Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Virus, Ciri, Macam, Reproduksi, Dan Peranannya

faktasantuy.com - Materi Virus Biologi Kelas X SMA ~ Virus pertama kali ditemukan oleh para pakar yang meneliti penyuplai patogen dari daun temb4kau. Seperti diantaranya Adolf Meyer, seorang peneliti asal Jerman yang menyelidiki penyebab bintik-bintik kuning pada daun temb4kau tahun 1883 yang menyimpulkan apabila penyebabnya ialah organisme yang lebih kecil dari bakteri.

Sepuluh tahun lalu (1893), Dimitri Ivanowsky asal Rusia juga melakkan penyelidikan yang sama dengan menyaring ekstrak dari flora temb4kau yang terkena penyakit. Dilanjutkan oleh M. W. Beijerinck pada tahun 1897 & Wendell Stanley (Amerika Serikat) pada tahun 1935.

Pengertian Virus

Dari seluruh penelitian itu, didapat kesimpulan apabila virus biologi adalah organisme yang ukurannya lebih kecil dari bakteri, dimana hanya berkembang biak pada badan organisme hidup & mengandung protein serta asam nukleat.

Virus bukanlah sel (aseluler) jadi tidak mempunyai organel-organel & membutuhkan inang/organisme hidup untuk melangsungkan proses metabolisme & reproduksi. Virus sanggup mengendalikan metabolisme sel jadi menyebabkan mahluk hidup sakit ataupun mati.

Ciri-ciri virus:

  1. Ukuran badan berkisar antara 25 hingga 300 nm. 25 nm biasanya dijumpai pada virus penyebab polio, 100 nm biasanya Bakteriofage yakni virus yang menyerang bakteri Escherichia coli, & untuk virus panjangnya 300 nm seperti ialah Tobacco Mosaic Virus (TMV)
  2. Struktur badan terdiri atas asam nukleat berupa DNA ataupun RNA yang dilindungi oleh kapsid (lapisan protein).
  3. Mempunyai bentuk badan yang beraneka ragam, seperti bentuk T (contoh Bakteriofage), filament, bersegi banyak/polihedral & silindris (contoh TMV).
  4. Hanya bisa berkembang biak dalam sel hidup
  5. Bisa berada di dalam ataupun di luar sel, apabila di luar sel, virus hanya berbentuk seperti senyawa biasa.
  6. Stabil pada pH 5,0 hingga 9,0
  7. Aktivitas virus bisa dihilangkan oleh sinar ultraungu & sinar X.
  8. Dapat dikristalkan, tapi masih mempunyai daya patogen apabila diinfeksikan ke organisme hidup.
  9. Merupakan penyuplai genetika, dimana virus bisa menyebabkan perubahan genetika pada sel yang terinfeksi.

Virus berupa potongan kecil (molekul) yang disebut virion. Virion terbagi menjadi virion bagian luar & bagian dalam. Bagian luar ialah kapsid (protein) & lapisan lipoprotein, sementara bagian dalam terdiri dari molekul asam nukleat berupa DNA saja ataupun RNA saja, serta enzim.

Macam-Macam Virus

Virus terbagi menjadi 2 bagian menurut tipe asam nukleatnya, yakni virus yang mengandung RNA & virus yang mengandung DNA. Virus yang mengandung RNA disebut ribovirus, seperti ialah virus rhabdo penyebab rabies & retrovirus penyebab AIDS.

Deoksiribovirus ataupun virus yang mempunyai DNA , umpama ialah virus POX penyebab cacar, virus herpes & virus mosaik penyebab bercak pada daun temb4kau.

Proses Reproduksi Virus

Proses reproduksi ataupun biasa disebut replikasi virus baru terjadi sesudah virus berada di dalam sel hidup seperti sel manusia, sel tumbuhan, sel hewan, maupun sel mikroorganisme. Daur replikasi virus ada 2, yaitu daur litik & daur lisogenik. Yang bakal dibahas hari ini ialah daur replikasi virus Bakteriofage, yakni virus yang hanya menyerang bakteri.

Perhatikan foto virus berikut.
pengertian-virus-adalah

Tahap 1 hingga 5 ialah daur/siklus litik. Pertama, Bakteriofage bakal menempel pada bakteri (adsorpsi), lalu menyuntikkan DNA-nya ke dalam sel inang (penetrasi). DNA inang dihancurkan, jadi terbentuklah DNA virus baru yang bereplikasi hingga komponen virus terbentuk seperti ekor & serat ekor. Lalu virus-virus baru tersebut bakal menghancurkan dinding sel inang (lisis) agar bisa keluar & mencari sel inang yang baru.

Tahap 1-2-6-7-8 ialah daur/siklus lisogenik. Pertama, virus bakal menempel pada bakteri (adsorpsi) & menyuntikkan DNA-nya ke dalam sel inang (penetrasi). Lalu terbentuklah provirus/profage, dimana DNA sel inang telah disisipi oleh DNA virus. Lalu provirus/profage bakal mengalami replikasi yang mengikuti pembelahan diri sel inang.sel bakteri yang mengandung DNA virus pun terbentuk.

Peranan Virus

Virus tidak hanya merugikan saja, ada juga virus yang menguntungkan. Terutama dalam dunia kedokteran, dimana peranan virus yang telah dilemahkan/bagian dari virus dipakai sebagai pembuatan vaksin, seperti vaksin polio ataupun jadi bahan makakan.
  1. Obat vaksin
  2. Untuk membuat makanan seperti tempe
  3. Untuk membuat minuman seperti bir anggur

Deskripsi: Dari seluruh penelitian virus biologi tersebut, didapat kesimpulan bahwa virus merupakan organisme yang ukurannya lebih kecil dari bakteri, dimana hanya berkembang biak pada badan organisme hidup & mengandung protein serta asam nukleat. Virus bukanlah sel (aseluler) jadi tidak mempunyai organel-organel & membutuhkan inang/organisme hidup untuk melangsungkan proses metabolisme & reproduksi. Virus sanggup mengendalikan metabolisme sel jadi menyebabkan makhluk hidup lain sakit ataupun mati.

Nah itulah artikel materi biologi kelas x tentang virus biologi. Semoga PR materi biologi tentang materi virus dapat terlesaikan dengan melihat materi diatas. Jika ingin bertanya tantang materi biologi kelas x ataupun LKS/buku biologi kelas 10 pada bab virus, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel materi virus. Baca Juga:

Bagi sobat yang ingin copas isi artikel ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Pengertian Virus, Ciri, Macam, Reproduksi, Dan Peranannya"