsung terhadap lingkungan hidup, limbah tersebut mengganggu perekonomian warga sekaligus mengganggu kondisi kesehatan fisik & psikologis warga.

Bahkan situasi belajar membimbing di SD Kalola yang berdekatan dengan sungai tersebut menjadi terganggu sebab siswa susah berkonsentrasi & haruslah mengenakan masker untuk mengurangi aroma basi dari sungai tersebut.

Pengolahan Limbah Sawit

Semestinya limbah kelapa sawit ini bisa diolah dengan baik & tepat sebab tidak hanya bisa mengurangi pencemaran lingkungan, hasil olahan limbah kelapa sawit ini bisa bernilai milyaran rupiah.

1. Pemanfaatan Limbah Cair

Produk mutlak yang bisa dihasilkan dari limbah cair ini merupakan biogas & bio diesel untuk bahan bakar industri.

Tetapi, untuk mengolah limbah cair menjadi gas diperlukan alat khusus berupa bioreaktor yang bakal mengolah limbah cair menjadi biogas & biodiesel.

Selain itu, limbah cair juga bisa diolah untuk dijadikan pupuk, pakan ternak & sabun.

2. Pemanfaatan Limbah Padat

Limbah padat dari pengolahan kelapa sawit ini ialah tandan kosong, tempurung, & serat yang bisa saja diolah dengan cara sederhana untuk dijadikan pupuk kompos. Selebihnya, limbah padat tersebut tetap bisa diolah menjadi produk yang lebih bernilai.

Tandan kosong kelapa sawit tetap bisa diolah lagi sebagai bahan pembuat kertas & bioetanol apabila diolah dengan cara tertentu.

Tempurung kelapa sawit bisa dijadikan briket arang aktif sebagai bahan campuran pembuatan keramik & serat kelapa atau sabut kelapa sawit bisa diolah menjadi media tanam untuk jamur & beberapa tipe tanaman lainnya.

Penutup

Semestinya pencemaran sungai Baliri tak bakal terjadi apabila perusahaan pengolahan kelapa sawit yang terdapat di wilayah tersebut mau mengolah limbah sisa pengolahan kelapa sawit menjadi produk lainnya tidak hanya minyak sebab apabila proses daur ulang limbah tersebut diperbuat, yang diuntungkan bukan hanya perusahaan tersebut sendiri melainkan masyarakat kurang lebih setidaknya tidak memperoleh akibat negatif yang terlalu ekstrim contohnya yang terjadi saat ini.

#12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Lingkungan Sekolah SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

Hari ini anda bakal membuat contoh teks laporan hasil observasi mengenai lingkungan sekolah di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung.

Laporan Hasil Observasi Lingkungan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

Pendahuluan

SMAN 1 Kedungwaru didirikan pada tahun 1960 & menjadi salah satu SMAN unggulan di Tulungagung dengan akreditasi A.

Sebagai salah satu SMA yang berakreditasi A, SMAN 1 Kedungwaru juga menjadi model untuk menjalankan program pemerintah pusat. Untuk menjadi contohnya itu, pemerintah meperbuat seleksi yang ketat.

Untuk wilayah Jawa Timur, hanya ada 10 sekolah yang ditunjuk menjadi model untuk menjalankan program pendidikan pemerintah pusat, salah satunya ialah SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung.

Isi

Lingkungan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

SMAN 1 Kedungwaru juga merupakan salah satu sekolah yang mempunyai fasilitas lengkap yang mencangkup perpustakaan, laboratorium (Biologi, fisika, kimia, bahasa), Unit Kesehatan Sekolah, Kantin, Koperasi Siswa, Lapangan Olah Raga, Lahan Parkir, Toilet, Keamanan Sekolah, Masjid, ruang kesenian, peralatan olah raga, ruang konseling & beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Apabila dipetakan, ada dua blog mutlak yakni timur & barat.

Blog bagian timur dipakai sebagai ruang kelas 1 & 2, lapangan olah raga, laboratorium (Biologi, Kimia, & Fisika), ruang konseling, lahan parkir, toilet, UKS, Kantin, Koperasi Siswa, & aula.

Sedangakn Blog bagian barat dipakai sebagai deretan kelas 3 (IPA & IPS), Masjid, perpustakaan, toilet, kantin, laboratorium bahasa, lahan parkir, ruang kesenian, & rumah penjaga sekolah.

Sementara bagian depan ditempati sebagai ruang guru & pos satpam.

Lingkungan sekolah ini boleh dibilang asri & bersih. Di depan tiap-tiap ruang atau kelas terdapat taman kecil dengan beberapa tipe tanaman perindang & penyejuk yang tak terlalu besar & tinggi.

Lahan parkir di sekolah tersebut bisa dibilang sangat luas & beratap jadi kendaraan siswa aman dari panas & hujan.

Dalam hal kebersihan, pihak sekolah telah meperbuat manajemen yang baik. Pada tiap-tiap ruangan rutin tersedia tempat sampah & alat-alat kebersihan.

Hanya saja yang terlihat kotor, contohnya halnya juga dialami oleh hampir semua sekolah, toilet di sekolah tersebut kadang-kadang contohnya kekurangan memperoleh perhatian lantaran walau berjumlah banyak & rutin tersedia air & gayung, tetapi tetap saja tercium aroma pesing dari beberapa kamar mandi.

Penutup

SMAN 1 Kedungwaru merupakan salah satu sekolah Unggulan di Tulungagung yang mempunyai kelengkapan fasilitas yang memadai jadi sekolah tersebut pantas menjadi sekolah favorit yang terakreditasi A & menjadi sekolah model untuk menjalankan program pendidikan dari pemerintah pusat.

Lingkungan di sekolah tersebut juga sangat enjoy & aman jadi turut serta menjadi atmosfer pendukung suasana belajar yang membahagiakan bagi siswa-siswi yang bersekolah di sekolah tersebut.

#13. Contoh Teks Hasil Observasi Flora - Pohon Sawo Manila

Contoh teks hasil observasi flora hari ini mengambil tema pohon sawo manila sebagai pembahasannya.

Mengetahui Pohon Sawo Manila

Pendahuluan

Pohon sawo manila juga disebut atau dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai pohon sawo yang menghasilkan buah sawo berbentuk bulat dengan ukuran yang mirip atau lebih besar dari telur ayam & berwarna coklat.

Rasa buah ini sangat manis saat matang, tetapi sepat saat tetap mentah atau baru setengah matang.

Di sebut sebagai sawo manila sebab kemungkinan bibit sawo unggulan yang tersebar di Indonesia merupakan bibit yang berasal dari plasma nutfah yang dikembangkan di Filipina.

Tetapi demikian, asal usul pohon sawo ini diperkirakan berasal dari Amerika Tropis contohnya meksiko & Guatemala, Hindia Barat, & Jawa.

Di Filipina sendiri, pohon sawo yang tumbuh di sana merupakan pohon yang dibawa oleh bangsa spanyol dari meksiko.

Pohon-pohon tersebut tumbuh baik di Filipina & dijadikan bibit unggulan yang lalu tersebar hingga ke semua Asia Tenggara.

Mula-mula pohon sawo hanya dimanfaatkan untuk diambil buahnya. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, pohon sawo diketahui mempunyai banyak fungsi mulai dari bahan tekstil & industri lainnya hingga untuk kebutuhan farmasi sebab kandungan tanin yang tinggi.

Isi

Karakteristik Pohon Sawo Manila

Pohon sawo tergolong tipe pohon yang berumur panjang dengan ketinggian hingga mencapai 40 meter. Pohon ini mempunyai banyak percabangan dengan daun bergerombol berwarna hijau gelap & mempunyai permukaan mengkilap dibagian atasnya.

Pohon sawo dewasa mempunyai banyak daun & rindang. Tidak hanya bisa untuk dijadikan pohon buah, pohon sawo ini juga tepat sebagai pohon peneduh yang ditanam di halaman rumah.

Bunga sawo biasanya timbul pada ketiak daun di kurang lebih ujung ranting, tunggal & bertangkai dengan panjang 1-2 cm.

Bila sudah menjadi buah, maka buah ini bakal kelihatan di sela-sela daun pada semua pohon jadi kadang-kadang agak susah untuk menemukan & memanen buah ini di pohon, telebih apabila pohon ini sudah besar, tinggi & lebat daunnya.

Terus lebat & banyak percabangannya, maka terus banyak buah sawo yang bisa dihasilkan oleh pohon tersebut.

Pohon sawo berwarna coklat kehitam-hitaman & mempunyai banyak getah berwarna putih. Getah tersebut sangat pekat & lengket.

Selain bisa diambil buahnya, nyatanya getah ini banyak dipergunakan sebagai bahan baku indutri untuk lem, permen karet, pernis, lateks, & bahan penambal gigi.

Sementara, kayu pohon sawo ini tergolong kayu yang berat & keras yang sangat tepat untuk dijadikan bahan baku industri mebel & patung sebab mudah untuk di kerjakan dengan hasil yang baik. Kayu sawo ini juga sangat tahan lama & tahan serangga, jamur, serta cuaca.

Selain daunnya, kulit pohon sawo juga mempunyai kandungan tanin yang lumayan tinggi yang bisa dipergunakan sebagai obat diare & demam.

Bahkan, menurut beberapa penelitian, ekstrak daun sawo bisa melarutkan batu ginjal serta garam kalisum dalam tubuh.

Ekologi Pohon Sawo Manila

Pohon sawo manila bisa hidup dengan sangat baik di daerah tropis pada ketinggian 300-2500 mdpl. Pohon sawo sangat tahan terhadap cuaca ekstrim khas daerah tropis baik hujan deras atau kemarau.

Tetapi demikian, tanah yang baik untuk menanam pohon sawo ialah tanah lempung berpasir yang subur & mempunyai irigasi yang baik.

Pohon sawo ini tergolong tanaman yang bisa berbuntut sepanjang tahun saat sudah memasuki usia produktif. Tetapi demikian, dalam satu tahun setidaknya ada satu hingga dua kali musim puncak buah sawo.

Setiap daerah tidak sama dalam hal ini, tetapi musim puncak ini pada umumnya ada di bulan september-februari & terjadi selama dua bulan di antara bulan-bulan tersebut.

Pohon sawo ini bisa diperbanyak dengan cara generatif (biji) atau vegetatif (cangkok, plasma nutfah).

Bila ditanam dari biji, maka pohon sawo ini bakal mulai memasuki usia produktif pada umur 4-5 tahun, sementara dengan metode cangkok, pohon ini bisa berbuntut sesudah 1-2 tahun penanaman.

Penutup

Pohon sawo manila merupakan pohon yang kaya bakal manfaat, tidak hanya bisa dipergunakan sebagai pohon peneduh di pekarangan rumah, buah & daun dari pohon ini bisa dipergunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bila dipelihara & dirawat dengan baik, pohon sawo ini bakal berbuntut banyak & pastinya buah tersebut mempunyai nilai ekonomi yang sangat lumayan sebagai tambahan penghasilan keluarga.

#14. Teks Laporan Hasil Observasi Fauna - Pyton Bola / Ball Pyton

Contoh teks laporan hasil observasi fauna hari ini mengulas mengenai ular phyton bola atau lebih dikenal dengan nama ball pyton.

Mengetahui Pyton Bola / Ball Pyton

Pendahuluan

Ular pyton bola atau lebih dikenal dengan sebutan ball pyton merupakan ular orisinil Afrika yang telah dipelihara & diperbanyak jenisnya di beberapa penjuru dunia.

Sebab ular ini tidak berbisa, jinak & tidak berkapasitas besar, maka ular ini sangat terkenal untuk dijadikan binatang peliharaan, terutama bagi pemula di dunia reptil.

Di alam liar, ular ini bisa hidup hingga 30 tahun dengan panjang maksimal mencapai 140 cm. Tetapi saat berada dalam kandang peliharaan, ular ini bisa hidup hingga 20 tahun & bakal lebih lama lagi masa hidupnya apabila dipelihara dengan baik.

Di Afrika Selatan, ular pyton bola ini dianggap suci & spesial. Oleh sebab tersebut ular tersebut biasanya dipelihara di dalam sebuah kuil yang mereka sebut sebagai kuil ular.

Ular tersebut pantang untuk dibunuh sebab dianggap mengangkat keberuntungan.

Isi

Karakteristik Pyton Bola

Pada tampilan bentuknya yang paling orisinil, kulit pyton bola berwarna hitam dengan variasi warna coklat yang berpola di sepanjang tubuhnya.

Ular ini merupakan ular terkecil dari keluarga pyton & mempunyai karakter paling jinak. Bahkan pyton bola tangkapan alampun sangat aman untuk dipegang.

Sebab ular ini lalu dikembangbiakkan sebagai binatang piaraan, banyak para peternak mengkawin silangkan ular ini jadi mempunyai tipe warna yang sangat beragam.

Terus cantik warna kulitnya maka bakal terus mahal harganya terutama yang berwarna albino, gold, sylver, & kombinasi warna hitam, putih & coklat dengan ketiga warna tersebut sebagai warna dasar.

Ular pyton bola ini sangat pemalu & takut terhadap manusia. Disebut sebagai pyton bola sebab apabila binatang ini ketakutan, maka bakal menggulungkan tubuhnya berbentuk melingkar contohnya bola.

Konon ular ini disebut juga sebagai pyton raja sebab menurut mitosnya, ratu Kleopatra mengenakan ular ini di tangannya sebagai gelang.

Ular pyton bola bakal mulai bereproduksi saat usianya lebih dari dua tahun.

Dalam penangkaran, umumnya umur ideal betina yang dijadikan indukan minimal 3 tahun & berbadan sehat & gemuk, sementara pejantan berumur minimal 2 tahun.

Di alam liar, ular pyton bola bakal kawin pada musim hujan/dingin & bertelur saat musim panas sebab telur pyton bola ini bakal sukses menetas pada suhu yang berkisar antara 31-32 derajad celcius.

Pyton Bola Sebagai Fauna Peliharaan

Pyton bola merupakan salah satu tipe ular favorit untuk dipelihara.

Sebab pertumbuhannya yang relatif lambat & ukuran maksimal dari ular ini tak lebih dari 140 cm maka kandang yang diperlukan tidak terlalu besar. Biasanya ular ini dipelihara dalam box plastik yang diberi ventilasi buatan atau dalam gex atau aquarium khusus untuk reptil.

Sebab sifatnya yang pemalu & penakut, maka untuk merawat ular ini diperlukan sebuah tempat persembunyian sebagaimana di alam liar ular ini juga suka bersembunyi.

Selain tempat untuk bersembunyi, butuh juga disediakan wadah air untuk minum atau berendam. Pastikan wadah air ini berkapasitas lumayan untuk pyton bola ini bisa masuk & berendam untuk menjaga kelembaban tubuhnya.

Pyton bola tergolong salah satu tipe ular tropis jadi tepat dengan iklim di Indonesia.

Di negara 4 musim umpama, kandang ular ini haruslah dibekali dengan penghangat sebab suhu ideal yang disukai ular ini ialah 27-32 derajad celcius untuk siang hari & 22-28 derajad celcius untuk malam hari. Ular ini bisa hidup dengan baik di Indonesia tanpa memakai penghangat kandang.

Sebagaimana reptil lainnya, pyton bola butuh memperoleh asupan cahaya matahari yang mengandung UVB.

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kulit cantik dari pyton bola ini. Untuk memperoleh cahaya UVB, ular pyton bola ini lumayan dijemur selama 10 menit setiap harinya pada pagi hari kurang lebih pukul 8-10 pagi.

Selain cahaya matahari, sumber UVB juga bisa diperoleh melalui lampu khusus yang mengandung UVB.

Pyton bola sangat menyukai fauna pengerat contohnya tikus & unggas untuk mangsanya.

Tetapi para pecinta ular biasanya memberikan tikus putih hasil ternak saja untuk makanan ular sebab apabila memakai tikus rumahan dikhawatirkan bakal mengangkat penyakit & bisa menular ke ular piaraan.

Pyton bola yang rutin diberi makan dengan menu tikus bakal mempunyai badan yang lebih lunak & pencernaannya tetap sehat apabila dibandingkan dengan unggas.

Bulu-bulu unggas tidak banyak banyak mengganggu pencernaan ular sebab terlalu tinggi mengandung serat. Unggas contohnya burung, ayam & bebek ini juga bakal membuat badan ular keras & kaku.

Ada baiknya pemberian makan untuk ular haruslah dibangun jadwal yang teratur, umpama tiga hari sekali, lima hari sekali atau seminggu sekali dengan takaran 2/3 dari kapasitas maksimal perut ular.

Umpama apabila ular sanggup makan 4 ekor tikus dalam sekali makan, maka yang diberikan hanya 2-3 ekor saja supaya ular ini tidak mogok makan & lancar pencernaannya.

Salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan dalam merawat ular pyton bola ialah pemberian alas kandang yang tepat.

Koran bekas merupakan salah satu tipe substrat atau alas kandang yang ideal untuk reptil pada umumnya, sebab sanggup menyerap kotoran & aroma tetapi tidak mengganggu kesehatan ular.

Adakalanya substrat berbahan kayu dipakai untuk mempercantik penampilan kandang, tetapi substrat yang berbahan kayu cedar, pinus & aspen sangat tidak direkomendasikan sebab baunya mengganggu pernafasan ular & sisa getahnya mengandung racun.

Penutup

Ular pyton bola merupakan salah satu tipe ular yang berkulit indah & jinak jadi ular ini dibudidayakan sebagai fauna peliharaan.

Pyton bola lebih mudah dirawat bahkan oleh pemula sebab tidak hanya karakternya yang tidak agresif, ular ini tidak bisa berkapasitas besar contohnya tipe pyton lainnya yang bisa berkapasitas lebih dari 7 meter & terlihat menakutkan.

#15. Teks Laporan Hasil Observasi Fauna Kelinci

Dibawah ini merupakan contoh teks laporan hasil observasi fauna kelinci.

Mengetahui Kelinci Pedaging Di Jawa

Pendahuluan

Kelinci merupakan binatang yang tergolong dalam kategori mamalia, yakni binatang yang beranak & menyusui anaknya.

Mula-mula sebelum menjadi binatang ternak, kelinci ini ialah fauna liar yang terdapat di daerah Afrika & Eropa.

Kelinci mulai tersebar ke beberapa wilayah lain saat bangsa Eropa mulai menjelajah ke beberapa penjuru dunia & meperbuat kolonialisasi.

Bersamaan dengan kolonialisasi bangsa eropa terutama di daerah Asia, kelinci juga mulai dibawa ke negri-negri jajahan untuk dikembang biakkan. Pulau Jawa tergolong salah satu pulau yang memperoleh kelinci dari negri Belanda.

Kata kelinci tersebut sendiri berasal dari bahasa Belanda, konijntje, yang berarti anak kelinci.

Lidah orang indonesia mengucapkan kata tersebut sebagai kelinci & sejak itulah binatang yang sering difotokan sebagai pemakan wortel tersebut dikenal namanya sebagai kelinci.

Dari perkembangannya, kelinci telah mempunyai banyak tipe dari perkawinan silang & rekayasa genetik.

Tetapi di Jawa pada umumnya, ada dua tipe kelinci yang umum diperdagangkan, yakni kelinci hias & kelinci pedaging.

Kelinci hias mempunyai ukuran badan yang tak terlalu besar dengan bulu lebih panjang & berwarna-warni sementara kelinci pedaging berkapasitas jauh lebih besar & umumnya berbulu putih atau berbulu coklat keabu-abuan.

Isi

Karakteristik Kelinci Pedaging

Rata-rata fauna kelinci bisa hidup hingga 5 hingga 10 tahun lamanya, bergantung cara perawatannya.

Masa produktif fauna ini ialah saat berumur 1-3 tahun. Pada usia ini kelinci sanggup menghasilkan banyak anak, yakni 6-8 ekor kelinci & bahkan bisa mencapai 10 ekor walau hal ini jarang terjadi.

Yang menguntungkan dari kelinci ialah masa buntingnya yang pendek layaknya tikus, yakni 30-35 hari.

Bayi kelinci bakal menyusui induknya hingga berumur 6-8 minggu & kelinci dianggap telah dewasa saat mulai berumur 6 bulan.

Pada usia tersebut kelinci sudah bisa dikawinkan walau hasilnya tak bakal sebaik saat kelinci tersebut mulai menginjak usia 1 tahun.

Sebab masa buntingnya yang pendek, kelinci bisa 4-5 kali bunting dalam satu tahun.

Induk kelinci sebaiknya dikawinkan lagi saat 2-3 minggu sesudah menyapih anak-anaknya sebab kelinci membutuhkan asupan gizi yang baik sesudah menyapih untuk mengembalikan produktifitasnya serta nilai hidupnya.

Makanan Kelinci
Umumnya kelinci merupakan pemakan tanaman/herbivora, tetapi apabila dibiasakan kelinci dapat menjadi fauna omnivora atau pemakan segala.

Peternak kelinci biasanya memberi makan kelinci dengan tanaman sisa panen contohnya pohon kacang tanah, daun wortel, sisa sayuran, rerumputan, & buah-buahan. Tidak hanya tersebut juga tersedia makanan instan contohnya pelet kelinci.

Ekstrimnya, kelinci dapat makan makanan sisa dari manusia atau bahkan makan pelet ikan atau pakan ayam.

Sebagai binatang pengerat, kelinci sangat menyukai umbi-umbian contohnya wortel, ubi, singkong & sesekali makanan contohnya ini haruslah diberikan untuk kelinci supaya mulut & giginya tetap sehat.

Meski dapat dibilang sebagai pemakan segala, ada beberapa tanaman yang kekurangan bagus untuk diberikan pada kelinci contohnya buah tomat, kentang, kangkung, kubis, selada, & bayam.

Kelinci dapat makan makanan tersebut tetapi tidak untuk dalam jumlah yang banyak & setiap hari.

Kandang Kelinci

Kandang kelinci sebagusnya dibangun dari jeruji kawat dengan jarak antar kawat yang rapat & dengan kaki yang jauh dari permukaan tanah, minimal 50 cm.

Hal ini berguna supaya kelinci tidak dapat menggerogoti kandang & kelinci terhindar dari serangan tikus. Apabila jarak antar kawat khususnya dibagian alas terlalu renggang/lebar, hal ini bakal menciderai kaki kelinci & sangat tidak efisien saat kelinci mulai melahirkan.

Meski demikian, kelinci juga dapat dipelihara di kandang yang terbuat dari kayu atau bambu layaknya kandang ayam. Pasti saja tingkat keamanan & ketahan lamaannya jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan kandang yang berbahan kawat.

Biasanya kandang kelinci ini dibangun bertingkat untuk efisiensi ruang & untuk menghindari jatuhnya kotoran dari kandang atas ke kandang bawah, maka di sela-selanya diberikan alas berupa seng yang ditata sedemikian rupa supaya kotoran mudah dibersihkan.

Tak jarang para peternak kelinci memanfaatkan kencing kelinci sebagai pupuk tanaman jadi kandang kelinci ditampilan sedemikian rupa supaya dapat mengalirkan & menampung kencing kelinci di satu wadah.

Dalam satu kandang berkapasitas besar, kelinci dapat ditempatkan bersamaan dengan jumlah 4-6 dengan kombinasi 2 pejantan & 4 betina.

Saat kelinci betina mulai bunting & mendekati lahir, sebagusnya kelinci tersebut ditempatkan di kandah terpisah hingga anak-anaknya berakhir disapih.

Apabila tidak demikian, anak kelinci bakal mati terinjak atau bahkan dimakan oleh kelinci lainnya khususnya oleh kelinci jantan.

Harga Kelinci

Harga kelinci pedaging sangat bervariasi & harga paling atas ialah untuk sepasang kelinci pedaging yang tetap dalam keadaan hidup.

Harga terendah dari kelinci pedaging ini berkisar kurang lebih 50 ribuan rupiah saja, sementara tersebut harga rata-rata mencapai 70-80 ribu rupiah per ekor & harga sepasang kelinci indukan berkisar antara 200-250 ribu rupiah.

Penutup

Kelinci merupakan salah satu fauna ternak yang menguntungkan apabila dilihat dari produktivitasnya untuk beranak pinak. Binatang ini sangat gampang dipelihara & jarang terserang penyakit asalkan rutin terjaga kebersihannya.

Apabila dilihat dari sisi ekonominya, harga kelinci tetap menjadi kesempatan usaha yang menguntungkan mengingat anggaran perawatan & produksi kelinci tidaklah mahal.

#16. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Sampah

Hari ini anda bakal mengulas mengenai contoh teks laporan hasil observasi mengenai sampah rumah tangga, mulai dari tipe sampah rumah tangga hingga gimana cara menanggulanginya.

Menanggulangi Persoalan Sampah Rumah Tangga

Pendahuluan

Penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), di sungai & di beberapa tempat lainnya sudah pasti cepat atau lambat bakal menjadi perpersoalanan khususnya pencemaran lingkungan & gangguan kesehatan.

Semestinya hal ini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat kurang lebih mengingat akibat kurang baik dari sampah tersebut nantinya bakal dirasakan oleh masyarakat juga.

Bisa dibilang bahwa faktor mutlak yang menyumbangkan sampah dalam jumlah besar ialah sampah rumah tangga.

Tiap-tiap rumah walau dalam jumlah tidak banyak tetapi setiap harinya rutin memproduksi sampah.

Tetapi apabila jumlah yang tidak banyak tersebut dikalikan dengan semua rumah di sebuah kawasan yang mempunyai satu TPS akhir, dalam satu hari saja sudah lebih dari satu truk sampah yang terkumpul.

Pastinya hal ini kekurangan di sadari sebab tiap rumah merasa menyumbangkan sambah dalam jumlah yang sedikit.

Kedepannya, apabila persoalan tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat, maka penumpukan sampah merupakan ancaman, tak hanya dalam lingkup masyarakat kecil tetapi juga dalam lingkup global.

Sudah waktunya tiap-tiap keluarga dalam satu rumah mulai memikirkan untuk sebisa mungkin mengurangi produksi sampah & mulai untuk mengelolanya dengan cara mandiri.

Isi

Jenis Sampah

Apabila klasifikasikan, sampah ada dua tipe yakni sampah organik & sampah anorganik.

Sampah organik ialah sampah yang mudah terurai & berasal dari sisa makanan, sisa dapur, dedaunan, & lain-lainnya yang semuanya tersebut berasal dari organisme hidup contohnya tanaman & hewan.

Sementara tersebut sampah anorganik ialah sampah yang sangat susah terurai dengan cara alamiah contohnya plastik, pecahan kaca, logam, & lain sebagainya & kiranya sampah tipe inilah yang bakal tertimbun lama & menjadi perpersoalanan apabila tidak ditanggulangi dengan cepat.

Dalam satu rumah tangga, kiranya berikut inilah tipe sampah yang terkumpul setiap harinya;

1. Sampah Organik

  • Sisa makanan
  • Cangkang telur
  • Kulit buah
  • Dedaunan
  • Makanan & bahan makanan busuk
  • Kertas
  • Sisa sayuran
  • Tulang

2. Sampah Anorganik
  • Plastik
  • Popok instan
  • Pembalut
  • Logam
  • Kaca
  • Stereofoam
Kebiasaan Dalam Membuang Sampah

Warga desa & warga kota atau pemukiman padat penduduk mempunyai kebiasaan yang dapat dibilang tidak sama dalam memperperbuat sampah.

Warga desa yang jarang penduduk biasanya mengelola sampah mereka dengan cara mandiri tanpa memakai jasa tukang sampah.

Sebaliknya, warga kota & lingkungan padat penduduk dapatnya memakai jasa tukang sampah atau malah membuang sampahnya sembarangan di tempat-tempat umpama contohnya di sungai.

Warga desa cenderung membakar sampah kering bagus sampah organik atau anorganik & membuang sampah basah di pekarangan belakang rumah & membiarkannya terurai dengan sendirinya walau ada juga kebiasaan kurang baik contohnya membuang sampah popok & pembalut di sungai.

Perilaku membakar sampah ini siapa tahu tidak bakal menyebabkan terjadinya penimbunan sampah di TPS, tetapi sayangnya cara tersebut tetap menciptakan polusi, yakni asap pembakaran yang dapat saja mengganggu orang lain.

Tetapi hal ini tak menjadi sebuah persoalan mengingat masing-masing rumah juga membakar sampah & memunculkan polusi asap jadi masing-masing warga tidak saling menegur.

Sementara tersebut dilingkungan kota atau pemukiman padat penduduk, membakar sampah dapat menjadi persoalan sebab asapnya mengganggu rumah tangga lain di kurang lebihnya contohnya umpama mengganggu pernafasan & meninggalkan aroma di baju yang sedang di jemur.

Oleh sebabnya, warga kota atau pemukiman padat penduduk memilih berlangganan tukang sampah atau membuang sampah di sungai untuk menghindari komplain tetangga.

Adapun problem lain dalam memperperbuat sampah ialah sebagian besar masyarakat belum begitu terbiasa untuk mengklasifikasikan sampah & membuangnya ditempat tidak sama, umpama menyediakan dua tipe tempat sampah, organik & anorganik.

Kalaupun lalu sebagian warga telah meperbuatnya, sayangnya hal ini tidak disambut dengan cara yang sama oleh tukang sampah.

Sampah yang telah dipisahkan tersebut dijadikan satu kembali oleh tukang sampah lalu dibuang di TPS. Padahal, apabila sampah ini telah dipisahkan maka cara menanganinya bakal jauh lebih mudah.

Penanggulangan Sampah

Sampah sudah haruslah ditangani sejak dini & dimulai dari tiap-tiap rumah tangga.

Oleh sebab itulah diperlukan kerjasama yang bagus antara pemerintah, masyarakat, & lembaga sosial masyarakat untuk saling menyadarkan mengenai pentingnya mengelola sampah.

Ada beberapa solusi untuk menangani sampah contohnya yang bakal diuraikan sebagai berikut ini:

1. Kampanye Penangulangan Sampah Semakin Menerus

Model kampanye ini dapat memakai media sosial, media masa contohnya TV, Radio, Koran, & melewati institusi pendidikan atau dengan jalur agama (ceramah pemuka agama).

Kampanye ini dapat berupa peringatan atas ancaman sampah, slogan-slogan untuk tidak sembarangan membuang & memperperbuat sampah, & lain sebagainya.

Tujuannya yang terpenting ialah menyadarkan masyarakat bakal bahaya sampah & memutus rantai kebiasaan masyarakat memperperbuat sampah sembarangan.

2. Penyuluhan Mengenai Pegelolaan Sampah Dengan cara Berkala

Kampanye mengenai penanggulangan sampah tidak bakal efisien apabila tidak ditindak lanjuti dengan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah mulai dari sekolah hingga ke tingkat RT.

Penyuluhan ini berisi mengenai bacaan ancaman sampah & materi-materi sederhana untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

3. Mengelola Sampah Dengan cara Mandiri

Sampah dapat menjadi berkat apabila dikelola dengan cara cocok.

Sampah organik umpama, apabila kelola dengan bagus dapat dipergunakan sebagai bahan pupuk atau apabilalau tidak pernah mengolahnya, sampah organik ini dapat ditimbun di salah satu aspek pekarangan rumah & hal ini tidak bakal menjadi beban berat & polusi yang berkepanjangan sebab sampah organik tersebut bakal cepat terurai.

Sementara itu, sampah non organik contohnya plastik atau besi apabila dikumpulkan & dipilah dengan bagus dapat berkesempatan menjadi uang.

Pada dasarnya semua sampah non organik dapat didaur ulang. Para tukang rongsong biasanya mau membeli sampah contohnya ini asalkan telah diklasifikasikan terlebih dahulu.

Tetapi bilamana hal ini tidak pernah diperbuat, asalkan sampah anorganik telah terkumpul menjadi satu & sangatlah terpisah dari sampah organik, pemulung sampah bakal berpendapat ini sebagai rejeki.

Hal tersebut merupakan hal yang remeh temeh sebetulnya & tak butuh waktu lama untuk meperbuatnya tetapi dari hal tersebut, persoalan sampah dapat ditanggulangi.

4. Keseriusan Pemerintah Dalam Mengelola Sampah

Semestinya pemerintah juga memandang sampah sebagai potensi energi & oleh sebab itulah persoalan sampah ini juga diangkat sebagai perpersoalanan nasional untuk lalu ditemukan solusinya.

Di beberapa negara maju, sampah telah menjadi sumber energi contohnya umpama menjadi sumber pembangkit listips.

Pastinya apabila hal ini diperbuat, pemerintah juga dengan cara otomatis bakal membuka kesempatan kerja baru sebab untuk menanggulangi sampah ini dengan cara total & efisien diperlukan banyak sekali tenaga pakar & tenaga kasar.

Penutup

Sampah bakal menjadi ancaman bagi lingkungan & keberjalanan hidup dalam skala global.

Oleh sebab tersebut sampah haruslah ditanggulangi dengan sungguh-sungguh oleh setiap individu & pemerintah sebab sampah ini tidak hanya ancaman juga merupakan sumber yang dapat dijadikan kesempatan yang berguna bagus untuk lingkungan hidup atau kehidupan manusia.

#17. Contoh Laporan Hasil Observasi Minuman (Benda)

Jenis - Tipe Minuman

Pembuka
Minuman ialah segala sesuatu yang bisa di konsumsi & bisa menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk air. Minuman bisa dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, pemakaian pewarna, & produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Isi
Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi badan bisa dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran & buah - buahan yang di blender & menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin & serat yang bagus untuk kesehatan, & berguna bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghapus rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan  yang tidak mengandung vitamin & serat.

Minuman banyak warnanya, pewarna yang dipakai ada yang alamiah ada juga yang buatan. Pewarna alamiah ialah pewarna yang mempercayakan bahan - bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya dipakai untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, seperti dipakai pada jamu. Pewarna buatan ialah pewarna yang terbuat dari bahan kimia atau bahan alamiah yang diproses dengan cara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya dipakai untuk minuman yang di produksi dengan cara massal di pabrik, seperti minuman - minuman yang di jual di supermarket.

Penutup

Minuman yang beredar, ada yang di produksi dengan cara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik apabila dilihat dari desainnya, kemasan yang dipakai lebih luar biasa, terdapat nama pabrik & kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, & terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket. Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang dipakai sederhana, tidak ada bar kode yang dipakai untuk penjualan di supermarket, & jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Baca Juga:
Nah itulah artikel contoh teks observasi beserta strukturnya. Semoga PR bahasa Indonesia kamu tentang contoh teks laporan hasil observasi singkat dapat terlesaikan dengan melihat contoh diatas.

Terima kasih telah membaca artikel contoh teks laporan observasi.

Posting Komentar untuk "√ 17 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, Pengertian, Struktur, Tujuan dan Kaidahnya"