Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 18+ Contoh Cerpen Singkat Beserta Strukturnya Terbaru 2020

faktasantuy.com - Kumpulan cerpen bahasa Indonesia singkat. Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan kalian 3 contoh cerpen singkat beserta strukturnya. Contoh teks tersebut yang bakal diberikan dari berbagai tema, diantaranya yaitu persahabatan, pendidikan, & juga cinta. Seluruh contoh cerpen beserta strukturnya ini disertai dengan strukturnya & sesuai dengan kaidah 5W+1H.

Sebelum masuk ke materi contoh cerpen yang singkat, terlebih dahulu sobat mengerti apa itu cerita pendek atau cerpen, struktur cerpen, unsur intrinsik cerpen, dan unsur ekstrinsik cerpen.

Contoh-Cerpen-Singkat-Menarik-Terbaru

Pengertian Cerpen

Definisi cerpen adalah suatu jenis karya sastra yang menceritakan mengenai kisah manusia beserta seluk beluk kisah hidupnya di dalam teks singkat padat dan jelas, biasanya cerpen disebut cerita pendek.

Cerita cerpen singkat berisi kejadian-kejadian yang tak terduga dan mampu membuat pembaca ingin terus membaca cerpen sampai tamat. Cara membuat cerpen menarik sebenarnya sangatlah muda, yaitu caranya:
  1. Tentukan tema cerpen.
  2. Tentukan kejadian/peristiwa yang jadi masalah dalam cerpen.
  3. Tentukan siapa tokoh beserta wataknya.
  4. Tentukan latar tempat dan waktu.
  5. Tulislah cerpen dalam beberapa paragraf yang isinya berurutan dari awal sampai akhir.
  6. Tulis cerpen dengan 5W+1H
Cerpen bahasa indonesia singkat yang bagus ialah cerpen yang memaparkan masalah dengan singkat, padat dan jelas serta dilengkapi 5W+1H.

Struktur Cerpen

Berikut struktur-struktur yang wajib dalam sebuah cerpen:
  1. Abstrak
  2. Orientasi
  3. Komplikasi
  4. Evaluasi
  5. Resolusi
  6. Koda

Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen wajib mempunyai unsur-unsur yang membangun cerpen dari dalam cerita, unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut adalah:
  1. Tema
  2. Alur
  3. Setting
  4. TokohPenokohan
  5. Sudut Pandang
  6. Amanat
  7. Gaya Bahasa

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Cerpen wajib mempunyai unsur-unsur yang membangun cerpen dari luar cerita, unsur-unsur ekstrinsik cerpen tersebut adalah:
  1. Latar Belakang Masyarakat
  2. Latar Belakang Penulis
  3. Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Cerpen

Ciri-ciri Cerpen

Berikut adalah ciri-ciri yang ada pada cerpen :
  1. Cerpen isinya lebih pendek daripada novel.
  2. Kurang dari 10.000 kata atau 10 halaman
  3. Isi cerita cerpen terinspirasi dari kisah hidup seseorang sehari-hari.
  4. Hanya menceritakan tokoh utama saja.
  5. Cerpen hanya terdapat satu peristiwa/masalah saja
  6. Pemecahan masalah dalam cerita yang singkat
  7. Singkat, padat dan jelas
  8. Alur cerita cerpen adalah maju


Nah sekarang kita masuk ke materi cerpen pendek singkat, nah apa saja contoh cerpen indonesia singkat yang dibahas dalam artikel kumpulan cerpen terbaru ini? yuk kita simak contoh cerpen bahasa indonesia singkat:

CONTOH CERPEN CINTA

Takdirlah Sutradaranya
Andai kau menyatukan sepasang kasih, tiada luka menyayat lara, tiada puitis mengandung dusta tiada air mata terbuang percuma, tiada hidup beres sia. Tidakkah kau dengar rengkuhan doa terbukti cinta? Takdir, kutulis kisahku menyentuh ibamu, berharap kau satukanku dengan kasihku.

Disaat malam, masa seakan berhenti. Seakan seluruh terkesima mendengar munajatku yang memohon bakal cinta. Kasihku berawal dari perjumpaanku dengan Rahman, kala ia menjadi guru ngajiku.

Rahman istimewa. Ia tuli dari konsonan kata tak bermakna, ia bisu dari ucapan kotor dari bibirnya, ia lumpuh dari jalan mungkar. Ia hafidz. Ia nyaris sempurna. Tetapi, pengamatan diambilNya, supaya ia tak terlena oleh kegelimangan dunia fana. Aku mencintainya.

Suatu hari, Rahman meminagku. Aku bahagia, hingga aku lelah sendiri supaya semesta tau mengenai bahagiaku. Tetapi kenyataan menumbuhkan ego, kala orangtuaku menolak Rahman, bahkan mencacinya. "Dasar orang buta! Mau kau kasih makan apa anakku. Hidupmu saja di panti asuhan. Mau kau ajak ngemis nantinya he…"

Orang tuaku murka hingga menumbuhkan penyakit ginjal dalam diriku.
"Apabila anda berjodoh, Insyaallah anda bakal berjumpa sebagai pasangan yang hahal La."
Ingin hati memeluknya. Menangis, bercerita bakal hidupku yang rapuh digerogoti asa yang terlanjur bahagia.
"Aku mencintaimu Mas."
"Aku pun tetap mencintaimu La. Tapi, simpanlah cinta tersebut untuk pasangan anda kelak."
"Mas…" aku menunduk. Pandanganku kabur. Gelap.
-
Nyeri menusuk igaku. Tarikan nafas seakan mencekikku. Sesudah operasi ginjal tiga hari lalu, aku siuman. Sebuah mukena & tape recorder ada di sebelah tempat tidurku. "Laila terkasih…Telah kuterima ketulusanmu dengan cintaku. Jaga ginjalku Lalila. Perkenalan denganmu ialah bahagiaku, aku berangkat dengan tenang, kutunggu kau di surga, bersama kebahagiaan cinta kita. Insyaallah." Aku terseok mengejar waktu mengangkat Rahman pergi. Menghampiri hujan uang serasa menjahit kulitku. Kejam!! Takdir… Kemana kau bawa Rahman? Aku ingin kebersamaan, bukan ginjal…

Sebuah truk melaju kencang. Aku berdiri di tengah jalan. Biar kuakhiri seluruh disini. Aku siap. Rodanya melaju terus dekat. Aku memejamkan mata dan… trus tersebut menembus tubuhku.
Tubuhku tampak samar. Terasa ringan terangkat ke udara. "Kau tak harus melakukan tersebut Ukhti." suara Rahman lembut, kemudian menggandeng tanganku menuju titik terang.

Siti menangis tersedu di atas makam putrinya, Laila. Operasi yang dijalani anaknya gagal. Penyesalannya ialah anaknya meninggal dalam keadaan sedih bakal cinta yang dimengenainya. Ia hanya bisa meratap penuh penyesalan. "Maafkan bunda nak. Semoga kau bahagia di surga bersama Rahman…" doanya.

Nah itulah contoh cerpen singkat tentang tema cinta. Silahkan baca contoh cerpen cinta yang lainnya:
  1. Melupakan Dia demi Dia
  2. Hijrahku, Hijrahmu
  3. Ikhlas Karenamu
  4. Cinderella Berhijab
  5. Bukan Cerita Widji Tukul

CONTOH CERPEN PENDIDIKAN

Kartu ATM
"Sekarang pakai kartu ATM kalian!", perintah Bu Nisa, guru Agama kami.
ATM tersebut singkatan dari Aku Tidak Menyontek. Untuk mendapat kartu tersebut anda haruslah mematuhi sebuah peraturan, yaitu tidak menyontek. Kartu ATM digunakan saat ulangan & saat latihan. Tapi, aku tidak mempunyai kartu ATM, sebab aku orangnya tidak pintar & malas belajar.

Akhirnya, ulangan pun dimulai. Aku mengerjakan soal-soal itu. Tapi, nomor 1, 3, 4, 7 & 9, aku kesusahan. Kulihat ke sampingku untuk bertanya. Sayangnya ia menggunakan kartu ATM. Kulihat ke arah lain. Mereka juga menggunakan kartu ATM. Bu Nisa tersenyum melihatku. Akhirnya, aku pun bertanya ke Varia dengan mengancam kalau tidak jawab, ia tidak bakal boleh pulang denganku. Tapi, ia menunjukkan kartu ATMnya. Aku mulai merasa kesal. Aku pun menjawab soal tersebut dengan asal-asal.

Saat Pulang…
Aku langsung berlari ke mobil Ayah. Aku biarkan Varia mencariku. Biarin aja dirinya mencariku. Siapa suruh ia tidak memberiku jawaban. Aku pun memasuki mobil Ayah. Kak Fani, kakak perempuanku, sudah berada di dalam mobil.

"Varia mana, Len?", tanya Ayah. "Mana aku tahu", ucapku sambil melihat ke arah Ayah. "Kita tunggu aja, ya", kata Ayah.
Aku benci mendengar Ayah mengatakan begitu. Kulihat Varia membuka pintu mobil dengan muka pucat & penuh dengan keringat.

"Kamu kenapa tinggalin aku, Len?", tanya Varia. "Siapa suruh tadi kamu begitu", ucapku dengan suara tidak banyak kasar. "Varia, kamu pakai kartu ATM juga?", tanya Kak Fani. "Iya, Kak", jawab Varia. "Kakak juga ada", kata Kak Fani sambil menunjukkan kartu ATMnya. "Kartu ATM tersebut apa?", tanya Ayah.

Kak Fani & Varia membahas kartu ATM terhadap Ayah. Aku hanya terduduk diam memandangi jendela. Sesudah beres membahas, Ayah pun mengerti.

"Wah… Helen ada?", tanya Ayah. "Nggak ada, Yah", jawabku menundukkan kepalaku. "Kamu tahu, gak, Len? Kalau ikut ATM, anda bakal bisa kelebihan, loh", kata Varia sambil menyodorkan sebuah kertas. "Wah… Aku mau ikut, Var. Besok aku daftar, deh sama Pak Stanlius. Kamu temeni aku, ya, Var", ucapku tersenyum sesudah membaca kertas itu. "Ok", kata Varia.

Nah itulah contoh cerpen pendek pendidikan. Silahkan baca contoh cerpen pendidikan yang lainnya:
  1. Kunang-kunang Terbang Siang
  2. Untuk Siapa Hijrahmu
  3. Metamorfosis
  4. Tidak Ada

CONTOH CERPEN PERSAHABATAN

Kenangan di dalam Kelas Kita
Kenalin aku citra.ini ialah kisahku dengan ketiga sahabatku di masa putih abu-abu. Dirinya ialah 2 sahabatku rey & citra. Mereka ialah penyemangat duniaku. Katanya masa SMA ini ialah masa yang membahagiakan begitu juga yang kami rasakan bertiga. Bahagia rutin membuka & menutup sagala aktifitas kami di sekolah, namun kisah tersebut haruslah berubah 180 derajat disaat sang waktu mulai melangkah & lelah melihat kami bertiga, inilah kisah kami.

Di saat terbaru MOS yang kami rasakan akhirnya terbayar dengan adanya pembaharuan kelas masa depan kami kelak di sekolah ini. Tempat di mana aku & prajurit pemimpi ini bakal berperang menghancurkan batu yang menutup kebahagian di masa depan nanti. Kami bakal berusaha meraih impian kami bersama di kelas baru ini, tak sabar menggunakan title baru.

Aku & kawan-kawan maju ke papan pemberitahuan itu. Hatiku deg-degan sebab dimanapun ku ditempatkan aku sudah siap. Aku bersyukur di saat aku melihat nama ku di X2. Waw.. bangga ku rasa. Walau tetap ada x1 namun aku bersyukur. Kuperiksa nama-nama kawanku juga & aku bahagia aku mengetahui 1 orang di sana dirinya ialah kawanku semasa MOS dulu yaitu REY.

Hari pertama sekolah dimulai. Agak risih juga menggunakan baju ini, putih abu-abu. Wajah yang tak kukenal saat ini berkumpul di kelas tersebut dengan bahagia, contohnya mereka merasakan apa yang kurasakan hari ini. Meraka begitu hangat & ramah lihat saja di sana gadis kecil yang baru datang itu. Dirinya memperlihatkan senyumnya yang manis sambil menyapa "hai.. selamat pagi." Dirinya begitu ramah kelihatannya dirinya bagus.

Gadis tersebut melangkah ke salah satu tempat duduk di depan sana. Dirinya langsung memperoleh tempat duduk, & sesudah tersebut dirinya meneruskan langkahnya ketempat dudukku. Apa dirinya mengetahui ku? Atau..? "hay rey.." sapa dirinya pada teman sebangku ini. Ow nyatanya dirinya kenal dengan rey.

"citra.. kamu di sini juga" kata rey dengan ramah. Kelihatannya mereka ialah kawan dekat.
"ia dong brow.. hmm asik yah anda bisa satu kelas. Sehingga kalo pulang bisa pulang bareng dong.."
"iya lah. Asik wah sebuah kebetulan yang menarik.."
Citra memandangku. "hay.. bahagia berjumpa denganmu. Boleh kenalan?"
"juga.. namaku arga."

Tak kuduga dari sinilah mulai terukir persahabatan antara kami bertiga, setiap pagi senyuman manis mereka menbuatku semangat. Canda tawanya membuatku bahagia, saat hati tengah gundah mereka rutin siap menjadi tempat curhat ku, walau kadang perbedaan terbentang jauh tetapi kami pernah bertengkar dan ada jalan keluar untuk persoalan yang mendatangi kami.

"pengumuman disampikan terhadap siswa kelas X yang tertarik menjadi anggota musik smansa supaya segera mendaftarkan diri di panitia."

Wah. Hal ini begitu membuatku girang, sesudah sekian lama menantikan peluang untuk bergabung dengan musik smansa yang rutin menjadi buah bibir di masyarakat saat ini bakal aku wujudkan. Aku berjanji di saat kelak aku bakal menjadi anak buah musik smansa, walau tantangannya berat. Hari ini kami bertiga mengikuti audisi itu, sebab tanpa ku sadari nyatanya kami bertiga mempunyai hobby yang sama dalam musik.

"waw.. haruslah semangat nih dengan cara anda bertiga ikut.." kataku menyemangati
"yoi namun tetap banyak sih saingan." Kata citra
"ia nih aku kok gak PD yah.." kata rey merendah. Ya walau sebetulnya apabila aku melihatnya dirinya mempunyai bakat.
"aduh aku gak mau daftar deh kayaknya, aku takut." Kata Rey pesimis. Sesudah melihat banyak anak-anak yang tertarik, terutama yang menjadi anak buah exkul paduan suara.
"aduh Rey, gak ada salahnya kali mencoba. Coba aja dulu siapa tau bisa, kalo gak bisa lolos kan anggap aja ini sebagai pengalaman iya kan." Kata Citra yang rutin memberi dukungan.
"iya benar tuh Rey.." kataku kepadanya.

Akhirnya nama kami bertiga ditulis di kertas pendaftaran itu, Rey suara bass, aku di tenor & citra sebagai alto. Partitur segera dibagikan & yang membuat ku kaget besok langsung audisi menbaca not. Saat inilah solidaritas kami teruji. Walau beda suara tetapi kami terus berlatih bersama saling mendukung.

"do.. re.. mi…" suara melodi yang kami keluarkan, nyatanya membaca not tersebut menyenangkan juga Walau ada berbagai yang kesalahan, & kadang aku salah dalam membaca tanda not namun anda bertiga tak menyerah. Anda berusaha sebisa mungkin.

"gais.. lelah juga yah latihan. Terapi dulu yuks." Kataku yang mulai lelah berlatih seharian. Yang langsung ditimpali rasa penasaran citra.
"ha! Apa kunteng? Terapi? Yang bener? Terapi apaan? Dimana?" aduh buset dah.. kelewatan bangat nih orang nanya biasanya juga satu-satu.
"iya. Terapi ikan. Dekat lab komputer." Aku membahas sedetail mungkin. Lucu juga sih biasanya kan yang makan ikan tuh manusia. Ini ikan yang makan manusia. Hehehe.. lain coy
"wah asik nih. Langsung cebur dah gue." Kata citra cewek yang suka aneh itu. Dirinya langsung membuka sepatunya & menaruh kakinya di kolam ikan itu. "aw.! aw! geli.. geli.." kata citra sesaat sambil melompat-lompat. Aku & rey tertawa geli meihat tingkah citra yang lucu.
"makanya.. kalo bertindak tuh jangan asal. Sotoy sih lo." Kata Rey merayu. Wajah citra sesaat berubah cemberut lucu juga.
"udah ah dari pada bertengkar ke kelas lagi yuk. Latihan lagi kan anda mau audisi ntar." Kata u.
Yeah.. hingga di kelas lain lagi yang dibuat. Rey malah utak-atik kamera. "woi. Gambar bareng yuk." Akhirnya anda malah sibuk lagi bertiga mengekspresikan gaya-gaya yang super alay. "creg.. creg.." gambarnya unik juga. Orangnya kayak do re mi lagi.
Sekarang jam 3.
OMJ waktu contohnyanya begitu cepat. Anda melangkah ke ruang musik untuk audisi. Di sana telah banyak anak-anak. Waw banyak juga yang tertarik. Di sana kami bertiga saling mendukung sambil hatiku tercengang. "semangat.."

Akhirnya sesudah melakukan audisi dengan waktu yang panjang. Audisi beres juga. Tinggal nunggu kabar.besok anda dengar pengumannya. Takut juga.
"wi.. tentu gua gak lolos nih" kata rey & citra. Aduh kenapa ni berdua sehingga pesimis. Aku sehingga terbawa lagi. Namun besok baru diterima jawaban yang pasti.

Kami bertiga melangkah ke papan di ruang musik, banyak sekali anak-anak di sana. Kami mencari nama masing-masing. 'Arga' yes namaku ada. 'rey putra' yeah rey juga masuk. Dari tadi citra cemberut & sedih. "kenapa lo?" "liat aja sendiri" katanya cuek. Di sana tidak ada nama citra. Sedih sekali rasanya. Sesaat air mata citra jatuh, dengan sedih citra berlari pulang. Aku sedih melihat sahabatku ini.

"citra tunguin anda dong" kami berlari mengejar citra & akhirnya bisa juga. "woi jangan sedih gitu dong. Ini kan baru tahap pertama lagian kamu juga yang bilag kalo gak lolos anggap aja ini pengalaman." "kalian gak tau apa yang aku rasakan sebab kalian lolos"

Mulai saat tersebut citra gak peduli lagi sama kita, dirinya pendiam & tidak seceria dulu, banyak perubahan padanya, dirinya saat ini tidak sesemangat dulu dalam belajar musik, bahkan rutin menutup telinga saat mendengar kata musik, jujur anda sedih seklai.
"rey. Aku kasian deh sama citra."

"aku juga. Dekati yuks."
Kita mendekati citra. "citra lo kok gini sih."
"begini apa?"
"lo tuh berubah"
"gak kok. Perasaan kalian aja"
"gak cit. cit anda ngerti kok bagaimana perasaan lo.."
"terbuktinya perasaan gue gimana?"
"lo tentu sedihkan lo gak lolos, namun lo gak boleh nyerah. Lo juga jangan jauhin anda dong, anda kan kangan sama lo, kasian  yang rutin murung gitu, apa lo gak kangan sama kita?"
Sesaat citra terdiam. Sambil meneteskan air mata. Aku & rey menghilangkan air matanya.
"lo gak boleh nangis, sebab air mata lo ialah luka untuk kita, & sebagai sahabat anda gak mau liat lo gini terus, anda sayang sama lo."
"iya maafin gue yah, gue janji gak bakal murung lagi"
"yeah.. gitu dong."
Aku & rey segera memeluk citra, bahagia rasnya melihat citra bahagia lagi

Nah itulah contoh cerpen singkat persahabatan. Silahkan baca contoh cerpen yang lainnya:
  1. Aku yang Baru
  2. Kaulah Inspirasi Hijrahku
  3. Teman Kosku Adalah Teman Hijrahku
  4. Hijrah Untuk Khusnul khotimah
  5. Berkaca dari Sahabat
Baca Juga:
Nah itulah artikel contoh contoh cerpen yang singkat yang ada dalam artikel ini. Semoga PR bahasa Indonesia kamu dapat selesai dengan melihat contoh contoh cerpen menarik diatas.

Terima kasih telah membaca artikel contoh contoh cerpen terbaru dan menarik. Semoga admin dapat mengupdate tambahan contoh cerpen paling pendek ya lain kali hehe.

Posting Komentar untuk "√ 18+ Contoh Cerpen Singkat Beserta Strukturnya Terbaru 2020"